Saturday, 24 August 2019

Archive for: November 23rd, 2018

HUT Minut Ke -15, Sekda Minut Jemmy Kuhu Ziarah Ke Makam Almarhum Sumampouw

Caption : Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu didampingi keluarga Alexander Warbung SIP dan anggota IPMU meletakkan karangan bunga di makam mantan Bupati Minahasa dan Ketua DPRD Provinsi sulut 2 periode Almarhum Frits Sumampouw Jumat (23/11) di Kelurahan Tonsea Lama Kecamatan Tondano Timur Kabupaten Minahasa.

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ke-15 yang jatuh pada tanggal 20 Nopember, Pemkab Minut menggelar sejumlah kegiatan yang di antaranya ziarah ke-15 makam pendiri Minut yang telah meninggal dunia.

Sekretaris Daerah Minut Ir Jemmy H. Kuhu MA bersama dengan jajaran Setdakan didampingi keluarga almarhum yakni Sekretaris Kecamatan Airmadidi Alexander Warbung, anggota Ikatan Pendiri Minahasa Utara (IPMU) Leo Kalempouw dan Stendry Wangke melakukan ziarah ke makam salah satu pendiri Minut yaitu Almarhum Frits Sumampouw  yang adalah juga mantan Bupati Minahasa dan Ketua DPRD Provinsi Sulut dua periode.

Kuhu saat ditemui di lokasi makam almarhum Sumampouw mengatakan, Pemkab Minut dalam hal ini Bupati vonnie A Panambunan bersama jajaran melakukan ziarah di 15 tempat dimana pendiri Minut dimakamkan.

“Tentunya Pemkab Minut tidak melupakan jasa-jasa beliau para pendiri Minut, dimana telah berjuang mendirikan Minut. Almarhum Frits Sumampouw adalah salah satu tokoh yang ikut memberikan masukan hingga Kabupaten Minut ini bisa terbentuk,” tukas Kuhu.

Menurut Kuhu, dengan perjuangan para pendiri ini, Minut selama lima belas tahun telah menjadi wilayah otonom baru dan menunjukan progress yang sangat maksimal di segala bidang. Hal ini juga dilakukan agar generasi muda Minut tidak melupakan sejarah dan mengerti bahea inilah salah satu tokoh pendiri Minut.

“Selama 15 tahun setelah melewati beberapa kepala daerah termasuk Penjabat Bupati, Minut telah menunjukan kemajuan yang cukup signifikan, untuk kesejahteraan masyarakat. Terlebih khusus juga selama pemerintahan Bupati Vonnie Aneke Panambunan selang hampir tiga tahun ini, dimana proyek APBN jalan tol, waduk Kuwil dan ditetapkannya Likupang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata oleh pemerintah pusat,” terang Kuhu.

Terpisah, Leo Kalempouw anggota IPMU, yang ikut mendampingi Sekda Kuhu mengatakan, dirinya bersama seluruh anggota IPMU berterima kasih kepada Pemkab Minut yang dipimpin oleh Bupati VAP yang telah memberikan perhatian dan penghargaan kepada para pendiri Minut yang telah berpulang kepangkuan Tuhan.

“IPMU sebagai metamorfosa pembentukan Minut tentunya sangat mengapresiasi akan pemerintah Minut yang masih mengingat akan perjuangan para tokoh pendiri Minut, sehingga kami merasa tetap dihargai dan dihormati dimana telah berjuang dalam terbentuknya Minut,” ujar Kalempouw didampingi anggota IPMU lainnya Stendry Wangke SH yang juga adalah Kumtua Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi.

Kesempatan yang sama Cucu Almarhum Frits Sumampouw Alexander Warbung SIP mengaku sangat terharu dengan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Minut dimana telah berziarah di makam kakeknya. Almarhum Frits Sumampouw adalah ayah dari ibu Alexander Warbung yang adalah Sekretaris Kecamatan Airmadidi.

“Kami (keluarga alm. Frits sumampouw) tentunya berterima kasih kepada Pemkab Minut yang dipimpin oleh Bupati Vonnie A Panambunan yangtelah melakukan ziarah ke makam opa kami. Hal ini tentunya menunjukan bahwa pemerintah tidak melupakan sedikit jasa yangtelah dilakukan opa sebagai pendahulu kami. Kamipun sebagai keluarga akan terus berusaha melanjutkan perjuangan Opa bila diberikan kesempatan oleh Bupati sebagai Kepala Daerah,” ujar Warbung.

