Monday, 25 March 2019

Archive for: January 3rd, 2019

Walikota Bitung Max Lomban Tanda Tangani MOU Kurangi Sampah Plastik

Sumber Foto: Humas dan Protokol Setda Kota Bitung

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Setelah memimpin apel perdana bersama seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bitung, Walikota bersama Wakil Walikota dan Sekretaris melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama para pengusaha perikanan dan pengusaha toko modern di BPU kantor Walikota, Kamis (3/1/19).

“Ini adalah merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Bitung dalam memerangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan, sehingga berdampak kepada kelangsungan hidup baik manusia dan lingkungan terlebih khusus pencemaran terhadap laut. Perjanjian bersama ini dilakukan agar kita memiliki semangat yang sama antara pemerintah dan para pengusaha dalam rangka memerangi sampah plastik untuk menjaga kelestarian alam, berdasarkan peraturan Walikota Bitung Nomor 70 Tahun 2018,” kata Lomba.

Lanjutnya khusus untuk menjaga kebersihan di laut nantinya pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Pelabuhan Perikanan Samudera akan memberlakukan manisfestasi atas barang logistik yang dibawa para nelayan dan akan diperiksa kembali saat kapal atau perahu mereka kembali ke darat. Jumlah sampah dari logistik tersebut harus sesuai dengan jumlah manifestasi awal, sehingga tidak ada lagi kapal-kapal yang membuang sampah di laut, dan akan ada sangsi bagi mereka yang melanggar ketentuan yang sudah disepakati bersama.

“Hal yang sama juga dilakukan bagi toko-toko moderen, supermaket, toko dan pasar tradisional di mana tidak diperkenankan lagi menggunakan kantung plastik dan mengimbau para pedagang untuk menggunakan kotak dari kadus yang sudah disiapkan atau membawa tas belanja sendiri,” jelas Lomban.

Seperti diketahui Pemerintah Kota Bitung sendiri semenjak tahun 2016 sudah melakukan kampanye Go Green dan Less Plastik, di mana mulai saat itu seluruh ASN diwajibkan membawa tumbler dan tidak lagi menyediakan minuman dan makanan dalam kemasan plastik sekali pakai pada setiap acara.(*)

Share

Walikota Bitung: Apel Perdana ASN Langsung Terima Gaji

Bitung,KLABATNEWSOK.com-Walikota Max J Lomban bersama Wakil Walikota Ir. Maurits Mantiri didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Dr Audi Pangemanan menghadiri Upacara Korpri dan Apel Perdana ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bitung Tahun 2019, dihadiri oleh Ketua TP-PKK dan Wakil Ketua TP-PKK dan Ketua DWP Kota serta seluruh pejabat dan ASN di Kota Bitung, Kamis (3/1/19).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Ibu ke – 90 tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 22 Desember yang lalu. Mengawali sambutannya Walikota sangat bersyukur karena kota Bitung sudah bisa mengakhiri tahun 2018 dan mengawali tahun 2019 selalu dalam penyertaan Tuhan.

“Tahun 2018 pemerintah kota bitung banyak sekali mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dan itu tentunya karena kerja kita bersama baik eksekutif, legislatif, forkopimda, instansi vertikal dan tentunya dengan dukungan dari para ASN dan seluruh lapisan masyarakat kota bitung,” kata Lomban.

Dalam kesempatan tersebut Walikota memerintahkan kepada seluruh KPD untuk segera merealisasikan apa yang menjadi hak 2.900 pegawai di Kota bitung dan segera ditransfer melalui bank Sulut ke rekening masing-masing sehingga hari ini juga para ASN sudah dapat menerima gaji, hal ini merupakan komitmen Walikota untuk memberikan hak-hak bagi ASN tepat waktu.

“Saya berharap para ASN di Kota Bitung dapat menjadi pioner dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam memerangi penggunaan sampah plastik. Harapannya di tahun 2019 ini sinergitas dan kebersamaan yang sudah ada selama ini tetap terjaga bahkan semakin ditingkatkan untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan Kota Bitung, apalagi di tahun yang baru ini kiranya para ASN memiliki semangat yang baru untuk terus melakukan inovasi-inovasi yang baru dan semakin bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya,” tutur Lomban.(*)

Share

Rapat Paripurna, Melalui Sekda JRK Bupati ROR Sampaikan ini

Tondano, Klabatnewsok.com – Rapat Paripurna DPRD dalam Rangka Penutupan Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2018 dan Pembukaan Masa Persidangan Pertama Tahun Sidang 2019, pada Kamis, 3 Januari 2019 Di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi. Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH. Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi, Anggota DPRD kabupaten minahasa, IPTU Arie Hasan Kapolsek Toulimambot, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, insan pers.

Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan sekda kabupaten minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, mengatakan bahwa Momentum rapat paripurna dewan yang diIaksanakan hari ini, merupakan tuntutan kebijakan nasional yang diatur melalui tata tertib dewan yang terhomat.

” Bagi kami bukanlah momen yang sifatnyanya rutinitas bermakna seremonial. akan tetapi merupakan agenda yang strategis dan memberi nilal tambah. juga merupakan ajang informasi dan komunikasi bagi kita semua.” Katanya.

