Thursday, 23 May 2019

Archive for: May 15th, 2019

Tokoh Agama Minut Sepakat Tolak Aksi People Power

Airmadidi,KLABATNEWS-Para tokoh agama Kabupaten Minahasa Utara sepakat menolak aksi People Power dan mengajak masyarakat menerima sepenuhnya hasil pemilu 2019 yang sudah terlaksana dengan transparan jujur dan adil.

”Saya pengurus forum kerukunan beragama Kabupaten Minahasa Utara menyatakan dengan keras menolak people power dan menyatakan kami menerima hasil keputusan KPU,” ungkap Pdt Mona Dotulung Rumayar, MTh, diikuti juga oleh Gembala Gereja Pantekosta Kauditan Josep Rawung dan Pdt. Franiprokla Kuron S.Th GMIM Syalom Sukur.

Hal senada diungkapkan Imam Mesjid Al.Muhajirin Sukur Saharudin Salahudin, Imam Mesjid Istiqoma Kauditan dan Imam Marto Biki Mesjid Al Mujahidin Desa Warukapas menyatakan menolak tegas people power dan menerima sepenuhnya hasil keputusan Komisi pemilihan umum dalam pemilu 2019.

“Saya juga ikut memantau jalannya proses pemilu ini dan saya melihat benar-benar tidak ada kecurangan, seandainya ada sesuatu yang salah, ada jalurnya untuk melapor dan disertai fakta. Kami juga menolak dengan keras People power dan menerima sepenuhnya hasil keputusan KPU,” ungkap Imam Mesjid Miftahuljana Desa Watutumou 2 Yusuf Pianaung.

Wakil ketua GMIM Wilayah Kalawat 1 Pdt Cerry Mamusung STh kepada wartawan menyampaikan tokoh agama yang telah memberikan pengetahuan politik sehingga masyarakat bisa menilai dengan benar. “Saya mengimbau masyarakat untuk menghormati keputusan dan aturan yang ada. Kita telah memberikan sepenuhnya tanggung jawab kepada KPU artinya menerima apa yang diputuskan,” Pdt Cerry Mamusung STh.(*)

Share

Ini Daftar 45 Anggota DPRD Sulut Terpilih Periode 2019-2024

Manado,KLABATNEWS-Pasca ditetapkannya rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi khususnya jenis pemilu DPRD Provinsi oleh Ketua KPU Sulut di Sintesa Peninsula Hotel, Minggu (12/5/2019) kemarin, akhirnya PDI-P berhasil menang di 15 Kabupaten/Kota.

Dengan kemenangan tersebut, PDI-P berhasil mengirimkan 18 kadernya untuk duduk di 45 kursi DPRD Sulut yang ada. Kemudian disusul Nasdem dengan 9 kursi, Golkar 6 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 2 kursi, PKB 1 kursi, PKS 1 kursi dan PSI 1 kursi.

Berikut ini adalah 45 Anggota DPRD Provinsi Sulut terpilih Periode 2019-2024, sesuai Dapil di masing-masing Kabupaten/Kota.

– Dapil Sulut 1 Kota Manado :
1. Andrei Angouw = 33.155 suara (PDI-P)
2. Kristo Ivan Ferno Lumentut = 28.933      Suara (Demokrat)
3. Richard Sualang = 16.749 suara (PDIP)
4. Hi Ayub Ali = 16.075 suara (PAN)
5. Dr. J. Victor Mailangkay, SH, MH = 8.825 suara (Nasdem)
6. Yongkie Limen = 9.132 suara (Golkar)
7. Arthur Anthonius Kotambunan = 6.911 suara (PDI-P)
8. Hi Amir Liputo, SH = 8.152 suara (PKS)

