Sunday, 25 August 2019

Archive for: February 2nd, 2019

Walikota Bitung Max Lomban Buka Sekolah Hutan

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Dalam rangka mengedukasi, mensosialisasikan dan mengadvokasi tentang pentingnya menjaga lingkungan sebagai warisan untuk anak cucu yang dimulai sejak dini, Sabtu (2/2) bertempat di Botanica Nature resort Walikota Max J Lomban membuka secara resmi kegiatan Sekolah Hutan yang merupakan salah satu bidang dari sekolah lingkungan Kota Bitung yang diprakarsai oleh Dra. Khouni Lomban Rawung sebagai kepala sekolah lingkungan.

Sekolah Lingkungan Kota Bitung (SLKB) sendiri memiliki 5 bidang yaitu: Sekolah Hutan (SH), Sekolah Sungai (SS), Sekolah Laut (SL), Sekolah Gunung (SG), Sekolah 5 Bersih (S5B). Setelah diinisiasi pada awal tahun 2017, kegiatan perdana ini bisa terwujud melalui kerja sama Sekolah Lingkungan Kota Bitung dengan Yayasan LORA Peduli dan Yayasan Selamatkan Yaki Indonesia dalam EPASS (Enhancing the Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation) Project.

Dalam sambutannya, Walikota Max J Lomban berharap agar Sekolah Lingkungan menghasilkan anak-anak Bitung yang mencintai lingkungan serta memiliki rasa tanggung jawab atas kelestarian lingkungan yang ada di sekitar mereka dan hal ini perlu ditanamkan sejak usia dini. “Sehingga hal ini harus menjadi perhatian dan tangung jawab kita bersama dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik dan benar kepada anak-anak ini,” kata Lomban.

Peserta angkatan pertama ini dengan total 20 orang melibatkan siswa-siswi dari 16 Sekolah Dasar di sekitar zona penyangga hutan Tangkoko, Bitung yang merupakan habitat penting bagi Yaki dan satwa endemik lainnya di Sulawesi Utara. Materi-materi yang diajarkan dalam Sekolah Hutan ini bertujuan menarik minat siswa untuk belajar tentang hutan, mengerti pentingnya hutan bagi manusia dan makhluk hidup lain serta ancaman-ancaman terhadap hutan sehingga anak-anak dapat diajak untuk mengambil bagian dalam berinisiatif melestarikan hutan.

Pada kesempatan ini pun bunda Khouni sapaan akrab Kepala Sekolah Lingkungan membagikan botol air minum (tumbler) untuk peserta dan mengingatkan untuk selalu menjaga lingkungan, Sekalian dengan Program peduli lingkungan pemerintah Kota Bitung
yaitu BITUNG GO GREEN, LESS PLASTIC CITY
dengan cara membawa tumbler dan mengurangi sampah plastik. Prisilia Morley Loijens, Koordinator Edukasi Selamatkan Yaki berharap sekolah Hutan dapat diikuti oleh lebih banyak siswa-siswi di Kota Bitung dan ke depannya dapat diadopsi oleh kurikulum pendidikan di Sulawesi Utara.

Visi Sekolah Hutan :
“Terwujudnya individu yang menghargai dan mencintai alam, serta bangga berperan aktif dalam melindungi hutan.”

Misi
– Menumbuhkan rasa cinta, empati dan bangga akan keanekaragaman hayati;
– Membina kemandirian, kepercayaan diri, dan kerjasama siswa melalui kegiatan belajar di luar ruangan;
– Mendorong perubahan perilaku pro-lingkungan dengan menginspirasi siswa untuk mengambil tindakan dalam melindungi hutan.(*)

Share

Hadiri Ibadah Kuncikan di Sonder, Bupati ROR Minta Doakan Saudara Yang Kena Musibah di Manado

Sonder, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi Menghadiri Acara “Kuncikan” Tahun baru 2019 Bersama Keluarga Besar Eman Dan Masyarakat pada Sabtu 2 Februari 2019 di Wale Papetoupan Wisata Taman Eman Sonder.

