Monday, 22 April 2019

Archive for: March 2019

Bupati Minut Hadiri Acara BPK RI di Manado

Airmadidi,KLABATNEWS-Bupati Minahasa Utara Vonnie A. Panambunan bersama bupati dan wali kota se-Sulut menghadiri acara penyampaian laporan keuangan anaudited pemerintah daerah  Sulut, di kantor BPK RI Perwakilan Sulut di Manado Jumat 29 Maret 2019.

Bupati dalam acara tersebut didampingi Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu Ma, Asisten Administrasi Umum dr Jane Symons MKes, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Petrus Makarau dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi.

Bupati berharap kinerja pengelolaan keuangan tahun anggaran 2018 akan menghasilkan hasil yang terbaik.

Bupati juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada BPK RI yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan di Pemkab Minut beberapa waktu lalu. “Kita bersyukur pada Tuhan atas hasil usaha selama ini, seraya bermohon kepada Tuhan yang terbaik bagi Minahasa Utara,” kata bupati diaminkan kabag humas  dan Protokol Chresto F Palandi di kantor BPK RI di Manado.(*)

Share

Bupati ROR melayat Dirumah Duka Almarhum Rudij Roring

Manado, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si melayat di rumah duka yang bertempat di desa kolongan atas kecamatan sonder atas meninggalnya almarhum Rudij Roring, S.E, M.M. keluarga Roring – Pongoh, pada sabtu 30 maret 2019.

Dalam kesempatan tersebut bupati minahasa Ir. Royke octavian Roring, M.Si, atas nama pemerintah kabupaten minahasa dan pribadi Keluarga Roring – Lumanauw dan wakil bupati Robby Dondokambey, S.Si Keluarga Dondokambey – Lengkong. Mengucapakn Turut Berduka cita atas meninggalnya almarhum Rudij Roring, S.E, M.M

” Kami Atas Nama Pemerintah Turut Berdukacita kiranya keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta penghiburan dari Tuhan Yang Maha Esa.” Katanya.

Almarhum Rudij Roring Merupakan mantan Karo umum Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan penatua anak di GMIM sion malalayang. Almarhum meninggalkan seorang istri Cherry Laura Pongoh dan 3 orang anak. David Roring ( Keluarga Roring – Onibala), nathan Roring dan yoel roring.

YVI

Share

Bupati ROR Serahkan Penyampaian Laporan Keuangan Ke BPK RI Perwakilan Sulut

Manado, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Melaksanakan Penyampaian Laporan Keuangan Unaudited bersama Pemerintah Daerah Provinsi / Kabupaten / Kota TA. 2018 Se- Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, pada Jumat, 29 maret 2019 di Aula BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R. Korengkeng SH, M.Si, Inspektur Frits Muntu S.Sos, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Dra Riany Suwarno, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Sulawesi Utara Drs. Tangga Muliaman Purba, MM, beserta segenap jajaran, Para Pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam Sambutannya Gubernur Sulut, bersyukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa, karena atas tuntunan dan perkenan-Nya, sehingga saat dipertemukan dalam acara penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2018.

” Sehubungan dengan itu, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara, beserta jajaran, yang telah melaksanakan acara ini. Menjadi harapan, kiranya LKPD yang nantinya akan disampaikan, dapat memperoleh rekomendasi atau masukan-masukan, sehingga akan memberi arti dan warna terhadap manajemen pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk kedepannya semakin transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

Disadari bahwa sejak kehadiran Perwakilan BPK RI di daerah ini, telah banyak terobosan terobosan cerdas dan progresif yang dilakukan untuk memberikan asistensi bagi manajemen pengelolaan keuangan daerah secara lebih baik, lebih bermakna dan lebih berwawasan hukum.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat menyadari bahwa kondisi sumber daya aparatur pengelola keuangan daerah masih terbatas, dimana hal ini yang sering menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan administrasi dalam pengelolaan keuangan daerah. BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, selain mengemban tugas sebagai eksternal control bagi Pemerintah Daerah, juga senantiasa diharapkan menjadi Lembaga Konsultasi dalam mengefektifkan manajemen pengelolaan Keuangan daerah,

Berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah di Sulawesi Utara, maka telah menjadi tekad dan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk tidak pernah berhenti melakukan perubahan dan perbaikan terhadap dimensi-dimensi manajemen keuangan daerah, utamanya untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagai salah satu indikator keberhasilan proses pembangunan yang dijalankan. Karena itulah, kami berharap LKPD yang akan disampaikan akan memperoleh rekomendasi untuk nantinya ditindaklanjuti, demi kemajuan bersama.