” Sebagaimana kita ketahui bersama dalam
masa persidangan ketiga tahun 2018, dewan yang terhormat telah menunjukkan prestasi yang begitu besar serta pengabdian dan dedikasi yang tinggi dalam mengakomodir berbagai aspirasi dan kebutuhan masyarakat Minahasa, serta telah menuntaskan dan memberikan masukan maupun solusi yang berdampak bagi kemajuan Kabupaten Minahasa.

” Salah satunya yakni dengan persetujuan APBD Pembahasan 2018, APBD 2019 serta Pinjaman Daerah. Hal ini mencerminkan kepekaan sosial dari segenap anggota dewan yang terhormat dalam mewadahi kecenderungan dan dinamika kehidupan masyarakat yang ada di tanah toar lumimuut tercinta ini, serta menunjukkan tingkat kualitas dan kapabilitas intelektual, visi dan kejelian dewan yang terhormat dalam menginterpretasikan serta mengantisipasi proses kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang sedang dilaksanakan.

lni merupakan tantangan untuk lebih memaksimalkan kinerja Pemerintah Daerah sehingga sinergitas program dan kegiatan pemerintah daerah dan lembaga perwakilan rakyat yang terhormat, akan berorientas untuk memperlengkapi masyarakat menuju pada ” Minahasa Yang Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera”.

“Memasuki masa sidang pertama tahun 2019 ini, kita diperhadapkan pada tugas-tugas dan berbagai agenda pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan, khususnya dalam rangka mengevaluasi seberapa banyak kerja yang telah kita tunaikan, apa yang belum bahkan apa yang tidak sempat kita lakukan.

Tugas ini tentunya membutuhkan kerja keras kita semua, oleh karena itu hendaklah benar-benar kita merapatkan barisan, menyatukan visi dan persepsi dengan dilandasi semangat mapalus, dengan senantiasa memohon bantuan dan
bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Di tahun ini pula. kita akan memasuki tahun politik dimana akan diadakan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Legislatif baik pusat maupun daerah. ” Saya berharap kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja dan komitmen kita untuk memberikan yang terbaik bagi rakyat Minahasa, karena apa yang kita perjuangkan dan usahakan bagi rakyat Minahasa akan menjadi ToIak ukur bagi mereka dalam mengevaluasi kinerja kita.” Pungkasnya.

Y

Share

Gubernur Olly Ajak ASN & THL Dukung 10 Prioritas Pembangunan Sulut

Manado, Klabatnewsok.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE memimpin apel perdana tahun 2019 yang diikuti ribuan ASN dan THL Pemprov Sulut di halaman kantor Gubernur, Kamis (3/1/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly menerangkan, prestasi kerja yang dicapai Pemprov Sulut pada tahun 2018 lalu tidak terlepas dari catatan yang harus menjadi bahan evaluasi. Karenanya pelaksanaan apel perdana adalah momentum penting bagi Pemprov Sulut dalam mengawali tugas membangun Sulut di tahun 2019.

“Apel perdana di setiap awal tahun perlu dimaknai sebagai bentuk pemenuhan tanggungjawab sekaligus tanda kesiapan kita guna mengarungi langkah kerja kedepan,” kata Olly.

Olly menuturkan, di tahun 2018, Pemprov Sulut mampu mengukir berbagai capaian pembangunan, antara lain : Pertumbuhan Ekonomi pada Triwulan ke-III berada pada angka 5,66 persen. Lebih tinggi dari capaian nasional 5,17 persen.

Selain itu, tambah Olly, angka kemiskinan dapat ditekan dan berada pada posisi 7,8% dari sebelumnya 8,98, angka pengangguran juga mampu ditekan hingga 6,86 persen, dari sebelumnya 7,18 persen pada tahun 2017.

Begitu juga di sektor pariwisata, Olly menyebut angka kunjungan wisawatan mancanegara selang bulan Januari hingga Oktober telah menembus angka 107.520, sedangkan untuk wisatawan domestik mencapai 2,6 juta. Sementara di sektor infrastruktur beberapa proyek strategis nasional dan daerah yang dilaksanakan, telah mampu menunjukkan progress positif, misalnya Tol Manado-Bitung dan Bendungan Kuwil.

Karenanya, untuk mewujudkan target pencapaian tersebut, orang nomor satu di bumi nyiur melambai itu mengajak semua pihak untuk mendukung pelaksanaan program prioritas pembangunan Sulut pada tahun 2019 ini.

Adapun prioritas tersebut adalah penanggulangan kemiskinan, pengangguran, pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan, revolusi mental dan reformasi birokrasi, Infrastruktur dan pengembangan wilayah termasuk wilayah perbatasan, kedaulatan pangan, trantibmas dan sukses Pemilu Presiden dan Legislatif, Peningkatan daya saing investasi, Pembangunan pariwisata dan Pengelolaan bencana dan mitigasi iklim.

“Guna merealisasikan prioritas pembangunan ini, maka pelaksanaan tugas kita kedepan harus senantiasa diwarnai dengan kerja keras, profesionalisme, disiplin, loyalitas, etos kerja, integritas, inovasi serta gotong royong,” beber Olly.

Untuk diketahui, apel perdana 2019 turut dirangkaikan dengan penyerahan SK PNS 100 persen oleh Gubernur Olly kepada 10 Guru Garis Depan yang menerima SK PNS 100 persen

Adapun kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS dan para pejabat Pemprov Sulut

Share