Monday, 25 March 2019

Archive for: January 8th, 2019

178 CPNS Kota Manado Dinyatakan Lulus

MANADO-Kabar gembira untuk peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Manado. Sebanyak 178 pelamar dinyatakan lolos dan diterima sebagai CPNS Kota Manado. Ke 178 pelamar ini dinyatakan lulus oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Pengumuman ini disampaikan setelah Panselnas melaksanakan tahapan seleksi CPNS. Tahapan seleksi dimulai dari seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sampai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Penyelenggaranya adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional 11 di Manado.

Informasi ini disampaikan Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, melalui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Manado, Corry Tendean SH, Selasa (8/1/2019). Dijelaskan Tendean, tahapan seleksi CPNS telah berjalan sesuai mekanisme dan aturan main yang berlaku. Bahkan, hasil tes yang diperoleh dari SKD dan SKB telah digodok KemenPAN-RB. “Untuk kuota formasi CPNS Pemkot Manado Tahun 2018 yakni 199, namun yang dinyatakan lulus seleksi oleh Panitia Seleksi Nasional adalah 178 orang. Ini dikarenakan 21 formasi jabatan lainnya tidak terisi disebabkan tidak ada pelamar,” jelas Tendean, didampingi Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Steven Runtuwene SSos.

Seleksi CPNS Kota Manado Tahun 2018, tambah dia, dilakukan secara ketat dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Haasil seleksi didasarkan pada nilai Passing Grade. “Karena pada Passing Grade hanya 50 peserta yang lulus, maka KementerianPAN-RB mengambil kebijakan untuk menggunakan sistem ranking. Dari hasil seleksi itu, Panitia Seleksi Nasional telah mengumumkan ada 178 peserta CPNS yang lulus,” terang Tendean.Dengan tidak menunggu waktu lama, ke 178 CPNS yang lulus tes itu akan segera diumumkan.(Jurnal6)

Share

2019, GSVL – Mor Benahi PT Air dan PD Pasar Manado

MANADO-Peningkatan pembangunan di Kota Manado, terus melaju. Akselerasi peningkatan mutu di semua sektor, cukup signifikan. Tangan dingin Walikota Manado, GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan SE, jadi motor penggerak.

Di Tahun 2019, GSVL, sapaan akrab Walikota Manado, berkomitmen melakukan pembenahan di beberapa bidang. Salah satunya adalah PT Air Manado dan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado. Dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini jadi salah satu prioritas pembenahan.”Saya dan Pak Wakil (Mor Bastiaan, red), sangat setuju jika dilakukan pembenahan di PD Pasar dan PT Air,” tegas GSVL.

Sebagai langkah awal, GSVL – Mor, menginstruksikan pengisian air bersih di penampungan wilayah Teling. “Untuk PT Air, kami telah melakukan langkah penyediaan air bersih, salah satunya dengan mengisi penampungan air bersih di Teling. Namun, itu masih akan ditingkatkan, karena belum cukup. Makanya pada pinjaman di PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur, red) kami akan menambah pipa baru untuk memperbaiki layanan air bersih di Kota kita,” tandas orang Nomor Satu di Kota Manado ini.

Pernyataan ini disampaikan GSVL di depan legislator dan para pejabat, saat menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado,  Senin (7/1). Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone didampingi Wakil Ketua Drs Danny RWF Sondakh ini, mengagendakan Pembicaraan Tingkat II atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Manado, penetapan Rencana Kerja DPRD dan Program Pembentukan Perda (Propemperda) Kota Manado Tahun 2019, serta penutupan masa persidangan ketiga tahun sidang 2018 dan pembukaan masa persidangan pertama tahun 2019. Dalam rapat paripurna ini, ditandatangani persetujuan penetapan Ranperda tentang OPD serta Propemperda Tahun 2019. Kritik dan masukan legislator Manado pun diterima dan akan ditindaklanjuti.

