Saturday, 24 August 2019

Archive for: November 30th, 2018

VAP Jadi Inspektur Upacara Pada HUT Korpri Ke-47 dan Peringatan Hari Guru

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT Korpri ke-47 sekaligus memperingati Hari Guru, yang dilaksanakan di lapangan upacara kantor Pemkab Minut, Kamis (27/11).

Bupati dalam amanah menyampaikan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terjebak pada egoisme.

“Presiden Jokowi menegaskan revolusi lndustri telah membawa perubahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat tersebut harus diantisipasi ASN dengan melakukan banyak penyesuaian,” tutur Bupati saat membacakan sambutan Presiden RI.

Lanjutnya, perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara.

“Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut, akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja,” jelasnya.

Untuk itu diingatkan kepada seluruh ASN lapisan pemerintahan dan sektor, agar tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-program masing-masing.

“Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” tutur Bupati.

Bupati kepada wartawan mengatakan dengan sambutan presiden bahwa ASN terlebih guru-guru harus mengabdi yang benar, mengajar yang benar agar supaya anak didik menjadi pinter.

“Harapan saya mereka lebih baik lagi mengajar. Jangan sampai murid lebih pintar dibandingkan guru,” tutur Panambunan.(*)

Share

Inilah Daftar Juara Lari Marathon Tondano Lake

Tondano, Klabatnewsok.com – Lomba Lari Marathon Tondano Lake 10 Km, 5 Km, dan 1,6 Km sukses digelar pada Jumat 30 November 2018, start di Monumen Benteng Moraya Tondano dan finish dilapangan Sam Ratulangi Tondano (God Bless Minahasa).

Dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Anggota DPRD Kab. Minahasa Oklen Waleleng, SH, MH, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Ir. Teddy Kamagi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Siby Sengke S.Sos, MAP. Kepala Dinas Pendidikan Dr. Arody Tangkere, MAP, Plt Kepala Dinas Perhubungan Ir. Janny Moniung, Sekretaris DPRD Minahasa Dr. Vicky Tanor, S.Pi, M.Pi, Ketua Yayasan Kawanua se- Dunia Meike Tumurang. dan peserta lari marathon.

Sambutan Bupati Minahasa yang di sampaikan Sekretaris Daerah Jeffry Korengkeng SH MSi mengajak untuk bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena dapat terkumpul di tempat ini.

“Kegiatan ini masih dalam rangka memeriahkan HUT Minahasa yang ke-590. Kegiatan ini sudah kita lakukan sejak tahun 2014. Ini juga dalam rangka meningkatkan kegiatan olahraga untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa dan untuk menunjang pariwisata yang ada di Kabupaten Minahasa.” Katanya sembari berharap peserta berlomba secara sehat, dan sportif. Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Berikut yang menjadi Juara dalam Lari Marathon baik 10 Km, 5 Km, dan 1,6 Km.

Juara 10 km Kategori Umum :
-Juara 1 Putri Olivia Sangkili
-Juara 2 Putri Anna Maudugo
-Juara 3 Putri Diana Koa
-Juara 4 Putri Julka Museng
-Juara 5 Putri Tira Mauduk

-Juara 1 Putra Disman Duduran
-Juara 2 Putra Jenri Baulue
-Juara 3 Putra Michael Pangemanan
-Juara 4 Putra Glen Fransisco Mamahit
-Juara 5 Putra Yobel Sangiri

Juara 5 Km Kategori Pelajar SMP :
-Juara 1 Putri Febiola Wulur
-Juara 2 Putri Pingkan Malimbe
-Juara 3 Putri Virgin Ponde
-Juara 4 Putri Vina Mokalu
-Juara 5 Putri Kezy Pilalang
-Juara 6 Putri Naila Sumendap
-Juara 7 Putri Safira Lubis
-Juara 8 Putri Nadia Kairupan
-Juara 9 Putri Noflin Manengal
-Juara 10 Putri Yunita Londong

-Juara 1 Putra Marchel Kapungsi
-Juara 2 Putra Christian Yatahi
-Juara 3 Putra Benny Bojoh
-Juara 4 Putra Jeremy Latuputih
-Juara 5 Putra
-Juara 6 Putra
-Juara 7 Putra Frandy Inarai
-Juara 8 Putra Christian Makadada
-Juara 9 Putra Nova Tumilantou
-Juara 10 Putra Mario Rapunsi

Juara 1,6 Km Kategori Pelajar SD :
-Juara 1 Raiven Salikara
-Juara 2 Andreas Mumek
-Juara 3 Jackson Lombo

Y

Share

Pemerintah Minahasa Fasilitasi Pemberian Tips Kecantikan

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Kegiatan Koordinasi Penyelenggaraan Pembinaan dan Kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa pada Jumat, 30 November 2018 bertempat ruang sidang kantor bupati Minahasa.

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, MSi, dan dihadiri Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat, Trantibum dan Linmas Setdakab Minahasa Engelbert Raintung, SE, Ibu Kendy Manitik SPd selaku narasumber, serta ASN, THL serta siswa dan mahasiswa magang di lingkup sekretariat daerah kabupaten Minahasa.

Kegiatan yang dilaksanakan ini berupa talkshow kecantikan bagi perempuan yang bertujuan untuk melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan di kabupaten Minahasa baik dalam bentuk pemberian materi atau arahan terkait pembinaan dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui talkshow maupun konsultasi serta koordinasi ke pemerintah kecamatan se-kabupaten Minahasa.

