Tuesday, 13 November 2018

Archive for: November 1st, 2018

Minahasa Kecipratan Program Hibah Air Minum Perkotaan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi bersama Direktur Utama Perusahaan Derah Air Minum Minahasa Arnold Winowatan SH menghadiri lokakarya peminatan pelaksanaan program hibah air minum perkotaan tahun 2019, pada Kamis 1/10 di Jakarta.

Kegiatan ini diawali oleh laporan ketua panitia ketua CPMU program Hibah Air Minum dan sanitasi dirjen cipta karya, dilanjutkan arahan dari dirjen perimbangan keuangan kementerian keuangan RI Astera Primanto Bhakti, dan dilanjutkan Sambutan Menteri PUPR sekaligus membuka secara resmi kegiatan lokakarya yang diwakili oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Dr. Ir. Danis H. Sumandilaga, M.Eng.SC.

Dikatakan Sumandilaga bahwa Program hibah air minum perkotaan merupakan pemberian hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah mengacu pada kinerja yang terukur dan investasi yang direalisasikan oleh pemerintah daerah melalui penyertaan modal PDAM.

“Menurut sumber the global competitive report, Index daya saing  Pembangunan Infrastruktur Indonesia mengalami peningkatan yang siginifikan, sebagaimana data pada tahun 2017-2018 berada di urutan ke-52 dari posisi sebelumnya di periode 2015-2016 yang masih berada di posisi 62,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan untuk proyeksi penduduk indonesia sampai pada tahun 2035 sebesar 66.6 persen masyarakat tinggal di perkotaan,” ini berimplikasi pada ketersediaannya infrastruktur khususnya air minum perkotaan,” ungkap Sumandilaga.

Sementara Sekda Korengkeng mengatakan program hibah ini sangat -sangat bermanfaat bagi Kabupaten/Kota karena anggaran hibah yang dianggarkan melalui APBD setelai selesai pelaksanaan dana tersebut akan dikembalikan oleh pemerintah pusat.

“Program ini juga bertujuan meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MPR) dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat,” kata Korengkeng sambil mencontohkan di beberapa kabupaten/kota di indonesia telah berhasil dilaksanakan misalnya kota Bandung yang telah berhasil memasang SR atau sambungan rumah sebanyak 15.000.

“Untuk Kabupaten Minahasa data PDAM Minahasa per oktober  2018 untuk Sambungan Rumah  telah mencapai  11.000 lebih sambungan,” singkat Dirut PDAM Arnold Winowatan.

Y

Share Button

Pimpin Rapat EPPA Bupati ROR Minta Penjelasan Kepala OPD

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi Memimpin Rapat Kegiatan Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) Tahun 2018 pada Rabu, 31 Oktober 2018 Diruang Sidang Kantor Bupati Minahasa

Hadir mendampingi Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR. Denny Mangala MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr Sihar Wilford Siagian MA, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan setdakab Minahasa Philip Siwi, SE, peserta kegiatan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bendahara dan Operator EPPA.

Dalam Sambutan Bupati ROR, menyampaikan bahwa memahami bersama bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru berdasarkan undang-undang no. 23 tahun 2014 khususnya pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut, dan taat pada peraturan perundang-undangan.

Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya di lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah. Sejalan dengan implementasi otonomi daerah, khususnya mengenai pengelolaan keuangan daerah, telah memberikan banyak pengalaman berharga bagi semua.

Berbagai persepsi telah berkembang di masyarakat dengan berbagai latar belakang dan kepentingan.
Realitas lapangan menunjukkan adanya dinamika yang tinggi dalam mengimplementasikan sekaligus mengevaluasi penyerapan anggaran dalam rangka mempercepat pelaksanaan program/kegiatan pada dpa/dipa perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa.

Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun. Selain itu pelaksanaan program dan kegiatan tidak sesuai jadwal, dikarenakan banyak faktor serta kekurangan pemahaman terhadap implementasi peraturan pemerintah.

Keseluruhan kendala ini, menunjukkan sering kurang matangnya tahap perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya.

Melalui kegiatan ini, Bupati ROR mengingatkan kembali pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Rapat pimpinan EPPA ini mememiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam upaya pencapaian realisasi keuangan maupun fisik.

