Saturday, 24 August 2019

Archive for: February 22nd, 2019

Bupati Minut Vonnie Panambunan Hadiri KKR di Desa Kema 1

Kema,KLABATNEWS-Camat Kema, Vilma Anthonie SH MH dan jajarannya
beserta kurang lebih seribu masyarakat Kecamatan Kema, berjibaku menyambut rombongan Bupati Minut, Vonnie aneke Panambunan yang didampingi Sekdakab Ir Jemmi F Kuhu, Asisten II Allan Mingkid, Kaban Bappelitbang Arnolus Wolayan S.STP, serta beberapa Kepala SKPD lainnya dalam tajuk KKR bersama.

Menariknya KKR Desa Kema I Kecamata Kema Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (22/02), pukul 14.00 wita ini di penuhi oleh ratusan lanjut usia (lansia) baik umat Nasrani, maupun Muslimin.
Selain dari Desa Makalisung, Waleo, Lilang, Lansot, Kema III, Kema II dan Kema I (tuan rumah), Desa Pimpin, Tountalete, bahkan hadir pula para lansia dari Desa Kauditan II, Kauditan I dan watudambo I dan II, yang sejatinya adalah warga Kecamatan Kauditan (luar Kecamatan Kema).
“Tidak masalah, mwreka darimana, agama apa, yang pasti selain merwka rindu bertatap muka dengan Ibu Bupati yang mereka cintai, mereka juga kan datang beribadah,” tutur Camat kema Vilma Anthonie SH MH.

Dalam mengisi KKR, Bupati Vonnie Aneke Panambunan (VAP) sendiri memdominasi seluruh kegiatan.
Para lansia diajak menyanyikan kidung puji-pujian, kemudian Bupari VAP menelipkan beberapa Firman Tuhan yang intinya, ORANG YQNG BERSERAH PADA TUHAN, PASTI AKAN DILINDUNGI.
“Seperti kata Yakobus 4:4, Kalu memang TUHAN berkehendak, biar torang ada dimana, selalu TUHAN lindungi,” ujar VAP.
Lanjut VAP, dalam Yohanes 12:26 juga, barang siapa melayani AKU, dianharus mengikuti Aku dimanapun aku berada, dan dia akan dihormati Bapa.
“Mari kita selalu andalkan TUHAN, agar kita selalu diberi hikmat, kesehatan dan berkat yang melimpah dari Surga,” tandas bupati sembari menutup KKR tersebut dengan Doa bersama.

Sebelum meninggalkan tenda raksasa tempat berlangsungnya KKR, Bupati dan jajaran membagi-bagikan beras kepada para lansia dengan sabar, sampai tak ada yang tidak kebagian.

Pukul 21.19 seluruh kegiatan usai, tinggal Camat Kema Vilma Anthonie SH MH dan Kabag Umum, menunggui para staf membongkar tenda dan ratusan kursi milik Pemkab Minut, yang rencananya akan dipakai besok di Airmadidi.
“Kami sangat bangga karena KKR ini berlangsung begitu meriah. Awalnya saya pribadi sedikit was-was karena lahan parkiran yang ada, kurang mampu menampung kendaraan yang ada. Tapi berkat kerjasama pihak Polsek Kema, jajaran Kecamatan Kema dan kesadaran masyarakat yang rela membantu, Puji TUHAN, akhirnya semua berjalan lancar tanpa ada kendala,” tutur Camat kema yang juga PLH Hukumtua Desa Tountalete itu.(*)

Share

Lobi Bupati ROR, Kabupaten Minahasa Dapat Perhatian Serius

Jakarta, Klabatnewsok.com – Perjuangan Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) untuk memajukan Kabupaten Minahasa kembali membuahkan hasil memuaskan. Kali ini, upaya pemerintah mendorong kemajuan pembangunan di sejumlah sektor vital dipastikan mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dukungan tersebut dipastikan setelah Bupati melakukan pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga, MEng.Sc yang juga selaku Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Pusat, pada Jumat (22/2).
Pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan strategis untuk kemajuan daerah Minahasa.

Yang pertama dukungan Kementerian PUPR dalam perencanaan pembangunan kawasan Kota Tondano dan Danau Tondano. “Termasuk juga didalamnya ada rehabilitasi Danau Tondano yang akan mendapat perhatian serius dari kementerian PUPR,” jelas Bupati ROR yang juga selaku Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Sulawesi Utara.

Selain itu, Kementerian PUPR melalui Dirjen Cipta Karya telah menyatakan kepedulian akan perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Minahasa. “Jadi dalam pertemuan itu pak Dirjen sudah menyampaikan kesiapan pihaknya untuk memberikan bantuan rehabilitasi sekolah untuk Kabupaten Minahasa, baik di tingkat SD maupun SMP. Juga penyiapan sarana olahraga sekolah termasuk toilet di sekolah,” papar Bupati.

Tak hanya itu, salah satu poin yang jadi pembahasan dalam pertemuan antara Bupati dan Dirjen Cipta Karya yakni terkait pengolahan sampah serta pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Mengingat jarak antar kecamatan di Minahasa ada cukup jauh maka memang perlu ada penambahan lokasi TPA, dan puji Tuhan pak Dirjen juga berjanji akan memperhatikan hal ini,” ungkap Bupati ROR.

