Monday, 22 April 2019

Archive for: March 23rd, 2019

Remaja GMIM Rayon II, Ikut Ajang Pencarian Bakat

Tondano, Klabatnewsok.com – Sebanyak 128 Remaja yang ada di sembilan Wilayah Rayon Minahasa II, ikut serta dalam ajang Pencarian bakat Remaja Teladan GMIM, bertempat di Jemaat Imanuel Passo Wilayah Pinasiowan, pada Sabtu 23 maret 2019.

Kegiatan ini merupakan Program Komisi Pelayanan Remaja Sinode ( KPRS) Gereja Masehi Injilli di Minahasa ( GMIM) yang dibuka Anggota KPRS Steven Rondonuwu.

Terlihat antusias dan keseriusan para peserta ini mengisi lembar demi lembar pertanyaan yang disodorkan panitia.

Ketua Panitia Kegiatan Pnt. Hevlin Laloan SE, kepada wartawan mengatakan, dalam audisi pencarian bakat ini para peserta bakal disajikan sejumlah pertanyaan tertulis, sesuai dengan ketentuan materi yang sudah disepakati oleh Komisi Remaja Sinode GMIM.

” Materi dalam audisi ini berupa tertulis seputaran pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia ditambah dengan Pengetahuan Umum 50% serta Wawasan terkait Pengetahuan Alkitab, Tata Gereja dan Sejarah GMIM (50%),” Kata Hevlin Laloan yang juga adalah Ketua Wanita Kaum Ibu Wilayah Pinasiowan dan Ketua Wanita Kaum Ibu Jemaat Eben Haeser Panasen.

Ditambahkannya, setelah melalui tes tertulis para peserta Audisi ini bakal melanjutkannya ketahap Test wawancara.” Kita akan melihat jika peserta ini nilainya standar 80, dan 80 keatas mereka akan lanjut ketahap test wawancara, tanggal 6 April mendatang, “Pungkasn

Adapun Wilayah yang mengikut sertakan anggotanya Remajanya dalam kegiatan ini adalah, Wilayah Pinaseowan, Kakas Satu, Kakas Dua, Pakolor indah, Tompaso satu, Tompaso Dua, Kawangkoan Satu, Kawangkoan Dua, Serta Wilayah Sonder.

YVI

Share

Polsek Kauditan Gelar Apel Kesiapan Pileg dan Pilpres 2019

Kauditan,KLABATNEWS-Kepolisian daerah Sulawesi Utara Resor Minahasa Utara Sektor Kauditan menggelar apel kesiapan Pileg dan Pilpres 2019 di halaman Kantor Polisi Sektor Kauditan, Sabtu 23 Maret 2019.

Apel kesiapan Pileg dan Pilpres 2019 ini dipimpin Camat Kauditan Martho Rasubala SSos diikuti Kapolsek Kauditan Iptu Muhamad Bastari SSos dan jajarannya, Koramil Kauditan, PPK Kauditan, PPS dan Linmas se-Kecamatan Kauditan, ASN Kecamatan Kauditan, Bawaslu kecamatan Kauditan.

Kapolsek Kauditan Iptu Ahmad Bastari SSos kepada media ini mengatakan kegiatan hari ini merupakan perintah lisan Kapolres Minut AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK pada 21 Maret 2019 tentang jajaran Polsek untuk dapat mengadakan apel gelar kesiapan Pileg dan Pilpres 2019.

“Sehubungan dengan rujukan Kapolres tersebut Polsek Kauditan menggelar apel kesiapan ini demi menyukseskan Pemilu 17 April 2019 mendatang,” kata Bastari.

Sebelumnya Camat Kauditan Martho Rasubala dalam sambutannya saat memimpin apel mengatakan hari ini menggelar apel pasukan untuk kesiapan pengamanan pemilu 17 April 2019, sekaligus pengamanan kesiapan pengamanan pemilu kampanye-kampanye dan rapat umum yang sesuai dengan jadwal KPU yang sudah disampaikan dalam rapat yang kemarin.