Berdasarkan data pada tim EPPA pemerintah kabupaten Minahasa, masih banyak kegiatan yang sudah jatuh tempo belum dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah.

Untuk itu dalam momentum rapat pimpinan eppa ini, beliau memintakan perhatian dan kerja sama kepada pimpinan organisasi perangkat daerah, bahwa dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelaporan realisasi keuangan dan fisik, hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi eppa, dengan memperhatikan instruksi bupati minahasa nomor 02 tahun 2013 tentang pelaksanaan evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran (eppa) pemerintah kabupaten minahasa.

“Data pelaporan eppa pada masing-masing organisasi perangkat daerah tersebut menjadi acuan pelaporan tim eppa kabupaten minahasa pada sistem informasi monitoring tepra (sismontep) untuk provinsi dan tim epra pusat.” Jelasnya.

Selanjutnya Bupati ROR sangat berharap seluruh jajaran di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa untuk dapat mengikuti rangkaian acara ini secara cermat dan aktif, serta tidak lupa pula menyampaikan apresiasi kepada bagian administrasi pembangunan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat penting dan strategis ini.

Dalam kegiatan ini para Kepala OPD diminta menjelaskan terkait kegiatan yang belum dilaksanakan sehingga berpengaruh pada penyerapan anggaran,

Y

Share Button

Hadiri HUT Desa Tulap, Wabup RD Minta Jaga Kesatuan dan Tangkal Hoax

Minahasa, Klabatnewsok.com – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD) menghadiri Hari Ulang Tahun Ke 293 Desa Tulap Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa pada rabu 31 Oktober 2018

Acara diawali ibadah yang dipimpin Oleh Ketua Jemaat GMIM PNIEL Tulap Pdt Novita Sundah Sumanti STh dan Gembala GPDI EL-SHADAI Tulap Pdt Jemmy Siwu STh.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun desa tulap,” dalam momentum hari jadi ini desa tulap merupakan salah satu desa pelopor di Minahasa kiranya dalam HUT desa ini Hukumtua dan perangkat lainnya bisa melayani masyarakat,” katanya

Menurutnya dalam hal ini melayani dengan tulus atau jangan menunggu komplain dari masyarakat baru bergerak, dan mencegah adanya Hoax hal ini disampaikan karena dampak yang ada dari hoax lebih banyak pada hal hal negatif.

Wakil Bupati mengajak masyarakat untuk membangun kebersamaan dan persatuan yang kokoh, saling menghargai dan mendukung, jauhi tindakan baku cungkel dan baku jual dan mengajak untuk membangun desa yang sama sama dicintai.

Senantiasa meningkatkan kerukunan dan kedamaian ,menghargai dan menghormati Pluralitas serta menjadi mitra Pemerintahan melalui dukungan nyata terhadap berbagai kebijakan dan program pemerintah untuk menuju perubahan di Minahasa.

Beberapa program pemerintah yang telah dan akan dilaksanakan antara lain pemberian santunan duka langsung menerima akte kematian bertujuan memudahkan keluarga yang dirundung duka, BPJS gratis ,menjamin keamanan dan ketertiban ,kenyamanan hidup dan berusaha penguatan karakter dan budaya Minahasa serta menjamin terselenggaranya pembangunan yang berkelanjutan.

Pada kesempatan ini juga RD atas nama Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan terimakasih pilkada di Minahasa bisa berjalan dengan baik, pada saat ini harapannya masyarakat bisa bersatu.

Acara juga dihadiri oleh Anggota Komisi III DPR RI Drs Wenny Warouw ,Kadis PMD Sulawesi Utara Royke H Mewoh,DEA, ,Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng,SH,M.Si , Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Ibu Dra.Fenny Ch M Roring Lumanauw,SIP ,Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Ibu Martina Dondokambey Lengkong ,Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa Ibu Seive Korengkeng Warouw, Kadis PMD Kabupaten Minahasa Jeffry Sajow ,SH , Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pendidikan Prof.DR Jouce Jouke Warouw , Camat Kombi Dra.Meytha Aguw dan Hukumtua Desa Tulap Ronly D Kerap, Ketua Panitia Ibu Pnt.Inge Mewoh ,Calon Anggota DPDRI dan calon calon Anggota Legislatif Kabupaten Minahasa

Y

Share Button