Sunday, 16 December 2018

Archive for: September 2018

Eksekutif-Legislatif Minut Tandatangani APBD-Perubahan 2018

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Pihak eksekutif dalam hal ini Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan bersama pihak legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Utara tandatangani atau mensahkan ranperda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2018 dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menjadi perda lewat rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Jumat 28 September 2018.

Dalam rapat paripurna itu dipimpin ketua dewan Minut Berty Kapojos SSos didampingi wakil ketua dewan Denni Wowiling MSi. Pengesahan kedua Perda tersebut ditandai dengan penandatangan dokumen keputusan dewan oleh pihak eksekutif Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan ketua dewan Minut Berty Kapojos dan disaksikan oleh Forkopimda Minut, kepala-kepala SKPD, para anggota dewan Minut, LSM dan tamu undangan.

Bupati Vonnie Panambunan saat memberikan sambutan dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara terhadap penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi untuk rancangan peraturan daerah tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (Ranperda) tahun anggaran 2018 dan Ranperda tentang Badan Permusyawaratan Desa mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan Minahada Utara atas berbagai usaha dan kerja kerasnya dalam pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perubahan anggaran dan belanja daerah tahun anggaran 2018 dan ini harus dilaksanakan tanpa mengabaikan aturan yang berlaku agar dapat terserap dengan baik sampai dengan tahun anggaran 2018 nanti.

“Sungguh saya dapat memahami bahwa kita semua memiliki komitmen yang kuat dalam merespon berbagai penuntutan masyarakat dengan meletakkan pada tataran prosedur sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Harus diakui tidak semua dari tuntutan masyarakat ini harus terpenuhi semuanya karena terbatasnya dana. Oleh karena itu dengan mengedepankan skala prioritas dan strategis kita berusah dan tetap memperhatikan kebutuhan prioritas yang menjadi tuntutan publik. Semoga komitmen ini tetap konsisten dalam melaksanakan perubahan anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2018. "Harapan saya yang telah terbina selama ini akan terus kita tingkatkan sehingga selalu positif antara eksekutif dan legislatif sebagai wujud nyata komitmen kita dalam menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat Minahasa Utara,” kata bupati

Bupati pun mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan Minut yang telah membahas ranperda BPD dukungan legislatif terhadap pembentukan daerah tentang BPD ini menunjukkan kepekaan pimpinan anggota DPRD Kabupaten Minut dalam peraturan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai amanat undang-undang nomor enam tahun 2014 tentang Desa serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2016 tentang Badan Permusyaratan Desa.

“Ranperda tentang BPD yang telah melewati pembahasan konsultasi bersama anggota dewan Minut di Biro hukum sekretariat daerah Propinsi Sulut telah dikoreksi dan diperbaiki demi penyempurnaan pembasahan dan paripurna dalam melaksanakan nanti di desa, semoga karya legilasi dari DPRD Minut sebagai amanat dari konstitusi dan akan menjadi produk hukum di Minut untuk menjadi BPD sebagai lembaga di desa yang baik guna menunjang proses pembangunan di desa,” ucap bupati seraya menambahkan bahwa tentang penyampian tentang hukumtua dan lain-lain dari fraksi-fraksi nanti akan disampaikan secara tertulis dan terperinci.(*)

Share Button

ROR-RD Tandatangani Kerjasama Dengan BPJS Kesehatan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan BPJS Kesehatan, pada Kamis 27 September 2018 Di Gedung Wale Ne Tou Minahasa

Penandatanganan Kerja Sama ini dilakukan disela-sela pelaksanaan Rapat Kordinasi (Rakor) Pemerintahan yang dilaksanakan sejak 26 september 2018.

Dalam Sambutan Bupati ROR, mengucap syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga lewat rapat koordinasi ini boleh dapat menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi penduduk kabupaten Minahasa dalam rangka Universal Health Coverage.

