Friday, 15 November 2019

Archive for: April 4th, 2019

Pemkab Minut Gelar Sosialisasi Pajak DaerahDaerah

Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau saat sosialisasi pajak.

Kalawat,KLABATNEWS-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Badan Keuangan gelar sosialisasi pajak daerah kepada pelaku usaha di Hotel Sutan Raja, Kamis 4 April 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Daerah Minahasa Utara Ir. Jemmi Kuhu, MA didampingi Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau SE serta narasumber dari KPPP Bitung Saiful Agung dan dari BPN Stevie Wowiling.

Dalam penyampaiannya, Kuhu mengatakan, pendapatan asli daerah merupakan sumber pendapatan daerah itu sendiri dan merupakan pilar kemandirian suatu daerah.

” Kebijakan keuangan daerah diarahkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah yang dapat dipergunakan oleh daerah dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan sesuai dengan kebutuhannya guna memperkecil ketergantungan dalam mendapatkan dana dari pemerintah tingkat atas,” pungkas kuhu.

Sementara Kaban Keuangan Petrus Macarau dalam materi menyampaikan dasar pengenaan, tata cara penetapan dan perhitungan pajak berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 2015 dan Perbup Nomor 34 tahun 2016.

Jenis pajak daerah yang dipungut oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara adalah pajak air bawah tanah dan reklame official assesment diterbitkan oleh SKPD dan pajak hotel, restoran, hiburan, penerangan jalan, mineral bikan logam dan batuan, sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan dengan self assesment berdasarkan SPTPD yang dilaporkan.

Dasar pengenaan dan perhitungan tarif pajak 10% kecuali pajak air bawah tanah tarif pajak 20%.(sem)

Share

Pemeriksaan BPK RI, Bupati ROR Minta Masukkan Laporan dan Tidak Keluar Daerah

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Entry Meeting Pemeriksaan oleh Tim Pemeriksa BPK RI Atas LKPD Kabupaten Minahasa, pada Kamis, 4 maret 2019 Di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring,MSi. Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi. Sekda Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi. Pengendali teknis BPK Puspita Dewi, Elvira Kaligis serta Tim BPK RI, Kepala Badan/SKPD dan Para camat.

Arahan oleh bupati minahasa Ir Royke O Roring MSi menegaskan kepada seluruh kepala-kepala SKPD agar dapat segera memasukkan laporan-laporan yang dibutuhkan BPK.

Bupati juga menghimbau kepada Seluruh SKPD untuk tidak keluar daerah selama Pemeriksaan BPK agar dapat berjalan dengan baik. Bupati mengajak semua untuk dapat bekerja sama sehingga dapat mempertahankan Opini WTP yang sudah diraih selama 5 tahun ini.

YVI

Share

Gubernur OD, Bupati ROR dan Wabup RD Serahkan Insentif Tahap I Kepada Pimpinan Agama

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan ibadah Syukur 6 Bulan Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa RR-RD dirangkaikan tatap muka dengan Pimpinan Agama se-Kabupaten Minahasa sekaligus penyerahan Insentif tahap I Kepada Pimpinan Agama
Kamis, 4 April 2019 di Gedung Wale Ne Tou Minahasa, Tondano

Dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. Hein Arina, MTh, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minahasa Pdt. Evert Tangel, STh, MPdK yang juga selaku Sekretaris Umum BPMS GMIM, Ketua Komisi Wanita Kaum Ibu Sinode GMIM Dra. Adriana Dondokambey, M.Si yang juga selaku Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, MSi, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dan para Pimpinan umat lintas Agama yang ada di Kabupaten Minahasa.

Ibadah dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM, Pdt. Dr Hein Arina, MTh

Lewat Laporan Ketua FKUB Kabupaten Minahasa Pdt Evert Tangel, merasa bersyukur karena Pemerintah Kabupaten Minahasa tetap berkomitmen memberikan insentif kepada Tokoh Agama, yang akan direalisasikan melalui pemberian insentif tahap I untuk bulan januari, februari dan Maret.

Pemberian insentif ini langsung di rekening masing-masing pimpinan agama.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Khususnya Pemerintah Kabupaten Minahasa yang terus memberi perhatian bagi kesejahteraan para Pimpinan agama.” Ujarnya.

Sementara dalam Prakata Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi, mengatakan, Selang 6 bulan kepemimpinannya melaporkan kepada Gubernur Sulawesi Utara berbagai Program Unggulan yang sudah dilaksanakan, yakni

1. Setiap 3 bulan sebagaimana yang sudah dilaksanakan hari ini, diberikan insentif kepada para pimpinan agama dengan jumlah 883 Penerima.
2. Kita patut bersyukur karena Gubernur Sulawesi Utara merupakan satu-satunya Gubernur di Indonesia yang memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui BPJS ketenagakerjaan untuk para tokoh agama yang ada di Sulawesi Utara.
3. Sinergi dengan Program Pemerintah Pusat yaitu Kartu Indonesia Sehat, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui BPJS Kesehatan sudah mencover 100% Jaminan Kesehatan Seluruh Masyarakat Minahasa
4. Untuk Triwulan pertama sudah diberikan santunan dana duka masing-masing 2,5 juta Rupiah kepada 1.010 anggota keluarga yang berduka.
5. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah menganggarkan pemberian bantuan untuk 124 Rumah Ibadah.
6. Sejak 1 Januari 2019 Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah menaikan honor perangkat desa/kelurahan sebesar 500 Ribu sampai dengan 1 juta Rupiah
7. Sambil menunggu petunjuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk penyesuaian Honor Guru, Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah menaikan Honor Guru sebesar 300%
8. Untuk Tahun Ajaran 2019/2020 Pemerintah Kabupaten Minahasa Akan memberikan bantuan berupa seragam, sepatu dan tas sekolah kepada kurang lebih 11.000 Siswa/i yang baru akan masuk Kelas 1 SD dan Kelas 7 SMP.