Poin terakhir yang menjadi hasil pertemuan tersebut yaitu program penyediaan air bersih Dirjen Cipta Karya bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minahasa. “Tentu apa-apa yang telah dibahas dalam pertemuan ini akan ditindaklanjuti secara bertahap, dan ini adalah demi kemajuan pembangunan dan peningkatah kesejahteraan masyarakat di Minahasa,” ujar Bupati sambil mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Minahasa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Kementerian PUPR, dalam hal ini Menteri Basuki Hadimuljono dan Dirjen Cipta Karya Dr Ir Danis Hidayat Sumadilaga, MEng.Sc.

“Yang terutama kita sampaikan terima kasih juga kepada pak Presiden Joko Widodo yang selama pemerintahannya hampir lima tahun ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pembangunan daerah, termasuk di Kabupaten Minahasa,” pungkas Bupati.

Diketahui, pertemuan ini ikut melibatkan sejumlah pihak terkait, diantaranya Direktur Bina Penataan Bangunan Iwan Suprijanto ST MM dan Pejabat Kementerian PUPR Ir. Rido Matari Ichwan, MCP yang juga merupakan cucu dari DR. Samratulangi.

YVI

Share

Wabup RD Hadiri Rakorev RKPD Tahun 2018

Manado, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi Menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi (RAKOREV) Hasil Pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Tahun 2018 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara pada Kamis 21 Februari 2019
Di Grand Kawanua Convention Center.

Dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, SE, MS, Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng,SH, MSi, Bupati-Walikota Wakil Bupati-Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Instansi Vertikal Provinsi Sulawesi Utara, staf ahli & staf khusus Gubernur, Kepala Dinas/Badan Pemprov Sulut, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ricky Tumanduk, MM, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Minahasa Drs. Hanes Donald Wagey, MBA, Kepala Bappelitbangda Kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Utara.

Sambutan Gubernur Sulawesi Utara, menyampaikan sudah menjadi komitmen bersama untuk membangun Provinsi Sulawesi Utara. maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk melakukan Koordinasi, konsultasi perencanaan, pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan, meningkatkan peran Gubernur, Bupati, dan Walikota dalam mendukung pencapaian sasaran prioritas pembangunan nasional yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah, serta meningkatkan kinerja pengendalian dan evaluasi sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri no. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah jangka panjang dan jangka menengah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah pemerintah daerah.

Apa yg sudah kita raih beberapa tahun terakhir ini harap kita tingkatkan. Gubernur Olly pun menjelaskan 10 Program Prioritas Yang sudah dicapai Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, diantaranya penanggulangan kemiskinan dan pengangguran mencapai satu hal yang baik, Pembangunan pendidikan yang mendapatkan penghargaan Ki Hajar dari Kementerian Pendidikan, Pembangunan Kesehatan, Tingkat pelayanan di masyarakat berdasarkan hasil survey masyarakat boleh puas, Pengembangan Infrastruktur, pembangunan proyek-proyek nasional sebentar lagi akan tuntas.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan bonus-bonus tambahan anggaran pembangunan secara khusus di 2 tahun berturut-turut, Pengembangan bahan pangan dan pertanian meningkat cepat dengan ekspor perikanan, Tramtibnas yang baik dari pengamanan TNI dan Polri di Sulawesi Utara, pembangunan infrastruktur pariwisata yang pesat.

untuk itu Gubernur OD mengajak mari mendorong pembangunan destinasi wisata lebih besar, penanggulangan bencana alam dan iklim menjadi perhatian khusus pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Juga menyampaikan banyak hal yang harus pertegas kembali melalui Rakorev ini.” Semoga di tahun 2019 ini kita dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat mari kita bersinergi dalam meningkatkan pembangunan yang ada di daerah tercinta ini, karena keberhasilan Kabupaten/kota adalah pendukung keberhasilan Provinsi Sulawesi Utara.” Pungkasnya.

Dilanjutkan dengan Pemaparan dari Bupati/Walikota Wakil Bupati/ Wakil Walikota se-Provinsi Sulawesi Utara yang hadir, dan Pemaparan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa disampaikan oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi.

YVI

Share

Mei, 124 Desa di Minut Serentak Pilih BPD Lanjut Persiapan Pemilihan Hukumtua

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Pemilihan Badan Perwakilan Desa (BPD) untuk 124 desa di Minut akan dilaksanakan serentak pada Mei mendatang. Untuk tahap sosialisasi akan berlangsung hingga April mendatang. Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Serta Pemerintah Desa Bobby Najoan SH dalam sosialisasi manajemen pengelolaan desa yang diikuti oleh hukumtua dan BPD se-Minut pekan lalu. “Kecuali Desa Watudambo 2 yang merupakan hasil pemekaran, 124 desa secara serentak akan melaksanakan pada pemilihan pada Mei mendatang,” kata Najoan.

Pemilihan BPD ini lanjut Najoan merupakan salah satu tahapan menuju pemilihan hukumtua nantinya akan dilaksanakan oleh pengurus BPD yang akan terpilih. “Ini adalah tahapan dalam pemilihan hukumtua,” papar Najoan.

Diperkirakan tahapan tersebut akan dimulai Juni mendatang. “Saya sudah melaporkan kepada Ibu Bupati sesudah Pemilu kemungkinan Juni atau Juli pemilihan hukumtua akan dimulai,” tandas Najoan.(*)

Share