Thursday, 25 April 2019

Archive for: February 6th, 2019

KPU Minut Gelar Rakor Pelaksanaan Persiapan dan Pengamanan Pemilu

Kalawat,KLABATNEWS – Dipimpin Ketua KPU Minut, Stella Runtu, bertempat di bell room Hotel Sutan Raja Desa Watutumou II, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Persiapan Dan Pengamanan Pemilihan Umum (Rakorlak Pam Pemilu) Serentak, Tahun 2019, pada Selasa (06/2), pukul 10.30 Wita.

Hadir dalam rapat tersebut, masing-masing Hendra Lumanaw dan Darul Halim (Komisioner KPU Minut),
Charles Worotitjan, SH MH selaku Sekretaris KPU Minut, Ketua Bawaslu Minut, Simon Awuy.

Turut hadir pula Kapolresta Manado, Kombespol Benny Bawensel, SIK, Perwira Penghubung (Pabung) Kabupaten Minut, Mayor Inf Richard Pusung mewakili Dandim 1310/Bitung, Kabag Ops Polres Minut Kompol A. Djafar mewakili Kapolres Minut, Danramil 1309-04/Wori, 7 Kapten Inf J D Wenas, Asisten 2 Pemkab. Minut, Drs. Allan Mingkid mewakili Bupati Minut, Ibu Stevy mewakil Kejari Minut, dan beberapa tokoh penting lainnya.

Sesuai agenda, maka rangkaian acara dimulai dengan Doa Pembuka pada pukul 10.30 Wita, dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian sambutan sekaligus membuka Rapat oleh Stella Runtu, Ketua KPU Minut.
“Rapat koordinasi yang kami laksanakan pada saat ini pada intinya tentang kesiapan dan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019,” katanya.

KPU juga, lanjut Stella, akan memaparkan data yang sudah dikumpulkan terkait dengan titik-titik kerawanan yang sudah diinventarisir.
“Kemudian akan kita bahas bersama dan semuanya tentunya adalah demi kesuksesan jalannya Pemilu di Kabupaten Minut yang aman. Kita juga akan meminimalisir hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan stabilitas pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di Kabupaten Minahasa Utara,” tandas Runtu.

Komisioner Hi. Darul Halim selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggara mengatakan, Rakor dalam rangka persiapan ini yang pertama adalah persiapan pelaksanaan yang nanti 70 hari sampai hari H telah diperlukan beberapa kesiapan.

“Di antaranya adalah yang pertama kami penyelenggara sendiri kemudian rapat koordinasi ini juga dimaksudkan untuk ada support penuh oleh pemerintah Kabupaten Minahasa Utara karena menyangkut teknis. Penyelenggaraan itu akan melibatkan beberapa komponen yang berhubungan dengan kepemerintahan antara lain adalah kesiapan pelaksanaan di tingkat kecamatan dan kemudian pelaksanaan di tingkat desa,” urainya.

Lanjut Darul, saat hari H yaitu kesiapan tentang tenaga atau SDM yang akan menopang KPU untuk bagaimana SDM yang dipersiapkan itu koordinasi dengan pemerintah desa.

“Mereka adalah para penyelenggara dalam hal ini tugas KPPS itu merupakan kewenangan yang dimiliki oleh sumber daya manusia. Untuk peta kerawanan ini yang bisa nanti dideteksi oleh aparat keamanan baik TNI atau Polri dengan berkaca pada pemilu sebelumnya. Logistik di titik distribusi ini barangkali harus ada istilahnya harus tepat waktu tepat sasaran dan tepat jumlah memerlukan juga nanti akan ada rapat koordinasi menyangkut tentang mekanisme pendistribusian,” jelas Darul Halim.

Lebih jauh ia mengatakan, kita lihat secara rinci berapa jumlah pemilih dan kemudian pergerakan nanti daftar pemilih khusus dan daftar pemilih tambahan itu bisa kita lihat di TPS, pemerintah daerah dan kemudian aparat keamanan untuk di mana Pemilu sebelumnya sehingga bisa dideteksi sedini mungkin apa-apa yang nanti akan diambil dalam rangka cegah tangkal untuk kerawanan Pemilu.