“Sehingga betul-betul siap baik Polri, TNI, Linmas, ASN, yang tergabung dalam pemerintahan yang ada di Kecamatan Kauditan betul siap dalam pelaksanaan pemilu ini, kemarin skala Kabupaten sudah dilaksanakan apel kesiapan jajaran Polres Minahasa Utara diikuti pemerintah Kabupaten Minut serta semua stake holder yang ada di Pemkab Minut kerjasama dengan Forkopimda Minut,” tutur Camat Kauditan.(sem)

Share

First Lady Minahasa Fenny Lumanauw Rayakan HUT Berdiakonia di Panti Asuhan

Minahasa. Klabatnewsok.com – Peringati Hari Ulang Tahun Ke 55, Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M Roring – Lumanauw, SIP, Bersama Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi  Berbagi Kasih Dengan Berdiakonia Di 3 Panti Asuhan, pada Sabtu (23/3) 2019 di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak “Cinta Kasih” Talikuran Remboken.

Sebelum Penyerahan Diakonia Diawali dengan ibadah yang dipimpin Ibu Pendeta Henny Luntungan Rumangu MTh Ketua BPMJ GMIM Filadelfia Timu Remboken, Dengan pembacaan alkitab terdapat pada Kejadian 22 : 15-18

Dilanjutkan dengan Penyerahan Diakonia dan bantuan buat 3 Panti Asuhan yaitu  Panti Asuhan Cinta Kasih: Ketua Meily Mumek Dengan 52 anak yatim, Panti Asuhan Kasih Sayang : Ketua dr Jane Sumampouw Pangemanan, dengan 32 anak yatim Wakil Ketua Panti Asuhan Maupusan : Wakil ketua Juliana Mandias dengan 16 anak yatim.

Turut hadir asisten pemerintahan dan kesra Dr Denny Mangala MSi, Danramil Remboken Kapten inf. Winfrid Sonhalebar, Kapolsek remboken AKP Agus Musidi, camat remboken Drs Joris Tumilantouw, Kepala Bagian TUP dan Keuangan setdakab Minahasa Lona Wattie, SSTP, Kepala Bagian Kesra setdakab Minahasa Janny Kaunang SPd MPd, para pengurus panti asuhan dan seluruh anak panti.

Kesaksian dari ibu Bupati Dra. Fenny Ch. M Roring-Lumanauw, bersama-sama dalam ucapan syukur dan sukacita dihari ini dimana bisa menikmati berkat Tuhan sehingga bisa berumur 55 Tahun. ” Umur Manusia hanya Tuhan yang akan menambahkannya” ucapnya

“Hari ini Keluarga kami merasa bangga dan bersyukur dapat bertatap muka dengan masyarakat Remboken, khususnya anak-anak Panti yang hadir saat ini. Harapannya agar anak-anak bersekolah dengan baik agar menjadi anak-anak yang berguna dan dapat meraih apa yang menjadi cita-cita dan selalu diberkati Tuhan.” Harapnya.

Bupati Minahasa ROR menyampaikan, terima kasih kepada masyarakat Remboken yang sudah mendukung dirinya dan bapak Robby Dondokambey sehingga boleh terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yang tinggal 2 hari lagi genap 6 bulan memimpin.

” Mari bersama-sama menyukseskan Pemilu tanggal 17 April mendatang, mari kita topang didalam doa agar terlaksana dengan aman dan damai. Adik-adik panti asuhan belum bisa memilih tapi bisa berdoa bersama-sama,” katanya.

