Thursday, 19 September 2019

Archive for: January 10th, 2019

VAP Berharap Pemilu April Sukses, Bupati Dialog dengan KPU Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) berharap pemilihan umum pada April 2019 mendatang harus sukses, tahapan demi tahapan harus berjalan mulus. Itulah harapan Bupati Vonnie Anneke Bupati Vonnie Anneke Panambunan saat berdialog dengan Komisi pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara, Kamis 10 Januari 2019 di ruang kerja bupati.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua KPU Stella Runtu, Kadiv Sosialisasi Parmas dan SDM Hendra S Lumanauw MA, Kadiv Teknis Darul Halim, Kadiv Hukum dan Pengawasan Robby Manoppo dan Kadiv Data Dikson Lahope, sekretaris KPU Carles Worotitjan SH MH serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Chresto Palandi SSTP MSi.

Pada kesempatan itu bupati berterima kasih kepada KPU Minahasa Utara yang telah berkoordinasi mengenai tahapan pemilu serta kemajuan tahapan pemilu. Pemerintah kabupaten tetap mendukung kinerja KPU dan  siap berkoordinasi dengan KPU demi suksesnya tahapan pemilu. “Biarlah sinergitas tetap terjalin demi suksesnya pemilu di Minahasa Utara,” ujar bupati dan diaminkan Kabag Humas dan Protokol Chresto Palandi SSTP, MSi.

Sementara itu Ketua KPU Minut Stella Runtu melalui Kadiv Sosialisasi Parmas dan SDM Hendra S Lumanauw MA mengatakan, koordinasi tahapan pemilu dengan Pemerintah perlu dilakukan KPU sebagai wujud sinergitas kelembagaan dalam hal penyampaian agenda kegiatan Pemilu di Kabupaten Minahasa Utara.

“Mencapai Pemilu yang sukses bukan hanya tugas KPU sebagai penyelenggara. Perlu ada peran signifikan dari pemangku kebijakan di daerah khususnya Pemkab Minut dalam hal ini Bupati. Untuk koordinasi tahapan dianggap perlu dilakukan,” ucap Hendra Lumanauw yang juga merangkap Humas dan Hubungan Antar Lembaga KPU Minut.(*)

Share

Bupati VAP Rapat Bersama SKPD Bahas Ancaman DBD dan Bencana Alam

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan menggelar rapat bersama kepala perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di ruang rapat bupati, Kamis 10 Januari 2019.

Dalam rapat tersebut, bupati dan kepala-kepala SKPD membahas sejumlah program dan kegiatan tahun anggaran 2019 serta evaluasi kegiatan tahun 2018. “Saya meminta perangkat daerah untuk harus peka dan konsen dengan kondisi saat ini. Di antaranya, Dinas Kesehatan untuk serius dengan pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mewabah di masyarakat dan penanganan korban DBD yang lagi dirawat di rumah sakit daerah,: kata bupati.

Bupati juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum untuk siaga dengan ancaman berbagai bencana alam yang mengintai daerah Minut. “Para camat dan lurah serta hukum tua senantiasa siaga dan melaporkan situasi wilayah masing-masing baik daerah pesisir pantai maupun daerah perbukitan serta pinggiran sungai apabila terjadi sesuatu,” tutur bupati.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan berharap, tahun 2019 semua jajaran harus meningkatkan kinerja pelayanan dan peka dengan kehidupan dan kebutuhan masyarakat. Dengan kondisi alam saat ini, instansi terkait harus siaga dengan ancaman bencana alam. “Marilah semua bekerja sama untuk membangun Minut,” ajak Panambunan seraya meminta pelayanan prima kepada publik wajib diutamakan dan ditingkatkan.(*)

Share

Bupati VAP Tinjau Pembangunan Jembatan Kuwil

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) meski cuaca hujan turun lapangan untuk meninjau langsung pembangunan jembatan Kuwil, Kecamatan Kalawat, Kamis 10 Januari 2019.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati didampingi Kabag Humas Dan Protokol Chresto F Palandi SSTP, MSi dan staf humas, Kepala BPBD Minahasa Utara Forsman Dandel SSos MSi, Camat Kalawat Johan  Mewengkang, Hukum Tua Kuwil dan sejumlah staf.

Bupati melihat langsung progres pekerjaan sampai saat ini yang telah dikerjakan serta berdialog dengan masyarakat dan pekerja, juga berharap penyelesaian jembatan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan.

“Penyelesaian pembangunan jembatan sangat mendesak dan manfaatnya sangat besar bagi masyarakat Kuwil dan sekitarnya. Mari kita kawal dan dukung pembangunannya untuk kepentingan masyarakat,” kata Panambunan didampingi Kabag Humas dan Protokol Setdakab Chresto F Palandi SSTP MSi.(*)

Share

Bupati VAP Rapat Bersama SKPD Bahas Ancaman DBD dan Bencana Alam

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan menggelar rapat bersama kepala-kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di ruang rapat bupati, Kamis 10 Januari 2019.

Dalam rapat tersebut, bupati dan kepala-kepala SKPD membahas sejumlah program dan kegiatan tahun anggaran 2019 serta evaluasi kegiatan tahun 2018.

“Saya meminta perangkat daerah untuk harus peka dan konsen dengan kondisi saat ini. Di antaranya, Dinas Kesehatan untuk serius dengan pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mewabah di masyarakat dan penanganan korban DBD yang lagi dirawat di rumah sakit daerah,” kata bupati.