“Semaksimal mungkin dan itu sudah tinggal menunggu distribusi dari TPS-nya kami buat sedemikian rupa hingga berapa kekurangan dan berapa kebutuhan yang diperlukan. Kami mohon penjelasan dari Kapolres bagaimana strategi pengamanan /menopang adanya di daerah perbatasan desa yang sangat rawan yang terletak antara Bitung dan Manado,” tutup Darul Halim.

Kapolres Minut melalui Kompol A. Djafar (Kabag Ops Polres Minut), menjabarkan bahwa situasi Kabupaten Minahasa Utara untuk pemilihan atau pemungutan suara pada tanggal 17 April nanti itu ada mengenal 3 sisi untuk pengamanan TPS yaitu Tidak Rawan, Rawan, Sangat Rawan. “Yang kami garis bawahi adalah bagaimana hajatan tanggal 17 April 2019 nanti ini aman dan damai,” tegasnya.

Sedangkan Kapolresta Manado, Kombespol Benny Bawensel menyampaikan, di wilayah hukumnya ia tidak melihat adanya kerawanan yang bisa menghambat proses Pemilu.

“Akan tetapi supaya ada kesiap-siagaan, saya menganggap bahwa wilayah ada yang rawan supaya anggota/personil ini tetap siap dan waspada. Kalau kita katakan tidak rawan, dikhawatirkan anggota tidak melakukan apa-apa sehingga dengan pelibatan personil, kemudian kita juga mendapat bantuan kekuatan personil dari Polda Sulut dan Kodim 1309/Manado,” sebut Pamen Berdarah Likupang itu.

Bawensel juga menambahkan, tuk langkah-langkah meningkatkan peran serta masyarakat pada prinsipnya apa yang sudah disampaikan oleh Kabag Ops Polres Minahasa Utara pada prinsipnya sama.

“Mari kita bersama bahas, selesaikan dan meminimalisir pada saat pelaksanaannya nanti. Kerawanan pada saat kampanye pada saat masa tenang pemungutan suara keputusan penetapan sudah kami inventarisir yang berpotensi kerawanan sudah disampaikan kepada seluruh jajaran. Kita harus ekstra untuk itu harus berjalan lancar dan sukses damai karena ini adalah hajatan Nasional,” tandas perwira yang pernah menjadi Kapolres Minahasa Selatan

Sementara itu Dandim 1210/Bitung, malalui Mayor Inf Richard Pusung (Pabung Kab. Minut) menjabarkan yang mana Kodim 1310/ Bitung membawahi Wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara yang saat ini sedang menggelar latihan Pengamanan Pemilu seperti mengantisipasi tentang pelaksanaan pemilu.

“Untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 kami berpatokan SOP dari Polres Bitung maupun Polres Minut. Di samping itu juga kami menjaga netralitas TNI tetapi untuk mengamankan tetap kami sampaikan,” ujar Pusung.

Dandim 1309/Manado oleh Kapten Inf. J D Weenas (Danramil 1309-04/Wori) mengatakan, Kodim 1309/Manado saat ini sedang melaksanakan Latpam Pemilu yang sekarang sudah masuk pada tahap simulasi di lapangan dan terkait pengamanan Pemilu pada dasarnya, tetap mengacu pada SOP dari Kepolisian.

“Kami berprinsip seperti Kapolresta Manado sampaikan tadi, supaya kita anggota tetap selalu siap dan menyikapi cuaca sekarang juga tidak bisa diprediksi jadi itu juga menjadi bahan pertimbangan bagi KPU dalam pelaksanaan secara teknis,” jabar Wenas.(*)

Share

Camat Kema Vilma Anthonie Gelar Pertemuan dengan Warga Tountalete Bahas Penolakan Plt Hukumtua

Kema,KLABATNEWS– Camat Kema Vilma Anthonie SH MH bersama Kapolsek Kema dan Danramil Kauditan menggelar pertemuan dengan masyarakat Desa Tountalete Rabu (06/02/2019), pukul 16. 00 Witta.