Lanjutnya, Program pemerintah yang sudah terealisasi seperti pemberian dana duka, BPJS Kesehatan 100 persen, BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa, tenaga administrasi, pemberian seragam, sepatu dan tas sekolah kepada siswa kelas 1 SD dan Kelas 7 SMP pertahun ajaran 2019/2020, pemberian insentif kepada tokoh-tokoh agama yang kiranya akan terlaksana pada awal bulan april.

pemerintah daerah bekerja sama dengan pemerintah pusat memberikan Rastra, PKH, Rumah Tinggal Layak Huni.” Kami sekeluarga bersyukur karena istri saya boleh berhari ulang tahun yang ke-55, kiranya keluarga kami boleh menjadi berkat bagi seluruh masyarakat Minahasa.” Pungkasnya.

YVI

Share

TP PKK Minahasa Turun Langsung Untuk Kesiapan Lomba HATINYA PKK

Minahasa, Klabatnewsok.com – Menjelang perlombaan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Jumat (22/3/2019), Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP dan Wakil Ketua TP PKK Martina Dondokambey Lengkong turun langsung meninjau Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan Barat yang mewakili Kabupaten Minahasa pada perlombaan HATINYA PKK Tingkat Provinsi Sulut.

Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, kepada media ini menyampaikan bahwa mengatakan, bahwa persiapan Desa Kopiwangker dalam penilaian lomba HATINYA PKK ini sudah mencapai 80 persen.

“Tinggal dipoles untuk mendapatkan hasil maksimal dan kesiapan warga sudah bagus dimana tanaman sudah tersedia di halaman rumah masyarakat juga tanah pekarangan yang kosongpun sudah difungsikan dengan baik, dimana warga ada yang menanam Tomat daun bawang, cabe, sayuran dan masih banyak lagi,” katanya.

Lanjutnya istri tercinta Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring ini, bahwa yang akan dinilai di Desa ini harus ada kebun PKK, Taman Hatinya PKK disetiap jaga, termasuk adanya screen house yang merupakan rumah pembibitan, pemanfaatan barang bekas seperti botol plastik, termasuk administrasi desa masuk dalam penilaian.

“Yang pasti Desa Kopiwangker pada saat penilaian pada hari senin tanggal 25 nanti akan lebih maksimal dan tentunya sudah siap untuk dinilai oleh Tim dari TP PKK Provinsi Sulut apalagi masyarakat yang ada di desa ini sangat antusias mempersiapkan segalanya untuk meraih juara,” tutupnya.

Dalam peninjauan ini Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa, Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP dan Wakil Ketua TP PKK Martina Dondokambey Lengkong didampingi Camat Langowan Barat Ir. Lendy Aruperes bersama Ibu, Kumtua Desa Kopiwangker, dan Tim kerja lomba Hatinya PKK dari pengurus TP PKK Minahasa.

YVI

Share

ROR Perintahkan RKPD Selaras Dengan Program Janji Kampanye dan Musrenbang

Tateli, Klabatnewsok.com – Bupati Ir Royke Octavian Roring MSi mengingatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2020, harus terintegrasi dengan program prioritas dan sasaran pembangunan daerah.

Hal itu ditegaskan Bupati ROR saat membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Minahasa di Hotel Mercure Tateli, Mandolang, pada Jumat (22/3).

“Penyusunan RKPD ini adalah yang pertama di era pemerintahan saya dan Pak Wakil Bupati sejak kami dilantik 25 September 2018 lalu. Jadi ini tentunya sangat penting karena merupakan wujud tindaklanjut dari visi misi RR-RD yang didalamnya kita realisasikan janji-janji politik yang pernah kami sampaikan kepada masyarakat saat kampanye lalu,” paparnya.

Di hadapan peserta forum Musrenbang, Bupati meminta agar penyusunan RKPD juga dapat memperhatikan aspek partisipatif publik, yaitu aspirasi-aspirasi yang telah diusulkan masyarakat pada saat pelaksanaan Musrenbang di tingkat desa, kelurahan dan kecamatan.

