Thursday, 19 September 2019

Archive for: June 18th, 2019

Bimtek Pengelolaan Barang dan Launching Aplikasi AGIS Minut,

Airmadidi,KLABATNEWS-Badan Keuangan menggelar bimbingan teknis pengelolaan barang milik daerah tahun 2019 dan Launching Asset Geographic Information System Kabupaten Minahada Utara (AGIS Minut) Serta simda BMD online di Hotel Sutan Raja Watutumou 2 Minut, Selasa 18/6/2019.

Bimtek dibuka oleh Bupati Minahasa Utara melalui Sekertaris daerah Ir Jemmy Kuhu, MA didampingi kepala badan keuangan Minut Petrus Macarau, SE dihadiri sekertaris badan pengembangan SDM privinsi Sulut Paulus Tamaka dan perwakilan BPKP Sulut Abdul Rahim Fahmi.

Dalam sambutan bupati, Kuhu menyampaikan, Pengelolaan aset merupakan salah satu unsur penting yang menjadi landasan dalam penyusunan laporan keuangan daerah, karena itu pengelolaan harus dilakukan secara baik, tertib dan sistemtis.

Pemerintah perlu mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola aset daerah sesuai dengan peraturan, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, agar laporan keuangan menuju good goverment.

” Para pengurus barang merupakan ujung tombak dalam pengelolaan aset negara, lakukanlah pengelolaan aset daerah secara baik dan benar,”ucap Kuhu.

Kaban keuangan menambahkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan SDM pengurus penyimpan barang terhadap pengelolaan barang milik daerah dalam laporan pertanggungjawaban dan mekanisme pengelolaan barang menggunakan aplikasi SIMDA BMD serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman pengurus dan penyimpan tentang sistem penerapan dan penggunaan SIMDA BMD yang berbasis Akrual.

Kepala Bidang Aset Minahasa utara Jurike Wenas, SH, MH

Pemahaman tentang penerapan penyusutan barang milik daerah, penyusunan kembali inventaris aset yang ada di tiap-tiap daerah, menyusun usulan penghapusan barang milik daerah serta pemahaman terhadap mekanisme pembuatan laporan persediaan.

“Aset barang Minut tercatat sangat besar padahal banyak barang rusak. ini perlu ada penghapusan sehingga meminimalisir inventaris yang ada namun sesuai dengan aturan yang ada,” ucap Macarau.

Kepala bidang Aset Jurike Wenas, SH, MH yang merupakan penggagas proyek perubahan AGIS Minut menjelaskan melalui AGIS Minut, terinventarisasi dan tervalidasi data aset tanah serta adanya peta digital aset tanah yang dapat digunakan oleh berbagai pihak untuk pembangunan dan dapat mengkoreksi data KIB A aset tanah yang ada di SIMDA BMD dan dapat sebagai bahan perbaikan.

” Informasi data aset tanah Minut secara akurat kita dapat melihatnya dalam situs wwww.agisminut.id, baik data, lokasi serta ukurannya,”ungkap Wenas

Peserta Bimtek diikuti oleh pengurus barang dan pembantu pengurus barang pengguna perangkat daerah Minahasa Utara.

Share

Wabup RD Hadiri Pembukaan Perkemahan Kreatif Remaja Sinode GMIM

Kakas, Klabatnewsok.com- Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi Menghadiri Pembukaan Perkemahan Kreatif Remaja Sinode GMIM Tahun 2019, di Bumi Perkemahan Goro Wilayah Kakas Satu, pada Selasa 18 Juni 2019.

Ketua BPMS GMIM Pdt. DR Hein Arina MTh, dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan-tantangan yang ada saat ini serba digital maka untuk menghadapi tantangan itu ada banyak ahli teologi yang memberi nasehat,” satu pendekatan yaitu metode rajin baca alkitab secara teratur, inilah yang akan membentuk kepribadian kita, baca alkitab berulang-ulang, setia berdoa dan giat bekerja,” katanya.

Sementara itu Ketua KPRS GMIM Pnt Dr Michaela E Paruntu MARS mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah yang sudah menyediakan area perkemahan saat ini dan berbagai bentuk bantuan dari Pemerintah kepada KPRS,” mari tunjukkan remaja GMIM patut diteladani. marilah kita menunjukkan identitas dan kepribadian kita dalam kegiatan ini,” katanya.

