Tuesday, 19 November 2019

Archive for: May 2019

Pemerintah Minahasa Safari Ramadan di Masjid Baitul Makmur Kampung Jawa

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Safari Ramadan 1440 hijriah, pada jumat 31 mei 2019, bertempat di Masjid baitul makmur kampung jawa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, menyampaikan untuh memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Su’bahanna Hu’Wata Allah, Tuhan yang maha kuasa, atas segala rahmat fan anugerahnya sehingga hari ini boleh bersama dalam kegiatan safari ramadhan pemerintah kabupaten minahasa bersama umat muslim jamaah baitul makmur Kampung Jawa dalam keadaan sehat walafiat.

Semoga suasana kebersamaan yang diliputi sukacita saat ini akan semakin mempererat tali silahturahmi dan jalinan persaudaraan yang erat diantara kita semua.
” Atas nama pemerintah kabupaten minahasa, pribadi dan keluarga saya menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa 1440 Hijriah tahun 2019, kepada saudara saudaraku umat muslimin dan muslimat khususnya para jamaah Masjid Al-Fallah Kyai Modjo Kampung Jawa dan sekitaranya,

memasuki hari ke 26 semoga saudara saudara dapat dimampukan melewati hari hari akhir dibulan puasa sehingga dimampukan dapat merayakan Hari Kemenangan Idul Fitri.

” Amal perbuatan yang baik dalam menyebarkan kasih sayang dan membawa rahmat terhadap sesama makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa, kiranya tetap menjadi bagian dari kita semua.”

” Kiranya ibadah di bulan suci ini akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan oleh sang pencipta.”

Dihadiri oleh ketua MUI Minahasa Hj. suyitno kangiden, Imam Suharyono Zees, ketua BKSAUA kecamatan tondano utara Pdt Alex Sangian STh, kapolsek toulimambot Iptu Arie Hasan, Danramil Tondano Pelda Joni Bura, Camat Tondano Utara Johny Tendean MAP, jajaran pemerintah kabupaten minahasa, dan seluruh umat muslim se kecamatan tondano utara.

YVI

Share

Bupati ROR Safari Ramadan di Masjid Nurul Huda Remboken

Remboken, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi Menghadiri Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama umat islam Se-Kecamatan Remboken, pada Jumat 31 Mei 2019 di Masjid Nurul Huda Desa Kaima Kecamatan Remboken.

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa Menyampaikan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1440 Hijriah Tahun 2019 dan Selamat Menyambut Idul Fitri Kepada umat muslim yang ada di Kecamatan Remboken, dimana hari ini telah memasuki hari ke 26.

” Semoga terus dimampukan melewati hari hari akhir dibulan puasa sehingga dapat merayakan hari kemenangan idul fitri. semoga ibadah di bulan suci ramadhan ini akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian dan kesejahteraan.” Kata Bupati

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas peran tokoh agama dan masyarakat di Kecamatan Remboken karena telah sukses melewati pemilu dengan aman dan damai, tentu semuanya ini karena peran aktif dari pimpinan-pimpinan agama dan tokoh tokoh agama serta masyarakat.

“Juga secara khusus kami menyampaikan terima kasih atas peran kita semua, sehingga Kabupaten minahasa boleh meraih WTP dari BPK RI yang masuk pada kali yang ke lima, tentunya kita bersyukur kepada Tuhan. mari kita tingkatkan dan pertahankan apa yang sudah kita raih.” Ujarnya.

Bupati ROR juga menyampaikan Berbagai program pro rakyat yang dirancang pemerintah kabupaten minahasa telah mulai direalisasikan untuk mensejahterahkan masyarakat, disamping itu juga pemerintah Provinsi Sulut lewat Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE telah memberikan sumbangan bagi 33 masjid di kabupaten minahasa di mana masing masing mendapat 50 juta rupiah.

Juga saat ini pemerintah juga dalam upaya revitalisasi danau tondano setelah ditetapkan dalam 15 danau prioritas nasional.

Dalam Kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Memberikan Bantuan Sembako dan Santunan yang di serahkan langsung oleh Bupati Minahasa.

