Thursday, 19 September 2019

Archive for: March 14th, 2019

Bupati ROR Selaraskan Pembangunan Minahasa Dengan Pemerintah Pusat

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi menyambangi Kantor Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (13 Maret 2019)

Kunjungan Bupati kali ini adalah dalam rangka konsultasi mengenai target capaian, indikator kinerja utama dan indikator kinerja kunci dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023.

Pada kesempatan ini, Bupati yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa, Dr Wilford Siagian dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Drs Donald Wagey, diterima oleh Adisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Ronald Andrea Annas dan Nadjamudin Mointang.

Bupati pun menjelaskan perihal kunjungannya di Kantor KemenPAN-RB. Menurutnya, penyelarasan draft RPJMD ini sangat penting sebagai wujud sinergitas sasaran kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dan program-program Pemerintah Pusat.

“Sebelumnya kita juga telah mengkonsultasikan draft RPJMD ini dengan pemerintah provinsi dan telah mendapatkan persetujuan. Jadi konsultasi di kementerian ini adalah merupakan tindaklanjut, sehingga visi saya dan Pak Wakil Bupati untuk mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera dapat berjalan baik dan maksimal serta selaras dengan sasaran kerja baik pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” ungkap Bupati ROR.

Sementara dari hasil konsultasi ini, Tim Pemkab Minahasa yang terdiri dari unsur Inspektorat, Bappelitbangda, Bagian Organisasi Setdakab dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan urusan wajib, dijadwalkan pada minggu depan akan melaksanakan pelatihan dan pendalaman di kantor KemenPAN-RB.

“Kemudian hasil pelatihan di kementerian akan ditindaklanjuti dengan pelatihan kepada seluruh Kepala OPD dan Pejabat Eselon III serta kasubag perencana di kabupaten Minahasa oleh Tim KemenPAN-RB di Tondano,” jelas Bupati.

Adapun OPD urusan wajib yang dimaksud meliputi Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan Daerah dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

YVI

Share

Martina Dondokambey Lengkong Turun Lapangan Nilai HATInya PKK

Minahasa, Klabatnewsok.com Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong melakukan penilaian HATInya PKK, Pada rabu 13 maret 2019 di Desa Kayu Uwi Kecamatan Kawangkoan Barat.

Memasuki hari kedua dalam penilaian lomba HATInya PKK Kabupaten Minahasa tahun 2019, Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey Lengkong dan tim penilai Pokja III melakukan penilaiannya di desa Kayuuwi, kecamatan Kawangkoan Barat untuk tahun 2019 secara berjenjang, setiap kecamatan mengirimkan satu desa untuk mengikuti lomba HATInya PKK.

Dikatakanya selain terbiasa merawat halaman keluarga, hal ini juga akan sangat berdampak dalam pemanfaatan barang bekas, mengantisipasi penggunaan barang plastik, sehingga fungsi hatinya PKK akan memberikan kontribusi sehingga menguntungkan bagi keluarga Minahasa.

“Dengan pemanfaatan barang bekas, juga dapat memberikan manfaat lain seperti selain lingkungan semakin Indah Asri dan Nyaman, dilain sisi juga akan meningkatkan pendapatan keluarga,” katanya mewakili Ketua PKK Minahasa.

“Program unggulan TP-PKK setiap tahun yakni melaksanakan Lomba Hatinya PKK dan TP-PKK Kabupaten Minahasa, semoga apa yang menjadi harapan bersama, yaitu Minahasa semakin maju semakin hebat akan terwujud.” Katanya lagi

” Mari kita sukseskan program HATI PKK Kabupaten Minahasa, dengan mengoptimalkan dan memanfaatkan pekarangan halaman rumah untuk menanam aneka tanaman obat – obatan bahkan buah – buahan yang menjadi kebutuhan keluarga, sehingga tercipta halaman yang Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.”

Lanjutnya bahwa kegiatan ini juga untuk meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan, dan dapat meningkatkan serta mengembangkan potensi sumber daya keluarga.

“Lomba Desa HATInya PKK tahun 2019 yang dilaksanakan Pemerintah kabupaten Minahasa, adalah untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, selain memanfaatkan lahan perkarangan rumah, Halaman keluargapun akan Asri Nyaman Teratur dan Indah.” Pungkasnya.

