Thursday, 23 May 2019

Archive for: May 6th, 2019

Tunggu Juknis, 24 Mei THR ASN Siap Dibayarkan

Airmadidi,KLABATNEWS-Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Minahasa Utara (Minut) Petrus Makarau Senin (06/05/2019) menegaskan pihaknya siap membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) pada 24 Mei mendatang. Saat ini menurut Macarau, pihaknya tinggal menunggu petunjuk teknis (juknis) untuk pencairan ini.

“Tinggal tunggu Juknisnya saja. Pokoknya 24 Mei sudah harus dibayarkan,” ujar Macarau Senin (06/05). Dengan demikian dipastikan dua pekan depan PNS di jajaran Pemerintah Kabupaten Minut sudah bisa menerima THR.

Payung hukum yang menjadi dasar pelaksanaan kebijakan THR PNS ini sudah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (05/06). “PP-nya (Peraturan Pemerintah) bapak presiden sudah tanda tangan tadi,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (06/05/2019).

THR yang diberikan tahun ini akan mengikuti peraturan gaji pokok PNS yang berlaku saat ini. Lantas, berapa besaran THR yang diterima oleh PNS?

Seperti diketahui, pada awal April 2019 kemarin PNS resmi merasakan kenaikan gaji sebesar 5%. Kenaikan gaji itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Bila mengacu gaji terbaru dalam PP tersebut, sebagai contoh untuk golongan IIIa masa kerja 0 tahun yang biasanya merupakan jabatan untuk lulusan baru bagi sarjana, maka akan mendapat THR senilai gaji pokok yakni Rp 2.579.400.

Besaran THR yang diterima itu berbeda-beda tiap jabatan, golongan, dan masa kerja. Semua itu tergantung dari gaji pokok yang diterima oleh masing-masing PNS.

Sementara, bila melihat ke belakang, besaran THR yang diterima PNS pada 2018 sebesar satu kali gaji penuh atau take home pay.(*)

Share

Bupati ROR dan Wabup RD Minta Hormati Umat Muslim Yang Menjalankan Ibadah Puasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring mengajak masyarakat Kabupaten Minahasa, khususnya non muslim untuk menghormati saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Umat muslim di Indonesia sudah memulai ibadah puasa pada hari Senin, 6 Mei 2019. Untuk itu, jam kerja ASN dan THL dilingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa akan dikurangi sesuai  peraturan yang sudah dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB)

“Jam kerja mereka akan dikurangi sesuai aturan yang ada, agar ASN dan THL yang berpuasa dapat menjalankan ibadah puasanya dengan baik” tukas Bupati Ir Royke O Roring M.Si (ROR).

Kabupaten Minahasa adalah kabupaten yang majemuk, untuk itu Bupati menghimbau agar kita yang non muslim menghormati saudara-saudara umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.” Mari tetap menjaga dan membina kerukunan umat beragama yang sudah tercipta selama ini.” Katanya

“Atas nama pemerintah kabupaten minahasa saya Bupati Ir Royke Octavian Roring bersama keluarga dan wakil bupati Robbby Dondokambey SSi menyampaikan selamat nenunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan bagi umat muslim di kabupaten minahasa, kiranya ibadah puasa ini akan selalu membawa berkah bagi umat di kabupaten minahasa,” pungkasnya.

YVI

Share

Bupati Vonnie Panambunan Bersyukur Pleno KPU Minut Sukses

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan memberikan apresiasi kepada masyarakat Minahasa Utara dan penyelenggara Pemilu. Hal ini disampaikan atas suksesnya pemungutan suara, rekapitulasi dan pleno perolehan suara Pemilu mulai dari KPPS, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten. Apresiasi juga diberikan kepada Panitia Pengawas TPS, Panwas desa/kelurahan maupun Bawaslu serta partai politik di Kabupaten Minahasa Utara yang turut menyukseskan pemilu sampai pleno di KPU.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, TNI dan Polri yang siap dan siaga menjaga keamanan di masyarakat sampai saat ini.

Bupati turut  berbelasungkawa kepada pejuang dan pahlawan demokrasi KPPS dan Keluarga yang berduka, biar tetap diberi penghiburan dan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kepada pejuang-pejuang demokrasi KPPS, Panwas dan saksi-saksi yang  sakit, diberikan kekuatan, kesehatan dan  kesembuhan dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Terima kasih dan salut atas kinerja semua penyelenggara Pemilu atas suksesnya tahapan pemilu sampai pada pleno KPU. Apresiasi juga untuk TNI, Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Minahasa Utara yang telah menyukseskan pesta pemilu 2019. Marilah kita tetap jaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Minahasa Utara. Kita bisa aman karena kita solid dan kuat, kita bisa karena kita bersatu. Tetaplah dukung program pemerintah untuk keadilan dan kesejahteraan rakyat,” ujar bupati.(T)

Share