Sunday, 17 November 2019

Archive for: January 28th, 2019

Jeane Symons Wakili Bupati VAP Resmikan Kelompok Belajar, PAUD dan TK Lalayaan Tatelu

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan diwakili Asisten Administrasi Umum dr Jeane Symons MKes, meresmikan Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Belajar dan Taman Kanak-kanak Lalayaan Tatelu, Kecamatan Dimembe, Senin 28 Januari 2019.

Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum dr Jeane Symons MKes berterima kasih atas pembangunan PAUD dan TK Lalayaan Tatelu. Hal ini kata Symons, merupakan bentuk kepedulian pendidikan bagi generasi saat ini. Biarlah semangat seperti ini dilanjutkan dan dipelihara kelangsungan pendidikan PAUD dan TK Lalayaan Tatelu. “Marilah kita pelihara dan lanjutkan proses belajar dan mengajar untuk kecerdasan anak-anak penerus pembangunan bangsa,” ujar Symons.

Hadir dalam pertemuan, anggota DPRD Edwin Nelwan, Kumtua Tatelu Jhon Lausan, Camat Dimembe Marco Karongkong, Kadis Perlindungan Perempuan dan Anak Ir Jovita Supit, Kabag Humas Dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi.(*)

Share

Bupati Minut Resmikan Ruang Kantor dan 9 Ruang Belajar SMPN 1 Airmadidi

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan didampingi Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH meresmikan ruang kantor dan 9 ruang belajar SMPN 1 Airmadidi, Senin 28 Januari 20819 di Sarongsong, Kecamatan Airmadidi.

Peresmian dihadiri para asisten dan kepala perangkat daerah, guru-guru dan siswa SMP Negeri 1 Airmadidi.
Pada kesempatan itu Bupati mengatakan, direlokasinya SMP Negeri 1 Airmadidi dari tempat lama sebagai bentuk pengembangan pendidikan dan kesehatan. “Pasalnya, lokasi yang lama saat ini telah dijadikan lokasi pengembangan dan perluasan RSUD Maria Walanda Maramis. Sekolah ini untuk pendidikan di Minahasa Utara,” ujar bupati.

Bupati berharap, semua pihak bisa menerima dan mengembangkan pendidikan di SMP untuk kemajuan Minahasa Utara. Biarlah fakta bukti yang berbicara bukan opini yang tidak membangun pendidikan Minahasa Utara.

“Empat ruangan adalah hasil hibah dari bupati, sedangkan sembilan ruangan adalah hasil pembangunan baru. Tahun anggaran ini, ada sejumlah ruangan yang akan dibangun ruang belajar dan ruangan laboratorium,” kata bupati.(*)

Share

Bupati ROR Hadiri Sidang MPL Persekutuan Gereja Indonesia

Jawa Barat, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O. Roring MSI yang juga Ketua Pria Kaum Bapa Sinode-am Gereja – Gereja (SAG) Suluttenggo menghadiri Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Persekutuan Gereja – Gereja  ( PGI) bertempat di Royal Safari Garden Bogor – Jawa Barat, pada Senin 28 Januari 2019.

Acara dibuka oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam Sidang ini menjadi Perhatian MPL-PGI pada kehidupan demokrasi di Indonesia mendapat sambutan positif dari Menag Lukman. Menurutnya, demokrasi seharusnya mampu mengelola keragaman yang ada di Indonesia.

Menag Lukman juga menegaskan, keragaman interpretasi dalam kehidupan umat beragama saat ini dalam konteks demokrasi sebagai upaya untuk membangun semangat kebersamaan.

“Inti ajaran agama adalah kasih sayang bukan kebencian. Semangat inilah yang akan kita rawat sebaik-baiknya. Kita harus mencegah upaya pihak-pihak lain yang membuat kehidupan kita bersama menjadi terpecah dan menimbulkan konflik,” kata Lukman.

Sementara itu, Ketua Umum PGI, Pdt Henriette Tabita Lebang, dalam sambutannya mengingatkan bahwa keugaharian menjadi bingkai bersama gereja-gereja dalam merespons persoalan kebangsaan, yakni kemiskinan, ketidakadilan, lingkungan hidup dan radikalisme.

Untuk diketahui, selain persoalan demokrasi, persidangan MPL-PGI juga membahas persiapan Sidang Raya PGI ke-17 yang akan dilangsungkan di Sumba, Nusa Tenggara Timur, serta berbagai program PGI 2019 yang berpusat pada pergumulan gereja-gereja terkait semangat keugaharian dalam merespons persoalan-persoalan bangsa.

Sidang MPL – PGI kali ini mengambil Pikiran Pokok : Spiritualitas Keugaharian ; Pembangunan Demokrasi yang adil bagi kesejahtraan Semua dengan Tema : Tuhan Mengangkat kita dari Samudera Raya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Prof. DR. Sri Adiningsih M.Sc sebagai Pembicara, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang juga Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persekutuan Gereja-Gereja Di Indonesia (FK-PKB PGI) menjadi salah satu pembicara, Sekretaris Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, Ketua BPMS GMIM Pdt. Hein Arina dan para pengurus PGI.

Share

Wabup RD Hadiri Penyuluhan Pendaftaran Tanah, Adapun Wilayah Target Badan Pertanahan Nasional

Minahasa, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi menghadiri Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Di Desa Sawangan Kecamatan Tombulu, untuk Tahun Anggaran 2019 pada Senin 28 Januari 2019.

