Sunday, 25 August 2019

Archive for: May 4th, 2019

PDIP Jawara di Minut, 9 Kursi Menuju Gedung Tumetenden

Kalawat,KLABATNEWS-Berakhirnya pleno hasil perhitungan suara Pemilihan Umum Presiden, DPD dan Legislatif oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), secara langsung telah menjawab kandidat-kandidat yang akan menempati menempati 30 kursi legislatif di DPRD Minut.

Sekalipun masih harus menunggu penetapan pleno hasil pemilihan umum oleh KPU Sulut, hasil pleno di Minut sudah tidak akan bergeser lagi dan memastikan PDIP yang menjadi jawara sebagai pemenang dengan meraih 9 kursi, disusul Nasdem dengan 5 Kursi,
Golkar dan Demokrat masing-masing 4 kursi. Ironisnya, yang mengalami penurunan elektabilitas yakni Gerindra yang hanya meraih 2 kursi.

Ketua DPC PDIP Minut Denny Lolong, puas dengan capaian PDIP pada pemilu tahun ini. “Kami tentunya sangat berterima kasih pertama kepada Tuhan dan kepada seluruh rakyat Minut atas kepercayaan yang sudah memilih PDIP serta perwakilan partai, sehingga bisa mencapai 9 kursi, dan Pimpinan dewan pasti untuk PDIP,” kata Delon sapaan akrabnya.

Secara umum rapat Pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Hitungan Suara Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan KPU Minut, Jumat (3/5/2019) di Hotel Sutanraja, berjalan lancar dan dikawal ketat personil Polres Minut dan TNI Kodim 1310 Bitung.
Pembagian suara sesuai metode Sainte Lague, sudah dapat dipastikan komposisi 30 anggota DPRD Minut.(*)

Sesuai perolehan suara partai politik.
30 legislator terpilih berdasarkan penetapan pleno, masing-masing :

Dapil I Kecamatan Airmadidi-Kalawat
1. Novi Paulus (PDIP/3.053 suara)
2. Denny Lolong (PDIP/2.301 suara)
3. Jerry Umboh (PDIP/2.170 suara)
4. Joseph Dengah (Golkar/1.835 suara)
5. Olivia Mantiri (Golkar/1.342 suara)
6. Stendy Rondonuwu (Demokrat/2.464 suara)
7. Frederiek Runtuwene (NasDem/1.208 suara)
8. Shintia Rumumpe (NasDem/2.391 suara)
9. Azhar (PBB/1.421 suara)

Dapil II Kecamatan Dimembe-Talawaan-Likupang Selatan:
1. Chris Yodi Longdong (PDIP/3.671 suara)
2. Vonny Adel Rumimpunu (PDIP/2.128 suara)
3. Edwin Nelwan (Golkar/1.542 suara)
4. Cynthia Erkles (Gerindra/2.789 suara)
5. Stevanus Prasethio (Demokrat/1.685 suara)
6. Paulus Sundalangi (NasDem/1.285 suara)
7. Marssel (PAN/2.249 suara)

Dapil III Kecamatan Likupang Timur-Likupang Barat-Wori:
1. Gereth Luntungan (PDIP/3.118 suara)
2. Abram Eha (PDIP/2.315 suara)
3. Daniel Rumumpe (NasDem/3.086 suara)
4. Arlens Pungus (Hanura/1.961 suara)
5. Denny Sompie (PKPI/2.176 suara)
6. Arnol Lamuni (Demokrat/772 suara)
7. Sarhan Antili (PKB/1.640 suara)
8. Janjte Longdong (Gerindra/1.936 suara)

Dapil IV Kecamatan Kauditan-Kema:
1. Jimmy Mekel (PDIP/1.803 suara)
2. Edwin Kambey (PDIP/1.244 suara)
3. Paultje Sundah (Golkar/1.928 suara)
4. Antonhy Pusung (Perindo/1.120 suara)
5. Meydi Kumaseh (NasDem/1.507 suara)
6. Stevano Pangkerego (Demokrat/1.123 suara)

Share

Stella Runtu: KPU Minut Siap Hadapi Gugatan Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Ketua KPU Minut Stella Runtu

Kalawat,KLABATNEWS-Ketua KPU Minut Stella Runtu mengucap syukur kepada Tuhan, rangkaian tahapan kegiatan pemilihan umum 2019 di Minahasa Utara mulai dari pendaftaran sampai pada tahapan terakhir yaitu pleno tingkat kabupaten dan penetapan boleh berjalan dengan baik.