Dalam Sambutan Gubernur Sulut yang disampaikan oleh Kepala Biro Infrastruktur dan Pengadaan barang dan jasa Jemmy Ringkuangan AP, MSi, mengharapkan kegiatan perkemahan kreatif remaja GMIM (PKRG) 2019 ini dapat diikuti dengan baik oleh Seluruh remaja GMIM sehingga setelah selesai nanti, ada nilai tambah positif yang diperoleh yang bukan hanya bermanfaat bagi masing masing pribadi, tetapi juga bermanfaat bagi pengembangan dan pembangunan gereja, masyarakat dan daerah.

“Saya juga berharap kepada para pembina remaja GMIM agar kedepannya terus mampu mengarahkan generasi muda gereja untuk senantiasa memiliki spirit nasionalisme dan sikap cinta tanah air, menjunjung tinggi nilai nilai pancasila dan UUD 1945 yang memang harus dilakukan secara continue dan terpadu, sehingga kedepan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan bangsa,” katanya.

“Selamat mengikuti dan melaksanakan kegiatan perkemahan, teruslah rekatkan kebersamaan sebagai kekuatan untuk membangun bangsa dan daerah”

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyematan tanda peserta oleh Wakil bupati Minahasa kepada peserta tanda perkemahan di buka secara resmi.

Turut hadir juga selaku Khadim Ketua PGI Pdt. DR Henriette Tabita Lembang, Komisaris Bank SulutGo DR Peggy Mekel, Ketua Umum Panitia Jemmy Mokolengsang SH, Bapak Hengky A Gerungan, Para Pembina dan remaja Se-Sinode GMIM.

YVI

Share

Dra Fenny Roring-Lumanauw Menghadiri Penamatan KB, TK dan Paud Upus Ni Mama

Tondano, Klabatnewsok.com – Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Roring Lumanauw mengahadiri Acara penamatan Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Upus Ni Mama Tondano yang dirangkaikan dengan HUT ke 18 Kelompok Bermain dan HUT Ke 4 TK Upus Ni Mama berlangsung di Gedung BPU Tondano, pada selasa 18/6/2019.

hadir pada kegiatan tersebut mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa yang juga merupakan Bunda Paud Kabupaten Minahasa Ibu Fenny Roring-Lumanauw, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Ibu Martina Dondokambey-Lengkong, Camat Tondano Timur Ivonne Wilar, Sekretaris Dinas Pendidikan Tommy Wuwung, Kepala UPTD Tondano Timur Seska Giroth dan Ketua Komite Upus Ni Mama Asril Kalo.

Acara di awali dengan ibadah Syukur, yang di pimpin oleh Pdt. Vecky Lantang, STh. dalam khotbah yang di sampaikan yang mengambil bacaan pada Amsal 23 :17 yaitu pendidikan harus di landasi dengan sifat takut akan Tuhan, dan harus berakar pada Tuhan, untuk menghasilkan generasi penerus yang berguna bagi bangsa dan negara.

Sementara itu dalam sambutan Bunda Paud Kabupaten Minahasa mengatakan masa usia dini merupakan Periode emas atau Golden Age bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan, periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seoarang anak.

” Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia, jadi tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan Pendidikan Usia Dini, termasuk di dalamnya Negara Indonesia yang telah mengeluarkan undang-undang no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, di mana pendidikan usia dini telah ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya, termasuk di dalamnya pemerintah Kabupaten Minahasa,” ungkap Bunda Paud Minahasa ini.

Lebih lanjut disampaikan bahwa seiring dengan upaya pemerintah Kabupaten Minahasa untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Minahasa melalui TP PKK mendorong agar TP PKK yang ada di Kelurahan/Desa dan Kecamatan khususnya Pokja 4 untuk terus memantau dan memberikan pelayanan ke anak-anak PAUD, pertumbuhan dan perkembangan Balita.

Ditambahkan lagi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Upus Ni Mama, pemerintah telah berusaha merenovasi gedung TK dan Kelompok Bermain (KB) Upus Ni Mama agar supaya anak-anak merasa lebih nyaman dalam menjalani pendidikan, dan Bunda Paud berpesan kepada orang tua untuk anak-anak yang nantinya akan melanjutkan pendidikan di SD, tidak lagi bingung karena Pemerintah melalui Bupati dan Wakil Bupati Minahasa telah menyiapkan anggaran untuk kebutuhan sekolah seperti tas, sepatu dan seragam sekolah semuanya di gratiskan untuk anak-anak yang baru masuk SD dan SMP.

Lebih lanjut Ketua TP-PKK dan wakil TP-PKK Kabupaten Minahasa ini didaulat untuk memakaikan salempang sebagai tanda telah berakhirnya pendidikan kepada anak-anak Paud Upus Ni Mama ini, secara satu persatu dan dilanjutkan dengan foto bersama anak-anak serta peniupan lilin Ulang Tahun.

