Saturday, 24 August 2019

Archive for: November 21st, 2018

VAP-Jo Ikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam Rangka HUT Minut ke-15

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong (VAP-Jo) mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Minut dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Minahasa Utara ke-15, di kantor DPRD Minut Rabu (21/11).

Dalam rapat paripurna istimewa ini dihadiri Kepala Dinas PUPR Propinsi Sulut Stiv Kepel mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan menyampaikan selamat dan sukses kepada segenap jajaran dan pemerintah dan masyarakat Minut.

“Kiranya momentum bersejarah saat ini akan semakin memperkuat komitmen berkarya bagi seluruh masyarakat Minut dan memberikan kemajuan terbaik bagi daerah tercinta. Dengan berbagai capaian prestasi yang telah dipersembahkan bermodalkan potensi daerah yang melimpah sektor pariwisata, sektor pertanian, perkebunan, perikanan serta sinergitas tekad dan komitmen dari segenap komponen masyarakat serta seluruh stake holder pembangunan daerah berhasil bertransformasi menjadi daerah otonom yang kompetitif dan berdaya saing,” kata Kepel saat membacakan sambutan Gubernur Sulut.

Sementara itu Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya mengatakan selamat merayakan hari jadi Kabupaten Minahasa Utara ke-15 kepada segenap komponen masyarakat Minut di manapun berada dengan satu keyakinan seiring bersama dalam bekerja membangun Minut tetap terjaga yang akhirnya bermuara terhadap capaian prestasi yang luar biasa.

“Dalam upaya mencapai visi membangun Minut, yakni Minut menjadi Kabupaten Agribisnis, industri dan pariwisata terpadu serta berkelanjutan tahun 2021 maka telah banyak yang telah kita lakukan bersama di mana hasilnya telah nampak pada berbagai lini sektor pembangunan,” tutur Bupati.

Panambunan menambahkan berbagai prestasi telah kita raih seperti meraih WTP dari Kementerian Keuangan pada tahun 2015, 2016, 2017, penghargaan Kabupaten Sehat tahun 2018, meraih terbaik pertama tingkat propinsi dan terbaik kedua tingkat nasional lomba tanaman obat.

“Berbagai prestasi ini merupakan buah dari kerja keras dan kerja bersama dalam satu tekad dan komitmen membangun Minut dan tentunya berkat doa torang samua,” kata bupati.

Tampak hadir Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, Kajari Minut Rustiningshi SH MH, Dandim 1310 Letkol Inf Kusnandar, Ketua DRPD Minut Berty Kapojos SSos, Wakil Ketua Dewan Denny Wowiling, Sekda Minut, para anggota dewan Minut, tamu undangan ASN Minut.

Sebelumnya dilaksanakan upacara bendera pada pagi hari dalam memperingati HUT Minut ke-15 yang menjadi inspektur upacara Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan.(sem)

Share

Ketua TP-PKK Minahasa Berharap Lomba Kuliner Khas Minahasa Makin Bervariasi

Tondano, Klabatnewsok.com – Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch Roring-Lumanauw SIP, memantau Lomba masak kuliner ikan mujair dan nike, pada Rabu 21 November 2018 di Monumen Benteng Moraya Tondano dan berharap kedepan lebih baik lagi

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah perwakilan dari kecamatan se-Kabupaten Minahasa.

Adapun yang menjadi kriteria dalam penilaian adalah teknik memasak, cita rasa, cara menyajikan makanan, kebersihan, dan waktu penyajian makanan.

Yang menjadi juara dalam lomba masak dalam Hari Ikan Nasional (HARKANAS) di Kabupaten Minahasa Juara I Kecamatan Kakas dengan Nilai 85, Juara II Kecamatan Remboken dengan Nilai 82, Juara III Kecamatan Mandolang dengan Nilai 80.

Saat dihubungi para awak media, Ketua TP PKK Dra Fenny Ch Roring-Lumanauw SIP, mengatakan merasa bangga dan berterima kasih acara ini boleh sukses, walaupun hanya diikuti beberapa Kecamatan.

” Tahun kedepan jika Tuhan berkenan akan dilaksanakan lebih baik lagi, memang saat ini ciri khas Minahasa dengan masakan woku belanga, baik itu mujair dan nike, namun kedepan akan lebih banyak variasi tidak terbatas pada mujair dan nike saja,” harapnya.

Y

Share

ROR-RD Memberikan Bantuan Korban Kebakaran di Kembuan

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si bersama Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Kunjungi dan Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran (Keluarga Tangkidi – Lembong) pada Rabu 21 November 2018 di Desa Kembuan, Kecamatan Tondano Utara

Turut mendampingi Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi dan Camat Tondano Utara Jhonny Tendean.