Pertemuan digelar di kediaman Ny Heny Worang pada sore hari, Rabu 06/02/2019. pada pukul 04 sore ini turut dihadiri warga Desa Tountalete yang menolak PLT Hukumtua utusan Pemkab Minut.

Vilma Anthonie SH MH Camat Kema yang baru saja menggantikan Frederik Tulengkey mencoba mencari solusi pada warga yang hadir.
Dia menyampaikan bahwa sebagai warga masyarakat, untuk tak membuat sesuatu yang melanggar hukum.

“Masalah PLT hukumtua tersebut, sudah sesuai prosedur atau sudah sesuai aturan dan Undang-undang, apalagi sudah di lantik oleh Bupati Minut,” jelas Anthonii.

Sesuai kewenangan dan hak preogatif bupati, lanjut Anthonie, didasari beberapa telaah dan sharing, karena sudah sesuai prosedur, maka Bupati Minut telah melantik sang PLT.

“Kita sebagai masyakat, harus mematuhi aturan yang ada. Mari kita dengan kepala dingin, tidak memusuhi pemerintah, dan tidak berbuat hal-hal merugikan diri sendiri,” ajak Vilma.

Iptu Munasir Kapolsek Kema juga mengimbau kepada masyarakat Desa Tountalete agar tak membuat sesuatu hal yang bisa merugikan, apalagi kita akan menyambut Pemilu Pilpres dan Pilcaleg.

“Jangan berurusan dengan hukum, demi menyukseskan pilkada nanti. Sebagai Kapolsek Kema juga, saya harap masyarakat di sini agar tidak terpancing isu-isu dan provokasi menyesatkan dengan tujuan, merusak ketenangan yang ada,” ajak Munasir.

Kapolsek juga menegaskan, jika ada yang coba-coba dengan sengaja mengacaukan jalannya Pemilu nanti, pihaknya akan bertindak tegas. “Kami dan pihak TNI akan bertindak sesuai SOP terhadap oknum tersebut,” tandasnya.

Ditambahkan PLH Danramil Kauditan, Letda Edison Kasenda mengajak masyarakat Desa Tountalete yang hadir agar jangaan sampai terpancing dengan unsur provokatif berbau SARA atau politik busuk.

“Karena kita sebagai Warga Negara RI adalah satu walaupun berbeda Agama, beda pendapat dan beda suku. Marilah kita sama-sama mandukung program pemerintahan yang ada di tingkat pusat provinsi, serta kabupaten/kota agar kita tidak terpecah belah,” pinta Kasenda.

Lanjutnya Danramil Kauditan, cari solusi jitu, ajukan kepada Camat Kema bahwa masyarakat Tountalete menolak PLT hukum tua tersebut. “Mari kita bahas bersama, agar dapat menyepakati kemufakatan,” pungkasnya.

Sementara, masyarakat Tountalete diberi kesempatan menyampaikan uneg-uneh terkait seputaran PLT Kumtua, mereka tetap bersikukuh menolak.

“Kami tidak suka dia. Kantor desa yang kami palang atau segel. Itu tidak bisa di buka sebelum mengikuti persyaratan kami, atau sesuai dengan janji kami beberapa waktu lalu bahwa kami punya calon yang sudah kami usul kan. Mereka ada empat orang dan itu sudah kami serahkan ke camat yang lalu,” jelas warga.


“Jadi, jika usulan kami tetap tak dihargai, maaf kalau kami tetap menolak, alias kantor desa yang kami segel, tetap tidak bisa di buka,” tutup warga.(*)

Share

Bupati ROR Lantik 82 Pejabat dan 12 Pelaksana Tugas

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi mengambil Sumpah / Janji Dan Pelantikan Aparatur Sipil Negara Dalam Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas Dan Jabatan Fungsional di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Minahasa, pada Rabu 6 Februari 2019, bertempat di Aula Wisata Benteng Moraya Tondano.

