Tuesday, 19 November 2019

Archive for: March 2nd, 2019

Polres-Pemkab Minut Gelar MRSF dan Minut Youth Festival

Airmadidi,KLABATNEWS-Polres Minahasa dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pemuda Olahraga menggelar kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF) dan Minut Youth Festival yang dilaksanakan di lapangan kantor bupati Minut, Sabtu 02 Maret 2019. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar, para komunitas anak-anak muda, kepolisian, pejabat dan staf Pemkab Minut dan diawali dengan jalan sehat dengan mengambil start dari zero point menuju kantor Pemkab Minut.

Sekretaris Daerah Pemkab Minut Ir Jemmy Kuhu mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan mengapresiasi akan kegiatan ini dan berharap bisa digelar tiap tahun. “Tentunya kegiatan ini bisa memberikan pengertian dan penjelasan kepada kaum milenial untuk selalu tertib dalam berlalu lintas agar angka kecelakaan di Minut bisa diminimalisir dan ditekan serta kegiatan ini juga untuk menggali akan minat dan potensi dari kaum milenial yang akan berdampak positif bagi anak-anak muda yang ada di Minut,” kata Kuhu.

Sementara itu Kadis Dispora Minut Drs Maximilian Tapada mengatakan kegiatan ini bakal dijadikan agenda rutin tahunan. “Ke depan kegiatan ini akan akan dijadikan program rutin. Kami sadari bahwa masih ada kekurangan yang perlu dibenahi. Walaupun kegiatan ini masih baru namun dapat memberikan kesan dan hiburan bagi kaum milenial,” ujar Tapada.

Kapolres Minut AKBP Jefry Siagian SIK mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya generasi milenial untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dengan slogan, “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan dan Keselamatan untuk Kemanusiaan”.

“Diharapkan dengan MRSF tahun 2019 dapat menciptakan generasi milenial yang peduli dan patuh berlalulintas serta relawan berlalulintas di Minut,” kata Siagian.

Menurut Siagian didampingi Kasat Lantas Polres Minut AKP Heriyadi Ismail SIK, selang 2018 terdapat 49 orang meninggal dunia akibat lakalantas, 57 orang luka berat dan 130 orang luka ringan. “Untuk itu generasi milenial menjadi perhatian dalam sosialisasi berlalulintas, yaitu mereka yang berusia 15 hingga 38 tahun. Sebab mereka yang rentan menjadi korban laka lantas,” tuturnya.

Kegiatan-kegiatan yang digelar safety riding dan and driving, senam kolosal milenial, atraksi marching band praja IPDN serta deklarasi dan penandatanganan deklarasi keselamatan berlalu lintas oleh seluruh peserta.

Pada kesempatan itu panitia menyiapkan berbagai macam door price bagi para peserta. Kapolres dan Sekda diberikan kesempatan untuk mengambil nomor door price dan menyerahkan hadiah. Untuk ajang Minut Youth Festival digelar Korea dance competition, free style competition, photografi competition, disc jockey competition dan parade sound system.(*)

Share

Dukung Millenial Road Safety Festival RR-RD Naik Motor

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa dan Wakil Bupati Minahasa RR-RD Bersama Ibu Kompak Naik Motor Roda dua dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival yang digelar oleh Polres Minahasa Satuan Lalu Lintas, pada Sabtu 2 Maret 2019 di Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano.

Dihadiri Oleh Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si bersama Ketua TP-PKK Kab.Minahasa Dra. Fenny C M. Roring Lumanauw, SIP dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si bersama Wakil Ketua TP-PKK Kab. Minahasa Martina W Dondokambey Lengkong, Kapolres Minahasa AKBP. Denny Irawan Situmorang SIK bersama Ketua Bayangkari Cabang Minahasa Ny. Wina Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko SH MH, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH M.Kn, Pimpinan BUMN di Kab. Minahasa, Jajaran Pemkab Minahasa, dan seluruh Generasi Millennial Minahasa yang hadir.

Dalam Sambutan Kapolda Sulut yang di sampaikan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi, mengatakan bahwa arus globalisasi yang ada pada zaman ini mempunyai pengaruh besar terhadap generasi Millennial, yang saat ini jumlahnya mencapai 90 Juta orang di Indonesia.

Tentunya ini akan dapat membangun bangsa lebih maju dan membuat perubahan kehidupan di masa depan lebih baik. Dampak arus globalisasi adalah sikap Permissive yaitu sikap dan pandangan yang membolehkan dan mengizinkan segala-galanya, seperti mengabaikan peraturan lalu lintas dan standar Road Safety Riding yang berlaku saat berkendara, yang mengakibatkan banyak pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh generasi millennial sehingga berakhir pada tingginya angka kecelakaan lalu lintas dengan pelaku mayoritas generasi muda.

Perlu disampaikan bahwa di Indonesia korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pada Tahun 2018 adalah sebesar 30.000 Jiwa, dari angka tersebut kaum millennial menyumbang angka sekitar 55,6% Sedangkan di wilayah Sulawesi Utara korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia adalah 381 orang, serta dari jumlah tersebut 97 jiwa (25,5%) adalah termasuk kaum Millennial. Dari uraian data dan angka yang telah saya sebutkan tadi maka generasi millennial Sulawesi Utara harus di selamatkan dari permasalahan kecelakaan lalu lintas.

Melihat dari fenomena tersebut, kegiatan millennial road safety festival ini diadakan sebagai wujud perhatian dan kepedulian kita kepada generasi Millennial. Kegiatan ini juga merupakan inisiasi dari Presiden Republik Indonesian Bapak Ir. Joko Widodo dimana patut kita ketahui bersama bahwa beliau sangat memperhatikan para generasi Millennial, serta presiden juga menginginkan agar generasi millennial cinta lalu lintas dengan meningkatkan kualitas keselamatan dijalan raya dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan melalui relawan lalu lintas millennial indonesia.

Diakhir Sambutannya mengajak kepada seluruh generasi Millennial untuk menjadikan provinsi sulut sebagai pintu gerbang pasifik negara indonesia, menjadi model tertib berlalu lintas dimata nasional bahkan internasional. Semoga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai yaitu mewujudkan millennial cinta lalu lintas menuju indonesia gemilang.

Kegiatan diawali dengan Jalan Sehat yang di buka secara resmi oleh Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si yang diikuti oleh Forkopimda dan Generasi millennial Minahasa kemudian di lanjutkan dengan Karateka Kolosal dari Forki Minahasa dan di ikuti oleh Generasi Millennial serta Masyarakat yang ada dan dilanjutkan Senam Kolosal Minahasa Hebat.

Acara Dilanjutkan dengan Cabut Undian DoorPrize dengan hadiah-hadiah hiburan menarik. Acara ini merupakan kerjasama antara Polres Minahasa dan Pemerintah Kabupaten Minahasa serta di sponsori oleh BRI Cabang Tondano, Bank Sulut Go, BPR mapalus , BPR parolaba, Alfamidi.

Adapun Deklarasi Millennial Road Safety Festival sebagai berikut :
1. Mewujudkan Millennial cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang.
2. Generasi yang peduli keselamatan berlalu lintas.
3. Mendukung sepenuhnya program kepolisian negara republik indonesia dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.
4. Siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

YVI

Share