“Saya berharap produk RKPD ini betul-betul dapat mencerminkan aspirasi dari bawah yang kita kemas bersama visi misi RR-RD, sehingga dapat menjadi acuan program kerja pemerintah. Apa yang telah kami janjikan kepada masyarakat waktu kampanye dulu bisa tercermin setiap tahun melalui RKPD ini,” tuturnya.

Musrenbang tingkat Kabupaten ini menurut Bupati, merupakan salah satu forum musyawarah tahunan oleh seluruh stakeholder dalam menyepakati RKPD tahun anggaran 2020 dengan memprioritaskan program-program kerja yang terpusat untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi sekali lagi saya minta semuanya untuk menggali apa-apa yang sudah diusulkan masyarakat dalam Musrenbang desa dan kecamatan, sehingga dapat mempertegas rumusan prioritas sasaran pembangunan daerah tahun 2020 mendatang,” himbau mantan Kepala Bapeda Provinsi Sulawesi Utara itu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati bersyukur karena RPJMD tahun 2018-2023 telah dirampungkan dan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda). Hal itu diakui boleh terlaksana berkat kerja keras dan sinergitas seluruh jajaran Pemkab Minahasa.

“Batas penyusunan RPJMD sesuai aturan perundang-undangan adalah enam bulan sejak pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Bersyukur kita sudah menyelesaikan sehingga saat ini telah ditetapkan menjadi Perda dan sementara dikonsultasikan ke pemerintah provinsi melalui Bappeda,” katanya.

Selain itu, Bupati ikut menyentil pelaksanaan program kerja pemerintah baik yang sementara dikerjakan tahun ini maupun kegiatan di tahun mendatang. Sebab hal itu menurutnya akan menjadi tolak ukur bagi Pemkab Minahasa untuk mencapai target menaikkan predikat penilaian Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

“Target kita kedepan untuk penilaian LAKIP tentunya bisa lebih baik dan mencapai nilai BB. Tentunya ini sangat bergantung pada bagaimana pelaksanaan program kegiatan di masing-masing SKPD. Makanya saya ajak kita semua untuk berpacu meningkatkan kinerja serta mendorong kemajuan di segala bidang untuk mewujudkan Minahasa yang semakin hebat ke depan,” harapnya.

Sementara saat diwawancarai usai kegiatan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Minasa, Drs Donald Wagey, selaku penyelenggara kegiatan Musrenbang ini bahwa penyusunan RKPD adalah tahapan awal dalam proses penyusunan APBD tahun anggaran 2020.

“Rancangan RKPD pada prinsipnya memuat kerangka ekonomi dengan tujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan prioritas daerah,” jelas Wagey.

“Jadi nantinya RKPD yang disusun ini akan dijadikan acuan dalam perumusan kebijakan umum anggaran atau KUA, serta akan dijadikan dasar dalam penyusunan RAPBD tahun 2020. Ini prosesnya saling berkaitan dan mempertegas rumusan prioritas sasaran pembangunan daerah pada tahun mendatang,” tandasnya.

Forum Musrenbang ini ikut menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan pakar dan ahli yang sekaligus memberikan masukan dan usulan bagi Pemkab Minahasa dalam penyusunan RKPD. Para narasumber tersebut yaitu Prov Dr Ir Charles Kepel DEA, Dr Vecky A J Masinambow SE MS, dan Drs Boaz Wilar.

Kegiatan ini turut dihadiri seluruh stakeholder, diantaranya Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Dr Recky Tumanduk MM bersama Sekretaris Aldrius Anis ST MT, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Sekretaris Daerah Jeffry R Korengkeng SH MSi, para asisten, unsur Forkopimda Kabupaten Minahasa, Kepala SKPD, dan para Camat.

Selain itu ikut diundang juga unsur akademisi, unsur keterwakilan perempuan yang mencakup pengurus PKK dan DWP di Minahasa, tokoh masyarakat, unsur LSM dan Ormas, organisasi profesi, unsur pengusaha dan investor, serta para delegasi yang mewakili peserta Musrenbang kecamatan.

YVI

Share