Thursday, 23 May 2019

Archive for: May 2nd, 2019

Sekda Minut Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019

Airmadidi,KLABATNEWS-Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir. Jemmy Kuhu memimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan upacara Pemkab Minut, Kamis 2 Mei 2019 dan diikuti kepala-kepala SKPD, guru-guru se-Minut dan pelajar. Gebyar hari pendidikan nasional tahun ini dengan tema “Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan”.

“Hari ini Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Untuk itu, marilah kita bersama-sama bermunajat, memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya untuk kita dan seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara,” ujar Kuhu saat menyampaikan sambutan Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Muhadjir, seperti yang disampaikan Kuhu, menyampaikan pesan agar di Hardiknas ini agar para pengajar mengawasi perilaku dan sikap peserta didik di tengah-tengah perkembangan teknologi yang pesat. Meski begitu, para guru juga diminta untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang berkualitas.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” ucap Kuhu membacakan pesan Muhadjir.

Muhadjir, kata Kuhu, meminta semua sekolah dan tempat pendidikan dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Dia meminta para guru bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia.

“Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat,” ucapnya.

Seusai upacara berlangsung Pemkab Minut melalui Dinas Pendidikan memberikan penghargaan kepada para guru dan pengawas yang berprestasi. Peringatan Hardiknas ditandai dengan pelepasan burung merpati juga dimeriahkan dengan penampilan dari marching band SMP Katolik Margo Lembean.(adv)

Share

Pemerintah Minahasa Ibadah Paskah dan Ibadah Oikumene Awal Bulan

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan ibadah Paskah, yang dirangkaikan dengan Ibadah Oikumene Awal bulan Mei di Gmim Sentrum Tondano pada Kamis 2 mei 2019.

Ibadah ini dipimpin oleh Pendeta Meitha Tengkel-Maliangkay MTh selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Tondano dan juga selaku Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Sentrum Tondano, yang mengambil Pembacaan Alkitab dalam Yohanes 20:24-29

Dalam khotbahnya menyampaikan Teknologi yang disalah gunakan dapat menghancurkan, untuk itu baik teknologi dan talenta yang ada mari kita pakai untuk memuliakan Tuhan, mari kita miliki kerinduan untuk menikmati hadirat Tuhan, jangan tinggalkan persekutuan ibadah seperti ini.

” Dengan adanya Peristiwa Paskah kita belajar percaya walaupun tidak melihat. Kita tidak dapat melihat Tuhan yang kita sembah tapi DIA adalah Tuhan yang hidup, Setiap hari kita dapat merasakan Kuasa, Penyertaan, Kasih dan MujizatNya. Untuk itu mari percayakan hidup ini kepada Tuhan.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Menyampaikan, untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan oleh karna kasih-Nya boleh memasuki hari yang baru dan bulan yang baru, serta boleh merayakan ibadah Paskah pada saat ini,” sebagai umat Kristiani kita bersyukur dan mengimani Kristus telah bangkit Haleluyah dan telah memenangkan kita dari segala Dosa.”

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat dan terima kasih juga karena sudah berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu 2019 dengan aman dan damai. Mari kita doakan pelaksanaan Pleno Yang sementara Berjalan Di KPU.”

“marilah kita menjaga Danau Tondano, karena Danau Tondano termasuk dalam 35 Danau yang menjadi prioritas Pemerintah Pusat yang harus tetap dilestarikan.

Dalam ibadah ini Pemerintah Minahasa memberikan Doorprize kepada ASN, dan bingkisan Paskah kepada FKUB Kabupaten Minahasa serta Waker di tiap Instansi Kabupaten Minahasa.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, SIP, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, SH, Anggota DPRD Kabupaten Treisje Kaligis, Kepala BPN Minahasa Ramilin Sinurat, SH, Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Sonya Mongkau, SE, Mewakili Kapolres Minahasa Kompol S. F. Rompas, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Dandaramil 01 Tondano Pelda Djonie Bura, Mewakil Kajari Minahasa Velix Palit, Pimpinan Instansi Vertikal, Pengurus FKUB Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan seluruh ASN Pemerintah Kabupaten.

YVI

Share

Hardiknas, Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini Berlangsung Hikmat di Kabupaten Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini di Kabupaten Minahasa, pada Kamis 2 Mei 2019, di Lapangan Sam Ratulangi Tondano berlangsung penuh hikmat.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Forkopimda Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kepala-Kepala sekolah se-Kabupaten Minahasa, serta peserta upacara yang hadir.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, MSi, memberikan apresiasi kepada mereka yang baru menerima SK dan Penghargaan dalam dunia pendidikan dan kesetaraan gender. Beliau yakin dan percaya rakyat minahasa sudah mempertimbangkan kesetaraan gender,” mari kita pertahankan terus apa yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan kesetaraan gender ibu R. A. Kartini dan juga ibu Walanda Maramis.”

“Mari kita untuk lebih menghayati apa yang sudah diperjuangkan pahlawan-pahlawan kita dengan mengikuti upacara ini dengan penuh hikmat. Atas nama Bupati dan Wakil Bupati mengucapkan selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Otonomi Daerah XXIII, dan Hari Kartini.”

“Kiranya semangat perjuangan para pendahulu kita dapat kita lanjutkan demi Mewujudkan apa yang kita harapkan yaitu Minahasa Semakin Hebat, Sulut semakin Hebat serta Indonesia Hebat dan semakin sejahtera.”

Sebelumnya Bupati ROR membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019 di dalamnya kita diajak untuk bersyukur, karna bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (PEMILU) serentak tanggak 17 April 2019 yang lalu.

“Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam PEMILU harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan.”

Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Sebagaimana telah di sampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Selanjutnya Bupati ROR membacakan Amanat Menteri dalam Negeri pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII tanggal 25 April 2019. Tema Otonomi Daerah tahun ini adalah “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif

” tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat. Disamping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan data saing dengan mempertahankan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Sebelum sambutan-sambutan, Bupati ROR menyerahkan piagam penghargaan UNBK Mandiri, Sekolah Model, Sekolah Rujukan, Sekolah terakreditasi, Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi, serta Penyerahan SK Pensiun, dan SK CPNS secara simbolis.

(Advertorial)

Share