Tuesday, 25 June 2019

Archive for: April 5th, 2019

ASN Disdukcapil Minahasa Masuk Kerja di Hari Libur

Tondano, Klabatnewsok.com – Untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa harus kerja lembur.

Pasalnya, menjelang dan sampai penyelenggaraan momentum pesta demokrasi rakyat ini, pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) akan diberlakukan tiap hari. Bahkan pada hari Sabtu dan Minggu yang seharusnya merupakan libur bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Minahasa Drs Riviva Maringka. “Pelayanan e-KTP tetap dibuka pada hari Sabtu dan Minggu khusus tanggal 6,7,13,14 April 2019. Juga pada tanggal 17 April yang merupakan hari penyelenggaraan Pemilu, sebelum pemungutan suara berlangsung kami tetap melayani perekaman e-KTP,” jelas Maringka.

Kebijakan tersebut, menurutnya adalah untuk menindaklanjuti Surat Kemendagri Nomor 471.13/2518/Dukcapil tertanggal 28 Maret 2019 yang menginstruksikan kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pelayanan khususnya perekaman e-KTP. “Pelayanannya di kantor Dukcapil Minahasa, dibuka mulai pada jam 08.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita,” katanya.

Maringka menyebut jika kebijakan itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga Minahasa yang belum melakukan perekaman e-KTP supaya bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019. “Disamping itu, pelayanan mobile di kecamatan, desa dan kelurahan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” pungkasnya.

YVI

Share

RR-RD Mulai Meresmikan Hasil Pembangunan di Desa

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RR-RD) mulai meresmikan hasil kegiatan pembangunan desa di Kabupaten Minahasa tahun anggaran 2018, dimulai pada Jumat 5 april 2019, peresmian dilakukan RR-RD secara terpisah di enam kecamatan.

Bupati secara maraton meresmikan proyek desa di Kecamatan Kawangkoan Utara yang terpusat di Desa Kiawa Satu, kemudian berlanjut ke Kecamatan Langowan Timur tepatnya di Desa Wolaang dan berakhir di Kecamatan Kakas yang terpusat di Desa Kaweng.

Pada waktu bersamaan, Wakil Bupati juga secara maraton melakukan peresmian di tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Pineleng tepatnya di Desa Sea, lanjut ke Kecamatan Tombulu di Desa Rumengkor dan berakhir di Kecamatan Tondano Utara yang terpusat di Desa Kembuan.

Peresmian hasil kegiatan pembangunan desa tahun 2018 ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Wakil Bupati. Tak hanya itu, RR-RD pada kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan pemerintah berupa kartu BPJS Kesehatan, PKH, beras sejahtera, bantuan bibit jagung, bibit pala, bibit cengkih, bibit padi, cabe, pupuk organik, bibit ikan dan pakan.

Ada pula penyerahan bantuan perlengkapan olahraga yang diberikan secara simbolis dan berbagai bantuan lainnya.

Bupati ROR dalam sambutan di tiap kegiatan tersebut menegaskan bahwa hasil pembangunan desa yang telah dinikmati oleh masyarakat dan diresmikan saat ini adalah merupakan bukti nyata keberhasilan bersama dalam upaya untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Hasil pembangunan ini juga menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Untuk itu marilah kita tetap membangun sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan sampai di tingkat pemerintah desa,” ajak Bupati.

Pembangunan desa yang boleh dinikmati saat ini, menurut Bupati, juga merupakan realisasi program pemerintah pusat yang juga merupakan komitmen Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran.

“Makanya masyarakat harus bersyukur karena pemerintah pusat dalam hal ini Pak Presiden telah mewujudnyatakan komitmen untuk membangun desa melalui ide brilian yakni pemberian dana desa. Supaya bisa berjalan berkesinambungan maka program kerja yang telah dilakukan pemerintah pusat ini harus terus didukung agar pembangunan infrastruktur desa kedepan akan semakin berkembang,” tandas Bupati.

Terpisah, Wakil Bupati dalam sambutan mengajak seluruh elemen masyarakat agar secara bersama-sama dapat menjaga dan memelihara semua hasil pembangunan di tiap desa.

“Kunci keberhasilan pembangunan yaitu adanya sinergitas antara masyarakat dan pemerintah. Makanya hukum tua juga harus merangkul apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sebaliknya masyarakat juga bantu menjaga dan memelihara kegiatan-kegiatan yang telah dikerjakan selama ini,” pesan Wakil Bupati.

Selain memberikan arahan baik kepada pemerintah desa maupun unsur masyarakat yang hadir, RR-RD pada kesempatan itu ikut mensosialisasikan berbagai program Pemerintah Kabupaten Minahasa yang telah dilaksanakan seperti pemberian BPJS Kesehatan, dana duka, pemberian beasiswa, pemberian insentif kepada tokoh agama dan berbagai program pro rakyat lainnya.

Keduanya berharap, apa yang telah dilakukan ini dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Minahasa sebagaimana visi RR-RD yaitu mewujudkan Minahasa yang maju dalam budaya dan ekonomi, berdaulat, adil dan sejahtera.

“Untuk itu marilah kita wujudkan Indonesia hebat, Minahasa hebat. Sukseskan pemilu tahun 2019 dengan menggunakan hak pilih dan jangan golput,” pesan RR-RD.

Adapun kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkocam), jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan para Camat, Lurah dan Hukum Tua serta unsur masyarakat di enam kecamatan tersebut.

YVI

Share

Pemkab Minut Gelar Briefing dengan BPK RI

Airmadidi,KLABATNEWS-Dalam rangka pemeriksaan  terinci atas laporan keuangan tahun anggaran 2018, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar briefing dengan Badan Pemeriksa Keuangan RI dipimpin Bupari Vonnie A. Panambunan, Kamis 4 April 1019 di Bappelitbang diikuti seluruh perangkat daerah.
BPK RI akan melakukan pemeriksaan selama 35 hari mulai 4 April sampai 8 Mei 2019.

Dalam pertemuan tersebut, bupati mengharapkan¬† kerja sama dari perangkat daerah untuk kooperatif dalan memberikan data dan informasi dalan pemeriksaan. “Marilah perangkat daerah berikanlah data yang dibutuhkan dalam pemeriksaan BPk,”, ujar bupati Panambunan.(*)

Share