– Dari Dapil Sulut 2 Minut-Bitung :
1. Hengky Honandar, SE = 24.616 suara (PDI-P)
2.Nick Adicipta Lomban, SE = 22.451 suara (Nasdem)
3. Priscillia Cindy Wurangian = 12.193 suara (Golkar)
4. Berty Kapojos, S.Sos = 16.305 suara (PDI-P)
5. Netty Agnes Pantow, SE = 8.238 suara (Demokrat)
6. Fabian Kaloh, S.Ip, M.Si = 9.986 suara (PDI-P)
7. Johny Panambunan = 4.800 suara (Nasdem)
8. Melky Jakhin Pangemanan, S.Ip, MAP, M.Si = 8.317 suara (PSI)

– Dapil Sulut 3 Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Kepulauan Sitaro :
1.Toni Supit = 31.515 suara (PDI-P)
2. Winsulangi Salindeho = 12.101 suara (Golkar)
3. dr Fransiskus Andi Silangen = 25.863 suara (PDI-P)
4. Ronald Sampel = 10.728 suara (Demokrat)
5. Syerly Tjanggulung = 6.740 suara (Nasdem)

– Dari Dapil Sulut 4 Bolmong Timur, Bomong Selatan, Bolmong, Bolmong Utara, Kotamobagu (Bolmong Raya) :
1. Rocky Wowor = 40.977 suara (PDIP)
2. Alfian Bara = 20.793 suara (NasDem)
3. HJ Muslimah Mongilong = 16.518 suara (PDIP)
4. Raski A Mokodompit, SH = 7.420 suara (Golkar)
5. Nursiwin Yunus Dunggio = 18.036 suara (PAN)
6. Yusra Alhabsyi, SE = 14.795 suara (PKB)
7. Mohammad Wongso = 12.517 suara (NasDem)
8. Ir Julius Jems Tuuk = 14.422 suara (PDIP)
9. Sjenny Fanny Kalangie = 5.016 suara (Gerindra)
10. I Nyoman Sarwa = 9.002 suara (Nasdem)

– Dari Dapil Sulut 5 Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara :
1. Djein Leonora Rende, SE Ak = 40.297 suara (PDI-P)
2. James Arthur Kojongian = 34.592 suara (Golkar)
3. Sandra Rondonuwu, S.Th. SH = 20.249 suara (PDI-P)
4. Boy VA Tumiwa SH, MSi = 10.807 suara (PDI-P)
5. Stella Marlina Runtuwene, A.Md Sek = 8.275 suara (Nasdem)
6. Billy Lombok SH = 12.584 suara (Demokrat)

– Dari Dapil Sulut 6 Minahasa-Tomohon :
1. Melisa Gerungan = 25.631 suara (PDI-P)
2. Careig Naichel Runtu SIP = 12.463 suara (Golkar)
3. Dra Vonny Paat = 10.671 suara (PDI-P)
4. Braien R.L. Waworuntu = 15.474 suara (Nasdem)
5. Wenny Lumentut = 22.988 suara (Gerindra)
6. Imelda Nofita Rewah, S.Pd = 13.534 suara (PDI-P)
7. Fanny Legoh = 12.724 suara (PDI-P)
8. Inggried J.N.N. Sondakh, SE, MM = 11.741 suara (Golkar)

Share

Pemerintah Minahasa Gelar Safari Ramadhan di Masjid Al-Haq Wawalintouan

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Gelar Safari Ramadhan dan Buka Puasa Bersama di Masjid AL-HAQ Kelurahan Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat, pada Rabu 15 Mei 2019.

Dihadiri Oleh Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat Tondano Barat Maya Kainde, Kepala Kementrian Agama Sonya mongkau SE, Danramil dan Kapolsek Tondano Barat, Ketua MUI Hj.Suwitno Kangiden MPd, Imam Masjid AL-HAQ Muhammad Rui Agalui, Ketua BTM Masjid AL-HAQ Ibrahim Hamid

Dalam Sambutan Bupati Minahasa yang di sampaikan oleh kadis Bapelitbangda Drs Hanes Donald Wagey MBA menyampaikan semoga suasana kebersamaan yang diliputi rasa kekeluargaan saat ini akan semakin mempererat tali silahturahmi dan jalinan persaudaraan yang erat di antara kita semua.