Bupati ROR mengharapkan pihak BPJS Kesehatan Cabang Tondano dapat mensosialisasikan ditingkat kecamatan ataupun di Desa/Kelurahan, apa yang menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh masyarakat serta apa yang akan menjadi hak atau apa yang akan diterima masyarakat dalam kepesertaan di BPJS Kesehatan.

ROR memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Tondano atas kerja sama yang boleh terjalin ini.” Semoga kerjasama dan kesepakatan ini dapat menjadi berkat bagi rakyat Minahasa.” katanya.

“Mari kita sukseskan program-program yang mendukung pemerintah. Sehingga apabila ada keluhan dari masyarakat dapat kita tanggulangi bersama. Keluhan dapat disampaikan nanti di R3D Call Center yang akan di kembangkan menjadi R3D (Reaksi Respon Relief Daerah) Comment Center.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng SH, MSi, Para Asisten Sekdakab Minahasa, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano Doni Jembar Saefudin,S.Kom, ITIL, Para Kepala SKPD, Camat, Hukum tua, lurah serta pejabat eselon 3 dan staf pelaksana.

Y

Share Button

Sebanyak 12 Desa di Minahasa Mendapatkan Bantuan Dari Kementerian

Minahasa, Klabatnewsok.com – Sebanyak Dua Belas (12) Desa di Kabupaten Minahasa mendapatkan bantuan dari Kementerian Desa kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah ditransfer langsung ke rekening Bumdes setiap Desa.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Djefri Sumendap Sajow SH, disela sela pelaksanaan Rapat Koordinasi Pemerintahan Minahasa pada kamis 27 september 2018.

Menurut Sajow, 12 Desa yang menerima bantuan ini berdasarkan usulan yang diberikan desa bersangkutan sehingga masing masing desa mendapatkan dana sebesar 50 juta dengan total 600 juta semuanya.

” Bantuan dana ini akan digunakan sepenuhnya untuk keperluan desa lewat musyawarah oleh Bumdes sesuai dengan program yang ada didesa,” ujarnya.

Sajow juga membeberkan bahwa sesuai dengan permintaan proposal bahwa dana tersebut akan digunakan diantaranya untuk membeli alat alat Ketring, mesin foto kopi, tenda, usaha ternak, dan mesin jahit.

Selain itu, Sajow juga mengatakan pada Tahun depan ada beberapa Desa yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan untuk pembangunan dan pengembangan infrastruktur pariwisata, yang akan diberikan kepada 2 desa dan 1 kawasan pedesaan.

Dua Belas Desa yang mendapatkan bantuan ini adalah, Desa Tulap, Kapataran, Tandengan Satu, Touliang Oki, Watumea, Ranomerut, Pulutan, Tontimomor, Wolaang, Tempang, Timbukar dan Leilem.

Y

Share Button

ROR RD Naik Bendi Hari Pertama Kerja

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey MSi (RD), naik Bendi (Delman) dari Rumah Dinas pada hari pertama masuk kerja pada rabu 26 september 2018.

Kedatangan Bupati ROR dan Wabup RD, juga turut diiringi tarian kabasaran dan drumband siswa serta rombongan yang mengikuti dari belakang. Sepanjang jalan masyarakat dan siswa melihat secara langsung Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yang baru.

Setiba di kantor Bupati Minahasa dilaksanakan doa di masing-masing ruangan Bupati dan Wakil Bupati dan dilanjutkan ibadah bersama di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Ibadah bersama ini dipimpin oleh Pdt Evert Tangel STh MPdK selaku Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM juga sebagai Ketua FKUB Kabupaten Minahasa dengan mengambil perikop pembacaan Firman Tuhan dalam Mazmur 127:1-5 dan Yeremia 17:7-8.

Dalam sambutannya Bupati ROR menyampaikan puji dan syukur kepada Tuhan karna ini pertama kali boleh ada di kantor Bupati setelah melalui proses yang sangat panjang menghantarkan pada tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

“Marilah kita bersama jalankan apa yang diharapkan masyarakat dan ingatlah bahwa sekecil apapun yang kita kerjakan pasti akan memberikan manfaat. Benahi yang kurang dan yang sudah baik mari kita pertahankan dan tingkatkan,” pintanya.

