Sunday, 17 November 2019

Archive for: February 2019

Laksanakan Sosialisasi Sitahu, Siswa Diminta Taat dan Tahu Undang-undang

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan dan Penyuluhan Siswa Taat Hukum (SITAHU) Kabupaten Minahasa Tahun 2019, pada Kamis (28/02/2019) di SMA Negeri 1 Tondano

Dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala M.Si, Kabag Hukum Setdakab Minahasa Willem Nainggolan SH MM, Kepala Sekolah Henny Purasa MPd dan Siswa Siswi SMA Negeri 1 Tondano,

Narasumber: mewaliki kapolres IPDA Jan Robby Wongkar (Kanit Pembinaan Keamanan Swakarsa), mewakili Kajari Minahasa Noprianto Sihombing SH MH (Jaksa Penuntut Umum, Kepala Seksi Intelejen Kajari)

Dalam Laporan Kegiatan yang di Sampaikan Kabag Hukum Setdakab Minahasa, mengatakan bahwa Tujuan dan sasaran Sosialisasi ini yaitu dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja, kamtibmas, perlindungan anak, etika dan moral siswa.

Juga untuk memantapkan sikap dan semangat siswa untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan hukum serta menciptakan kesadaran siswa sebagai tunas bangsa, tulang punggung negara yang tidak akan terpengaruh dengan pergaulan bebas.

Dalam Sambutan Pemerintah yang di sampaikan oleh DR Denny Mangala MSi menyampaikan betapa pentingnya program sosialisasi dan penyuluhan SITAHU ini untuk pelajar, sejak usia dini untuk memahami masalah-masalah yang berkaitan dengan hukum.

” Kiranya siswa bisa memahami bahwa aturan itu dibuat supaya ada ketertiban, baik dalam bermasyarakat dan dalam lingkungan sekolah, setiap siswa wajib di perlengkapi dengan knowledge, skill dan attitude, jika kita memiliki hal itu kita sudah siap berkompetisi untuk menghadapi masa yang akan datang, mari terus latih diri kita untuk memiliki hal itu, milikilah karakter yang baik dan taat hukum maka kita sudah siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang dalam meraih cita-cita kita, mari manfaatkan kesempatan ini untuk membangun jati diri, untuk menjadi siswa yang berkarakter.” Katanya sembari membuka kegiatan ini secara resmi.

YVI

Share

Wabup RD Yakinkan RSUD Sam Ratulangi Pasti Tingkatkan Mutu

Tondano, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi menghadiri Kegiatan Simulasi Penanggulan Bencana Kebakaran dan Gempa Bumi Dalam Rangka Akreditasi SNARS Edisi I Di RSUD Sam Ratulangi Tondano, pada Kamis 28 Februari 2019 di Parkiran RSUD Dr. Sam Ratulangi Tondano.

Turut Dihadiri Direktur RSUD. Sam Ratulangi Tondano Ibu dr. Mariani Suronoto MBiomed, Wakapolres Minahasa Kompol Alkad Karouw, Danramil Tondano Pelda Jhony Bura, Kadis Damkar Alexander Mamesah, SSTP MSi, Kaban BPBD Johanis Pesik, SIP, Kadis Kesehatan dr. Yuliana Kaunang M.Kes, Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Ibu Debby Bukara, SE MSi, Kadis Sosial Royke Kaloh SH, Camat Tondano Timur Ibu Ivone Wilar S.Sos, SPd, Lurah Luaan Maxi Paoki.

Dalam Sambutan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, mengatakan bahwa Pemerintah Mengapresiasi Kegiatan Yang Positif Ini, Apalagi Hal ini Bertujuan Untuk Mempersiapkan dan melatih seluruh komponen yang beraktivitas secara rutin didalam rumah sakit dr. Sam Ratulangi Tondano, baik itu tenaga medis maupun pasien yang ada, untuk selalu waspada dan tanggap terhadap beberapa ancaman yang terjadi.

