Saturday, 24 August 2019

Archive for: May 21st, 2019

Bupati Imbau Warga Tetap Tenang, Jaga Keamanan dan Ketertiban Jelang 22 Mei 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Jelang pengumuman pleno KPU RI hasil Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pada Rabu 22 Mei 2019 Bupati Vonnie A. Panambunan mengimbau warga masyarakat untuk tetap tenang dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Jangan ada eforia berlebihan yang akan mengganggu persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Tunggulah hasil pengumuman KPU RI dengan sabar. Marilah jaga persatuan dan kesatuan masyarakat,” kata Panambunan.

Bupati mengingatkan untuk sama menjaga keamanan bersama.  Jika ada gerakan mencurigakan yang akan mengganggu stabilitas masyarakat, laporlah kepada kepada pihak keamanan Polri ataupun TNI. Bupati meminta masyarakat mempercayakan kepada TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dengan bantuan dari masyarakat secara konstruktuf.
“Pemilu adalah hasil kerja cerdas dan kerja keras kita semua. Hargailah dan hormatilah kerja  KPU, Bawaslu dan seluruh jajarannya dalam menyelesaikan tahapan pemilu dan terima kasih kepada TNI dan Polri serta seluruh masyarakat yang menyukseskan Pemilu. Tunggulah real count dari KPU dengan damai di hati dan tenang. Kalau kurang puas, tempuhlah sesuai aturan konstitusi yang ada di negara Indonesia,” kata bupati.(*)
Share

Pemkab Minut Gelar Bimtek Penyusunan Analisis Standart Belanja Pemerintah Daerah

Airmadidi,KLABATNEWS-Badan Keuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Sutan Raja, Selasa 21 Mei 2019. Bimtek mengenai penyusunan analisis standart belanja pemerintah daerah, dibuka Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Minut Drs Allan Mungkid, mewakili Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan dan diikuti perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam sambutan bupati dibacakan Drs Allan Mingkid mengatakan, bimtek penyusunan analisis standart belanja pemerintah kabupaten sangat strategis, sebagai bahan dasar untuk menyatukan persepsi dan pemahaman yang sama sesuai dengan regulasi peraturan yang ada. Analisis standart belanja daerah tentunya disesuaikan dan mengacu pada APBD dan DPA perangkat daerah, dengan memperhatikan standart aturan.

“Bimtek ini untuk menyamakan kesepahaman analisis standart belanja sesuai dengan program dan kegiatan daerah yang efesien dan efektif,” kata Mingkid didampingi Kepala Badan Keuangan, Petrus Macarau SE.(*)

Share

PUD Klabat Konsultasi ke BPKP Sulut, Terkait Perbup 2019 tentang Retribusi

Airmadidi,KLABATNEWS-Perusahaan Umum Daerah (PUD) Klabat melakukan pertemuan dan konsultasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut Selasa 21 Mei 2019 di kantor BPKP di Manado.

Tim PUD Klabat dipimpin Direktur Utama Estrella Tacoh SE dan diterima Kepala BPKP Sulut Sofyan Antonius dan Mudzakir salah satu kepala bidang di BPKP.
Konsultasi PUD Klabat di BPKP tersebut sehubungan dengan penerapan Peraturan Bupati Tahun 2019 mengenai retribusi di PUD Klabat, sebagai implementasi dari Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang PUD Klabat.

PUD Klabat meminta pembimbingan dan pengawasan serta pendampingan terhadap penerapan tarif layanan dalam bentuk retribusi dalam rancangan produk hukum Peraturan Bupati maupun penyesuain iuran. “Kami butuh pendampingan, pembimbingan maupun pengawasan serta arahan dari BPKP sehubungan dengan penerapan tarif layanan atau retribusi kepada masyarakat dalam bentuk peraturan bupati,” kata Tacoh.