Bupati ROR menyampaikan, dan melaporkan ini agar kelihatan Sinergi antara Program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk kesejahteraan masyarakat.

” Ini juga merupakan bukti bahwa apa yang rakyat Minahasa percayakan kepada kami, Visi, Misi dan Program-program RR-RD sudah dilaksanakan dan akan terus dilaksanakan kedepannya. Mari bersama-sama mensukseskan Visi Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat Adil dan Sejahtera. Dan Mari kita ciptakan suasana yang aman dan damai menjelang pemilu 17 April nanti.” Pungkas ROR

Sementara dalam Sambutan dan arahan Gubernur OD memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa yang sudah mengalokasikan dana untuk kesejahteraan Pimpinan Agama yang ada di Kabupaten Minahasa.

“Tentunya ini merupakan Visi, Misi dan Program Bupati dan Wakil Bupati. Sudah menjadi tanggungjawab hukum dan moral ketika mencalonkan diri sebagai kepala daerah untuk merealisasikan apa yang menjadi Visi dan Misi ketika terpilih dan menjabat.

Tugas pemerintah daerah yaitu bagaimana membangun daerah, memimpin bukan hanya pembangunan infrastruktur tapi harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat agar terpenuhi, pelayanan terhadap kebutuhan dasar, juga perhatian kepada para Pimpinan Agama agar masyarakat betul-betul dapat dilayani secara rohani.

Sebagai Pemerintah Provinsi, memonitor secara langsung apa betul Bupati dan Wakil Bupati menjalankan Visi dan Misinya dengan baik. Apa yang dilaporkan Bupati tadi merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Minahasa benar-benar menjalankan dan merealisasikan tugasnya yaitu melayani masyarakat.

Ini juga merupakan sinergitas antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Minahasa.” Mari kita saling menopang dan mendoakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Sulawesi Utara kedepan.” Katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan, Gubernur Sulawesi Utara bersama Bupati dan Wakil Bupati Minahasa menyerahkan Insentif tahap I secara simbolis kepada Perwakilan dari Pimpinan umat lintas Agama dan perwakilan dari denominasi Gereja se- Kabupaten Minahasa

YVI

Share

Sekda Korengkeng Buka The One Eris Trail Adventure

Remboken, Klabatnewsok.com – Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Sekda Jeffry Robby Korengkeng SH MSi menghadiri sekaligus membuka Kegiatan The One Eris Trail Adventure, pada rabu 3 april 2019.

Kegiatan ini diawali dengan ibadah singkat. hadir Kadis Pemuda Olahraga Siby Sengke, Camat Eris, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Calon Legislatif DPRD Provinsi Sulut Jandi Oklen Waleleng SH MH, Calon Legislatif DPRD Kabupaten Minahasa Braldo Rocard Korengkeng SH, Pimpinan Bank SulutGo Cabang Tondano.

Dalam sambutannya Sekda Korengkeng mengatakan “Motor trail Adventure ini yang lagi digemari oleh masyarakat, khususnya di Sulawesi Utara, Pemerintah sangat mendukung kegiatan seperti ini, disamping olahraga sekaligus rekreasi.” Ujarnya.

Korengkeng juga mengingatkan agar Para Peserta dapat memperhatikan faktor keselamatan, “Mari kita berhati-hati menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang sekitar,” katanya.

Sekda Korengkeng juga berharap para peserta agar dapat berlomba dengan baik dan tidak curang,” Paling penting menjunjung tinggi sportivitas”, ujar Korengkeng

Pada track kali ini, para peserta akan menempuh jarak 60 Km, dan diikuti oleh Klub motor trail dan para pecinta motor trail adventure se-Sulawesi Utara

YVI

Share

Bupati ROR Lepas Atlet Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi
Hadiri Pelepasan Atlet Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Minahasa di Aula Polres Minahasa pada Rabu 3/4 2019.

Turut hadir Kapolres Minahasa AKBP M. Denny Irawan Situmorang, SIK selaku ketua FORKI Minahasa, Para Sensei FORKI, Beserta Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Dan Para Atlit FORKI Minahasa.

Kegiatan diawali dengan Doa yang di pimpin Pdt Jimmy Julius Mambu STh.

Deny Situmorang Ketua FORKI Minahasa yang juga selaku Kapolres Minahasa berharap dengan melakukan pembinaan remaja melalui olahraga karate ini dapat melahirkan atlet-atlet karate yang berprestasi, Kapolres juga menyampaikan sekaligus Mengapresiasi Para atlet atlet FORKI Minahasa yang nantinya akan mengikuti Pertandingan KAJATI CUP yang akan dilaksanakan di Tomohon mulai tanggal 5 s/d 7 April 2019.

Persiapan yg dilaksanakan kurang lebih 2 Bulan telah menyaring 66 atlit dari jumlah yang di seleksi sekitar 300 atlit yg ada di Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dalam sambutannya Berharap semoga para atlit FORKI Minahasa bisa meraih Prestasi serta mengharumkan nama kabupaten minahasa dan bangsa indonesia dan tentunya Juga Bisa mendapatkan Juara dan Medali.

Bupati Juga Merencanakan dalam menyambut HUT Minahasa Bulan November 2019 nanti akan dilaksanakan Lomba serta akan di dukung secara penuh oleh Pemkab Minahasa.

YVI

Share