Disamping itu, hal ini menunjukan bahwa layanan yang ada di rumah sakit termasuk memiliki kualitas yang memenuhi standar dengan berusaha menjamin mutu dan keselamatan pasien, serta kesehatan dan keselamatan rumah sakit. Apalagi dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu terkait Standarisasi Nasional Akreditasi Rumah Sakit I, tentunya kegiatan ini sangat penting dan akan berdampak pada penilaian oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit nantinya.

Saya Berkeyakinan 16 Poin Akreditasi Standar yang ditentukan SNARS Edisi I ini, dapat di penuhi secara keseluruhan sekaligus bukti nyata kepada masyarakat Minahasa bahwa RSUD Sam Ratulangi Tondano, selalu mempertahankan, memperbaiki serta meningkatkan mutu agar ada kepuasan masyarakat yang di layani oleh rumah sakit.

Hal ini juga mendukung upaya Pemerintah dalam mewujudkan Visi RR-RD Yakni Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera, Khususnya sektor Kesehatan, pemerintah berusaha menghadirkan perlindungan kepada segenap masyarakat kabupaten minahasa dan yang telah terealisasi yakni pemberian BPJS kesehatan gratis kelas III untuk seluruh masyarat yang membutuhkan bantuan yang dimaksud.

Kedepannya kami berharap kita dapat menciptakan ide gagasan yang semakin berdampak positif bagi kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat serta Minahasa yang semakin hebat kedepannya.

YVI

Share

Gelar Rakor, Bupati ROR Ajak Berpikir Perencanaan 10 Tahun Kedepan

Tondano, Klabatnewsok.com – Menindaklanjuti hasil konsultasi dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bupati Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) mengumpulkan lintas instansi terkait untuk menggelar rapat kordinasi di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, pada Rabu 27 Februari 2019.

Pertemuan ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pendidikan Daerah, Dinas Kesehatan, Bapelitbangda dan PDAM. Dalam rapat tersebut, Bupati menginstruksikan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk segera memasukkan usulan-usulan yang telah dibahas bersama Kementerian PUPR dalam penyusunan program kerja.

“Karena kalau kita terlambat menyusun bisa terlewatkan di tahun 2020, makanya saya minta rekan-rekan cepat memasukkan usulan-usulan tersebut dalam penyusunan program,” ujar Bupati.

Selain itu, semua program harus dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa. “Jadi saya sering sampaikan ke teman-teman di SKPD agar mari kita berpikir untuk melihat Minahasa itu 10 tahun ke depan mau jadi seperti apa, dan apa yang harus kita buat. Artinya sasarannya harus jelas, harus ada target kedepan dan itu yang akan kita kerjakan sesuai visi dan misi saya dan pak wakil bupati,” papar Bupati.

Diketahui, dalam pertemuan Bupati bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR beberapa waktu lalu, pihak kementerian telah menyatakan dukungannya untuk mendorong kemajuan pembangunan di sejumlah sektor vital, seperti dukungan dalam perencanaan pembangunan kawasan Kota Tondano, revitalisasi Danau Tondano, program rehabilitasi sekolah, pengolahan sampah dan pembuatan TPA, serta program penyediaan air bersih.

Hadir dalam rapat diantaranya Sekretaris Daerah Jefrry R Korengkeng SH MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan DR SW Siagian MA, para Staf Khusus Bupati, Kepala Bapelitbangda Drs Donald Wagey MBA, Kadis Lingkungan Hidup Ir Alva Montong, Plt Kadis PUPR Novry Lontaan ST, Plt Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Ir Rafavy C Moleong MSi, Dirut PDAM Arnold Winowatan, Sekretaris Dinas Pendidikan Hansye T Wuwungan, Kabag TUP dan Keuangan Lona Wattie SSTP serta jajaran terkait lainnya.

YVI

Share

Rivino Dondokambey Lantik 4 Penjabat Hukumtua

Airmadidi,KLABATNEWS-Empat Pejabat Kumtua dilantik Asisten Pemerintahan Dan Kesra Drs Rivino Dondokambey atas nama Bupati Vonnie A. Panambunan, di Kantor Dinas Sosial, Serta Pemberdayaan Masyarakat Desa,
Rabu 27 Februari 2019.