Y

Share Button

Bupati ROR Minta Maaf Bagi Yang Tidak Sejalan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah Kepemimpinan Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) dan Robby Dondokambey SSi melaksanakan Rapat Koordinasi penyelenggaraan pemerintahan pada rabu 26 september 2018 bertempat di Wale Ne Tou Sasaran Tondano.

Rapat Koordinasi inipun diawali dengan laporan yang dibawakan oleh Sekretaris Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Ir Royke Roring MSi menyampaikan bahwa mengawali kepemerintahannya bahwa perlu mengetahui apa yang sudah sementara jadi Program yang akan disesuaikan dengan Visi dan Misi Pemerintahan saat ini.

” Untuk itu saya perlu mengetahui apa yang sudah dilakukan, sementara, dan apa yang akan dilakukan kedepan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah, juga Setiap Kecamatan, yang akan disesuaikan dengan apa yang kami temukan dilapangan atau laporan masyarakat,” ujarnya.

ROR juga berharap lewat Rapat Koordinasi ini maka kedepan akan dapat melakukan apa yang lebih baik lagi, dan rapat kerja ini akan dilaksanakan selama 2 hari 26-27 September 2018.

“Walaupun sudah melakukan pemaparan terkait Program pada hari pertama, pada hari kedua mohon hadir bersama, saling mendengar dan memberikan masukkan,” pintanya.

” Lewat Rapat kerja ini, Pelaksanaan Pemerintahan harus seiring dan sejalan, kalau tidak saya minta maaf, berarti kita tidak bisa kerjasama,” tegasnya.

Akhir sambutannya, Bupati ROR juga memberikan kesaksian bahwa dirinya menjadi Pimpinan Kabupaten Minahasa merupakan suatu mukjizat dari Tuhan yang Maha Kuasa, untuk itu dirinya akan melakukan apa yang terbaik untuk Rakyat Minahasa.

Kegiatan dilanjutkan dengan laporan yang dibawakan oleh setiap Asisten, SKPD/Badan dan seterusnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPD/Badan, Kepala Bagian, Camat, Hukum Tua, dan Pejabat terkait lainnya.

Y

Share Button

ROR-RD Dilantik, Kabupaten Minahasa Miliki Pemimpin Baru

Minahasa, Klabatnewsok.com – Setelah Dilantik Oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE Beretempat diruang Paripurna DPRD Provinsi Sulut, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna dalam Rangka Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut dari Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh kepada Ir Royke O Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (RD), pada selasa 25 september 2018 bertempat di Wale Ne Tou Minahasa Sasaran Tondano.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, yang dalam prakatanya bahwa kegiatan ini juga masih dalam suasana HUT Propinsi Ke-54 dengan semboyan Sulut Kerja prestasi hebat,” penghargaan yang tinggi kepada Gubernur OD atas prestasi yang telah diraih, dan untuk ke-5 kalinya Stand Kabupaten Minahasa peroleh Stand terbaik,” katanya.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Drs Jantje Sajow (JWS) dan Ivansa telah membawa minahasa lebih baik, dan lewat pemerintahan mendapatkan penghargaan. apresiasi juga kepada Penjabat Bupati Royke Mewoh kurang lebih 6 bulan telah bekerja dengan baik,” katanya lagi

Usai Paripurna pada kesempatan ini juga dilakukan Serah Terima Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, dari Ibu Grace Mewoh Pongoh kepada ibu Fenny Roring Lumanauw. Kegiatan inipun diisi dengan Tari Tarian dan Puji Pujian, kemudian dilanjutkan dengan Ibadah Syukur.