Materi yang diterima dalam kegiatan ini yaitu terkait tips-tips kecantikan, tutorial make-up dan cara berbisnis bagi perempuan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga adalah bagian dari masyarakat kabupaten Minahasa dan disampaikan juga ajakan-ajakan untuk turut serta dalam pengembangan potensi perempuan dalam memberdayakan setiap sumber daya yang dimiliki.

Y

Share

APBD 2019 Kabupaten Minut Disahkan

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-akhirnya APBD 2019 Kabupaten Minahasa Utara disahkan di dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara di kantor DPRD Tumatenden Minahasa Utara, jumat, 30/11/2018, setelah dua hari berturut-turut ditunda.

Sidang Paripurna dipimpin ketua DPRD Minut Berty Kapojos SSos didampingi Wakil Ketua Drs Denny Wowiling MSi dihadiri Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan, S.Th, Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu MA, Forkopimda, para anggota DPRD Minut, kepala-kepala SKPD dan jajaran.

Anggaran Belanja dan Pendapatan daerah tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara :
1. Pendapatan Rp. 910.469.764.134,-
2. Belanja Rp.919.719.794.134,-
3. Pembiayaan Rp.9.250.000.000,-

Pendapat akhir dari Fraksi adalah menerima dan menyetujui APBD 2019 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah. Namun ada catatan-catatan yaitu meminta pemerintah kabupaten Minahasa Utara :

*Partai PDIP.
1. Memerintahkan Dinas Tenaga Kerja dan UKM UMKM untuk segera menyerahkan dan menyalurkan bantuan UKM APBD induk Tahun Anggaran 2018 dan APBDP Tahun Anggaran 2018 agar diterima oleh masyarakat Minut.
2. Menganggarkan pembebasan lahan untuk ganti untung pelebaran jalan ruas Tatelu Kolongan dan siap untuk dilakukan pembayaran sebesar 7 miliar rupiah, mendukung KEK pariwisata di Likupang.
3. Menganggarkan pembebasan lahan Dinas Perhubungan dan Dinas Pangan dengan catatan harus dilaporkan kepada Badan anggaran bahwa lokasi tersebut bukan aset daerah.
4. Memerintahkan kepada Dinas Sosial PMD dalam memberikan bantuan sosial dan hibah harus terlampir By name by address dalam buku APBD Minahasa Utara sebelum dievaluasi pemerintah provinsi Sulut.
5. Menindaklanjuti jawaban tertulis yang diminta fraksi baik dalam pemandangan umum maupun pendapat akhir fraksi yang selama ini belum pernah dijawab setiap kali pertanyaan kepada SKPD terkait.

* Partai Gerindra.
1. Dalam penyerapan APBD tahun 2019 guna pembayaran tanah Kantor Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara agar dapat memperhatikan status tanah tersebut diharapkan membayar tanah yang tidak bermasalah.
2. Pembentukan Pansus aset pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di tahun 2019 dalam rangka menginventarisir keberadaan aset-aset Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.
3. Menindaklanjuti surat dari partai Gerindra tentang penggantian antar waktu anggota DPRD dan pergantian pimpinan DPRD.

*Partai Golkar.
1. Memberi apresiasi serta terima kasih kepada Bupati Minahasa Utara yang telah Menindaklanjuti aspirasi hukum tua dan perangkat desa terhadap kenaikan tunjangan.
2. Mempertanyakan terhadap kewenangan pejabat hukumtua Desa Wangurer Likupang Selatan yang mengadakan pergantian 9 perangkat desa yang menyebabkan potensi instabilitas bisa terjadi, untuk dievaluasi.

*Partai Demokrat
1.Pembiayaan kantor Dinas Pangan dan Dinas Perhubungan harus ada surat keterangan dari APBD bahwa lokasi tersebut bukan aset daerah dan surat tidak bermasalah dari pemerintah setempat.
2. Para Camat agar lebih meningkatkan fungsi pengawasan kinerja terhadap pemerintah Desa, karena ada beberapa desa yang masih melakukan pungutan administrasi dalam rangka kepengurusan surat-surat keterangan, seperti surat keterangan usaha atau surat keterangan rekomendasi atau surat pengantar lainnya yang menurut pemerintah desa berdasarkan peraturan desa. Sebab yang namanya pungutan sudah diatur dalam Perda retribusi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang secara otomatis Perdes tentang pungutan yang ada di desa sudah tidak berlaku lagi karena sudah disupport lewat dana desa dan ADD. Jadi, jika masih ada pungutan yang ada di desa berdasarkan perdes kami Fraksi Partai Demokrat menganggap itu adalah pungutan liar atau pungli.
3. Pembentukan Pansus aset pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di tahun 2019 2019 untuk menginventarisir dan mengkreasikan keberadaan aset pemerintah daerah yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati VAP dalam sambutan mengucap syukur kepada Tuhan karena masih diberkati sampai saat ini. Mengapresiasi semua fraksi yang telah menyetujui rancangan peraturan APBD perubahan dan menerima semua kritik dan saran untuk kemajuan Minahasa utara.

“Tidak semua tuntutan dan keinginan masyarakat dapat dipenuhi serta diakomodir. Akan tetapi keterbatasan ini akan menjadikan semangat kami untuk bekerja sehingga mempercepat percepatan pembangunan untuk membangun Minut. Agar ke depan bisa lebih baik lagi,” paparnya.(*)

Share