Hadir pada kesempatan ini Kepala BPN Minahasa Ramilin Sinurat SH, Kejari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani SH MKn, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw SSos, Danramil Tondano Pelda Jhonny Bura, Camat Tombulu Sony Saina SH, Hukum Tua Desa Sawangan Like Kapoh.

Dalam Sambutan wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, mengatakan bahwa Pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) ini, adalah satu program strategis pemerintah yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan teratur meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah baik desa maupun kelurahan.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati menyampaikan bahwasanya pemerintah kabupaten minahasa sangat mendukung program PTSL ini. Karena sesuai dengan surat keputusan bersama 3 Menteri tentang PTSL, dimana memerintahkan kepada pemerintah kabupaten untuk ikut mempercepat proses PTSL ini, disisi lain juga masih banyak masyarakat kabupaten minahasa yang belum memiliki surat tanah, sehingga terkadang hal tersebut memicu masalah yang berujung pada konflik hukum.

Dukungan pemerintah kabupaten minahasa dalam bentuk mendukung kegiatan sosialisasi PTSL dan Gerakan Pemasangan Tanda Batas seperti ini, sekaligus mengerahkan jajaran pemerintah kabupaten minahasa untuk membantu kantor pertanahan minahasa dalam mengumpulkan data masyarakat yang ikut program PTSL ini yang nantinya data tersebut langsung diserahkan kepada kantor pertanahan minahasa untuk diproses sertifikasinya.

Bupati RD optimis program yang penting dan baik ini, akn membawa dampak positif dalam kehidupan masyarakat yang ada di kabupaten minahasa, yang pada muaranya akan meningkatkan kesejahteraan serta minahasa yang semakin hebat kedepannya.

Sementara itu, kepala BPN Minahasa Ramilin Sinurat SH, menjelaskan tentang ketentuan umum bahwa pendaftaran tanah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah secara terus menerus, berkesinambungan dan teratur, meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan, dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan data yuridis dalam bentuk peta dan daftar mengenai bidang-bidang tanah dan satuan.

Pendaftaran tanah sistematik lengkap adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah RI dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu yang meliputi pengumpulan data fisik dan data yuridis mengenai satu atau beberapa objek pendaftaran tanah untuk keperluan pendaftarannya.

Sertifikat adalah surat tanda bukti hak sebagaimana dimaksud dalam pasal 19 ayat 3 huruf c Undang-Undang nomor 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria untuk hak atas tanah, hak pengelolaan, tanah wakat, yang masing-masing sudah dibukukan dalam buku tanah yang yang bersangkutan.

Tujuan PTSL yaitu tujuan percapatan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap adalah untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta mengurangi dan mencegah sengketa dan konflik pertanahan.

Lokasi PTSL, sesuai dengan surat keputusan kepala kantor pertanahan tentang penetapan lokasi pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di kabupaten minahasa tahun 2019 :

1. Desa Rerewokan kec. Tondano Barat target PBT: 500, SHT: 300
2. Desa Wewelen Kec.Tondano Barat target PBT: 500, SHT : 300
3. Desa Sawangan Kec. Tombulu target PBT: 700, SHT: 700
4. Desa Warembungan Kec. Pineleng target PBT: 700, SHT: 700
5. Desa Teep Kec. Langowan Timur target PBT: 500, SHT: 500
6. Desa Ranowangko Kec. Tondano Timur target PBT: 600, SHT: 500

Dasar hukum, peraturan menteri agraria dan tata ruang/kepala badan pertahanan nasional tanggal 4 november 2016 nomor 35 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap dan peraturan menteri ATR/ Kepala BPN no.6 tahun 2018 tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap.

Sumber pembiayaan, daftar isian program anggaran (DIPA) kantor pertanahan kabupaten minahasa tahun anggaran 2019 atau masyarakat yang diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan diakhiri dengan pencanangan gerakan pemasangan tanda batas oleh wakil bupati minahasa.

YVI

Share

VAP: Banyak Terpanggil Jadi ASN, Sedikit yang Terpilih dan Hanya Sedikit Yang Setia

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan memimpin apel pagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di Pendopo kantor bupati, 28 Januari 2019.

Dalam apel pagi, Panambunan salut dengan kedisiplinan dari ASN yang telah disiplin dalam mengikuti apel pagi. Dalam pelaksanaan kerja, bupati mengharapkan ASN lebih lagi tingkatkan etos kerja dan loyalitas dalam rangka pelayanan dan pengabdian pada masyarakat. “Lebih lagi tingkatkan kinerja untuk menghasilkan kerja yang baik untuk Minahasa Utara,” kata Panambunan.

Bupati melanjutkan, dalam melaksanakan tugas, kreatifitas kinerja dibutuhkan dan tentunya sesuai dengan regulasi yang ada. Bukan hanya itu saja, bupati meminta ASN bukan hanya terpanggil melayani tetapi harus setia dalam pengabdian dalam bingkai NKRI. Diakui bupati, banyak yang terpanggil menjadi ASN namun sedikit yang terpilih dan hanya sedikit yang setia.

“Loyalah kepada aturan, setialah kepada atasan, karena semua dalam penilaian pimpinan,” ujar bupati.

Hadir dalam apel, Sekretatis Daerah Ir Jemmy H. Kuhu, MA, para staf ahli bupati dan asisten, kepala perangkat daerah, serta staf pelaksana.(*)

Share