Ibadah syukur dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Dr Hein Arina MTh, yang mengambil pembacaan dalam Kidung Agung pasal 1 1-8, Dalam Khotbahnya, mengatakan bahwa Minahasa dengan Kekayaannya memiliki Cinta yang sangat besar, bukan antara lelaki dan perempuan, melainkan Budaya yang ditinggalkan bertumbuh dalam suasana mencintai sesama manusia atau saling mengasihi. diapun berharap bahwa Cinta Kasih Allah kepada manusia, yang adalah Cinta yang memiliki harga, “demikianlah untuk sesama manusia saling mengasihi.”

Sementara itu dalam Sambutan Bupati Minahahasa Ir Royke O Roring MSi, mengatakan, bahwa saat ini masih dalam suasana syukur HUT Sulut ke 54, hari ini kami boleh dilantik selaku Bupati dan Wakil Bupati oleh Gubernur Sulut atas nama Presiden RI.

” Saya mengucap syukur karna melalui karunia Tuhan, telah terpilih diakhir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Tuhan mempercayakan yang lebih besar, walaupun yang memilih tidak seratus persen, namun setelah dilantik kami milik rakyat Kabupaten Minahasa,” ujarnya.

“Karna itu saya tidak akan melihat lagi kebelakang tapi akan melihat kedepan, mengemban tugas, mengharapkan dan mendambakan kemajuan ditanah Minahasa, Marilah bersama sama menatap kedepan segala perbedaan mari kita lupakan , minahasa baru, bersinergi secara positif melakukan perubahan bersama di Minahasa,” ajaknya.

Diapun menegaskan Apa menjadi janji kampanye, akan direalisasikan secara bertahap, dan dirinyapun bertekad bahwa rakyat adalah pihak pertama untuk dilayani, karna dirinya dipilih rakyat untuk melayani.” Kami bukan apa apa tanpa rakyat, bersama rakya pasti lebih maju dan hebat,” katanya.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Sulut dan Minahasa, Jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa, Mantan Bupati mantan Penjabat Bupati, Pimpinan Agama, Tokoh Agama, Pimpinan Politik, Tokoh Politik, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Minahasa.

Advertorial

Share Button

Walikota Tomohon Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah di Jakarta

WALIKOTA Tomohon saat menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia Jakarta.(foto:ist)

Jakarta,KLABATNEWSOK.com-Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menghadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat” bertempat di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Republik Indonesia Jakarta, Kamis (20/9).
Walikota Tomohon hadir bersama para pimpinan kementerian Negara/Lembaga, Pemerintah Daerah  (Gubernur, Walikota/Bupati) seluruh Indonesia khususnya yang meraih predikat WTP dalam pengelolaan keuangan negara secara berturut-turut sejak tahun 2012 sampai tahun 2017. Untuk diketahui bahwa Kota Tomohon sampai dengan tahun 2017 telah meraih predikat WTP 5 kali secara berturut-turut.

Rapat Kerja Nasional ini dibuka oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati SE M Sc PhD.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut hasil pemeriksaan keuangan pemerintah pusat dan daerah semakin baik dan mayoritasnya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan instansinya bakal menerbitkan buku yang mendokumentasikan perjalanan neraca keuangan di Indonesia sejak 12 tahun terakhir.

Sri Mulyani meminta agar capaian pemerintah pusat dan daerah yang sudah ditetapkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk tahun anggaran 2017 tidak membuat kinerja pemerintahan dan lembaga puas diri. Capaian laporan keuangan yang mayoritas WTP ini harus menjadi motivasi bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk selalu meningkatkan kinerjanya.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak mengatakan bahwa Pemkot Tomohon akan selalu kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas untuk mewujudkan harapan-harapan Pemerintah Pusat terutama dalam pengelolaan keuangan negara.

“WTP itu bukan tujuan akhir, tapi merupakan salah satu indikator adanya upaya sungguh-sungguh dari Pemerintah untuk terus memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara sebagai fondasi kuat untuk mewujudkan mencapai Indonesia yang mandiri dan berdaya saing,” kata Eman.

Hadir juga dalam acara ini Kepala Badan Keuangan Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi dan Kabag Humas Dan Protokol Setda Kota Tomohon Michael Joseph SSTP MSi.(*)

Share Button