Di hadiri oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng M.Si, Jajaran Pemkab Minahasa, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Kepala Staf Kodim Mayor Inf. Vecky Welang, Mewakili Kajari Minahasa Felix Palit, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M. Roring-Lumanauw SIP, Wakil ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina W Dondokambey Lengkong, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Minahasa Seeve Korengkeng Warouw.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Ir Royke O Roring mengatakan, sebagaimana upaya yang ada disampaikan dalam mutasi ini ada promosi dan pemantapan.

“Surat Keputusan ini sudah di proses cukup lama dan menjadi bahan pertimbangan. Kami berusaha agar tidak ada yang nonjob, apa yang di lakukan pendahulu kami tentu akan menjadi perhatian kami dalam rangka sinergitas. kami menyampaikan untuk menjalankan tupoksi yang diberikan kepada masing-masing kita,” tegasnya.

” Saya mohon jalankan apa yang sudah menjadi amanah untuk kita lakukan yang semuanya demi kesejahteraan rakyat Minahasa dan Minahasa yang semakin hebat ke depannya. sesuai visi ROR-RD mari kita wujudkan bersama visi kita, Tentunya tak akan mungkin terwujud tanpa saudara saudari semua.” Jelasnya.

Bupatu ROR pun menambahkan bahwa Evaluasi akan tetap jalan, jika ada mutasi hendaknya itu menjadi pemicu untuk peningkatan kinerja.” Saya berharap tidak perlu banyak-banyak mutasi kedepan, mari kita seiring sejalan dan bersatu untuk mewujudkan visi ROR-RD, saya mengajak untuk tetap mempererat kebersamaan.” Katanya lagi.

” Banyak selamat yang di promosi dan pemantapan, doakan kami untuk boleh menjalankan tugas dengan baik bersama saudara saudari semua. Mari kita bersama bersatu mewujudkan minahasa yang semakin Hebat.” Pungkasnya.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si melantik langsung sebanyak 82 Pejabat esalon III dan IV. Dan dalam pelantikan ini juga diserahkan nota dinas pelaksana tugas bagi 12 Pejabat.

NAMA NAMA Pejabat yang diambil Sumpah / Janji dalam Pelantikan Aparatur Sipil Negara Dalam Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas Dan Jabatan Fungsional di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Minahasa