Saya turut mengharapkan kepada segenap komponen pembangunan bangsa di daerah ini, untuk senantiasa menjaga sinergitas sebagaimana telah terbangun sejauh ini.

Dan tetap saling bersinergi, saling mendukung, bekerja bersama dengan pemerintah provinsi Sulut demi optimalnya sasaran setiap program dan kegiatan yang kesemuanya diarahkan untuk mewujudkan Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya.

YVI

Share

Sampaikan LKPJ, Bupati ROR Sampaikan Program Unggulan Yang Sudah, Sementara, dan Akan Dilakukan

Tondano, Klabatnewsok.com – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam Rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2018, pada Jumat 29 Maret 2019, di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi
Bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih sekaligus memberi apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD karena telah menjadwalkan rapat ini dilaksanakan.

Sebagai pimpinan daerah yang dipilih secara langsung oleh rakyat, maka menjadi kewajiban bersama wakil bupati baik secara moral maupun konstitusi untuk mempertanggung jawabkan amanah rakyat minahasa guna di aktualisasikan dalam pembangunan.

Pola pertanggung jawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang sangat efektif dan konstruktif dengan masyarakat minahasa yang di presentasikan oleh lembaga yang terhormat ini.

” Ada banyak harapan dan dambaan masyarakat yang digantungkan di kami selaku Pemerintah, Bupati dan wakil Bupati. dimana hal ini menjadi parameter bagi masyarakat dalam melakukan control social terhadap kinerja kami dalam memimpin Minahasa.”

Pemerintahan adalah milik masyarakat (people own government) yang harus dikelola untuk kepentingan masyarakat. Karena itu, Komitmen dan tekad Bupati dan Wakil Bupati adalah untuk memberikan nilai tambah positif (positif adding value) bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka konsep pembangunan Minahasa adalah pembangunan yang berpusat pada masyarakat.

Program-program pembangunan yang dilaksanakan diupayakan untuk senantiasa dapat menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat Minahasa.
Sejak awal memimpin Minahasa, saya telah meletakkan frame pembangunan melalui RPJMD 2018-2023, dimana program-program pembangunan yang dilaksanakan setiap tahun anggaran merupakan penjabaran dari tahapan pembangunan sebagaimana diamanatkan dalam RPJMD tersebut.

Dari sisi substansi LKPJ kepala daerah menjelaskan 5(lima) hal pokok yaitu kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, penyelenggaraan tugas pembantuan, dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Kita ketahui bersama bahwa tahun 2018 merupakan starting point yang menjadi momentum awal bagi kami untuk mewujudkan visi yang telah kami tawarkan kepada masyarakat, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023.

Syukur kepada Tuhan, karena ternyata masyarakat Minahasa dapat memberikan respons positif dan ikut memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program-program prioritas yaitu Pemberian Santunan Duka, Pemberian Dokumen Kependudukan pada saat pencatatan sipal, BPJS Gratis bagi masyarakat miskin yang disertai pembangunan dan rehabilitasi Infrastruktur sekalipun hanya sedikit karena kami bertugas hampir di penghujung Tahun 2018.

Dan pada tahun ini semua itu telah ditingkatkan lewat program-program pro rakyat seperti Pemberian  Seragam Gratis bagi Siswa Baru Kelas 1 SD den Kelas 1 SMP. BPJS Ketenaga kerjaan bagi seluruh Pekerja Lepas atau Kontrak dan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa, kenaikan gaji guru honorer hingga 300%, Penyelamatan Danau Tondano yang telah menjadi salah satu Denau Prioritas di Indonesia, dan telah disepakati perjanjian dengan beberapa Kementrian Republik Indonesia dalam rangka menopang semua yang dibutuhkan dalam Revitalisasi Danau Tondano.

Di bidang pemerintahan, khususnya berkaitan dengan kerjasama antara lembaga-lembag pemerintahan selang tahun 2018 dapat barlangsung dengan baik dan harmonis.

Khususnya hubungan kemitraan antara eksklusif dan DPRD serta seluruh FORKOPIMDA yang senantiasa terpelihara den terjaga dengan baik.
Disisi lain, disadari pula bahwa upaya untuk mewujudkan tata kepemerintahan yang baik harus didukung dengan tersedianya aparatur pemerintah yang kapabel dan profesional.