“Kami Mewakili Pemerintah Kabupaten Minahasa Turut Prihatin Atas Musibah yang terjadi” Ujar bupati

Bupati juga menegaskan kepada seluruh warga Minahasa agar selalu waspada terhadap hal-hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran di rumah masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan dari dinas sosial dan BPBD Minahasa, Serta Bantuan dari Pemkab Minahasa untuk Perbaikan Rumah.

Y

Share

Tidak Mau Asal Jadi Bupati ROR Pantau Pembangunan Gedung Olahraga

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi serta Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi meninjau pembangunan gedung Olah Raga yang merupakan bantuan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bagi Kabupaten Minahasa.

Disela-sela kesibukannya, Bupati Minahasa ROR dan Wakil Bupati RD, melakukan peninjauan pembangunan gedung olah raga bantuan Pemprov Sulut, bertempat di dekat stadion Maesa Tondano pada rabu 21 november 2018.

Dalam percakapannya dengan pihak pengelola proyek ini, Bupati ROR menanyakan proses pembuatan sudah seperti apa, sehingga hasil pembangunannya benar-benar maksimal, atau tidak asal jadi.

Dengan bersinergi dengan Pemerintahan diatasnya, dipastikan Pemerintah Kabupaten Minahasa akan mendapat perhatian lebih sebagai salah satu Kabupaten di Wilayah Nyiur Melambai.

Hal ini dibuktikan dengan adanya bantuan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, untuk pengembangan Olah Raga di Kabupaten Minahasa.

Kemungkinan besar akan ada bantuan lagi di Minahasa, dengan adanya sinergitas yang dibangun Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi

Dibawah kepemimpinan ROR-RD diharapkan Minahasa akan semakin hebat kedepan, dengan visi dan misinya mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Peninjauan ini turut didampingi Ketua Dewan James Rawung SH dan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Nofry Lontaan ST, Kadispora Siby Sengke SSos, Kadis Perumahan Rakyat Ir Rafany Moleong MSi dan Kabag Humas Drs Moudy Pangerapan MSi

Y

Share

ROR Sampaikan Program Prioritas Tahun 2019 Lewat Rapat Paripurna

Minahasa, Klabatnewsok.com – Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (RAPBD) Kabupaten Minahasa Tentang APBD Tahun Anggaran (TA) 2019 pada Rabu 21 November 2018, bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR), menyampaikan pengantar RAPBD serupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan, namun tetap memiliki makna strategis sesuai dengan dinamika yang berkembang.

“Demikian halnya dengan RAPBD tahun anggaran 2019 yang mengandung beberapa pokok pikiran dengan kekhususan tersendiri, yaitu; RAPBD TA 2019 menggambarkan perogram kerja kami sebagai bupati dan wakil bupati Minahasa, dimana sasaran program dan kegiatan akan dipertajam guna mewujudkan visi kami yakni mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera”.

“Karena itu, walaupun dengan anggaran belanja yang terbatas kita akan tetap memenuhi porsi yang cukup untuk belanja publik, dengan harapan akan mampu memberi multiplayer effect bagi peningkatan sektor-sektor ekonomi masyarakat. Hal inipun tetap di sinergikan dengan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi.”

“APBD TA 2019 dibebani oleh alokasi anggaran yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat, sehingga kami telah mengalokasikan untuk dana duka sebesar Rp.11.200.000.000, BPJS kesehatan gratis sebesar Rp.35.895.180.000, serta bantuan seragam untuk para siswa sebesar Rp.7.200.000.000.”

Bupati juga menyampaikan secara singkat substansi materi RAPBD TA 2019, Pendapatan daerah yg berasal dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Komponen pendapatan daerah ini merupakan target pendapatan didasarkan pada potensi yang direncanakan pemasukannya pada TA 2019.

Maka secara keseluruhan pendapatan dalam RAPBD 2019 berjumlah sebesar Rp.1.333.201.938.509. Dengan demikian secara keseluruhan terlihat bahwa dari sisi pendapatan RAPBD TA 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp.56.441.423.030 dibanding dengan pendapatan dalam APBD perubahan TA 2018 sebesar Rp.1.276.760.515.479.

Mengakhiri pengantar nota keuangan ini, bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat serta seluruh komponen bangsa di daerah ini, atas kejasama serta dukungan yang telah diberikan.

“Kami berkeyakinan bahwa segala kerja dan pengorbanan kita yang dilandasi dengan ketulusan dan dijiwai semangat menuju kabupaten Minahasa yang semakin hebat lagi, akan mampu kita lakukan.” Ujarnya.

ROR juga menghimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah, untuk memberikan perhatian dan prioritas terhadap pembahasan-pembahasan yang memintakan kehadiran perangkat daerah agar proses pembahasan RAPBD TA 2019 ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.

Hadir dalam rapat Paripurna ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Sekda Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala,MS i, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Mewakili kapolres minahasa Kasat Binmas AKP. Ambo Tuwo, Mewakili Dandim 1302 Pasi Ops Lettu J. Tuju. Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, serta insan pers.

Y

Share