Komitmen GSVL – Mor, mendapat tanggapan positif warga Manado. Menurut Meity Willem, perhatian GSVL – Mor terhadap kebutuhan rakyat, sangat besar. “Saya bangga memiliki Walikota dan Wakil Walikota seperti pak Vicky dan Pak Mor. Berkat kepedulian mereka terhadap pembangunan dan layanan masyarakat, Kota Manado bisa maju seperti sekarang ini,” aku Mey, sapaan akrab warga Mapanget ini.(Jurnal6)

 

Share

HUT Kota Tondano Segera Ditetapkan Sebagai Kota Perjuangan

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Panitia Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kota Tondano, pada Selasa 8 Januari 2018, bertempat diruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Minahasa yang juga adalah ketua Umum Pelaksana Dr Denny Mangala MSi, Anggota DPRD Provinsi Sulut yang juga selaku Ketua Pelaksana Fanny Legoh AR, Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Utara Drs Royke Mewoh DEA, Mantan Wakil Bupati Minahasa kolonel Rull Kuron, mantan rektor Unima Prof Dr H.S Sinolungan SH MH, Camat se-Tondano Raya, Tokoh-tokoh agama dan Tokoh Masyarakat serta Panitia Pelaksana.

Dalam Sambutan Arahan Asisten Pemerintahan dan Kesra yang juga adalah ketua umum panitia Dr. Denny Mangala MSi mengajak semua untuk bersyukur karena dapat terkumpul ditempat ini untuk membahas dan menentukan hari jadi kota Tondano.

” Terima kasih kepada kita semua karena sudah boleh hadir di tempat ini. Rapat ini bertujuan agar supaya referensi sejarah lahirnya kota Tondano lebih jelas lagi.” Ujarnya.

” Saya menginginkan kita harus mempunyai referensi-referensi yang jelas untuk menetapkan hari jadi kota Tondano. Dan harus ada kesepakatan dari tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat.” Jelasnya.

Mangala juga menjelaskan tentang referensi-referensi yang boleh dijadikan acuan.” Kita harus mencari lebih banyak informasi dan referensi lagi, dan rencananya tahun ini kita akan merayakan hari ulang tahun kota Tondano yang pertama, kemudian akan dicanangkan Kota Tondano sebagai kota perjuangan.” Pungkasnya

Share

Pemerintah Minahasa Terima Kunjungan Anggota DPD RI

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menerima Kunjungan kerja anggota DPD RI Ir Marhani Pua dalam rangka penyerapan aspirasi dan pembangunan di kabupaten minahasa pada Selasa 8 januari 2019, bertempat ruang kerja Bupati Minahasa

Ir Marhany Pua disambut asisten perekonomian dan pembangunan Dr W Siagian MA mewakili Bupati Minahasa, kadis pangan Ir Wenny Talumewo, kadis pekerjaan umum dan penataan ruang Nofry W Lontaan ST, kadis pertanian Ir Suhban Frans Torar, kadis perumahan rakyat dan kawasan permukiman Ir Rafavy C. Moleong MSi, kadis perhubungan Ir Janny Harry Moniung, serta staf khusus bupati

Anggota DPD RI Ir. Marhani Pua menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten minahasa atas penerimaan dirinya selaku anggota DPD RI di kabupaten minahasa,” Saya termasuk dalam komite dua sumber daya ekonomi, budaya, dan pekerjaan umum.” Katanya.

Menurutnya Pemantauan fokus undang undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dan apa yang di peroleh dalam pertemuan ini akan ditindaklanjuti. Pertemuan ini Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dengan para kepala dinas yang terkait, intinya dalam diskusi tersebut guna untuk pembangunan kabupaten minahasa.

Y

Share

Sekot Bitung Audy Pangemanan Pimpin Rapat Kerja Dinas Pendidikan Kota Bitung

Sumber foto: Humas dan Protokol Setda Kota Bitung

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan buka acara Rapat kerja Dinas Pendidikan Kota Bitung dalam rangka pemantapan program Dinas Pendidikan di Tahun pelajaran 2018-2019 . Selasa (8/01/19) di BPU Kantor Wali Kota Bitung.

