Tuesday, 23 July 2019

Archive for: April 30th, 2019

Ketua KPU Minut Stella Runtu Pimpin Rapat Pleno Tingkat Kabupaten

Airmadidi,KLABATNEWS-Ketua KPU Minahasa Utara Stella Runtu memimpin Rapat Pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Sutanraja Hotel, Selasa 30 April 2019, saat membuka rapat pleno Runtu didampingi komisioner KPU Hj Darul Halim, Hendra Lumanauw, Dikson Lahope dan Robi Manoppo, bersama penyelenggara pengawasan Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy, komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar dan Rahman Ismail.

Ketua KPU Stella Runtu dalam sambutannya mengajak semua yang hadir untuk mengenang para pejuang demokrasi di seluruh Indonesia dan khususnya di Minahasa utara yang telah mendahului kita saat bertugas dalam pemilu 2019.

“Terima kasih untuk semua pelaksana pemilu 2019 semua instansi yang terjun langsung dalam pemilu 2019 trapezium dan jajaran sampe ke tingkat TPS, jajaran Bawaslu, TNI -Polri yang sampai saat pleno rekapitulasi perhitungan suara kabupaten,” kata Runtu seraya menambahkan kegiatan ini sesuai dengan PKPU Nomor 7 tentang tahapan Pemilu dan PKPU Nomor 4 Tahun 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara di hari pertama pleno, telah memplenokan dua Kecamatan yakni Kema dan Likupang Selatan.

Tampak hadir Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel, SIK, Pabung Minut Mayor Inf Rich Pusung, Kasdim 1309 Manado Mayor Inf Taufik Tubagus, Kasintel Kejari Minut Eka Putra Polimpung, SH, Kepala Kesbangpol Minut Daniel Komenaung serta para saksi Parpol peserta pemilu 2019.(*)

Share

Bupati Vonnie Panambunan Ingatkan Masyarakat Waspada Bencana Alam

Airmadidi,KLABATNEWS-Tingginya intensitas curah hujan, masyarakat diingatkan untuk waspada dan hati-hati, lebih khusus warga yang tinggal di pesisir pantai, pinggiran sungai, maupun daerah rawan longsor. Hal ini diingatkan Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan melihat meningkatnya curah hujan di Minahasa Utara.

Menurut bupati, cuaca ekstrim hujan disertai angin masyarakat diingatkan untuk hat-hati dan waspada. Apalagi yang tinggal di pesisir pantai, pinggiran sungai, maupun daerah tebing maupun daerah ketinggian. “Banjir, tanah longsor maupun air pasang air laut harus diwaspadai. Janganlah sembarang membuang sampah,” kata bupati.

Dilanjutkannya, bagi pengendara kendaraan harus juga berhati-hati, karena jalan raya licin jangan terjadi kecelakaan lalu lintas maupun waspada dengan pohon tumbang. “Camat, lurah dan hukum tua juga diharapkan memantau kondisi wilayah masing-masing, koordinasi dengan pemerintah kabupaten harus tetap ada dan laporkan setiap kondisi wilayah masing-masing,” kata bupati akhir pekan lalu.(*)

Share

Bupati ROR Hadiri HUT Ke-68 GPdi Zaitun Leilem

Leilem, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-68 GPdI Zaitun Leilem dan Pentahbisan/Peresmian Gedung Gereja GPdI Hermon Leilem Tiga, pada Senin 29 April 2019.

Acara diawali dengan Doa dan dilanjutkan dengan Laporan panitia pembangunan, kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si di dampingi Majelis Daerah GPdI Sulut Ibu. Pdt. Yvonne Awuy Lantu

Dalam Khotbah yang di sampaikan Ketua MD Sulut Mengambil Pembacaan Alkitab dalam Mazmur 68:35 dan 2 Tawarikh 7:15 Dalam Alkitab mengatakan adalah menara yang kokoh dan teguh jika Tuhan ada disini, jika Nama Tuhan ada di sini maka ada pertolongan dan Mujizat Tuhan terjadi, jika Hati Tuhan ada disini maka hadirat Tuhan ada disini, Mari Selalu Muliakan Allah dengan Tubuh Jiwa dan Roh Kita agar Senantiasa Tuhan Memberkati Kita semua.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi Menyampaikan untuk panjatkan puji dan syukur dihadapan Hadirat Tuhan Yesus kristus, karena pada hari ini boleh merayakan acara HUT Ke-68 Tahun dan Peresmian Gedung Gereja GPdI Hermon Leilem Tiga hanya oleh Tuntunan dan kasih-Nya.

Atas nama pemerintah kabupaten Minahasa serta keluarga kami Roring-Lumanauw serta keluarga dari bapak wakil bupati Dondokambey-Lengkong mengucapkan banyak selamat diusia ke-68 dan banyak selamat untuk gedung yang baru Tuhan Yesus Memberkati.