Turut Hadir Dalam Acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Dandim 1302 Letkol Inf. Slamet Raharjo SSos MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wilford Siagian MA, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat Remboken, Kapolsek dan Danramil Remboken, Kepala kantor urusan agama kecamatan remboken Mulyadi Zaelani SAg, Para Imam Masjid di Kecamatan Remboken dan Jamaah Masjid Nurul Huda Kaima Remboken.

YVI

Share

Pemerintah Kabupaten Minahasa Hadiri Ibadah Syukur Kenaikan Yesus Kristus, dan HUT Ke-56 GMIM Moria Sasaran

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menghadiri ibadah Syukur Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus Ke Sorga, HUT Jemaat GMIM Moria Sasaran Ke-56, Pelantikan dan Serah Terima Pelayanan Ketua BPMJ GMIM Moria Sasaran dan Ketua BPMW Tondano Lima dari Pdt. Sony Rony Repi, SE M.Th Kepada Pdt. Reymon Jhony Rende, STh serta Pelantikan Penasehat Jemaat GMIM Moria Sasaran.

Ibadah di pimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pdt. Dr Hein Arina yang mengambil pembacaan alkitab dalam Injil Lukas 24 : 50 – 53 dengan perikop “Kenaikan Yesus”.
Kenaikan Yesus Kristus ke Sorga adalah Untuk mempersiapkan tempat bagi kita umat manusia. Sementara Yesus Memberkati mereka lalu Ia Terangkat ke Sorga, mereka langsung beribadah di Bait Allah dan mengucap syukur.

Hal tersebut dikatakan Pdt Hein Arina, dan lanjutnya bahwa Ketua jemaat harus Menjadi guru dan gembala dalam jemaat untuk menggembalakan jemaat.

Sementara itu dalam Sambutan Bupati Minahasa
Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, keluarga Roring Lumanauw dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (kel. Dondokambey Lengkong) mengucapkan selamat hari Kenaikan Yesus Kristus ke Sorga dan selamat Hut ke 56 GMIM Moria Sasaran.

” Selamat bertugas di tempat yg baru Pdt Sony Repi dan Selamat datang serta selamat bertugas Pdt. Reymond Rende di jemaat GMIM Moria Sasaran dan Wilayah Tondano 5.” Kata ROR

” Juga Selaku Bupati dan Wakil Bupati Minahasa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Minahasa karna telah berpartisipasi pada pemilu 2019 dan telah sukses sehingga tinggal menunggu hasil.”

” Terima kasih atas dukungan dari Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa karna Pemerintah Kabupaten Minahasa Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sulut 5 kali berturut turut dan akan menerima penghargaan dari Presiden RI.”

Dalam ibadah ini juga Bupati Minahasa, Wakil Bupati Minahasa dan Kapolres Minahasa di lantik menjadi Penasehat Jemaat GMIM Moria Sasaran.

Turut hadir dalam ibadah ini Bupati Minahasa Periode 2013-2018 Drs. Jantje Sajow, M.Si, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Ir. Refly Ngantung, Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Roring – Lumanauw, S.IP, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, Ketua Bayangkari Cabang Minahasa Ny. Wina Denny Situmorang, Kejari Minahasa yang di wakili oleh Kasi Pengawasan Bapak Felix Palit, Camat Tondano Utara Johny Tendean AP MAP. Kepala Bagian HumasPro Setda Minahasa Drs. Moudy L. Pangerapan, dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

Bupati ROR Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Kodim 1302 Minahasa

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menghadiri Buka puasa bersama keluarga besar kodim 1302 minahasa, Forkopimda dan seluruh komponen masyarakat, pada
Rabu 29 mei 2019, di Makodim 1302 Minahasa.

Dalam Sambutan bupati minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi mengajak untuk memanjatkan syukur kepada tuhan yang maha kuasa atas segala rahmat dan anugerahnya sehingga hari ini bole bersama sama dalam acara buka puasa bersama keuarga besar kodim 1302 serta kabupaten kota yang terkait.

Dalam buka puasa saat ini yang diselengarakan oleh kodim 1302 Minahasa dalam wilayah kerjanya masuk 4 kabupaten kota,” ini sudah setengah dari minahasa raya jadi kita semua boleh dipertemukan dalam acara buka puasa ini,”

” Tanpa terasa hari ini sudah berada di hari ke 24 dibulan ramadan tinggal 6 hari kedepan kita akan memasuki hari raya idul fitri hari kemenangan setelah melewati ibadah puasa, Dibulan ramadan ini tentu atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa saya Bupati Minahasa Keluarga Roring Lumanauw, Wakil Bupati minahasa Keluarga Dondokambey Lengkong dan Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Keluarga Korengkeng-Warouw menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa kiranya saudara saudari yang sedang menjalankan ibadah puasa dapat dimampukan melewati hari hari akhir dibulan ramadan.” Kata Bupati.

