Tuesday, 13 November 2018

Archive for: November 5th, 2018

Bupati Vonnie Panambunan Buka Rakor BKSAUA se-Minut

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan didampingi Sekda Minut Ir Jemmi Kuhu membuka rapat koordinasi (rakor) Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) dan FKUB Minut yang dilaksanakan di Atrium kantor Pemkab Minut, Senin 5 November 2018.

Ketua BKSAUA Minut Pdt Sem Kindangen STh

Bupati saat membuka kegiatan itu berjanji akan menaikkan insentif bagi anggota BKSAUA agar kinerja mereka bisa meningkat lagi, karena mereka garda terdepan di Minahasa Utara untuk mempersatukan agama satu dengan agama yang lain, agar tidak ada pengacau dan kondusif di Minut.

“Jadi saya mengimbau bagi seluruh BKSAUA ini memang harus ada persatuan yang bagus, jadi tidak ada yang memecah belah daerah Minut. Dan saya mengimbau kepada tokoh-tokoh agama agar kita semua harus saling hormat-menghormati. Saya berencana di kompleks kantor bupati akan membuat satu tempat ada gereja-gereja, mushola, masjid, dan tempat ibadah lainnya. Agar tidak ada iri dan dengki,” kata bupati.

Bupati percaya Tuhan akan selalu menolong Minahasa Utara, ada kedamaian, persatuan. Bupati juga mengimbau agar BKSAUA membantu bupati dalam hal bidang keamanan bagi anak-anak, pemuda dan remaja agar tidak terlibat dalam narkoba, miras.

“Karena Minut harus ada lulusan-lulusan terbaik. Dan tugas dari BKSAUA agar bisa mendidik dan membina para anak-anak, remaja dan pemuda agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik,” jelas Bupati Vonnie Panambunan.

Sebelumnya Kabag Kesra Minut Patricia Anis dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan rapat koordinasi ini memantapkan peran BKSAUA dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat di Minut, membahas dan mensinkron program dan rencana kerja BKSAUA dengan Pemkab Minut.

“Membangun sinergitas program pemerintah daerah dengan para hamba Tuhan yang tergabung dalam BKSAUA dalam rangka menumbuhkan solidaritas kebersamaan dan terciptanya suasana yang damai dan kondusif umat beragama,” tutur Anis.

Sementara itu Ketua BKSAUA Minut Pdt Sem Kindangen STh   mengatakan BKSAUA harus terus menopang dalam pelaksanaan pemerintahan dan kehidupan bermasyarakat dan ada segala sesuatu bersama dengan hukumtua, lurah atau kecamatan dalam berbagai kegiatan selalu ada kerja sama yang baik.

“Kami sangat berharap ada perhatian dari pemerintah untuk dapat memberikan tambahan anggaran untuk kita dalam pelaksanaan dari pada sosialisasi berbagai kegiatan, apalagi yang diusulkan bupati untuk tahun depan ada PR kita untuk BKSAUA dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam melaksanakan dalam beberapa program untuk pembentukan karakter anak-anak kita mulai remaja dan pemuda,” kata Kindangen.

Tampak hadir Kakan Kemenag Minut Pdt Anneke M Purukan SPAK MSi, Ketua BKSAUA Minut Pdt Sem Kindangen STh, Kabag Kesra Minut Patricia Anis, pengurus BKSAUA Kabupaten dan kecamatan.(sem)

Share Button

Rangkaian Hari Jadi Minahasa Ke-590 Berlangsung Meriah

Minahasa, Klabatnewsok.com – Rangkaian Kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Minahasa Ke-590 tahun berlangsung sukses yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa yang diakhiri dengan penutupan Minahasa Expo 2018 pada senin 5 November malam.

Berbagai Kegiatan telah digelar, baik itu ibadah syukur, jalan sehat bersama, ziarah ke Makam para Mantan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, lomba olahraga, kesenian termasuk lomba marching band, Pacuan Kuda, Pawai Kendaraan dan berbagai kegiatan yang telah terbukti membawa kemeriahan ditanah Minahasa yang dinikmati masyarakat maupun pengunjung.

Dalam Sambutannya Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring MSi dalam Rapat Paripurna Memperingati Hari jadi Minahasa ke-590 menyampaikan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah menyertai perjalanan kabupaten minahasa sehingga dalam suasana sukacita boleh menapaki usia minahasa ke 590.

“Selaku Bupati bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey dengan penuh ketulusan dan kasih menyampaikan selamat hari jadi minahasa ke 590 kepada seluruh masyaraka minahasa dimanapun berada,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Perayaan hari jadi minahasa ke 590 ini menjadi sangat istimewa karena merupakan yang pertama bagi ROR RD dalam memimpin kabupaten Minahasa. Momentum yang bersejarah ini sekaligus juga mengingatkan kita untuk memberikan penghargaan dan terimakasih kepada mereka yang telah berjuang dan mengabdi serta memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah ini

“Seperti yang kita kutip sebagaimana proklamator indonesia Bung Karno mengatakan “Jangan sekali kali meninggalkan sejarah, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, kiranya tertanam dan menggelora di setiap sanubari kita dalam membangun minahasa tercinta,” paparnya.

Bupati Minahasa juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil presiden Jusuf Kala yang menunjang program di minahasa, dan secara khusus¬† apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan wakil Gubernur Steven Kandouw serta forkopimda yang selalu menunjang pembangunan di tanah minahasa,” Kami tetap berharap dukungan dan topangan ini terus berlanjut agar pembangunan di tanah minahasa dapat tercapai sesuai apa yang diharapkan,” kata ROR.

Tambah ROR, sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati minahasa ROR RD telah berkomitmen untuk membangun minahasa lewat visi terwujudnya minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera yang ditopang dengan 5 misi  serta nawacita RR-RD dan 22 kegiatan unggulan yang kesemuanya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“Pembanguna minahasa kedapan akan berupaya membangun sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing, mewujudkan kemandirian ekonomi disektor pertanian perikanan dan pariwisata, pengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan serta menciptakan menajemen birokrasi yang profesional melalui tata kelola pemerintahan yang baik bersih dan berwibawa, termasuk aspirasi masyarakat lewat pemekaran beberapa daerah yaitu kota langowan dan minahasa barat, Kami tentu akan berjuang bersama sambil menunggu moratorium pemekaran dicabut,” kata ROR.

ROR menambahkan bahwa pengembangan pariwisata di seputaran danau tondano, pantai timur serta pantai barat, tempat tempat wisata sejarah dan wisata rohani tetap akan menjadi propritas dalam pembangunan 5 tahun kedepan. Khususnya danau tondano kami memohon dukungan dari masyarakat dalam proses revitalisasi mengingat sanau tondano yang telah masuk 1 dari 15 danau prioritas pemerintah dari tahun ketahun mengalami pendangkalan dan penciutan luas.

Dari data lingkungan hidup pada tahun 1939 kedalaman danau tondano masih sedalam 43 meter, sementara pada tahu 2015 tinggal 14 meter, begitu pula luas danau tondano, tahun 1939 luas sanau masih 5600 hektar, pada tahun 2015 menciut mejadi 3925 hektar.

“Ini tentu sangat memperihatinkan oleh karena itu mari kita pelihara dan leatarikan danu tondano. Tahun ini kita upayakan pembuatan peraturan daerah yaitu perda sonasi danau dan pengelolaan danau serta beberapa peraturan untuk menunjang pembangunan di minahasa,” pungkasnya.

Advertorial

Share Button