Dalam konteks ini, maka reformasi birokrasi menjadi suatu keharusan. Karena Itu. pemerintah kabupaten minahasa pada tahun ini akan melakukan upaya-upaya reformasi birokrasi, serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang berlangsung disetiap Perangkat Daerah.

Berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah maka selang tahun 2018, pemerintah Kabupaten Minahasa telah melakukan langka-langka dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah.

Selanjutnya Bupati ROR mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua elemen yang sudah memberikan dan topangan kepada beliau dalam kemajuan dan keberhasilan di tahun 2018, baik dari anggota DPRD, Forkopimda, jajaran birokrasi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta insan pers.

Melalui  penyampaian LKPJ kepala daerah tahun anggaran 2018 ini kiranya dapat dibahas oleh DPRD Kabupaten Minahasa guna memperoleh rekomendasi perbaikan bagi penyempurnaan dan perbaikan dalam proses pembangunan kedepan.

Dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, Ketua DPRD Minahasa James Rawung, SH, Wakil-wakil Ketua DPRD Kab. Minahasa Ivonne Andries, SIP, Ventje Mawuntu, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Minahasa Hetty Rumagit, SH, Kepala BPN Minahasa Ramilin Sinurat, SH, Anggota-anggota DPRD Kab. Minahasa, jajaran pemerintah Kab. Minahasa.

YVI

Share

Bupati ROR Serahkan SK Honorer dan Lepas Siswa Ikut OSN

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royko O Roring MSi menyerahkan Surat Keputusan Kepada Tenaga Guru Tidak Tetap, Tata Usaha Sekolah, dan UPT tahun 2019, kali ini di Kecamatan Tondano Raya, Eris, Remboken, Kombi, Lembean Timur, dan kecamatan Kakas Raya, pada kamis 28 maret 2019 bertempat di Wale Ne Tou Minahasa.

Penyerahan SK ini dirangkaikan dengan Pelepasan Kontingen Peserta Olimpiade Sains Nasional dari Kabupaten Minahasa, untuk Mengikuti OSN Tingkat Propinsi Sulut.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir.Royke O.Roring,M.Si. Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Koreng SH MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi. Kepala Dinas pendidikan Minahasa Dr Arody A.Tangkere MAP, Para Camat dan kepala- kepala UPT Serta Penerima SK yang hadir.

Dalam sambutan Bupati minahasa Mengucapkan Selamat Kepada 271 THL wilayah Tondano Raya dan 538 THL dari kecamatan Kombi, Lembean timur, Eris, Remboken, kakas barat dan Kecamatan kakas.
Juga mengucapkan selamat kepada Siswa yang mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Kota tahun 2019. dengan nama- nama sebagai berikut :

=Mata Plajaran Matematika :
1. Raul kaparang ( Smp N 3 Tondano )
2. Hiskia G.Arina ( Smp N 4 Langoan (Smp N 4 Langoan )
3. Stela Fransiska (Smp N 1 Tombariri )
= IPA
1. Dortea Loemeif (Smp N 1 Pineleng)
2. Mathew Koyo (Smp N 2 Sonder )
3. Alea Wanta ( Smp N 2 Tondano
=IPS
1. Steve Kelung ( Smp betzata Leilem)
2. Paiseticia Rembet ( Smp N 1 Tondano
3. Nadea Pangkerego ( Smp N 8 Langowan ).

Lanjutnya bahwa di APBD tahun 2019 ini, gaji guru honorer telah dinaikan 300 % menjadi 3 juta rupiah pertahun di tambah 15 % dari dana Bos.” maju mundurnya pendidikan sangat tergantung pada guru baik ASN maupun Honorer,” katanya

” Untuk itu saya memohon Bapak dan Ibu mendidik anak- anak dengan baik sebagai generasi penerus di tanah minahasa.” Katanya lagi

Pemerintah kabupaten Minahasa memberikan juga beasiswa kepada guru berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S1,S2 dan S3 bertujuan untuk memotifasi demi meningkatkan kualitas di tanah minahasa.

“Mari bersama-sama kita bekerja tulus dengan penuh tanggung jawab agar kedepan nanti kalian jugalah yang akan membantu mewujudkan Visi ROR-RD Dan sekaligus mengajak kita semua untuk menyatukan Visi Untuk Mencapai tujuan yaitu terwujudnya Minahasa Maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat Adil dan Sejahtera.

Dalam Sambutan tersebut Bupati juga Mengajak Seluruh masyarakat agar dapat menyukseskan pemilu pada 17 April nanti.