Bupati ROR juga melaporkan program pemerintah kabupaten minahasa yang sedang dan telah dilaksanakan, pemerintah kabupaten minahasa memberikan tunjangan kepada tokoh tokoh agama setiap bulan, pemerintah provinsi sulut dalam hal ini gubernur Olly Dondokambey SE, juga telah memberikan sumbangan untuk 33 mesjid di kabupaten minahasa masing masing 50 juta, dan bekerjasama juga dengan BPJS ketenaga kerja dimana seluruh tokoh tokoh agama mendapatkan BPJS Ketenaga Kerja, dan juga telah mensukseskan pemilu yang berjalan aman dan damai, kabupaten minahasa salah satu dari 14 kabupaten kota yang dari 15 kabupaten kota mendapat opini WTP dari BPK, kabupaten minahasa mendapat WTP yang ke 5.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan berupa tali Asi kepada panti asuhan Taqwa kinilow dan anak yatim piatu anggota kodim minahasa

Dihadiri oleh Ustad Iskandar Lakoro SAG sebagai penceramah, Dandim 1302 minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos MSi bersama ketua persit kartika candra kirana kodim 1302 minahasa Ibu Dayu Permita Sari Raharjo SE, Kajari Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH MKn, ketua pengadilan negeri tondano ST IKO Sudjatmiko SH MH, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Benny Mambu, Ketua Pengadilan Negeri Amurang Rommel F Tampubolon SH, mewakili Walikota Tomohon Sekretaris Kota Tomohon Harold Lolowang MSc, Kapolres Tomohon AKBP Raswin Bachtiar Sirait SIK SH MSi, ketua Dewan Mesjid Kabupaten Minahasa Hj. Habib Husain Assagap, Kepala Kantor Kementerian Agama ibu Sonya Mongkaw,SE, kepala BUMD dan BUMN

YVI

Share

Pemkab Minut Siapkan Rp1,4 M untuk Gaji Guru Honor Sekolah Negeri

Kepala Dinas Pendidikan Minut Bernadeth Longdong SPd MPd.

AIRMADIDI – Pemkab Minahasa Utara telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar untuk membayar gaji guru honorer TK, SD dan SMP negeri awal Juni 2019. Jumlah tersebut untuk pembayaran gaji guru honorer selama 4 bulan.

“Pembayaran akan diberikan kepada guru honorer yang mengajar di sekolah negeri. Untuk gaji honor bagi sekolah swasta sudah tidak ada lagi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Minut Bernadeth Longdong SPd MPd, Selasa (28/05) kemarin.

Lanjut Londong, pencairan ini memang ada sedikit terlambat karena adanya verifikasi faktual (vervak) dan validasi data. Ini karena pendataan wajib dilaksanakan agar tidak menyalahi aturan. “Akan diusahakan pencairannya pada awal bulan depan karena ini masih dalam tahap verifikasi,” ungkapnya.

Diakui Longdong, pada tahun ini, Pemkab Minut telah menganggarkan dana sebesar Rp4,2 miliar bagi gaji guru honorer. Setiap guru honorer mendapatkam gaji sebesar Rp1 juta tiap bulannya. “Guru honorer yang terdata sebanyak 350 orang. Turun dibandingkan tahun kemarin yang mencapai 680 guru honorer karena sudah termasuk guru honorer yang mengajar di sekolah swasta,” tutup Longdong.(*)

Share

Tuntutan PSU dari Golkar Minut Ditolak

Suasana sidang penanganan pelanggaran administrasi pemilu di kantor Bawaslu Minut, Senin (27/05).

AIRMADIDI – Tuntutan Partai Golkar Minahasa Utara agar KPU Minahasa Utara melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) tak dikabulkan Bawaslu. Hal ini berdasarkan sidang penanganan pelanggaran administrasi pemilu yang digelar di kantor Bawaslu Minut, Senin (27/05).