Empat penjabat kumtua yang dilantik yakni dari Desa Warisa Kampung Baru Kecamatan Talawaan, dari Kecamatan Wori yakni desa Kima Bajo, Buhias dan Nain Satu.

Menurut Dondokambey, pelantikan ini dilakukan agar supaya tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di desa. Penjabat yang dilantik diharapkan melaksanakan tugas pelayanan publik dengan baik dan terutama menjaga keamanan, persatuan dan kesatuan masyarakat. “Sukseskan pemilu dan jaga keamanan di desa. Pelayanan publik harus diutamakan,” kata Dondokambey.

Kepala¬† Dinas Sosial, Serta Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bobby Najoan SH menambahkan, para kumtua diingatkan untuk ttap melaksanakan tugas sesui amanat undang-undang dan menjaga wibawa pemerintah. “Selamat bertugas, selamat bekerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” kata Najoan.(*)

Share

Hadiri Rapat Paripurna RPJMD Tahun 2018-2023, Bupati ROR Sampaikan Hal ini

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi menghadiri Rapat Paripurna Persetujuan RPJMD tahun 2018-2023 Kabupaten Minahasa, pada Rabu 27 Februari 2018, di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si, mengajak kita semua untuk bersyukur karena dapat terkumpul bersama di tempat ini untuk mengikuti rapat paripurna DPRD Kabupaten Minahasa.

” Atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan rapat paripurna dalam rangka Paripurna Persetujuan RPJMD tahun 2018-2023 Kabupaten Minahasa. Berbagai dinamika dalam proses pembahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan sehingga substansi dan esensi dokumen RPJMD yang kami ajukan telah mengalami penajaman serta penyempurnaan lewat masukan yang diberikan oleh Pansus RPJMD DPRD Kabupaten Minahasa.” Katanya.

” Untuk itu kami sangat mengapresiasi Kepedulian dan dukungan yang diberikan anggota dewan selama pembahasan terutama dalam rangka perumusan arah kebijakan umum dan program jangka menengah daerah, indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan, begitu pula bagi jajaran pemerintah daerah yang telah mendukung sehingga dinamika dalam proses penyusunan dan pembahasan RPJMD Kabupaten Minahasa dapat berjalan dengan lancar.

Dokumen RPJMD ini telah mewakili Visi dari Bupati dan Wakil Bupati yakni Terwujudnya Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, berdaulat, adil dan sejahtera yang dijabarkan dalam 5 Misi, Nawacita RR-RD, 10 Program Unggulan dan 22 Kegiatan Prioritas.

Pembangunan suatu daerah merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan daerah, yang disusun dan dilakukan oleh pemerintah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing serta diintegrasikan dengan rencana tata ruang dan rencana pembangunan daerah yang didasarkan pada kondisi dan potensi suatu daerah dan disesuaikan dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional.

Hal ini pula ditindak lanjuti dengan sinkronisasi kebijakan perencanaan pembangunan dari pusat ke daerah, lewat nawacita Jokowi-JK, saptacita OD-SK, dan nawacita RR-RD yang tertuang dalam 55 tujuan serta 84 sasaran.

Adapun nilai strategis RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 yakni diharapkan dapat menjadi media dan Prime Supporting Tools (Komponen Penunjang Penting) untuk mengimplementasikan janji kepala daerah Kepada masyarakat saat kampanye, menjadi pedoman pembangunan selama 5 Tahun, pedoman penyusunan RKPD dan instrumen evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Setelah tahapan evaluasi Bupati berharap OPD yang ada untuk segera menuntaskan renstra perangkat daerah yang disesuaikan dengan urusan dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Minahasa ini.

Disamping itu beliau juga berharap pimpinan dan anggota DPRD serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mengsukseskan pelaksanaan pembangunan yang telah kita rencanakan dan selanjutnya akan dilaksanakan,” mari kita kawal segala pelaksanaan bahkan kita evaluasi bersama demi minahasa yang semakin hebat.” Katanya.