Dalam pertemuan tersebut, Dirut Estrella Tacoh SE didampingi Direktur Pasar, Direktur Kebersihan dan Direktur UJL.(*)

Share

Sekda Korengkeng dan Jajaran Melayat Dirumah Duka Almarhum Frans Tampi

Minahasa, Klabatnewsok.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi Bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Melayat Ke Rumah Duka Almarhum Drs. Frans A Tampi, pada selasa 21 Mei 2019.

Almarhum Drs. Frans A Tampi tutup usia 84 Tahun 5 Bulan dalam Keluarga besar Tampi Yohanes Watania yang merupakan orang tua dari Ketua TP-PKK Kecamatan Pineleng dan orang tua mantu Camat Pineleng.

“Kita Mensyukuri apa yang di buat Tuhan itu selalu yang terbaik kepada keluarga yang berduka cita, inilah rancangan Tuhan yang terbaik, penghiburan dari Tuhan akan selalu memotivasi kita, untuk tetap semangat.”

” Kiranya firman Tuhan akan terus menguatkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Bupati Minahasa Ir. Royke O Roring M.Si dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si menyampaikan Turut berdukacita kiranya keluarga yang beduka tetap kuat dan tetap berseru kepada Tuhan karena Dialah Sumber penghiburan yang sejati” Ucap Sekda.

YVI

Share

Ikut Workshop Pelaksanaan Reformasi dan Birokeasi, Pemerintah Kabupaten Minahasa Dapat Pujian

Manado, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa mengikuti Workshop Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten/Kota Yang Menjadi Piloting Tim Asistensi RB (Reformasi Birokrasi) Daerah Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa 21 Mei 2019 bertempat di Aston Manado Hotel.

Dihadiri Oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua Tim Asistensi Kemenpan RB Wilayah Provinsi Sulut / Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sulut Ibu Glady N L Kawatu SH MSi, ASDEP Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan pengawasan Kemenpan RB Bapak Ronald Andrea Anas.

Dalam Pengantar Kata yang di sampaikan Oleh Ketua Tim, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Pusat yang telah memberi perhatian yang luar biasa kepada pemerintah provinsi dan kabupaten dalam rangka mendukung penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

” Kami secara khusus berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Minahasa, kita berharap dengan komitmen kita semua tahun depan kita akan memperbaiki nilai SAKIP pemerintah provinsi dan kabupaten minahasa, kami berharap minahasa dapat menjadi pelopor dalam menuju pemerintah yang akuntabel dan transparan menuju RB Kelas dunia Karena Minahasa mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat.” Pujinya.

“Saya berharap kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang dapat menghasilkan kualitas kinerja jajaran pemerintah kabupaten minahasa, Tujuan dilaksanakan SAKIP juga dalam rangka peningkatan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dalam memperbaiki sistem manajemen, penguatan SAKIP dipandang penting dan sangat perlu dilakukan sebagai strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi, tentang penerapan sistem akuntabilitas kinerja, guna mendukung terwujudnya Reformasi Birokrasi” Ujar Sekda Korengkeng

Dalam Mengimplementasikan SAKIP dengan baik, Instansi Pemerintah harus dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran serta mencegah penyimpangan dan pemborosan penggunaan anggaran.

Selain itu, ukuran keberhasilan menjadi jelas dan terukur serta dapat menetapkan program/kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai serta melaksanakan rincian atas kegiatan tersebut sesuai tujuan kegiatan.

“Saya sangat Mengapresiasi Pemerintah kabupaten Minahasa Di bawah kepemimpinan ROR-RD yang sangat Luar biasa.” Ujar Bapak Ronald Anas

Asistensi ini merupakan transfer pengetahuan yang bersifat aplikatif dengan tujuan, memberi pemahaman untuk mendukung semua tugas dan tanggung jawab perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan di instansi masing-masing.

Adapun pembawa Materi dari Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan RB Ibu Hatni dengan Materi Penyelenggara Reformasi Birokrasi, Evaluasi Penyelenggara (PMPRD), dan dari Tim Asistensi RB Daerah Provinsi Sulut dengan materi Penguatan SAKIP.

YVI

Share