Saturday, 24 August 2019

Archive for: May 23rd, 2019

Bupati ROR dan Rombongan FKUB Disambut Pemerintah Palestina

Palestina, Klabatnewsok.com – Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) dan rombongan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa mendapat sambutan hangat dari pemerintah Palestina saat berkunjung ke negara tersebut, pada Senin (20/5/19). Kunjungan kali ini adalah merupakan rangkaian Napak Tilas PL-PB yaitu dalam rangka peningkatan kerukunan umat beragama.

Tiba di Palestina, Bupati dan rombongan disambut penuh kekeluargaan oleh pihak Kementerian Pariwisata dalam hal ini Majed Ishag dan tim. “Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Bupati Minahasa dan rombongan di Palestina. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami,” tutur Majed.

Pada kesempatan itu, dipaparkannya bahwa kondisi Palestina dalam hal kerukunan umat beragama cukup tinggi. “Terlepas dari kepentingan politik, penduduk Palestina sangat rukun. Walaupun orang Kristen di Palestina hanya 1,5 persen, tetapi mereka dapat hidup aman di sini,” ujar Majed.

“Palestina menerima semua agama dengan tangan terbuka. Pemerintah kami melindungi semua penduduk tanpa melihat golongan agama yang dianut,” katanya lagi.

Majed menyampaikan bahwa sampai saat ini kunjungan wisatawan mancanegara di Palestina cukup besar. “Kami bersyukur negara ini memiliki berbagai objek pariwisata religius yang sangat variatif dan menarik, terutama objek wisata yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Sehingga kontribusi dari sektor pariwisata terhadap GDP cukup tinggi sebesar 9 persen,” tandasnya.

Majed ikut memaparkan jika potensi pariwisata di Palestina telah membuka kesempatan kerja kepada sebanyak  28.000 orang. “Di Palestina jumlah kamar Hotel ada sebanyak 8.500 dan total kunjungan wisatawan asing rata rata sebanyak 2,3 juta orang,” kata Majed menjelaskan.

Mendapat sambutan yang hangat dari Palestina, Bupati Ir Roy Oktavian Roring MSi menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah setempat. “Suatu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kabupaten Minahasa dan FKUB sehingga boleh belajar banyak hal di negara Palestina, utamanya soal bagaimana menjaga kerukunanan antar umat beragama,” ungkap ROR.

Bupati kemudian menyampaikan kondisi umum Kabupaten Minahasa. Kemudian di akhir pertemuan, baik Pemkab Minahasa dan Pemerintah Palestina saling bertukar cendera mata.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati turut didampingi ketua Tim Penggerak PKK Dra Fenny Roring Lumanauw,  Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala, Kepala Badan Kesbangpol Drs Jorry Gumansing, serta pengurus dan anggota FKUB Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

Wabup RD Hadiri Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Kabupaten Mitra Ke – 12

Mitra, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Menghadiri pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, Dalam Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 12 Tahun, Kabupaten Minahasa Tenggara, pada Kamis (23/5/2019) di Sport Hall Kantor Bupati Mitra.

Bupati Mitra dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kemajuan Kabupaten Mitra tidak lepas dari tangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw. Kabupaten Mitra juga mensyukuri karena pesta demokrasi sudah berjalan dengan baik.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada setiap komponen masyarakat, TNI-Polri yang telah mensukseskan pemilu di kabupaten mitra yang berjalan dengan baik sesuai dengan koridor hukum.” Kata Sumendap.

Lanjutnya Kabupaten Mitra akan terus maju dan berkembang lewat program-program yang telah disusun, dan jika ada kekurangan akan terus diperbaiki sehingga kabupaten Mitra akan lebih baik lagi.” mari kita bergerak bersama agar kabupaten Mitra boleh menjadi perekat dan pemersatu NKRI, Sebab kabupaten Mitra tidak pernah mempermasalahkan soal suku, ras dan agama,” jelasnya.

Untuk itu Sumendap mengatakan Tahun depan akan di bangun “tugu kebersamaan” yang akan dibangun di Desa belang, ratahan dan basaan,” Selamat HUT kabupaten Mitra yang Ke-12 saya yakin dan percaya kita akan terus maju dan menjadi kabupaten yang berkualitas.” Ujarnya sembari mengatakan Index kemajuan perekonomian kabupaten mitra makin hari makin meningkat.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven O E Kandouw dalam sambutannya menghimbau agar momentum HUT Kabupaten ke – 12 Tahun, tidak ada kata lain selain bersyukur dan bersyukur karena pada hari ini merayakan HUT Ke-12, juga harus dijadikan sebagai sarana intropeksi dan evaluasi tentang sejauh mana upaya yang telah dilakukan untuk kemajuan Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Saya mendapati banyak inovasi yang baru yang tidak dimiliki kabupaten lain. Saya salut dan mengapresiasi kabupaten Mitra, hal seperti ini perlu ditiru, Mari terus tingkatkan kemampuan, dalam rangka memajukan Kabupaten Minahasa Tenggara,” Ujar Wagub

