Sunday, 25 August 2019

Archive for: April 13th, 2019

Bawaslu Minahasa Minta Masyarakat Lapor Kalau Ada Pelanggaran, Disertai Dua Alat Bukti

Tondano, Klabatnewsok.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa, melaksanakan kegiatan Media Gathering Bersama Pers/ Wartawan Minahasa dalam upaya pengawasan Partisipatif dan peningkatan peran pers dalam pengawasan pemilu 2019, pada sabtu 13 april di Cafe Foodtastic Tondano.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh dan Pers/Wartawan Biro Minahasa.

Dalam media gathering ini dibahas salah satunya tentang pelanggaran dalam pelaksanaan masa kampanye sampai pada Pemilu 17 April 2019 nanti, dimana menurut Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, mengatakan, pihaknya telah bekerja maksimal.

” Patroli pengawasan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Minahasa, salah satunya adalah upaya pencegahan, agar supaya tim kampanye tidak melaksanakan pelanggaran pemilu seperti money politik, dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut dia Pemilih harus direbut hatinya lewat kampanye, bukan dengan pemberian sejumlah uang sehingga meraih suara.” Kami mempersempit peluang, sampai mencegah, kalau terjadi pelanggaran, maka strategi penindakan dilakukan,” jelasnya.

Diapun menjelaskan bahwa jika ada pelanggaran, maka alat bukti harus minimal dua,” termasuk video, foto ataupun tulisan, dan saksi minimal 2 orang, dan kalau money politik harus ada amplopnya.” Contohnya.

Ditambahkannya jika terjadi pelanggaran, maka akan dilakukan Klarifikasi sambil melihat unsur pelanggaran, diapun mengatakan bahwa jika kedapatan kalau lebih dari setengah kecamatan se- Kabupaten berarti masiv, formil dan materil. Dan apabila sudah ada dua alat bukti, bisa langsung dilaporkan oleh masyarakat, jika terbukti maka langsung pidana.

Sampai saat ini Sudah sementara proses dua pelaku, yang diduga melakukan pelanggaran Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

Bupati ROR Canangkan Penanaman 50 ribu Bibit Rica

Langowan, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menghadiri acara pencanangan pemberdayaan ekonomi P/KB / Panji yosua wilayah langowan dua di kebun expo misafir tempang, pada sabtu 13 april 2019.

Acara pencanangan yang diawali ibadah yang dipimpin oleh pdt. Gamy Porong S.Th. selaku ketua BPMW langowan dua ini dihadiri oleh jajaran pemerintah kabupaten minahasa yang mendampingi bupati. Dalam kesempatan tersebut bupati melakukan penanaman bibit cabai dikebun tersebut.

Selanjutanya Bupati bersama dengan Pdt. Petra Rembang, M.Th serta Kadis pangan Ir. Wenny Talumewo membagikan bibit jagung yang diberikan kepada sejumlah kelompok tani di kecamatan Langowan utara.

Dalam kesempatan tersebut wakil ketua bidang pengembangan sumber daya sinode GMIM Pdt. Petra Rembang, M.Th mengatakan, bersyukur kapada Tuhan karena bisa melakukan kegiatan pencangan penanaman bibit cabai, beliau juga berterimakasih kepada pemerintah kabupaten minahasa melalui bupati Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan wakil bupati Robby Dondokambey, S.Si karena selalu memperhatikan masyarakat dan telah membantu kelompok tani di wilayah langowan dua.

Dalam sambutanya Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si mengatakan bawah Cabai merupakan salah satu bahan pokok yang memiliki pengaruh besar terhadap ekonomi khususnya di kabupaten minahasa untuk itu kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatakan produksi serta menjaga kestabilan dari bahan pokok untuk masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut bupati yang juga Ketua P/KB SAG ini juga memberikan apresiasi kepada P/KB GMIM dan panji Yosua atas terlaksananya acara pencanangan penanaman 50 ribu bibit rica tersebut.

Bupati juga memaparkan program – program yang telah dicapai pemerintah kabupaten minahasa dalam pimpinan beliau dan wakil bupati Robby Dondokambey, S.Si diantaranya BPJS Kesehatan yang sudah mencapai 102 persen, pemberian santunan duka sebesar Rp.2.500.000, pemberian baju seragam baru bagi siswa baru SD dan SMP, kenaikan upah guru honorer sebesar 300 persen, pemberian beasiswa bagi guru dan siswa berprestasi, kenaikan gaji perangkat desa, pemberian kendaraan dinas bagi para hukum tua kabupaten minahasa, pemberian BPJS ketenaga kerjaan yang merupakan sinergitas dari pemerintah Pusat melalui presiden Ir. Joko Widodo, pemerintah provinsi sulawesi utara melalui Gubernur Olly Dondokambey, S.E yang merupakan Gubernur satu-satunya yang memberikan BPJS ketenaga kerjaan bagi pekerja keagamaan dan Pemerintah kabupaten minahasa.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Minahasa Menghimbau kepada masyarakat untuk mensukseskan pemilu tanggal 17 april dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih dan tidak golput.

YVI

Share

Ketua TP-PKK Minahasa Rayakan HUT Johana di Panti FEBE

Tondano, Klabatnewsok.com – Ketua TP PKK Minahasa Fenny CH Roring Lumanauw, Rayakan Syukur HUT ke 32 tahun Johana Karlina Roring,BS BA dalam keluarga Brodowsky-Roring, pada Sabtu,13 April 2019 bertempat di Panti Sosial Asuhan Anak FEBE Tataaran Patar

Dihadiri oleh ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Fenny CH Roring Lumanauw SIP kepala dinas sosial bpk Royke Kaloh SH, Camat Tondano Selatan Robert Ratulangi SPd MM, pengurus panti asuhan anak FEBE ketua Pdt Jennie Luwuk Mantik STh, sekretaris Pdt Emis Mayore STh, Bendahara ibu Trevina Lumi Luwuk dan seluruh anak anak panti asuhan dengan jumlah anak panti 53 orang bersama dengan 12 orang pengurus.

Kegiatan inipun diawali dengan ibadah, oleh Khadim Pdt Ronny Luwuk STh selaku Gembala GPDI Karmel Tataaran Patar mengambil bagian pembacaan alkitab dalam mazmur 116:12-19, firman tuhan berkata apakah yang akan kubalas dengan segala kebaikanmu,marilah kita harus bersyukur kepada tuhan dalam segala hal.

Sementara Sambutan ketua TP PKK kabupaten Minahasa ibu Dra Fenny Ch Roring Lumanauw SIP, mengatakan, bukan kebetulan berada di tempat ini, tetapi kami keluarga sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena hari ini anak kami Johana Karlina Brodowsky Roring BS BA boleh berhari ulang tahun ke 32 tahun,

Kemarin anak kami Rifky berhari ulang tahun ke 28 tahun jadi kami keluarga besar Roring Lumanauw sangat bersyukur atas berkat tuhan, atas kesukacitaan kami keluarga berbagi kasih dengan panti sosial asuhan FEBE,” saya berharap seluruh anak anak panti asuhan FEBE akan menjadi kebanggaan karena kalian adalah anak anak penerus.” Katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sembako dari ketua TP PKK Kabupaten Minahasa kepada pengurus panti berupa 3 karung beras dan 20 dos mie instan.

YVI

Share