Ibadah Kuncikan ini dipimpin oleh Pendeta Hermer Tumoka STh yang mengambil Pembacaan alkitab dalam yeremia 33:6-9,” Bersyukur atas pemeliharaan Tuhan dalam kehidupan kita, kita boleh bertemu dan bersyukur dalam acara ini. untuk menikmati berkat berkat yang Tuhan sediakan ada tuntutan yang di inginkan oleh Tuhan, ketaatan itu adalah harga mati, jika kita taat kepada hal hal kecil maka Tuhan akan mempercayakan kita dengan perkara perkara besar ada berkat yang Tuhan sediakan.” Katanya.

Lanjutnya, Ketika kita boleh menikmati berkat saat ini itu semua karena penyertaan Tuhan bagi kita. Mari kita mengintropeksi diri kita apakah kita sudah taat dan setia kepada Tuhan, apapun persoalan yang kita hadapi saat ini kita percaya ketika kita berseru, Tuhan selalu menjawab tepat pada waktunya.

Sementara Dalam Sambutan Bupati Minahasa Menyampaikan bahwa acara kuncikan adalah dimana kita bersyukur karena sudah melewati Tahun yang baru dan tanpa terasa sudah memasuki tahun 2019. yang kita ketahui bersama tempat ini merupakan tempat wisata warga minahasa, ini peran pemerintah dalam bidang pariwisata dalam menopang tempat tempat wisata di Tanah Minahasa.

” Adapun apa yang menjadi program kami sudah mulai direalisasikan yaitu BPJS Kesehatan 100% dan bersyukur kami menerima penghargaan dari BPJS. dengan harapan supaya saya dan pak Robby bisa menjadi bupati dan wakil bupati dan kiranya boleh terus menjadi saluran berkat bagi rakyat di kabupaten Minahasa,” katanya.

” Mari tetap kita doakan saudara- saudara kita di manado dan sekitarnya yang mengalami musibah, kami atas nama pemerintah turut berdukacita untuk korban yang meninggal dunia. Dan saya juga menghimbau di tahun 2019 ini untuk menjaga kebersihan dilingkungan kita karena wabah demam berdarah semakin meningkat mari jangan ada sampah, air yang tergenang di setiap lingkungan kita.” Katanya.

” Kami atas nama pemerintah memberikan Apresiasi kepada bapak ruddy dan keluarga besar eman yang telah mendedikasikan sumberdaya yang ada bagi masyarakat minahasa dan Tuhan senantiasa memberkati keluarga pak ruddy dan kita semua.” Pungkasnya.

Acara Turut dihadiri oleh Jajaran Pemkab Minahasa, Camat Sonder Rouldy F. Mewoh S.Sos, Hukum Tua Se Kecamatan Sonder, Kapolsek Sonder Iptu Stanley Korua, Danramil Sonder Pelda Dony Pasiowan, Tokoh-Tokoh Masyarakat John Wattie BA, Drs. J R Mewoh, Lefrand Sumakul, Pdt Lendy Rompis, Pdt Charles woy.

YVI,

Share

Wabup RD Buka Kegiatan Penjabaran Program Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM

Tondano, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey MSi membuka kegiatan Penjabaran Program Komisi Pelayanan Anak Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Rayon Minahasa, pada Sabtu 2 Februari 2019 bertempat di GMIM Yerusalem Tataaran I

Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Utara Ir MIke Pangkong MSi, Ketua Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM Pnt. Michael Mait, S.Kom, Ketua BPMW Tondano III Pdt. Refli Vecky Tuutu, STh, Ketua Komisi Pelayanan Anak Wilayah Tondano III Pnt. Jein Ratu, SPd, Ketua BPMJ Yerusalem Tataaran I Pdt. Frangky Apouw, STh, Ketua Komisi Pelayanan anak jemaat Yerusalem Tataaran I dr. Anita Mamuaya, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Panitia Pelaksana, Komisi pelayanan anak jemaat se-rayon Minahasa sebagai peserta kegiatan.

Dalam Sambutan Ketua Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM, mengatakan bahwa Pada saat ini kita berada dalam suasana sukacita, selaku komisi pelayanan anak se-rayon minahasa boleh bersama dengan pemerintah kabupaten Minahasa.