YVI

Share

Tumundo Serahkan Burung Manguni di Yogya

Yogyakarta, Klabatnewsok.com – Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional III dibuka secara resmi oleh Deputi Menteri Pariwisata RI Bidang Pengembangan Destinasi Dadang Rizky Ratman SH MPA pada Selasa 12/3 di Hotel The Alana Yogyakarta, Sleman.

Pembukaan kegiatan yang turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X dan Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran I Ir Rizky Handayani MBTM, Asdep Bidang Pengembangan Destinasi Regional III Drs Harwan EC Wirasto MT dan Asdep Bidang Pemasaran I Regional III Ricky Fauziyani SSos MPd, yang diikuti oleh para Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota di 13 Provinsi se-Regional III yaitu Bali, NTB, NTT, Sulut, Gorontalo, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Sultra, Maluku, Malut, Papua dan Papua Barat.

Dari Sulawesi Utara sendiri tampak hadir Kabid Destinatisi Disparda Sulut Jhon Paerunan SH, Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kadispar Tomohon Masna Pioh SSos, Kadispar Bitung Pingkan Kapoh SPt MAP, Kadis Budpar Sangihe Jeffry Tilaar SE ME, Kadispar Boltim Rizky Lamaluta SE, Kadispar Bolmut Sofianto Ponongoa SH, Sekdispar Sitaro Masye Riandi, Kabid Pariwisata Disbupar Minahasa Ir Diane Najoan, Kabid Destinasi Disbudpar Minut Melda Pandean SE, Kabid Destinasi Disbupar Sangihe Yully Samalari dan Kabid Destinasi Dispar Minsel Sumampouw.

Dalam sambutannya, Deputi Menpar Dadang Rizky Ratman mengapresiasi kehadiran semua Kepala Dinas Pariwisata dari Regional III se-Indonesia dalam Rakortek di Yogyakarta ini.

“Rapat kami gelar di Yogya, agar teman-teman dari Indonesia Timur bisa belajar dan saling berbagi informasi pengembangan wisata di Yogya, seperti mengembangkan desa wisata, taman-taman rekreasi, mengembangkan pantai-pantai, dan juga, tradisi dan budaya di Jogja kuat,” kata Dadang.

Dikatakan Dadang, selain dalam rangka percepatan perkembangan wisata di Indonesia Timur, melalui Rakortek ini juga hendak menyelaraskan kembali visi, misi serta arah kebijakan pembangunan pariwisata dan program promosi dan pemasaran.

“Dengan begitu target wisatawan di regional III dapat tercapai. Karena tujuan pembangunan wisata, salah satu yang paling penting adalah peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah wisata tersebut,” urai-nya.

Sementara Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya mengatakan bahwa DIY memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, sekitar 3.100 kilometer persegi. Dengan luasan yang terbatas itu, maka sumber daya alam juga pasti terbatas.

“Karena itulah wisata menjadi salah satu hal yang bisa dimaksimalkan oleh Pemda DIY untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” kata Wagub.

Ditambahkannya, visi kepariwisataan DIY sampai tahun 2025 yaitu mewujudkan DIY sebagai daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara.

Dalam Pembukaan Rakortek yang berlangsung hikmat dan penuh keakraban ini, tampak Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo turut memberikan Cinderamata Plaket Lambang Kabupaten Minahasa berlogo Burung Manguni kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan Deputi Menteri Dadang Rizky Ratman.

Kepada Wagub DIY Paku Alam X, Kadis Budpar Agustivo Tumundo menyampaikan salam hormat dari Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, dan mengharapkan agar Wagub DIY untuk turut mengunjungi Kabupaten Minahasa, seperti halnya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X telah mengunjungi Kabupaten Minahasa bersama GKR Ratu Hemas pada waktu yang lalu.

Adapun materi-materi Rakortek di Yogya ini terdiri dari Panel Diskusi tentang Kebijakan Pemasaran Pariwisata Nasional dan Materi tentang Nomadic Tourism, kemudian hari kedua melakukan kunjungan ke destinasi wisata Tebing Breksi, Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Desa Ponggok Klaten, Jawa Tengah dan Desa Ngalanggeran Kecamatan Patuk Gunungkidul

Share