Dalam arahannya Pangemanan mengatakan bahwa Pendidikan mempunyai peranan besar dalam pembangunan suatu bangsa. “Berdasarkan keyakinan itu kita melaksanakan percepatan dan perluasan pendidikan melalui aneka program yang kiranya dapat mencapai target dan sasaran yang tepat sebagaimana harapan negara ini yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya

Lanjutnya, di Tahun 2019 ini, kita sadari bersama bahwa ada tanggung jawab untuk kita sukseskan bersama diantaranya pelaksanaan ujian sekolah berstandar Nasional (USBN) dan ujian Nasional berbasis komputer (UNBK), mari kita kawal bersama pelaksanaan USBN dan UNBK di Kota Bitung sebagai upaya mencetak para calon generasi emas bangsa. “Selain itu sebagai Bitung Kota Layak anak maka saya juga berharap lembaga pendidikan dapat bekerjasama untuk berperan mewujudkan sekolah ramah anak bagi seluruh siswa di Kota Bitung,” tambahnya

Pangemanan juga mengingatkan bahwa dalam rapat kerja ini , kita juga bertemu dalam rangka percepatan Kartu Identitas Anak (KIA ) di Kota Bitung . Penerbitan kartu ini dilaksanakan berdasarkan pemendragi nomor 2 Tahun 2016 tentang kartu identitas anak yang terdiri dari 2 jenis yaitu untuk anak berusia 0-5 Tahun dan untuk anak 5 sampai 17 Tahun . Kartu ini di terbitkan untuk pendataan perlindungan dan pemenuhan Hak Konstitusional anak.

“Selaku pemerintah Kota Bitung saya memyambut baik dengan penuh sukacita diterapkannya KIA di Kota Bitung dengan harapan bahwa kartu identitas anak dapat di manfaatkan sebagai entry point dalam pendataan anak dan pemberian perlindungan kepada anak, “pungkasnya

Turut hadir asisten I Pemerintahan dan Kesra ,kepala Dinas Capil .Kepala Dinas Pendidikan , kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan anak , serta pengawas dan Kepala Sekolah Se- Kota Bitung

Share

Pemerintah Propinsi Sulut Ajak Masyakat Cegah DBD

Manado, Klabatnewsok.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut mengajak kepada semua lapisan masyarakat yang ada di daerah bumi Nyiur Melambai untuk bersama-sama mencegah penyebar luasan penyakit DBD.
Karena berdasarkan dari laporan Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Kota se Provinsi Sulut distribusi kasus DBD di Provinsi Sulut tahun 2015 – 2019 (tanggal 1-6 Januari). Kasus DBD di Sulut menunjukan kenaikan untuk tahun 2015 sebanyak 1.546 kasus, tahun 2016 sebanyak 2217 kasus, 2017 sebanyak 578 kasus, sedangkan pada tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 1.713 kasus dan 2019 sejak 1-6 Januari sebanyak 67 kasus.
Disamping itu juga, kasus kematian akibat DBD di Provinsi Sulut tahun 2015-2019 (tanggal 1-6 Januari) menunjukan sebanyak 21 orang meninggal pada taun 2015, tahun 2016 sebanyak 17 orang, tahun 2017 sebanyak 9 orang dan pada 2018 mengalami kenaikan sebanyak 24 orang meninggal, 2019, sejak 1-6 Januari sebanyak 3 orang yang meninggal akibat kasus DBD.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengingatkan kembali akan tiga langkah pencegahan (3M Plus) penyakit DBD yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas.
Selain itu juga, penyegahan alternatif penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti dapat dilakukan dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, tidak menggantuk pakaian dalam kamar dan menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air.
Disis lain juga, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr. Debby Kalalo mengatakan penanganan DBD harus cepat karena itu merupakan momok menakutkan.
 
“Jangan setelah ada kejadian baru melakukan bergerak melakukan pencegahan. Kalau hanya melakukan fogging itu tidak akan maksimal, karena bersifat sementara dan hanya membunuh nyamuk DBD tapi tidak untuk jentik-jentiknya. Selain itu jika kebanyakan fogging bisa berdampak pada keracunan melalui pengasapan,”terang Kalalo.
“Maksimalkan program 3 M yakni, menguras dan menyikat tempat penampungan air secara rutin, Menutup rapat tempat penampungan air, dan mengubur atau membakar, membuang sampah pada tempatnya terutama barang bekas yang bosa digenangi air hujan. Disamping itu, mengganti vas/pot bunga, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk serta menggunakan obat nyamuk,” lanjut Kadis Kalalo
Share