YVI

Share

Dianggap Indah, Pasar Hutan Ranolewo Diresmikan Menteri Pariwisata

Minahasa, Klabatnewsok.com – Menteri Pariwisata Republik Indonesia Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc hadiri Acara Peresmian Pasar Hutan Ranolewo di Kecamatan Langowan Utara, pada Kamis 28 Maret 2019

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut Daniel Mewengkang MSi, Sekretaris Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH, M.Si, Kepala Kantor Imigrasi Wilayah Sulut Friece Sumolang SH. MH, Putri Pariwisata Indonesia Gabby Mandolang SE, Jajaran Kabupaten Minahasa dan GENPI.

Di awali dengan peninjauan danau Ranolewo dan danau Ranokelang. Prakata Bupati Minahasa yang di sampaikan oleh sekretaris daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH. M.Si mengucap syukur kepada Tuhan karena pada hari ini kita boleh bersama-sama di tempat ini dalam rangka peresmian pasar hutan ranolewo.

Beberapa bulan yang lalu kita berada di tempat ini, kita hadir bersama- sama dengan bapak menteri, tentunya saya mewakili pemerintah Kabupaten Minahasa memohon permintaan maaf dari Bupati, karna saat ini tidak bisa hadir di tempat ini kerena menghadiri acara PGI dan juga beliau sebagai ketua umum panitia.

Tentunya kita sangat bergembira, kegiatan ini boleh dihadiri oleh bapak Menteri, kegiatan ini adalah yang di tunggu-tunggu untuk menghadirkan pejabat dari kementerian dan yang di hadiri langsung oleh Menteri Pariwisata indonesia.

” Sebagai informasi banyak tempat-tempat pariwisata di kabupaten minahasa seperti yang telah kita lihat bersama ada danau ranolewo, kabupaten Minahasa adalah tempat pariwisata yang sangat baik dan juga di samping itu ada banyak tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten Minahasa dan di antara itu ada juga wisata pantai yang berada di pantai timur, pantai barat, juga ada wisata arumjeram, dan termasuk wisata danau tondano yang saat ini sementara kita perjuangkan dalam rangka bukan hanya tempat pariwisata itu merupakan kebutuhan masyarakat kerena pemanfaatan sebagai air minum dan juga tenaga listrik yang di hasilkan dari danau tondano, pemerintah kabupaten minahasa menyambut kedatangan Menteri Pariwisata Indonesia.” Ujarnya.

Sementara dalam sambutan Menteri Pariwisata Dr. Ir. Arief Yahya. M.Sc menyampaikan Terima Kasih kita boleh bertemu di tempat ini sehubungan dengan peluncuran destinasi digital ranolewo.

“Destinasi digital kita kurang lebih 54 dan ini mungkin 55 dari seluruh indonesia dan kita akan membangun 100 di tahun ini. Destinasi itu adalah indah di kamera dan di promosikan melalui sosial media, dan beliau juga menjamin bahwa kabupaten minahasa kususnya di ranolewo kecamatan langowan utara ini akan menjadi trending topik nasional dan akan menjadi salah satu destinasi dari 100 destinasi yang akan kita capai di tahun ini.” Pungkasnya.

YVI

Share

Konferensi Gereja Bergulir, PGI Satukan Visi Bersekutu Bersaksi dan Melayani

Minahasa Utara, Klabatnewsok.com – Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) ke-X Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) bergulir setelah dibuka pada Kamis 28 Maret 2019,
Di Hotel Sutan Raja Convention Hall, Aermadidi Minahasa Utara

Ibadah dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Dr. Hein Arina Dengan Pembacaan Alkitab dalam Matius 24:37-44.

Laporan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana, merasa bersyukur karena Pekerjaan gerejawi ini boleh terlaksana, Pekerjaan kepanitiaan Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) ke-X PGI 2019 ini didasarkan pada penugasan dan kepercayaan MPH-PGI melalui SK MPH-PGI Nomor : 002/PGI-XVVSKEP/2019.

“Dalam menyiapkan kegiatan ini kami telah melakukan langkah-langkah persiapan melalui rapat-rapat, surat-menyurat sambil berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.” Ujar ROR.

Pelaksanaan Kegiatan ini mulai tanggal 27-31 Maret 2019 di Hotel Sutan Raja, Aermadidi, Minut dengan peserta adalah perutusan Pimpinan Gereja-gereja di Indonesia, Pimpinan Ormas Kristen, Pimpinan Organisasi Sosial Kemasyarakatan Kristen, Pimpinan Perguruan Tinggi Kristen dan Tokoh-tokoh kristiani.

