Sunday, 15 September 2019

Archive for: January 19th, 2019

Gubernur OD Ucapkan Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi

Sulut, Klabatnewsok.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melaksanakan kunjungan kerja ke Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/01/2019) pagi.

Kunjungan kerja itu ditujukan untuk melakukan uji coba jaringan Proyek Palapa Ring Paket Tengah yang bernilai Rp. 1,38 Triliun. Ketiganya datang keĀ  Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama dan Stasiun Terminal Palapa Ring Tengah.

Dalam kunjungan ke Kantor KPP Tahuna, Olly, Rudiantara dan Sri Mulyani memantau dan mencoba akses internet yang sudah terhubung dengan jaringan serat optik Palapa Ring Tengah. Akses point-of-presence (PoP) Palapa Ring Tengah yang terhubung dengan jaringan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. itu digunakan untuk mendukung layanan perpajakan secara online. Selain itu, jaringan serat optik ini dapat dipakai untuk layanan publik, seperti pajak dan kesehatan.

Olly mengapresiasi pemerintah pusat atas ujicoba jaringan Palapa Ring Tengah yang mampu membuat semua wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dapat terkoneksi secara online.

“Palapa Ring membuat pembangunan semua daerah termasuk Kabupaten Sangihe dapat berjalan terus dan semakin maju,” kata Olly.

Untuk itu, Olly mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atas pesatnya pembangunan infrastruktur di seluruh nusantara termasuk Palapa Ring Tengah.

“Saya juga berterimakasih kepada Pak Jokowi dan Pak Jusuf kalla. Ini bukan kampanye. Ini kenyataan di lapangan. Palapa Ring salah satu buktinya,” tandas Olly.

Lanjut Olly, keunggulan Palapa Ring dapat dimanfaatkan untuk semua sektor termasuk pariwisata.

“Jaringan Palapa Ring ini mampu mendukung pembangunan pariwisata termasuk di Sangihe yang dapat memasarkan produk pariwisatanya secara langsung,” ucap Olly.

Ketiganya juga melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang didampingi Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Konferensi video ini merupakan inisiasi kerja sama konsultasi kesehatan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti).

Di Sangihe, Bakti Kemenkominfo telah membangun 1 menara telekomunikasi seluler jaringan 4G dan 6 tower 2G. Saat ini Bakti Kemenkominfo tengah mempersiapkan proses migrasi ke 4G.

Selain itu juga, Bakti telah menyediakan akses internet di 51 lokasi, yaitu satu Puskesmas, tiga kantor desa, satu lokasi layanan publik dan 46 sekolah yang siap terkoneksi dengan jaringan Palapa Ring Tengah.

Sementara itu, Menkeu Sri Mulyani mengatakan Palapa Ring merupakan perwujudan dari Program Nawacita Jokowi.

“Ini adalah komitmen dari Presiden Jokowi untuk membangun dari pinggiran dan memperkuat NKRI yang diwujudkan dengan pembangunan infrastruktur,”

Sri Mulyani menuturkan, Palapa Ring mampu diselesaikan meskipun dana APBN terbatas. Tambah dia, skema pembiayaan infrastruktur dapat dilakukan bervariasi.

“Walaupun tidak semua proyek infrastruktur bisa dibangun dengan APBN namun dapat diatasi juga dengan instrumen penjaminan oleh PPI (Penjaminan Pendanaan Infrastruktur) sehingga mampu mempercepat proses pembangunan,” imbuh Menkeu Sri.

Menkeu Sri juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Sulut karena melihat pembangunan di Sulut yang cukup baik.

“Terima kasih Pak Gubernur, sudah lama saya tidak ke Sulawesi Utara. Saya betul betul melihat kemajuan yang sangat banyak. Termasuk Sangihe salah satu pulau terluar, etalase Republik Indonesia namun sudah dibangun dan dikelola dengan baik,” ujar Menkeu Sri.

Untuk diketahui, Palapa Ring Tengah melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Jaringan serat optik ini terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 kilometer kabel darat dan 1.787,06 km kabel laut.

Menkominfo Rudiantara menerangkan, Palapa Ring merupakan bangunan tol informasi dalam bentuk serat optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia.

“Sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi pita lebar, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur,” kata Rudiantara.

Menurut Menkominfo, proyek yang memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps bakal selesai di seluruh Indonesia pada tahun ini. Adapun Palapa Ring Tengah sendiri baru selesai pada 21 Desember 2018.

“Proyek Palapa Ring ditargetkan selesai di seluruh Indonesia pada pertengahan tahun ini,” ungkap Rudiantara.

Pada kesempatan itu, Olly, Sri Mulyani dan Menkominfo menandatangani prasasti konektivitas Palapa Ring Paket Tengah menyatukan 17 Kabupaten di Indonesia.

