Tuesday, 13 November 2018

Archive for: October 27th, 2018

Wabup RD Ziarah Ke Makam Para Mantan Bupati Minahasa

Minahasa, Klabatnewsok.com – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke-590, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), pada Jumat (26/10), melakukan ziarah ke makam tiga mantan Bupati Minahasa terdahulu.

Ziarah pertama dilakukan Wabup RD di Makam Bupati Minahasa Periode 1961-1965, Almarhum Letkol Frits Sumampouw di Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa. Selanjutnya, ziarah dilanjutkan di Makam Almarhum Just H Rumambi di Desa Sukur Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Rumambi adalah Bupati Minahasa tahun 1966.

Ziarah terakhir dilakukan Wabup RD di Makam Bupati Minahasa Periode 1952-1953, Almarhum Hendrik Ticoalu, di Desa Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara.

Usai melakukan ziarah, RD mengatakan ziarah ini penting dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada para Bupati yang telah berkontribusi besar bagi Kabupaten Minahasa.

”Banyak hal yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita, terutama kontribusi mereka bagi Kabupaten Minahasa dalam pembangunan. Banyak yang harus kita adopsi dari mereka,” ujar Wabup RD.

RD juga mengatakan tahun 2019 mendatang akan dianggarkan anggaran untuk merenovasi seluruh makam mantan Bupati Minahasa, hal ini disampaikannya saat melihat kondisi makam dari sebagian mantan Bupati yang cukup memprihatinkan.

”Mudah-mudahan tahun 2019 mendatang, akan ada anggaran untuk memperbaiki sejumlah makam yang kondisinya mimprihatinkan tersebut,” pungkasnya.

Turut mendampingi Wabub RD, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, dan sejumlah jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Y

Share Button

Bupati ROR Ziarah ke Makam Mantan Bupati, Wakil Bupati Minahasa

Minahasa, Klabatnewsok.com – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Minahasa ke-590 tahun 2018, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, melakukan upacara ziarah ke Makam Mantan Bupati Minahasa dan Wakil Bupati Minahasa.

Ziarah ini diawali di Makam Bupati Minahasa Periode tahun 1998-2003, Alm Drs Dolfie Tanor, pada Jumat (26/10) pagi, di pemakaman keluarga Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara.

Usai dari Makam Alm Dolfie Tanor, Bupati ROR kemudian menuju ke Makam Wakil Bupati Minahasa periode 1998-2003 Alm Boy Tangkawarouw, selanjutnya ke Makam Bupati Minahasa Periode 1993-1998 Alm Drs Karol Lasut Senduk, juga di Kakaskasen. Lepas itu, upacara ziarah juga dilakukan di Makam Bupati Minahasa Periode 1958-1961 Estevanus Kandou, di Desa Lotta Kecamatan Pineleng.

Di tiga Makam ini, Bupati ROR meletakkan karangan bunga dan tabur bunga, serta melakukan hening cita untuk mengenang jasa-jasa yang telah dilakukan para pendahulu sembari juga memberikan penghormatan.

“Kiranya apa yang telah dilakukan para pendahulu kita ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat Minahasa. Apa yang sudah dilakukan kiranya kita boleh lanjutkan dan kita boleh dedikasikan, dan kiranya dapat kita kita lakukan yang dapat memberi manfaat bagi rakyat di Kabupaten Minahasa,” kata Bupati ROR.

Upacara ini turut dihadiri masing-masing keluarga dari para Almarhum, jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.

Y

Share Button