” Selaku Pemerintah, Gereja dan Orang tua kita semua harus bersama untuk menopang dan membina anak-anak. Karena mereka merupakan masa depan GMIM untuk tahun-tahun kedepan. Sinergitas harus ada antara program Pemerintah dan Gereja, serta sebagai masyarakat mari kita menopang pemerintah yang ada.” Katanya

” Mari Mendukung program pemerintah pusat yakni Program Kabupaten/kota layak anak. Menjadi Kerinduan kami KPAS GMIM di tahun ini dapat mewujudkan Gerakan menuju gereja ramah anak.” Katanya lagi

Sementara dalam Sambutan Gubernur Sulawesi Utara yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Utara, mengatakan bahwa Rangkaian kegiatan ini sebagai upaya strategis dari Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM Rayon Minahasa dalam meningkatkan sinergitas dan kebersamaan serta menyatukan persepsi terhadap agenda kerja yang akan dilaksanakan.

“Sebagai salah satu pilar gereja yang memiliki tanggungjawab besar mendidik dan mengarahkan anak-anak kepada kristus, maka Komisi pelayanan anak harus dapat memainkan perannya secara optimal dalam memberikan pencerahan kristiani, yang berdasarkan pada nilai-nilai alkitabiah.” Tegasnya.

” Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka diperlukan berbagai upaya antisipasi guna menghindari makin terdegradasinya mental para generasi penerus gereja.

Oleh sebab itu, Komisi pelayanan anak sinode GMIM yang merupakan ujung tombak pembaharuan harus melakukan berbagai upaya dan langkah strategis, guna menumbuhkan rasa kebersamaan diantara anak-anak.

Kegiatan ini menjadi satu momentum penting dan strategis untuk kembali merevitalisasi dan memantapkan eksistensi komisi pelayanan anak sinode GMIM sebagai salah satu pilar gereja dalam memberi landasan etis, mora dan spiritual pada kehidupan bergereja, khususnya daam meningkatkan gairah anak dalam persekutuan.

Sementara dalam Sambutan Wakil Bupati Minahasa, mengapresiasi Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM rayon Minahasa, karena perjalanan GMIM tidak lepas dari keberhasilan dan peran serta KPAS GMIM dalam kebersamaan melayani Gereja khususnya anak-anak.

Menyadari pentingnya pelayanan kepada anak-anak menuntut para Guru sekolah minggu untuk terus mempersiapkan diri dan membekali diri dengan berbagai kemampuan, seiring dengan visi Pemerintah Kabupaten Minahasa yakni Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan sejahtera tentunya mewujudkan peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing.

Pemerintah pun mempunyai peranan penting dalam menunjang keberhasilan pelayanan kepada anak yang tentunya tidak lepas dari peran serta dari gereja termasuk guru-guru sekolah minggu dalam wadah komisi pelayanan anak sinode GMIM.

Beberapa program unggulan yang berorientasi pada anak telah dirancang sedemikian rupa, diantarnya pembangunan saran dan prasarana pendidikan, program bebas biaya sekolah, juga bantuan seragam, sepatu dan tas untuk siswa kelas 1 SD dan 1 SMP mulai tahun 2019 dan berbagai program lain yang dirancang khusus untuk pemenuhan hak anak.

” Harapan saya melalui kegiatan ini akan semakin mematangkan kerjasama antara pemerintah dan gereja melalui Komisi pelayanan anak sebagai mitra kerja pemerintah yang senantiasa berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia khususnya generasi muda Minahasa.” Pungkasnya.

YVI

Share

Hadiri HUT Desa Sumarayar, Bupati ROR Sampaikan Program Pemerintah

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi Menghadiri Ibadah Syukur Perayaan HUT ke-131 Desa Sumarayar Kecamatan Langowan Timur, pada Sabtu 2 Februari 2019 di Puncak Kamangen Desa Sumarayar.

Ibadah ini dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Langowan V Pendeta Jein Mawembeng Puiri MTh, yang mengambil Pembacaan alkitab dalam Yeremia 33:6-9.
” Mensyukuri keberkatan Tuhan atas Desa Sumarayar boleh berhari ulang Tahun yang Ke-131, ketika kita merendahkan diri di hadapan Tuhan maka janji firman akan melimpah dalam kehidupan kita, 131 Tahun adalah berkat Tuhan yang kiranya desa ini boleh menjadi berkat bagi banyak orang yang berkunjung disini.” Katanya dalam Khotbah.