Nama nama jabatan administrator
1. Engelbert Raintung SE (Kepala Bagian Umum Setdakab Minahasa(
2. Drs. Oswald J Kanter (Kepala Bagian Infrastruktur Setdakab Minahasa)
3. Anneke G Maindoka SSos MSi (Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Minahasa)
4. Dra Katherina Mait (Kabag Pemmas dan Trantibumlinmas Setdakab Minahasa)
5. Janny Vonny Kaunang SPd MPd (Kepala Bagian Kesra setdakab Minahasa)
6. Lonna O. K. Wattie SSTP (Kabag TUP dan Keuangan Setdakab Min)
7. Bobby Veky Masengi ST (Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Minahasa)
8. Ricky H R Laloan SH (Kabag Persidangan dan Risalah setDPRD)
9. Dra Melly Lontaan (Kabag Umum Sekretariat DPRD)
10. Ferry Wenas S.Sos (Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Daerah Kab. Minahasa)
11. Mekry Juddy Sondey SE (Sek Dinas Penanaman Modal dan PTSP)
12. Drs Dolfie J Kuron M.Ba (Sek Dis Perpustakaan)
13. Ir. Hendrik K Kaunang (Sek Dis Perhubungan)
14. Ir.Jani Harry Moniung (Sek Dis Kelautan dan perikanan)
15. Ir. Magdalena Tombokan (Sek Dis Perdagangan)
16. Zeth F Kaunang SH (Sek Disnaker)
17. Widowati Rinjani S.Sos (Sek Dis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)
18. Hansye Tomy Wuwungan S.Pd (Sekdis Pendidikan)
19. Syultje Panambunan SE (Sekdis BudPar)
20. Meike Wowiling SE (Sek BPKAD)
21. Lieke R Pangou ST (Sek BPBD)
22. DR Ir. Margaretha Ratulangi MAP (Sekdis Pertanian)
23. dr Maya Cintya Rambitan M.Kes (Sekdis Kesehatan)
24. dr Hary Martono Kaharmen (dr pada Dinkes)
25. Yeittij Fonnie Roring SP (Kabid tanamam Pangan Dinas Pertanian)
26. Dra Faitrie Femie Sumuan M.Pd (Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan non formal pada dinas Pendidikan)
27. Jacklean N V Turangan SP (Kabid Ekonomi pada Bapelitbangda)
28. Drs Lexie S J Korengkeng MT (kabid Fisil prasarana pada bapelitbangda)
29. Moudy R Kaunang SPd MAP (kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga pada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB)
30. Lusiana Sumampouw SPt (kabid layanan, Alih media dan otomasi perpustakaan pada dinas perpustakaan)
31. Dolfie Assa SE (kabid metrologi legal pada dinas perdagangan)
32. Shanro Arter Mogot SE MSi (kabid pelayanan perizinan terpadu pada dinas penanaman modal dan PTSP)
33. Hendrie R I Tompodung SPd (kabid pembinaan pendidikan dasar pada dinas pendidikan)
34. Josefin Kaurow SP (kabid pemenuhan hak anak pada dinas PPPA(
35. Jimmi Jeferson Pinangkaan SE MSi (kabid pengawasan dan pemeriksaan pada dinas UKM)
36. Dra Conny E Muntu MSi(kabid perlindungan dan jaminan sosial pada dinas sosial)
37. Charles J Woy SE MSi (kabid rehabilitasi dan rekonstruksi pada BPBD)
38. Juniani Romanen Mogot SFAM (kabid kesehatan masyarakat pada dinkes)
39. Joice Vanda Tampi SH (kabid mutasi pegawai pada BKPSDM)
40. Pfifner Kanisius Parengkuan SH (kabid pemasaran dan promosi pada disbudpar)
41. Fredericus Theodorus Lumi SPd (kabid pembinaan ketenagaan pada dinas pendidikan)
42. Ricky Yongky Pieters Rantung SE (kabid pembinaan, pengawasan akusisi, dan layanan kearsipan pada dinas Perpustakaan)
43. Florah Jeklin Rumbajan S.Kom (Kabid Perbendaharaan BPKAD)
44. Lenda Mantindas SE (Kabid politil dalam negri Kesbangpol)
45. Johny Kuron SPd (kabid Usaha produksi Dinas perdagangan)
46. Deusdedit T Telaumbanua SPt (Sekcam Pineleng)
47. Shanti Lengkong SSTP (Sekcam Tondano Barat)
48. Rivay Mamonto ST (kabid binamarga pada dinas PU PR)
49. Marel Sumarau SPd MAP (kabid kesiapsiagaan dan pencegahan BPBD)
50. Joyce Valentina Kewas SSos (Kabid pendataan,pendaftaraan dan penetapan pada Badan pengelola Pajak dan Retribusi daerah)
51. Jimmy Johni Pungus SE (Kabid pengbangan dan keslamatan pada dinas perhubungan)
52. Jessy Velania Tiwang SS (kabid perencanaan dan pengembangan dinas penanaman modal dan PTSP)
53. Moddy L Gumansing SH (Dpb Disduk Capil)
54. Fabian B K Mendur SPt (Dpb Disduk Capil)