Bupati juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum untuk siaga dengan ancaman berbagai bencana alam yang mengintai daerah Minut.

“Para camat dan lurah serta hukum tua senantiasa siaga dan melaporkan situasi wilayah masing-masing baik daerah pesisir pantai maupun daerah perbukitan serta pinggiran sungai apabila terjadi sesuatu,” tutur bupati.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan berharap, tahun 2019 semua jajaran harus meningkatkan kinerja pelayanan dan peka dengan kehidupan dan kebutuhan masyarakat. Dengan kondisi alam saat ini, instansi terkait harus siaga dengan ancaman bencana alam. “Marilah semua bekerja sama untuk membangun Minut,” kata Panambunan seraya menambahkan pelayanan prima kepada publik wajib diutamakan dan ditingkatkan.(*)

Share

Warning DBD, Pemerintah Minahasa Ambil Langkah Pencegahan

Tondano, Klabatnewsok.com – Menindak lanjuti Instruksi Bupati Minahasa dalam rangka penanggulangan DBD, Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab Minahasa) akan melaksanakan “Gerakan Bersih-bersih lingkungan” secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs. Moudy Pangerapan MAP, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan esok hari Jumat, 11 Januari 2019 jam 07.00 wita sesuai surat edaran bernomor 005/004/sekt-eko-sda yang ditandatangani Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng mengatasnamakan Bupati Minahasa tertanggal 9 Januari 2019.

“Pelaksanaan Kerja bakti akan difokuskan pada wilayah-wilayah yang berpotensi mewabahnya DBD serta membersihkan wadah-wadah yang dapat menjadi genangan air,” ujar Pangerapan

Dalam isi surat menyampaikan bahwa Pimpinan OPD dapat melibatkan seluruh ASN dilingkungan kerja masing-masing dengan membawa peralatan kerja bakti. Para Camat dapat menginstruksikan seluruh Hukum Tua/Lurah bersama perangkat untuk mengajak masyarakat membersikan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan agar menginstruksikan seluruh sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah masing-masing.

“Bagi Desa atau Kelurahan yang memiliki kesepakatan waktu kerja bakti agar dapat menyesuaikan sesuai waktu yang disepakati. Khusus Kepala Dinas Kesehatan agar menginstruksikan para kepala puskesmas untuk melakukan fogging di wilayah yang rawan DBD. Khusus Kepala Lingkungan Hidup agar mengatur pembagian wilayah untuk mobil pengangkut sampah,” ujarnya lagi

Menurut Pangearapan kerja bakti ini akan di pantau oleh Asisten I diwilayah Dapil III, Asisten II di wilayah Dapil II, Asisten III Dapil I dan Inspektur Daerah di wilayah Dapil IV. Hasil pemantauan akan dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa,’ pungkasnya.

Saat ini informasi Dinas Kesehatan bahwa sudah terdapat Positif DBD 249 pada tahun 2018 dan yang meninggal dunia sebanyak 9 orang, dan pada tahun 2019 jumlah penderita DBD sebanyak 20 orang.

Y

Share

OD-SK Komit Naikkan Harga Kopra

Manado, Klabatnewsok.com – Komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Sulut terus dilakukan. Gubernur dan Wagub memperjuangkan harga kopra Sulut yang anjlok, alhasil harga kopra kembali terus berangsur naik.

Jika pada bulan Desember 2018 lalu harga beli Kopra ada di kisaran Rp. 5500 per Kilogram, saat ini pada bulan Januari 2019 harga beli Kopra naik menjadi Rp. 5900.

Menurut informasi dari Dinas Perindag Sulut, harga beli Kopra di PT Cargill  saat ini  Rp. 5.700/ kg, PT. Multi Nabati Sulawesi Rp. 5900/Kg. Kenaikan harga tersebut sesuai dengan komitmen antara pimpinan perusahaan pusat dengan pemprov pada beberapa waktu yang lalu, dimana pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Wagub.

Harga kopra bisa berangsur naik karena berbagai langkah strategis dilakukan Gubernur dan Wagub sejak tahun 2018 lalu dalam rangka menaikan harga beli kopra para petani di Sulut. Diantaranya dengan mengajak para perusahan pabrikan kopra untuk menaikan harga beli kopra.

Perlu diketahui juga, untuk rencana jangka panjang, Gubernur mengagagas program untuk mengatasi anjloknya harga kopra dengan mengembangkan industri minyak goreng kelapa skala kelompok tani. Kepedulian Gubernur Olly terhadap petani kelapa ini dilakukan dengan memberikan bantuan sebanyak 12 unit mesin produksi minyak kelapa untuk kelompok tani yang akan mengelola industri minyak goreng kelapa di tahun 2018. Dua diantaranya termasuk bantuan tempat pengolahan kelapa.

Adapun pada tahun 2019 ini, Pemprov Sulut akan memberikan bantuan dengan jumlah lebih besar, yaitu sebanyak 23 unit mesin beserta tempat pengolahan senilai Rp. 7 miliar. Langkah lain yang dilakukan Pemprov Sulut untuk meningkatkan nilai jual produk turunan dari kelapa, yaitu mengadakan pertemuan yang diikuti seluruh daerah penghasil kelapa di Indonesia

Share