Sebagai laporan kepada Bunda Paud Minahasa, melaui Kepala Paud Upus Ni Mama Rilly Rumope menyampaikan bahawa untuk tahun ini anak-anak yang tercatat di Paud Upus Ni Mama adalah Kelompok Bermain 15 anak, Taman Kanak-Kanak A 22 Anak dan Taman Kanak-Kanak B 24 anak, yang kesemuanya secara berjenjang melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, serta secara khusus mewakili Orang Tua dan anak-anak berterima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa yang boleh merenovasi Paud Upus Ni Mama, terlebih khusus pada Bunda Paud Minahasa yang selalu membantu dan memberikan pelayanan bagi kemajuan Pendidikan Anak-anak di Upus Ni Mama ini.

YVI

Share

Wabup RD Angkat Eceng Gondok di Desa Tasuka Kakas

Kakas, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi Mengikuti Kegiatan Bakti Sosial Pengangkatan Enceng Gondok di Danau Tondano, pada Selasa 18 Juni 2019, di Desa Tasuka, Kakas.

Setibanya dilokasi, wakil bupati langsung meninjau tempat pengangkatan eceng gondok serta turun langsung dan ikut dalam mengangkat eceng gondok, Kegiatan ini melibatkan Masyarakat disekitar danau tondano, bersama dengan TNI-Polri Marinir yang berlokasi tepatnya di desa tasuka Kecamatan Kakas.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sembako yang di serahkan Oleh Kadis Potmar di dampingi Wabup kepada masyarakat desa sekitar danau tondano.

Dalam kegiatan ini juga di lakukan Demo dari PT Raja ampat Indotim yang datang langsung dari jakarta ke Minahasa, yaitu Proses Pembuatan Pupuk organik dan Proses pembuatan bahan bakar alternatif yang berbahan dasar eceng gondok, Demo ini di saksikan langsung oleh Wakil bupati Minahasa.

Lewat mesin pencacah, eceng gondok yang di proses dapat menghasilkan pupuk siap pakai untuk pohon tanam sayuran, Serta dapat menghasilkan Bahan bakar yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Secara simbolis juga Kadis Potmar menyerahkan alat-alat pencacah eceng gondok kepada masyarakat kabupaten minahasa yang di terima langsung oleh wakil bupati minahasa.

“Atas nama pemerintah kabupaten minahasa Menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala dinas Pembinaan Potensi Maritim Mabes TNI AL Brigjen Marinir (TNI) Donar Philip Rompas, karena telah berkoordinasi dengan baik bersama pemerintah kabupaten minahasa, yang juga sudah memberikan bantuan kepada pemkab minahasa berupa alat-alat pengolah eceng gondok” kata Wabup

“Mari sama sama jaga danau Tondano untuk kehidupan kita, untuk masa depan dan terlebih untuk daerah sulawesi utara yang kita cintai,” pungkasnya.

Turut hadir Jajaran Pemkab Minahasa, Camat, Hukum Tua, dan Masyarakat seputaran Danau Tondano.

YVI

Share

Bupati ROR Hadiri Celebrate The 243 Anniversary Of Independence Day United States Of America

Manado, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Didampingi Istri Dra Fenny Ch M. Roring-Lumanauw SIP, hadiri Gala Dinner dalam acara Of Celebrate The 243 Anniversary Of The Independence Of United States Of America and To Mark The 70 years Anniversary Of US and Indonesia Relations. Senin (17/6)2019 di Hotel four point by sheraton manado.

Turut hadir Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan Jr, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw, CEO Forever Oceans Corporation Jason Heckathorn, Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Mark McGovern. Kepala daerah, dan Tamu undangan.

Sambutan Gubernur Sulawesi Utara Menyampaikan Terimakasih karena sulawesi utara terpilih menjadi tempat perayaan Ulang Tahun 243 Kemerdekaan Amerika Serikat dan Menandai Peringatan 70 Thn Hubungan AS dan Indonesia,

” ini membawa dampak yang sangat strategis bagi kita di sulawesi utara, dimana sulawesi utara merupakan daerah yang aman damai dan sejahtera, kerukunan beragama di sulut bisa terjaga terus sehingga berdampak sangat positif bagi kita sendiri dan bagi masyarakat semua yang ada di sulawesi utara.” Katanya

“Sekali lagi terimakasih buat Duta besar Amerika Serikat dan Konjen yang sudah memilih sulawesi utara menjadi tempat penyelenggaraan acara ini.” Pungkasnya.

YVI

Share