Nama Nama Jabatan Pengawas Dan Jabatan Fungsional
1. Audi Pungus SE MSi (Kasubag layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) pada bagian pengadaan barang dan jasa Setdakab Minahasa)
2. Marthen Wagey SE (Kasubag Perlengkapan pada bagian UMUM Setdakab Minahasa)
3. Henkie Jack Waworuntu S.Sos (Kasie Kelembagaan dan perizinan koperasi dan UKM)
4. Silvana M E Tumampas SE (Kasubag Keuangan pada bagian TUP Keuangan Setdakab Minahasa)
5. Novte L Botu S.Sos (kasie layanan dan kerjasama perpustakaan dinas perpustakaan)
6. Maria Goretti Grace Maweikere SE (Kasie Penagihan pajak daerah lainnya pada badan pengelolaan pajak dan retribusi daerah)
7. Joice Marheansje Pua SE (Kasie Penetapan pajak dan retribusi daerah)
8. Ade E S Deeng SSt (kasie perumahan dinas perumahan ralyat dan kawasan pemukiman kab minahasa)
9. Grace D Nangin ST (kasubbid pertanian, koperasi dan pengembangan dunia usaha bapelitbangda)
10. Nick E Kussen ST (Kasubbag Penyusunan dan pengendalian program pada bagian adm pembangunan setdakab minahasa)
11. Ferdi Kamasi (Kasubbag Pengadaan barang dan jasa bagian pbj setdakab minahasa)
12. Julius Joke Sambuaga SPd (kasubbag TUP Bupati dan wakil bupati pada bagian TUP dan Keuangan setdakab Minahasa)
13. Melanie Abigail Kaseger SE (Kasubbag Kepegawaian BPKAD)
14. Yonathan Y Y Kaunang SSTP (kasie rehabilitasi BPBD)
15. Merry Ch Massie SE (kasie pemberdayaan ekonomi masyarakat dinas pemberdayaan masyarakat dan desa)
16. James A A Goni SSTP (Kasubag TUP Sekda dan Staf Ahli Bupati pada bagian TUP dan keuangan Setdakab Minahasa)
17. Rener Brancho Karwur SSTP (kasubbag Humas pada bagian Humas dan protokol setdakab minahasa)
18. Agnesia B C Tewu SSTP (kasubbag Perekonomian pada bagian perekonomian dan SDA Setdakab Minahasa)
19. Gies P W Samsudin SE (kasie Survey dan perencanaan pada dinas perumahan rakyat dan kawasan pemukiman)
20. Alice B Lumanauw SH (kasubbag perhubungan, kominfo, statistik dan persandian pada bagian infrastruktur setdakab minahasa)
21. Stephenson Panambunan SH (Kasie pendayagunaan teknologi tempat guna dan SDA pada Dinas pemberdayaan dan desa)
22. Citamy Virginia Gercia Sumampouw SSTP (kasie pengelolaan pesisir pantai pada dinas kelautan dan perikanan)
23. Rebeca Astrela Andriani Palit SSTP (kasubid mutasi jabatan pada badan kepegawaian dan pengembangan SDM)
24. Christine Deity Lidya Sumanti SPt (kasie ketenagaan pada dinas pertanian)
25. Christian Legi SSTP (kasubbag kepegawaian umum dan perlengkapan pada dinas perikanan dan kelautan)
26. Ariel J Wowor SSTP ( kasubbag protokol pada bagian humas dan protokol setdakab minahasa)
27. Geovanni Maindoka SSTP (Kasie pembangunan dan keuangan pada kantor kelurahan wawalintouan kec. Tondano barat
28. Olivia Singkoh SPt (Dpb pada setdakab Minahasa)

Daftar Nama Penerima Pelaksana Tugas (PLT)
1. Joudy Kapojos, SH ( Kepala Badan Pengelola Pajak dan retribusi daerah )
2. Ir. Hendrik K. Kaunang (Dinas Perhubungan)
3. Ir. Jani Hari Moniung ( Dinas Kelautan dan Perikanan )
4. Ir. Ravafy C. Moleong ( Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman )
5. Novry W Lontaan ST ( Dinas Pekerjaan Umum )
6. Meidy Rengkuan SH MAP ( Sat pol PP )
7. Dolfie J Kuron MBA ( Dinas Perpustakaan )
8. Mekry J Sondey SE ( Dinas Penanaman Modal dan PTSP )
9. Nicky L Porawow SSTP ( Kepala Bagian Organisasi setdakab Minahasa )
10. Olivia Singkoh S.Pt ( Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Capil )
11. Fabian B K Mendur S.Pt ( Kabid Pemanfaatan data dan inovasi di capil )
12. Moudy L Gumansing SH ( Sekretaris Capil )

YVI

Share