Saturday, 24 August 2019

Archive for: May 28th, 2019

Bupati ROR Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Kajari Minahasa dan Anak Yatim

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Mengikuti Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Kajari Minahasa beserta Anak Yatim, pada Selasa 28 Mei 2019 di Kantor Kajari Minahasa

Dalam Sambutannya Bupati mengajak untuk terus berupaya meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketaqwaan, menimbulkan rasa cinta kepada keadilan dan persamaan derajat umat manusia, memperbanyak amalan, serta mempererat hubungan kasih sayang dengan sesama umat.

“Semoga suasana kebersamaan yang diliputi rasa kekeluargaan saat ini akan semakin mempererat tali silahturahmi dan jalinan persaudaraan yang erat diantara kita semua” Kata Bupati ROR

“Atas nama Pemerintah kabupaten Minahasa, Pribadi dan keluarga Roring Lumanauw bersama wakil bupati minahasa Bapak Robby Dondokambey SSi dan keluarga Dondokambey Lengkong Menyampaikan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1440 Hijriah Tahun 2019 Kepada Saudara-sadaraku umat muslim yang ada di kejaksaan negeri minahasa semoga ibadah di bulan suci ramadhan ini akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian dan kesejahteraan,” Ucap Bupati

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada tokoh-tokoh agama islam dan seluruh umat islam di kabupaten minahasa atas kontribusinya dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang aman damai dan nyaman.

“kiranya kebersamaan dengan pemerintah akan tetap terpelihara dalam bingkai persaudaraan yang rukun sehingga menjadi kekuatan yang besar bagi berbagai program pembangunan yang sementara dan yang akan dilaksanakan demi terwujudnya minahasa maju dalam ekonomi dan budaya Adil dan sejahtera.” Kata Bupati

Dalam Kesempatan ini Kajari Minahasa didampingi Bupati Minahasa dan forkopimda menyerahkan bantuan kepada anak panti asuhan yayasan hidayatulah kinilouw Tomohon.

Turut Dihadiri oleh Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH MKn , Dandim 1302 Letkol Infantri Slamet Raharjo Sos Msi, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Ketua Pengadilan ST Iko Sudjatmiko SH MH, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Benny Mambu, Asisten I Dr Denny Mangala MSi, Jajaran Pemkab Minahasa, Kepala Kantor Kementrian Agama Ibu Sonya Mongkauw SE, Ketua Basnas Minahasa Drs H Syamsudin Dali, Ust Ceramah Ustad Al Amin Masloman SAG, Para Imam Masjid

YVI

Share

Pemerintah Minahasa Gelar Bimtek Tentang Perencanaan Pembangunan Daerah

Mandolang, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan Teknis E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD, Renstra dan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Minahasa, pada Selasa 28 Mei 2019, di Hotel Mercure Tateli.

Dihadiri dan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Kepala Bappelitbangda Drs Hannes Donald Wagey, MBA, Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Yannes Tukijan selaku narasumber, Koordinator Pengawasan bidang akuntabilitas Pemerintah Daerah Mardiyanto Arif, Seluruh Kepala OPD, Camat dan Operator.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Minahasa sebagaimana amanat pasal 260 Undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa Daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang artinya RPJPN dan RPJNN, RPJP dan RPJMD Provinsi serta RPJPD dan RPJMD Kabupaten Minahasa harus sinkron dan selaras menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Hal tersebut juga berlaku terhadap RENSTRA dan RENJA perangkat daerah dengan kata lain pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dan bagian integral pembangunan Nasional karena selain ditujukan untuk memenuhi prioritas dari visi dan misi kepala daerah pembangunan daerah juga harus berkontribusi pada capaian tujuan pembangunan nasional.

Penerapan e-planning diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan, e-planning ini juga nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan didaerah akibat keterbatasan informasi.

Pemerintah kabupaten Minahasa akan mulai melakukan penginputan dokumen perencanaan pembangunan meliputi RPJMD dan RKPD, RENSTRA dan RENJA akan menjadi momentum yang baik untuk memperbaiki permasalahan perencanaan pembangunan daerah.

Oleh karena itu pada kesempatan ini beliau menegaskan bahwa OPD perlu meningkatkan kemampuan aparatur khususnya Perencanaan melalui bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-planning yang diadakan sekarang ini.

Diharapkan BIMTEK ini, kabupaten Minahasa telah dan akan terus berpartisipasi terhadap program nasional menuju tercapainya masyarakat sejahtera, sebagai cita-cita nasional. Selanjutnya agar e-planning dapat terlaksana dengan baik maka semua dokumen perencanaan harus selaras satu dengan yang lainnya.

Untuk itu dalam kegiatan ini kita juga akan mengadakan pendalaman terhadap RPJMD, RKPD, RENSTRA dan RENJA terutama dalam menetapkan indikator kinerjanya.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari, 28-29 Mei 2019.

YVI

Share

Pemkab Minut Kembali Raih WTP

Manado,KLABATNEWS-Kabupaten Minahasa Utara kembali mencetak sejarah lagi. Kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan sukses mencetak quattrik  atau empat kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan, sehubungan pemeriksaan Laporan Keuangam Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018.
Predikat WTP tersebut diserahkan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulut kepada kepala daerah se-Sulut. Khusus Minahasa Utara diterima bupati bersama Ketua DPRD Berty Kapojos di kantor BPK RI di Manado, Senin 27 Mei 2019.

Dengan penghargaan WTP tersebut, Kabupaten Minahasa Utara terhitung sudah empat kali berturut-turut meraih penghargaan WTP.

Sebelumnya, Minahasa Utara meraih penghargaan WTP atas LKPD sejak 2015, 2016, dan 2017 sampai 2018.
Hadir menerima penghargaan bupati Minut didampingi Ketua DPRD Berty Kapojos, dan ikut hadir Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu MA, Inspektur Umbase Mayuntu MSi, Kepala Bappelitbang Arnolus Wolajan SSTP MM, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Petrus Macarau SE, Kabag Humas Dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi serta pejabat lainnya.

“Puji Tuhan, dari hasil audit Tim BPK RI, laporan keuangan Pemkab Minahasa Utara tahun 2018 kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” kata Panambunan.

Menurutnya WTP atas laporan keuangan Pemkab Minahasa Utara tahun 2018 ini merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut dan dipersembahkan bagi rakyat Minahasa Utara.
“Penghargaan opini WTP ini diraih setelah pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemkab setelah memenuhi kriteria penilaian,” jelasnya.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberi opini tentang kewajiban penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyatan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.(adv)

Share