Kegiatan ini mendapat Support penuh dari Gubernur Sulawesi Utara bahkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan jajaran.” Kami meyakini bahwa suksesnya Konferensi Gereja dan masyarakat ini tidak hanya bergantung pada aspek teknis penyelenggaraan berbagai rangkaian acara oleh panitia, tetapi juga pada bagaimana proaktif dan kontributifnya peserta dalam memanfaatkan agenda ini, sebagai tempat bermusyawarah dan berkomunikasi, tentang berbagai situasi sosial masa kini sebagai bagian dari pelayanan PGI dan gereja-gereja anggota dalam mengimplementasikan tugas gereja bersekutu, bersaksi dan melayani.” jelasnya.

Bupati ROR juga menyampaikan terima kasih kepada MPH-PGI atas kepercayaan melaksanakan Konferensi gereja dan masyarakat ke-X PGI 2019. “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum kristus.” Galatia 6:2,” tuturnya.

Sementara itu, dalam Sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE atas nama Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Sulawesi Utara, mengucapkan selamat melaksanakan dan mengikuti Konferensi Gereja dan Masyarakat ke-X PGI kepada para Peserta.

“Kiranya kegiatan ini mampu menjadi media evaluasi serta pemantapan peran Hamba Tuhan, khususnya dalam menghadirkan peiayanan Gereja yang berkualitas menuju Indonesia yang toleran, bermartabat dan berkeadilan.” Katanya.

Lanjutnya, Perkembangan dunia  telah memperhadapkan Gereja pada suatu kondisi pelayanan yang semakin berat dan kompleks. sehingga, Gereja semakin dituntut secara berkelanjutan melakukan penataan, serta pembenahan di berbagai aspek, agar tatanan kehidupan umat Tuhan tidak terbuai dengan kondisi yang dapat mengakibatkan merosotnya kualitas Iman Jemaat, serta makin memudarnya motivasi untuk mengikuti Kristus.

Mengantlsipasl kondisi demikian, maka tentulah upaya konstruktif dan terarah,  melakukan langkah introspeksi dan evaluasi terhadap setiap program pelayanan yang telah dilakukan hingga saat ini, termasuk pembenahan sekaligus penataan sistem pelayanan di lingkungan Gereja menjadi satu hal yang panting dan urgen, guna eksisnya pelayanan kedepan;

Untuk Itu, Gereja-Gereja di Indonesia haruslah menyatukan visi, misi serta persepsi pelayanan seluruh komponen, guna terciptanya pola pelayanan efektif yang mencerminkan karakter Kristus dengan berbagai buah-buah roh, sehingga dalam eksistensinya Gereja mampu merumuskan dan menghasilkan jalan keluar terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bergereja dan bernegara serta selalu solid dengan seluruh komponen bangsa dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, guna menanggulangi kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme dan kerusakan lingkungan; saat ini dan kedepan.

Gereja harus memainkan peranannya dalam membangun karakter bangsa dengan memberikan pencerahan-pencerahan etik, moral dan spiritual kebangsaan, baik dari nilai-nilai agama, maupun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, sebagai upaya mencari titik kesamaan dan pandangan yang sama tentang kehidupan berbangsa yang berkeadilan;

Gubernur OD mengharapkan kepada para Peserta KGM X-PGI, agar dapat membawa Gereja-Gereja di Indonesia pada peran dan sumbangsih yang semakin strategis, proaktif, dan sinergis, sejalan dengan arah kebijakan dan program kerja Pemerintah;

Kedepannya, warga Gerja, warga Bangsa Indonesia harus senantiasa berada dalam satu tekad, komitmen, dan harus senantiasa memiliki rasa solidaritas yang tinggi dalam menggelorakan semangat berkarya, meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial serta memberikan sumbangsih terhadap upaya pembangunan yang dijalankan Pemerintah, demi kesejahteraan bersama.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE yang juga selaku Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa PGI, hadir Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, Ketua MPH PGI Pdt. Dr. Hendriette T. Hutabarat- Lebang, Para Ketua Sinode Gereja-Gereja Anggota PGI, Forkopimda Provinsi Sulut, Para Bupati/Walikota Wakil Bupati/Wakil Walikota se-Provinsi Sulut, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M. Roring-Lumanauw, SIP, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Para peserta KGM dan Undangan.

YVI

Share