“Kami juga sudah mengalokasikan bantuan dana 50jt untuk GPdI Zaitun Leilem” Ujar Bupati

Dalam kesempatan ini bupati menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat desa leilem karena pemilu boleh berlangsung dengan aman dan damai, Bupati mengajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban pasca pemilu.

“mari kita berdoa agar tahapan-tahapan pemilu dan penetapan presiden dan wakil presiden agar tetap aman dan damai.” Tutupnya

Turut Dihadiri Oleh Ketua Majelis Daerah GPdI Sulut Ibu. Pdt. Yvonne Awuy Lantu, Wakil Ketua Majelis Daerah GPdI Sulut Pdt.Mateos Sumaah M.Th, Pdt. DR Wempi Kumendong SH MH, Anggota Majelis Daerah Pdt Nogi Rundengan S.Th, Gembala GPdI Zaitun Leilem Pdt Yance Tamburian S.Th bersama Ibu Gembala, Hamba-hamba Tuhan Se-Sulut, Jajaran Pemkab Minahasa, tokoh-tokoh Masyarakat, hadirin dan jemaat.

YVI

Share

Bupati ROR Sampaikan Banyak Hal Kepada Presiden Jokowi Secara Khusus

Minahasa, Klabatnewsok.com – Komitmen Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) dalam memperjuangkan pelestarian Danau Tondano dan pengembangan infrastruktur di Kabupaten Minahasa terus dibuktikan.

Permohonan dukungan pun disampaikan langsung Bupati kepada Presiden Ir Joko Widodo saat melakukan konsultasi bersama Gubernur Olly Dondokambey dan sejumlah kepala daerah lainnya di Istana Negara, 22 April lalu.

Selain program revitalisasi Danau Tondano, Bupati menyebut ada beberapa hal yang disampaikannya ke Presiden terkait pembangunan di Minahasa. “Pelestarian Danau Tondano memang jadi salah satu prioritas, tapi saya juga minta bantuan Pak Presiden untuk pengembangan beberapa rumah sakit dan pembangunan jalan umum di Minahasa,” ujar Bupati.

“Bahkan saya sampaikan juga ke Pak Presiden soal pemekaran Kota Langowan bila nanti kebijakan moratorium pemekaran dicabut,” tambahnya.

Bupati menuturkan, semua yang disampaikan diketik langsung oleh Presiden Jokowi kemudian diteruskan kepada para Menteri terkait yang juga ikut hadir dalam pertemuan tersebut. “Itulah hebatnya presiden kita, aspirasi yang disampaikan langsung diserap kemudian langsung ditindaklanjuti kepada para menteri. Memang dalam pertemuan itu banyak menteri yang ikut hadir,” tutur Bupati ROR.

Pertemuan dengan Presiden itu diakui Bupati sebagai momentum yang sangat spesial. “Saya sudah banyak kali ke istana negara, tapi baru kali itu melakukan pertemuan langsung dengan Pak Presiden di sebuah ruangan khusus. Jadi ini juga merupakan kebanggan bagi rakyat Minahasa, karena aspirasi kita bisa langsung tersampaikan ke Presiden,” ujarnya.

Sementera terkait revitalisasi Danau Tondano, Bupati menyebut bahwa itu adalah program prioritas Pemkab Minahasa bahkan pemerintah pusat. Dimana Danau Tondano masuk salah satu dari 15 danau prioritas nasional berdasarkan amanat RPJMN 2014-2019 yang diupayakan penyelamatannya.

Bupati mengatakan fakta memiriskan terkait kondisi Danau Tondano saat ini. Dimana dari hasil penelitian yang dilakukan telah terjadi pendangkalan dan penyempitan yang luar biasa pada lingkungan Danau Tondano dalam kurun waktu yang terbilang cepat.

“Sesuai data, di tahun 1939 kedalaman Danau Tondano masih berkisar 43 meter. Tapi di tahun 2015 lalu setelah diukur kedalamannya tinggal 14 meter. Begitu pun luas danau, tahun 1939 sebesar 5.600 hektar, namun sekarang luasnya tinggal 3.925 hektar. Artinya penciutan danau sangat luar biasa dan begitu cepat terjadi,” paparnya.

Padahal, Danau Tondano adalah berkat bagi rakyat Minahasa. Sebab danau ini merupakan sumber kehidupan, khususnya masyarakat yang bermukim di pesisir danau.

“Manfaatnya banyak, sebagai penunjang sektor perikanan, pertanian, pariwisata hingga sumber daya energi. Kita bisa jual ikan di pasar dari hasil tangkapan danau, listrik itu bisa dihasilkan karena aliran air danau mendorong putaran turbin yang bisa menghidupkan generator. Petani juga dimudahkan karena danau Tondano membantu irigasi pertanian. Jadi banyak lagi manfaat lainnya, dan itu adalah berkat bagi kita semua,” ujarnya.

YVI

Share