Adapun kegiatan tersebut turut dihadiri jajaran Forkopimda, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana, Direktur Utama PT. PPI Armand Hermawan dan para pejabat Pemprov Sulut

Share

Resmikan Pemanfaatan Pasar Tondano, ROR : Yang Menempati Harus Diseleksi, Jangan KKN

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR) meresmikan Pemanfaatan Pasar Raya Tondano, pada Sabtu 19 Januari 2019, dan berpesan jangan ada Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam pembagian tempat jualan, atau harus selektif dan sesuai aturan yang berlaku.

Ibadah persemian dipimpin oleh Pdt. Sonny Repi SE MTh. Ketua BPMW Tondano V dengan Firman Tuhan dalam Matius 7:24-27 tentang dua macam dasar.

Bupati ROR pilihan rakyat ini mengajak kepada masyarakat untuk bersyukur sebab sinergitas antara pemerintah pusat Jokowi – JK lewat kementerian perdagangan serta pemerintah Provinsi OD-SK sampai ke Kabupaten kita ini, boleh mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun pasar.

“Keberadaan suatu pasar, menurutnya menunjukan suatu keberhasilan dari salah satu daerah, sebab berputarnya ekonomi suatu daerah terlihat dari pasar. Kedepan dengan ketambahannya fasilitas ini, saya berharap para pedangang dapat memanfaatkannya.” Katanya.

” Manfaatkan ini dengan menjaga kebersihan. Supaya apa yang telah kita buat ini boleh dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan biarlah tempat ini benar-benar menjadi berkat bagi kita semua, sehingga perputaran uang di Minahasa khususnya di Kota Tondano lebih meningkat.” Ujarnya.

Selanjutnya untuk kepala dinas serta kepala pasar dan para petugas pasar, Bupati menegaskan untuk benar-benar selektif menetukan pedagang yang akan menempati tempat ini.” Beri kesempatan kepada masyarakat kita untuk berdagang tentu dengan kriteria dan mekanisme yang sudah di tentukan. Jangan ada KKN sebab saya tidak ingin ada laporan masuk dari sesama pedagang,” tegasnya.

Diakhir sambutan, Bupati ROR juga berharap kepada masyarakat untuk selalu mendoakan dan mendukung terus dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey untuk melayani masyarakat Minahasa dengan baik sampai akhir periode.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Moudy Lontaan dalam laporanya mengatakan bahwa, dasar pelaksanaan pembangunan revitalisasi pasar rakyat Tondano ini adalah DAK Bidang pasar kementerian perdagangan Republik Indonesia yang tertuang pada rencana kerja anggaran dan DPA Dinas Perdagangan Tahun 2018.

Adapun tujuan dan sasarannya yakni, memperlancar arus distribusi barang, meningkatkan daya saing pasar dalam negeri serta mengoptimalkan peran pasar rakyat sebagai pusat kegiatan distribusi penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen melalui proses jual beli bernagai jenis barang konsumsi dengan cara tawar menawar.

Selanjutnya Lontaan juga mengatakan, pembangunan dengan biaya kurang lebih 2,6 Miliar ini, dibangun diatas lahan dari bagian tanah pasar Tondano yang adalah milik pemkab Minahasa.

Pembangunan ini meliputi 1 (satu) unit los ikan segar, satu bangunan los buah, 4 unit kios, satu unit gedung kontruksi dua lantai yang didalamnya terdapat los barito, cafetaria/foodcourt tujuh unit dan satu toilet.

Hadir juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr S. W. Siagain MA, Kabag Perekonomian dan SDA Mecky Sondey SE, Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy L Pangerapan MAP, Danramil Tondano Pelda Jhonny Wura, Mewakili Kapolsek Aiptu Alfrets Kapele. Tokoh Masyarakat Dirk Mangala, Camat Tondano Barat Maya Kainde SH, Kepala Pasar Tondano Jeffry Angkouw serta petugas-petugas pasar, pedagang, dan masyarakat.

Y

Share

Jajaran Pemerintah Minahasa Diskusikan Kelompok Terarah

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Diskusi Kelompok Terarah Untuk Pengembangan Wilayah Sehat dalam Rangka Kabupaten Sehat, pada Jumat 18 Januari 2018, bertempat Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dihadiri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa yang juga adalah Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Drs. Hanes. D. Wagey, MBA, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa yang merupakan sekretaris Pembina Tim Kabupaten Sehat dr. Yuliana A. D Kaunang, M.Kes, Kepala Forum Kabupaten Sehat Nico Tambajong SKm, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, kepala-kepala puskesmas dan Peserta rapat lainnya.

Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa yang juga adalah Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Drs Hanes D Wagey MBA.

” Bersyukur karena kita semua dapat terkumpul di tempat ini. Kesehatan merupakan hak asasi dan investasi, sehingga harus di tingkatkan. Karena kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan merupakan tanggung jawab kita semua. Sehingga sinergritas antara tim pembina dan pemerintah sangat penting.” Ujarnya.

Diapun berharap apa yang sudah diraih di tahun 2015 yaitu penghargaan di bidang kesehatan Swasti Saba Wiwerda dapat diraih lagi di tahun 2019 ini.

Y

Share