“Atas nama Pemerintah kabupaten Minahasa, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa 1440 Hijriah tahun 2019 semoga ibadah dibulan suci ramadhan ini akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat dalam menjalani kehidupan yang dianugrahkan oleh sang pencipta.” Katanya.

Dalam Kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Menyerahkan Bantuan Berupa Sembako.

YVI

Share

Panitia Konferensi Live Giving Agriculture Asia Gelar Rapat

Tondano, Klabatnewsok.com – Rapat panitia pelaksana konferensi live giving agriculture ASIA di Tondano Minahasa Tahun 2019, digelar diruang sidang Kantor Bupati Minahasa, pada Rabu 15 Mei 2019.

Adapun pokok yang dibahas adalah kesiapan acara dimulai dari, Persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan tanggal 9-13 Okt 2019 di Minahasa oleh PGI.
Pembukaan  acara yang direncanakan di Wale ne tou Minahasa pada tanggal 10 Oktober 2019, dan untuk konferensi tgl 11 dan 12 Oktober dan tanggal 13 Oktober peserta akan dibagi ke jemaat atau gereja-gereja untuk memimpin ibadah.

Peserta acara akan hadir sekitar 12-15 negara dan dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini menggumuli tentang kehidupan alam,  tentang pertanian yang  selaras dengan alam (pertanian organik) dalam rangka gereja mencermati bahwa mahkluk hidup di bumi ini sedang terancam oleh racun.

Karena itu bagaimana cara dan tindakan untuk penyelamatan terhadap mahluk hidup dari bahan kimia yang merusak lingkungan. Dengan Banyak produksi pertanian yang sudah terasentuh dengan bahan kimia, dan Saat ini sebagian besar Eropa tidak lagi menggunakan bahan kimia.

Indonesia banyak menggunakan pupuk kimia yang menyebabkan bahan alami kita tidak bisa di eksport.
Kepada panitia untuk menyiapkan produk organik dari gereja-gereja akan dibawa untuk dipamerkan.” Marilah kita saling menopang guna suksesnya acara ini” ucap pendeta Welly.

Acara ini di hadiri oleh Sekretaris Umum Panitia Pdt Welly Pondaag STh, Ketua Harian Pdt Tonny Kaunang STh MM, Bendahara Panitia Sym Meity Tjandra Lantang serta seluruh panitia kegiatan.

YVI,

Share

Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey- Lengkong Ikut Rakor TP-PKK Provinsi Sulut

Manado, Klabatnewsok.com – Wakil Ketua TP – PKK Kabupaten Minahasa ibu Martina Dondokambey – Lengkong mengikuti Rapat Koordinasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Se -Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019, pada rabu 15 Mei 2019, di hotel grand central Manado

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE,

Dalam rapat koordinasi ini, wakil ketua TP PKK Minahasa memaparkan kegiatan PKK yang sudah terlaksana yakni Rapat Pengurus, Pelantikan Pengurus TP-PKK Desa, Penilaian Lomba Administrasi tingkat Kecamatan, Penilaian Lomba Administrasi tingkat provinsi tahun 2019, kegiatan Pokja-Pokja penilaian lomba pola asuh anak dan remaja tingkat Provinsi, Kelompok Usaha berupa upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) mawali-wali, pelatihan etika pergaulan dan kepribadian, sosialisasi Hatinya PKK, lomba Hatinya PKK tingkat provinsi sulut 2019, screening dan pencegahan kanker rahim, dan yang menjadi program prioritas PKK yakni “Pencegahan Stunting”. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Selain itu Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa juga membeberkan program prioritas strategis yang sudah dan sementara dilakukan oleh TP PKK Minahasa.

“Program TP PKK Minahasa diantaranya sosialisasi pola asuh anak dan remaja penuhi cinta kasih sayang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk terciptanya generasi muda berkualitas agar terus-menerus tumbuh generasi muda yang cerdas, hebat, maju, dan berkualitas,” jelasnya.

Turut hadir Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen SE, MS, Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan selaku Narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulut Drs. Royke Mewoh, DEA serta Ketua dan Wakil Ketua TP – PKK se Sulawesi Utara.

YVI

Share