Sementara dalam Sambutan Bupati Ir Royke O Roring Menyampaikan Syukur atas HUT usia ke 131 desa sumarayar,” Saya juga bersyukur atas kepercayaan masyarakat kepada kami dan wakil bupati telah dipercayakan untuk memimpin Tanah Minahasa.”

” Tentunya kami pemerintah kabupaten akan menopang desa sumarayar dan akan menjadi komitmen kami. sejak kami dilantik ada banyak program yang sudah terealisasi sejak 1 oktober diantaranya BPJS 100%, Pemberian Dana Duka,”

” Pemerintah kabupaten sudah membantu rumah-rumah ibadah dari berbagai denominasi Gereja termasuk bantuan kepada pimpinan-pimpinan agama yang terus berjalan, dan mulai bulan maret tahun ini akan menginventarisir anak-anak sekolah kelas 1 SD dan kelas 1 SMP berupa seragam,sepatu dan tas.Gaji dari guru honorer menjadi 3 kali lipat per tahun.

” Seperti kita ketahui wabah demam berdarah semakin meningkat, ada 201 pasien di kabupaten minahasa, kami menghimbau untuk mari peduli lingkungan kepada masyarakat.”

” Mari kita menjaga kebersihan, mari untuk selalu membersihkan sampah di lingkungan kita, inilah tugas kami yaitu untuk menata semua yang baik di kabupaten ini, adapun RR-RD command center sebagai sarana pengaduan masyarakat 1×24 jam, mari kita bangun desa sumarayar yang semakin hebat yang di topang oleh pemerintah kabupaten Minahasa dan atas nama pemkab minahasa dan wakil bupati mengucapkan banyak selamat kepada pemerintah dan rakyat yang ada di desa sumarayar sehingga boleh mensyukuri HUT ke 131 untuk selalu menjadi berkat bagi desa ini bahkan kecamatan langowan timur dan juga kabupaten Minahasa.” Pungkasnya.

Turut dihadiri Jajaran Pemkab Minahasa, Camat Langowan Timur Ir Sisca Maseo MAP, Kumtua Sumarayar Djefri Mumu, Kumtua Karondoran Laudy Mailangkay S.Pd, Gembala GPdI Filadelfia Berea Pdt DR. Steydi Suwuh, Kepala BPD Sumarayar, BKSAUA Desa Sumarayar, Kapolsek langowan, Danramil Langowan, tokoh-tokoh Masyarakat Desa Sumarayar, tokoh- tokoh Agama Desa Sumarayar, Masyarakat Desa Sumarayar.

YVI

Share

Turut Prihatin Bencana di Manado, Pemkab Minahasa Minta Waspada DBD

Minahasa, Klabatnewsok.com – Cuaca Hujan Intensitas Tinggi, Warga Diminta Waspada, Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Masyarakat Minahasa Menyampaikan Keprihatinan dan Belasungkawa Atas Bencana Banjir dan Korban Jiwa di Kota Mdo dan Sekitarnya.

Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Ir Royke Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Minahasa Drs Moudy Pangerapan MAP.

“Mari Kita BerDOA Kiranya Cuaca Extrim Hujan tidak berlanjut Sehingga Kita Boleh Terhindar dari Bencana. Sebagai Himbauan Kepada Seluruh Masyarakat Minahasa yang tinggal di wilayah-wilayah rawan Longsor dan Daerah Aliran Sungai Supaya Tetap Waspada,” ujarnya.

Dihimbau juga yang mengadakan perjalanan supaya tetap waspada terhadap longsor dan pohon tumbang.

Adapun juga dengan adanya Wabah DBD yang makin meningkat, Pemkab Minahasa meminta agar mari kita tetap disiplin melaksanakan 3M plus, dan apabila sudah ada yang positif DBD, maka Pemkab Minahasa memerintahkan kepada yang punya kewenangan untuk segera di tindak lanjut dengan Fogging serta Pasien DBD utk di kunjungi oleh perangkat utk memastikan Pelayanan terhadap Pasien sudah dilaksanakan secara maksimal .

“Harap hal ini kita laksanakan Bersama, TUHAN Kiranya Memberkati dan Memampukan Kita Sekalian Amin Terima Kasih,” pungkasnya.

YVI

Share