Friday, 17 August 2018

Archive for: May 11th, 2018

Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Minahasa Beri Bantuan Pertanian

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Pemkab Minahasa melakukan kegiatan temu teknis Gerakan Tanam Panen Brigade Alsintan, pekan lalu, bertempat di Desa Kumu, Teling, Pinasungkulan, Kecamatan Tombariri.

Gerakan tanam panen brigade alsintan ini dilakukan oleh Dinas Pertanian Provinsi dan Dispertan Minahasa sudah ke lima kalinya. Hal ini untuk menunjang percepatan pembangunan pertanian di Kabupaten Minahasa. Terutama Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) dan Luas Tambah Tanam (LTT) komoditi pertanian yang ada di Minahasa, sehingga diharapkan masyarakat dapat merasakan hasilnya. Karena otomatis menambah kapasitas produksi dan produktivitas komoditi pertanian dalam hal ini padi sawah, padi ladang, jagung, kedele, bawang merah, cabe serta ketersediaan pakan ternak lewat tanaman jagung.

Sedangkan lahan yang berhasil dibuka 100 hektar untuk di tanami padi ladang atau dikenal dengan padi Go Go.

Menurut Kepala Dinas Pertanian san Peternakan Provinsi Ir. Novly Wowiling, M.Si, dengan pencanangan ini diharapkan petani disekitarnnya bisa mulai menanam sehingga bisa berkontribusi dalam penambahan produksi terutama kesediaan beras untuk masyarakat di Minahasa.

Kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Minahasa Ir. Suhban Torar mengatakan bahwa akan dilakukan continue di kecamatan yang ada di Minahasa.

“Selain itu ada juga bantuan alat pertanian untuk menunjang para petani untuk mengelola lahan agar lebih maksimal, yakni berupa Hand Traktor, alat tanam jagung,” ungkap Torar.

Selain itu ada bantuan benih jagung bisi 222 dan benih padi ladang kepada perwakilan kelompok tani penerima, dari jagung 97 kelompok tani, padi ladang 87 kelompok tani dan Kedele 11 kelompok tani.

“Total luasan lahan adalah 600 hektar untuk daerah tanjung Teling Poopoh, Kumu, Pinasungkulan. Dan dari total potensi laham tanam di Kecamatan Tombariri ada 2680 hektar,” terangnya.

Sedangkan kelompok tani penerima bantuan padi ladang diberikan secara simbolis ke 5 kelompok tani yaitu, Anugerah Kumu, Pinaesaan Desa Pinasungkulan, Kinaris Poopoh, Takol Jaya Teling, Kongsi Indah Teling.

Dan untuk penerima Jagung, kelompok tani Mahene KumuBersatu desa Pinasungkulan, Tanjung Jaya Desa Poopoh dan Sarana Tani desa Teling.

Y

Share Button

Lepas Jalan Sehat Bersama Forkopimda, Mewoh Ingatkan Pentingnya Kesehatan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minahasa menggelar jalan sehat bersama, Jumat 11 mei 2018

Pj Bupati Royke Mewoh yang melepas peserta jalan sehat ini, dengan mengambil titik star di depan Lapangan Sam Ratulangi Tondano (lapangan God bless Minahasa) dan finish di Stadion Maesa Tondano.

Menurut Mewoh, jalan sehat kali ini dengan maksud untuk menjaga keharmonisan dan kebersamaan di dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) sehingga terjalin hubungan baik.

“Mari jaga kesehatan kita lewat jalan sehat bersama Forkopimda serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di kabupaten Minahasa. Saya berharap dengan kegiatan jalan sehat ini boleh bermanfaat bagi kita semua. Agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik, dan juga lewat jalan sehat ini boleh terjalin hubungan yang baik dan harmonis di antara Forkompinda maupun di antara ASN,” kata Mewoh.

Ia juga berharap agar masyarakat Minahasa selalu mengedepankan kesehatan di atas segala-galanya.

“Karena jika kita tidak sehat tentu kita tidak bisa bekerja dengan baik, tidak bisa melaksanakan aktivitas dengan baik. Tetapi jika kita tetap menjaga kesehatan itu dengan baik, apa saja yang kita kerjakan pasti bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Forkopimda Ikut serta dalam jalan sehat ini Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, SIK, kepala kejaksaan Negeri Tondano Saptana Setyabudi, SH, MH, Ketua DPRD Minahasa Stemy James Rawung SH, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng, SH, M.Si, Kepala Lapas Tondano Teguh Imanto, seluruh kepala SKPD dan para ASN

Y

Share Button