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang terdiri ketua Bawaslu Minut Simon Awuy SH dan Komisioner Bawaslu Minut Divisi Penegakan Hukum dan Penyelesaian Sengketa Rocky Ambar SH LLM menilai dari tujuh dugaan pelanggaran pemilu yang dilaporkan Golkar Minut sebagai dasar tuntutan PSU, lima di antaranya tak ditemukan adanya pelanggaran.

“Memang sempat ada kekeliruan tapi langsung dikoreksi saat itu juga. Sehingga tak ada lagi pelanggaran administras karena sudah langsung diperbaiki. Ini berbeda jika ada pelanggaran administrasi tapi tetap dibiarkan oleh penyelenggara pemilu,” terang Ambar kepada media ini, Selasa (28/05).

Terkait laporan adanya pemilih tak terdaftar di DPT dan DPTb tapi bisa tetap memilih meski punya KTP luar seperti yang terjadi di TPS 20 Desa Mapanget, Ambar mengatakan gugatan Golkar ke KPU Minut adalah salah alamat karena pelaku adalah KPPS.

Meski demikian Bawaslu memutuskan KPU Minut secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran atas tata cara dan prosedur pengangkatan anggota KPPS TPS 8 Desa Mapanget. Dijelaskan Ambar, pengangkatan anggota KPPS dilakukan tepat 17 April pagi atau hari-H pemilu.

“Ada berkas yang harus dilengkapi tapi tak dilakukan,. Jadi ada kesalahan prosedur yang dilakukan KPU. Karena berdasarkan PerKPU nomor 3 dan PerKPU nomor 36 tentang pengangkatan KPPS, pengangkatan dapat dilakukan dengan SK KPU. Walau yang tandatangani SK itu ketua KPPS tapi pengangkatan berdasarkan SK KPU. Jadi ini yang menghubungkan dengan KPU,” ujar Ambar.

Terpisah, komisioner KPU Minut Hendra Lumanauw MA mengatakan pihaknya menghormati dan menghargai putusan Bawaslu Minut. “Kita berterima kasih dan menghormati putusan dan juga menghargai semua pelapor termasuk dari partai. Tentunya kita akan melakukan rapat internal terhadap putusan tersebut,” kunci Lumanauw.(*)

Share

VAP Lantik Penjabat Kumtua Kema 1 dan Kema 2

Asisten I mengambil janji Julius Roos (penjabat hukum tua Kema 1) dan Ibrahim Mingkid (penjabat hukum tua Kema 2).

AIRMADIDI – Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan melantik dua penjabat (Pj.) hukum tua Desa Kema 1 dan Desa Kema 2 Kecamatan Kema, Selasa (28/05) kemarin.
Pelantikan dilangsungkan di aula kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa oleh Asisten I bidang administrasi pemerintahan dr. Jane Symons MKes mewakili bupati didampingi Kadis Sosial dan PMD Boby Najoan SH dan camat Kema Vilma Anthonie SH MH. Kedua penjabat hukum tua tersebut masing-masing Julius Roos (penjabat hukum tua Kema 1) dan Ibrahim Mingkid (penjabat hukum tua Kema 2). Mereka dilantik berdasarkan SK bupati nomor 168 tahun 2019 tentang pengangkatan penjabat hukum tua Kema 1 dan SK bupati nomor 169 tentang pengangkatan penjabat hukum tua Kema 2.
Dalam sambutan yang dibacakan Asisten I, bupati mengatakan pelantikan Penjabat Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Utara merupakan momentum penting dalam rangka efektifitas pelaksanaan tugas-tugas di bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kepada Masyarakat serta untuk mengokohkan eksistensi Pemerintah yang ada di desa.
“Saya mengingatkan kepada saudara- saudara bahwa pelantikan ini bukanlah merupakan tujuan akhir, melainkan sebagai tonggak awal untuk berbakti dan mengabdi kepada desa demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam memfasilitasi pemilihan Hukum Tua Definitif. Sehubungan dengan itu, saya sangat mengharapkan saudara – saudara untuk senantiasa mengembangkan pola kerja yang profesional dan punya semangat juang yang tinggi,” ujar bupati.(*)

Asisten I mengambil janji Julius Roos (penjabat hukum tua Kema 1) dan Ibrahim Mingkid (penjabat hukum tua Kema 2).

Share