“Ada kendala yang dihadapi tapi semua boleh terselesaikan dan sesuai dengan regulasi yang ada," kata Runtu saat memimpin Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten Minut dan penetapan keputusan hasil suara tingkat kabupaten pada pemilu 2019. Jumat 3 Mei 2019 di hotel Sutan Raja desa Watutumou 2, Kecamatan Kalawat.

Lanjutnya, jika ada gugatan nanti dari hasil penetapan ini, kami siap dan akan mempersiapkan diri untuk menghadapi sesuai dengan regulasi.

“Jika dalam waktu 3 hari tidak ada gugatan atau PHPU kami akan langsung melangkah dengan penetapan kursi,” tutupnya.

Rapat yang dipimpin Ketua KPU Minahasa Utara Stella Runtu didampingi komisioner KPU Hj Darul Halim, Hendra Lumanauw, Dikson Lahope dan Robi Manoppo. Hadir juga penyelenggara pengawasan Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy, komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar dan Rahman Ismail.

Tampak hadir Forkopimda Minut, Sekertaris Daerah Ir Jemmy Kuhu MA mewakili Bupati Minahasa utara, Kapolres Minut Jefri Siagian, SIK, Dandim bitung Lenkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, Ketua BKSUA Ruben Boy Renggi MTh, Ketua FKUB Pdt Sem Kindangen.(sem)

Share

Pemilu 2019 di Minut Berjalan Lancar, Jurdil dan Transparan

Airmadidi,KLABATNEWS-Polres Minahasa Utara berhasil dalam pengamanan dan pengawalan pada pelaksanaan pemilu 2019 hal itu bisa dilihat dari tahapan-tahapan pemilu hingga pleno tingkat kabupaten berjalan lancar, jurdil dan transparan, hal ini mendapat apresiasi dari Pemkab, tokoh agama dan tokoh masyarakat Minut serta partai politik.

Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian, SIK menanggapi akan apresiasi dari semua stakeholder bahwa pemilu berjalan dengan lancar, memang dalam menjaga keamanan pada pelaksanaan pemilu sudah menjadi tanggung jawab aparat keamanan. Untuk itu TNI-Polri terus siaga dalam mengamankan, mengawasi dalam pelaksaan pemilu 2019 dan memastikan situasi kondusif dan mengantisipasi adanya kericuhan yang terjadi.

“Segenap personil yang diturunkan merupakan anggota Polri yang disiapkan untuk pengamanan dan ditugaskan berjaga tanpa henti, memastikan semua berjalan aman dan lancar hingga selesai. Dari Polres telah diturunkan 80 personil khusus untuk menjaga keamanan dalam proses penghitungan suara tingkat Kabupaten yang didukung 30 personil dari TNI,” kata Kapolres Siagian.

Sementara itu Dandim bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat menambahkan bahea intinya TNI khususnya Kodim 1310 dan Polres Minut siap membackup semua tahapan pemilu sampai selesai. “Untuk keamanan pemilu merupakan tanggung jawab bersama,” kata Kusnandar.

Dari Pantauan media ini sejak awal mulai distribusi sampai pada pleno penetapan di KPU Minut tingkat kecamatan TNI-Polri tanpa henti terus mengamankan pelaksanaan pemilu.

Sekertaris Daerah Minahasa Utara Ir Jemmy Kuhu MA, mewakili bupati Minahasa Utara memberi apresiasi dan terima kasih untuk pengamanan TNI-Polri dalam pelaksanaan pemilu 2019 boleh berjalan aman, damai, jujur dan adil.