Selanjutnya Bupati ROR melaporkan mengenai pertemuannya dengan Dirjen Cipta Karya,
Membahas tentang penyelamatan danau tondano.” Kita akan mempercepat pembangunan tembok penahan yang dapat di jadikan jogging track. Serta tanggapan fraksi akan di pertimbangan terlebih mengenai pembangunan rumah sakit, dan meningkatkan pelayanan bidang kesehatan di Kabupaten Minahasa.

Sebelum bupati memberi sambutan, telah dilaksanakan Penandatanganan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 menjadi peraturan daerah.

Juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH MKn, Kepala BPN Minahasa Remilin Sinurat SH, Kapolsek Toulimambot IPTU Arie Hasan, anggota DPRD Kabupaten Minahasa, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa.

YVI

Share

ROR-RD Melayat Dirumah Duka di Sonder

Sonder, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Bapak Ir Royke O. Roring MSi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Camat dan Kuntua Sonder menghadiri Ibadah Pemakaman atas Meninggalnya Almarhumah GA Riel M Lendo SPdk di Desa sonder Sendangan, pada Selasa 26/2/2019.

Ibadah Di pimpin oleh Sekretaris BPMS GMIM Pdt. Evert Tangel. S.Th, M,Pdk.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa turut berduka cita atas meninggalnya Ibu GA. Riel M. Lendo dalam Keluarga Wangko-Lendo Yang Tutup Usia 58 Tahun 4 Bulan 1 Hari.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Keluarga beserta Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSI dan Keluarga Turut berduka cita atas peristiwa duka ini, kiranya Keluarga diberi Kekuatan dan Penghiburan dari Tuhan.” Ucap ROR.

Dalam sambutannya juga, ROR menekankan akan pelayanan Prima kepada Masyarakat Minahasa termasuk BPJS dan juga Dana Duka bagi keluarga yang terkena duka di Minahasa, Bantuan dana duka sebesar 2.5 juta Rupiah dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Masyarakat Minahasa, serta pada saat ini pemerintah juga sudah menyalurkan pembagian Rasta Kepada Masyarakat Kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan ini juga Bupati Dan Wakil Bupati Minahasa sekaligus Menyerahkan Akte Kematian dan Kartu Keluarga Baru.

YVI

Share

Minut Raih Predikat B Penilaian SAKIP 2018 oleh Kemenpan & RB

Airmadidi,KLABATNEWS-Awal tahun menggembirakan bagi Pemkab Minahasa Utara (Minut). Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB), Minut meraih predikat B dengan nilai 61,78 poin. Nilai ini naik 66 poin dari tahun lalu pada evaluasi SAKIP 2017 dengan nilai 61,12 poin.

Penghargaan SAKIP nilai B diserahkan Menpan & RB Republik Indonesia di Hotel Four Point Makassar 19 Februari 2019 dalam acara SAKIP AWARD dan diterima Kabag Organisasi Setdakab Tommy Dolongseda SSos mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Komponen Penilaian SAKIP menyangkut perencanaan, pengukuran kinerja, evaluasi maupun pelaporan serta capaian kinerja pemerintah daerah di dalamnya ada peningkatan efesien dan efektivitas kinerja maupun anggaran serta tercapainya pelayanan publik.
Menurut Tommy Dolongseda, Minahasa Utara dalam evaluasi dan penilaian SAKIP 2018, Minut mendapat predikat B dengan nilai 61,78. Hasil ini naik 66 poin dari tahun sebelumnya yakni 61,12 dengan predikat sama B. Pihaknya bersyukur atas hasil ini dan menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi di tahun mendatang sehinga bisa meraih nilai A ataupun AA. “Ini hasil kerja bersma dan adanya dukungan penuh dari ibu Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke.Panambunan. Ini tentunya menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi di tahun mendatang,” tambah mantan Camat Likupang Timur ini.(*)

Share