Lanjut dikatakan Warbung, “Dari kami tidak ada yang dapat kami berikan sebagai balasan, hanya dapat berdoa semoga kabupaten Minut dapat terus maju dan memberikan yangterbaik untuk warga Minut,” kunci Warbung.(*)

Share

VAP Dilantik Jadi Ketua DPD Partai Nasdem Minahasa Utara

Manado,KLABATNEWSOK.com-Vonnie Anneke Panambunan yang merupakan Bupati Minahasa Itara dilantik secara resmi menjadi ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Minahasa Utara dilaksanakan di kantor Partai Nasdem Propinsi Sulawesi Utara, Kairagi Manado, Jumat 23 November 2018.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua DPW Nasdem Sulut Max Lomban, di depan para pimpinan-pimpinan partai Nasdem Pusat, dewan pimpinan provinsi dan dewan pimpinan daerah kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi utara.

“Saya melantik Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem  Minahasa Utara beserta seluruh perangkatnya kiranya bapak, ibu, kaka-kaka dapat bekerja secara bertanggung  jawab dalam memenangkan partai Nasdem,” ucap Lomban saat melantik VAP bersama jajaran dan disambut tepuk tangan yang meriah dari semua yang hadir.

Waktu diwawancarai oleh sejumlah awak media kenapa VAP memilih partai Nasdem. “Karena Nasdem adalah partai yang bagus dan hebat,” kata VAP singkat.

Kegembiraan dan kebanggaan terlihat dalam acara pelantikan, Partai Nasdem Sulut bertabur bintang, 5 pemimpin Sulut bergabung masuk Partai Nasdem. Turut dilantik juga Vecky Lumentut yang adalah Walikota Manado sebagai ketua DPD partai Nasdem Manado, Max Lomban ketua DPW Provinsi Sulut adalah Walikota Bitung.

Tampak hadir Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagouw.(*)

Share

One Way Atur Pengguna Jalan Kota Tondano, Kendaraan Tidak Layak Ditindak

Tondano, Klabatnewsok.com – Untuk mengatur Lalu Lintas dan ketertiban pengguna jalan di Kota Tondano Dinas perhubungan Kabupaten Minahasa mengatur satu jalur (one way), hal ini dilakukan uji coba selama 7 hari hingga rabu pekan depan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Arnold Siby, saat ditemui dirinya memantau langsung lalu lintas di kompleks Plaza Tondano pada jumat 23 november 2018.

Arnold mengakui bahwa pengaturan Lalu lintas ini telah dimulai sejak rabu pekan ini dan akan dilanjutkan pada senin pekan depan hingga rabu. Petugas LLAJ Dishub juga ditempatkan dibeberapa titik untuk penjagaan sosialisasi one way ini.

“Penjagaan selanjutnya akan berbarengan dengan Anggota Kepolisian Resort Minahasa, dalam hal ini operasi lilin dimana akan dilakukan penindakan bagi pengguna jalan yang melanggar ketentuan,” Ujarnya.

Ditambahkannya dengan diberlakukan one way ini, maka dampak hal positif telah didapat, yakni Kota Tondano sudah terlihat tertib dan tidak macet, namun ada sedikit permasalahan yakni dilokasi pasar Tondano yang dinilai kurang tertib, karna penjual ada yang menggunakan badan jalan.

” Saya Himbau agar mematuhi peraturan yang berlaku, agar kota tondano tidak macet, tidak ada kecelakaan, dengan harapan tidak semrawut dengan adanya one way, terarah dan teratur, yang kesemuanya untuk keselamatan pengguna jalan,” jelasnya.

Selain itu menurut Kabid Arnold Siby, bahwa Kegiatan ini dihubungkan dengan inovasi bidang lalu lintas Gerakan Peduli Keselamatan Orang dan Jalan (GPKOJ), dimana seminggu kemarin telah dilakukan Ramcek diterminal tondano, langowan dan kawangkoan dan pos tombariri.

Lewat kegiatan ini telah dilakukan Pemeriksaan kelayakan kendaraan, baik dari segi teknis juga administrasi, termasuk kemudi kendaraan, roda dan ban, rem, sim, stnk, ijin trayek dan buku KIR, dan untuk driver bus minimal sim B1 umum dan mikrolet A umum.

Alhasil terdapat 2 sampai 3 kendaraan tidak diberangkatkan karna ditemukan bodi rusak ban botak,” Demi keselamatan tidak diberangkatkan sesuai dengan moto Dinas Perhubungan,” lebih baik tidak berangkat daripada tidak sampai ditujuan,” pungkasnya.

Y

Share