Tuesday, 13 November 2018

Archive for: November 7th, 2018

LOMBA KOLINTANG FESDATON 2018 SEGERA BERGULIR

Tondano, KLABATNEWSOK.COM – Lomba Musik Kolintang dalam rangka Festival Danau Tondano (FESDATON) 2018 yang digelar dalam memeriahkan Hari Jadi Minahasa ke-590 bakal diikuti oleh puluhan Grup Kolintang dari berbagai daerah di Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi menyampaikan hal tersebut setelah pelaksanaan Technical Meeting Lomba Kolintang pada Rabu 7/11 di Kantor Dinas Budpar Minahasa, Tondano siang tadi.

Dikatakan Tumundo bahwa prinsipnya pihaknya sudah siap menggelar Lomba Musik Kolintang pada Fesdaton 2018 pada Jumat 9/11 nanti di Benteng Moraya Tondano.

Lomba Kolintang yang akan memperebutkan Trophy Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi untuk kategori Pelajar, dan Trophy Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Wakil Ketua Umum KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu untuk kategori Umum, dengan hadiah Uang Tunai sejumlah Rp 35 Juta.

Disamping itu, menurut Tumundo akan dilakukan juga Lomba Memancing Ikan Danau Tondano di Kolam Benteng Moraya memperebutkan Trophy Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa.

Ditambahkan Tumundo, mengawali kegiatan Fesdaton nanti akan digelar atraksi Senam Minahasa Hebat secara masal, dilanjutkan dengan Pergelaran Seni dan Budaya Minahasa, kemudian Pentas Musik Danau Tondano dengan menampilkan grup vokal Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan artis Stand Up Comedy Jobe.

Sementara Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Dra Letty Purukan menambahkan bahwa dalam Lomba Musik Kolintang tiap Regu akan membawakan Lagu Wajib “Mars Minahasa” dalam bentuk instrumentalia, dan Lagu Bebas Non Asmara dengan vokalis.

Sedangkan dalam Lomba Memancing Ikan, menurut Purukan akan diawali dengan pelepasan 590 ekor ikan sebagai simbol usia Kabupaten Minahasa yang telah berusia 590, dengan kategori peserta terbuka untuk umum dengan hadiah Trophy dan Uang Tunai.

Diharapkannya, kiranya kegiatan ini mendapatkan dukungan dari semua pihak dan mengundang masyarakat Minahasa untuk hadir menyaksikan bersama.

Y

Share Button

Bupati ROR Sampaikan KUA PPAS Tahun Anggaran 2019

Minahasa, Klabatnewsok.com – Rapat Paripurna, Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2019 pada Rabu 7 November 2018, bertempat di Kantor DPRD Kabupaten Minahasa.

Dalam Sambutan Bupati Minahasa Ir Royke O. Roring, MSi Mengajak semua untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Maha Besar Tuhan karena atas berkatNya semua dapat terkumpul melaksanakan Rapat Paripurna penyampaian KUA PPAS.

“Saya memberikan Apresiasi kepada pimpinan dan anggota dewan atas dukungan dan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Minahasa dalam membangun Kabupaten Minahasa.” Katanya.

Bupati ROR menyampaikan nota pengantar KUA dan PPAS APBD Tahun 2019 yaitu berdasarkan pada Peraturan Mentri Dalam Negeri Republi Indonesia No. 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan RKPD Pasal 8 Ayat 4 yang secara khusus mengatur bahwa dalam hal daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2018 dan/atau tahun 2019 maka penyusunan RKPD tahun 2019 dan RKPD Perubahan Tahun 2019 memperhatikan Visi, Misi dan program kepala daerah terpilih.

“Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka dapat kami sampaikan bahwa KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2019 ini berdasarkan arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD, RPJMD Provinsi, program prioritas nasional serta undang-undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, yang mengamanatkan bahwa pemerintah daerah melaksanakan bidang kewenangan berdasarkan pada urusan wajib dan urusan pilihan, serta pelaksanaan urus penunjang.”Jelasnya.

Diapun mengatakan RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2019 ini dalam penyusunan berpedoman pada arah kebijakan dan strategi pembangunan yang digaris dalam RPJMN 2015-2019.

RKPD ini juga merupakan penjabaran dari pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015-2019. RPMJD Kabupaten Minahasa memiliki tema Sesuai visi kami yakni mewujudkan minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Tambahnya diperlukan penegasan terhadap upaya-upaya umum yang akan dilaksanakan, yang akan mendasari gerak langkah pemerintah Kabupaten Minahasa selama periode 2019.

ROR pun menjelaskan garis besar kebijakam umum dalam penyusunan KUA APBD Kabupaten.Minahasa tahun anggaran 2019. Dan mengenai masalah-masalah mendasar yang diperkirakan akan menjadi tantangan pada pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2019. Termasuk ringkasan pendapatan belanja dan pembiayaan daerah tahun anggaran 2019.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, dan dihadiri Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Asisten 1 Dr. Denny Mangala, MSi, Asisten 2 Dr. S. W. Siagian, MA, Kapolsek Toulimambot, Danramil Tondano Pelda Jhony Bura, Anggota DPRD, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Camat.

Y

Share Button