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa, usai rapat paripurna tersebut, juga menyampaikan ucapan selamat HUT Kabupaten Minahasa Tenggara ke – 12 Tahun. “ Atas Nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring M.Si, Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si dan Masyarakat Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat HUT Kabupaten Minahasa Tenggara Ke – 12 Tahun, semoga Kabupaten Minahasa Tenggara Semakin Maju,” ujar Wabup RD

Kegiatan yang dilaksanakan di Sport Hall Kantor Bupati Mitra tersebut, juga dihadiri Wakil Ketua TP-PKK Prov. Sulut Ny dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP-PKK Kab. Mitra Ny Djein Sumendap Rende, Wakil Bupati Mitra, Drs. Jesaya Joke Legi, Wakil Ketua TP-PKK Kab. Mitra Ny Erni Legi Rondonuwu, Ketua DPRD Kabupaten Mitra Marty Mareyke Ole, SE, Mn, Para Kepala Daerah Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota serta Pimpinan DPRD Kabupaten / Kota, Se – Provinsi Sulawesi Utara.

YVI

Share

Pemkab Minahasa Jalin Kerjasama Demi Kelestarian Danau Tondano

Tondano, Klabatnewsok.com – Misi menyelamatkan Danau Tondano dari ancaman kepunahan membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa terus melakukan berbagai terobosan. Kali ini, pemerintah berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang investasi yakni LED Group dan Bapperi Group yang bernaung dibawah Indonesia Sino National Development Committee (ISNDC).

Komitmen itu tertuang dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara dua pihak di Ruang Rapat Kantor Bupati Minahasa, pada Rabu (22/5).
Pihak Pemkab Minahasa diwakili Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa, Dr Wilford Siagian. Sementara pihak Bapperi Group diwakili Adrianus Taroreh (Chairman), dan LED Group oleh William Shi (Chairman).

Penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh Danny Sondakh dan Suryanto Makalalag dari Bapperi Group, serta sejumlah perwakilan pejabat dari lintas instansi terkait di jajaran Pemkab Minahasa.

Sebelum penandatanganan, Siagian dihadapan para investor memaparkan berbagai potensi yang dimiliki Danau Tondano, diantaranya sebagai sumber energi pembangkit listrik, perikanan, irigasi, hingga sektor penunjang pariwisata daerah.

Namun dijabarkannya pula tiga isu yang membuat danau terbesar di Sulawesi Utara ini terancam punah, yakni penyempitan luas danau, pendangkalan dan kualitas air yang mulai menurun.

Ada pula pemaparan dari Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Ir Novry Lontaan yang menguraikan proposal usulan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diantaranya pembangunan tanggul, pengadaan alat pengangkat eceng gondok, pembangunan jalan lingkar danau, normalisasi sungai, serta berbagai program lainnya.

Diwawancarai lebih lanjut usai kegiatan, Siagian menjelaskan bahwa investor dari LED Group dan Bapperi Group merupakan perusahaan yang menanamkan investasi di bidang pembangunan. Hanya saja, Danau Tondano dipilih secara spesifik karena penanganannya merupakan prioritas utama pemerintah saat ini.

“Sebelumnya kita memang telah berkoordinasi dan investor menanyakan kebutuhan apa yang diperlukan Kabupaten Minahasa kedepan, saya jawab yang sekarang ini telah kita siapkan lewat proposal adalah bagaimana menyelamatkan Danau Tondano,” paparnya.

Siagian menjelaskan, upaya penyelamatan Danau Tondano jadi prioritas pemerintah karena merupakan salah satu dari 15 danau di Indonesia yang masuk kawasan strategis nasional. “Kenapa jadi strategis, karena kelestariannya terancam. Jadi ada tiga isu yang saya sampaikan terkait Danau Tondano ini yaitu penyempitan luas danau, bahaya pendangkalan dan kualitas air yang mulai menurun,” jelasnya.

Diakuinya jika saat ini upaya penyelamatan Danau Tondano juga dilakukan dengan banyak cara, salah satunya pengajuan proposal ke Kementerian PUPR. Hanya saja upaya melibatkan investor dipandang perlu, sebab tidak semua usulan di proposal yang diajukan Kementerian PUPR akan disetujui secara serentak.

“Tidak semua yang kita usulkan akan langsung disetujui pihak kementerian, sehingga kita juga terus coba mencari sumber-sumber dana lain. Nah kunjungan LED Group dan Baperi ke Sulawesi Utara adalah kesempatan bagi kita, makanya kita lakukan penjajakan kerja sama,” ujar Siagian.

Dijelaskan juga, investor dari LED Group dan Bapperi selain memiliki modal sendiri yang cukup besar juga diberi kepercayaan untuk meminjam uang dari World Bank dengan jangka waktu 30 tahun. “Sebelumnya mereka telah menghadap Gubernur dalam merencanakan investasi di kabupaten kota se Sulawesi Utara. Minahasa awalnya tak masuk, namun kita coba lakukan lobi-lobi dan akhirnya dilakukanlah kerjasama ini,” pungkas Siagian.

YVI

Share