Hal senada diungkapkan dari toko agama dan masyarakat saat mengikuti rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu 2019 tingkat kabupaten Minahasa Utara, mereka memberikan apresiasi kepada pihak TNI-Polri dalam mengamankan pemilu ini.

“Apresiasi untuk TNI Polri yang telah bertindak secara persuasif dan antisipasif sehingga pelaksanaan pemilu ini tidak ada gesekan-gesekan yang berarti, kita bersyukur itu Pemilu bisa berjalan lancar,” ungkap Ketua MUI Minut Ir Hj Baidlowi Ibnu Hajar.

Ungkapan itu dilanjutkan dengan perkataan ketua BKSUA Minut Ruben Renggi, MTh bersama ketua FKUB Minut Sem Kindangen mengatakan, Apresiasi untuk TNI-Polri yang terus berkoordinasi dengan toko agama bahkan sejak awal akan masuk pencoblosan sudah mengajak para toko-toko agama untuk doa bersama. pelaksanaan pemilu sukses aman dan damai.

Para saksi partai politik pun mengungkapkan begitu luar biasa pengamanan Polres Minut dalam pengamanan, tanpa istirahat.

”Pihak kepolisian itu 24 jam penjagaannya, ini luar biasa bukan anak buahnya saja yang turun, tapi k<br>
Kapolresnya juga turun, luar biasa,&quot; Heny Tombeng saksi dari paslon capres Prabowo Sandi dan langsung diberikan aplaus tepuk tangan oleh semua yang ada.

Sementara, para toko masyarakat, ketua-ketua partai yang juga hadir memantau jalannya rapat Pleno memberi ungkapan merasa bangga dengan kinerja TNI Polri dalam pengamanan pemilu kali ini.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI Polri yang telah mampu bekerja sama mengsukseskan pemilu 2019, kami merasa bangga pelasanaan pemilu berlangsung aman damai dikabupaten minahasa utara ini,&quot; pungkas Deny Lolong ketua partai PDIP Minut.

Terpisah, ungkapan terima kasih disampaikan Edwin Nelwan anggota DPRD Minut fraksi Golkar dan ketua PKPI Minut Deni Sompie serta toko pemuda Gerryt Luntungan.

“Mewakili generasi muda, saya ucapakan terima kasih untuk TNI Polri yang telah memberikan pengamanan dari hari H 17 April sampai pleno berjalan dengan baik,” ungkap peraih suara terbanyak calon legislatif Kabupaten Minahasa Utara.(*)

Share

KPU MINAHASA SELESAI GELAR PLENO REKAPITULASI HASIL PEMILU 2019, INI HASIL PENGHITUNGAN SUARA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN, DPR RI, DPD, DPRD PROVINSI DAN DPRD MINAHASA

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pleno rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilu 2019 di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa sudah selesai, pada Sabtu subuh 4/5/19

Berikut ini hasil Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Kabupaten/Provinsi, DPR RI, dan DPD Dari Setiap Kecamatan Dalam Wilayah Kabupaten Minahasa Pada Pemilu 2019

Silakan klik tautan dibawah ini

MODEL_DB1_PPWP_65974_MINAHASA

MODEL_DB1_DPR_65974_MINAHASA_DAPIL_SULAWESI_UTARA

MODEL_DB1_DPD_65974_MINAHASA_DAPIL_SULAWESI_UTARA

MODEL_DB1_DPRD_PROVINSI_65974_MINAHASA_DAPIL_SULAWESI_UTARA_6

MODEL_DB1_DPRD_KABKOTA_65974_MINAHASA_DAPIL_MINAHASA_1

MODEL_DB1_DPRD_KABKOTA_65974_MINAHASA_DAPIL_MINAHASA_2

MODEL_DB1_DPRD_KABKOTA_65974_MINAHASA_DAPIL_MINAHASA_3

MODEL_DB1_DPRD_KABKOTA_65974_MINAHASA_DAPIL_MINAHASA_4

Sumber: KPU Minahasa

Share