Friday, 17 August 2018

Archive for: May 8th, 2018

Nasdem Minut Pleno Bacaleg 2019

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menunjukkan keseriusan dalam menghadapi pemilihan calon anggota legislatif tahun 2019. Selasa (8/5) di Sekretariat Nasdem Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi, pengurus DPD Partai Nasdem Minut mengambil langkah maju dengan menggelar rapat pleno penutupan pendaftaran bakal calon (Balon) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Minut.

Beberapa tokoh penting Minut terlihat dalam acara pleno penetapan balon dari partai yang sedang menanjak popularitasnya semenjak Vonnie Anneke Panambunan dan Ir Joppi Lengkong menyatakan bergabung dengan partai ini.

Tercatat tokoh Minut Seperti William Luntungan Ketua LSM Gebrak, Hukum Tua Desa Kaima, Daniel (Bos Kid) Rumumpe (Wakil Ketua DPW Nasdem Sulut), Decky Senduk, Herman Papia, Winovel Lotulong, Jane Waturandang merapat dan mendaftarkan diri untuk menjadi bakal caleg dari Partai Nasdem Minut tahun 2019.

Rapat pleno pendaftaran dan penetapan ini dibuka oleh ketua DPD Partai Nasdem Minut Fredriek Runtuwene didampingi oleh Sekretaris Donald Tompodung, Bendahara Merry Posumah. Hadir juga Wakil Ketua OKK DPW Partai Nasdem Peggy Rumambi, Ketua Bapilu DPW Partai Nasdem Winovel Lotulong dan Wakil Ketua DPW Daniel Rumumpe.

Menurut Ketua DPD Nasdem Minut Fredriek Runtuwene, sesuai dengan data di sekretariat DPD sejumlah bacaleg yang mendaftar ini, untuk DPR RI 1 orang atas nama Jefry Wurangian , DPRD Provinsi 6 orang terdiri dari William Luntungan, Decky Senduk, Jhoni Panambunan, Farly Dengah, Donald Tompodung dan Mecky Mambu. Sedangkan DPR Kabupaten sebanyak 33 bacaleg, masing-masin dapil I 12 bacaleg,dapil II 4 bacaleg, dapil III 10 bacaleg dan dapil IV 7 bacaleg.

“Hasil pleno pada saat ini akan dibawa ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Sulut. Sementara itu untuk agenda penting yang akan dilaksanakan oleh DPW pada Rabu (9/5) adalah pleno tingkat provinsi yang wajib diikuti oleh bacaleg, kemudian 10 Mei akan digelar penjelasan hasil survey,” terang Runtuwene.

Ketua OKK Peggy Rumambi mengatakan, sesuai aturan harus mendaftar di DPD masing-masing dan semua akan diseleksi. “Menurut laporan DPD Minut menargetkan 6 kursi di DPRD Minut atau meraup satu fraksi. Bahkan kalau memungkinkan membidik kursi pimpinan dewan,” ujar Rumambi.

Terpisah Ketua Bapilu Nasdem Winovel Lotulong SSos mengungkapkan, pendaftaran bagi caleg ini ditutup sampai dengan jam 23.55.

“Pendaftaran hanya sampai dengan hari ini, karena besok akan digelar pleno di tingkat provinsi, kader partai hanya 30 persen, sedangkan sisanya adalah dari partai lain maupun dari pihak independen,” ujar Lotulong.(*)

Nama Caleg DPRD Kabupaten Minut Partai Nasdem Dapil 1 Airmadidi – Kalawat
1. Fredriek Runtuwene.
2. Jotman Nalang.
3. Ronald Malingkonor
4. Peggy Rumambi.
5. Effendy Moha.
6. Johanes Kalesaran.
7. Mariane Lengkong.
8. Frangky Tambuwun.
9. Sandra Ticoalu.
10. Christien Wenas.
11. Winovel Lotulong.

Dapil 2 Kecamatan Dimembe-Likupang Selatan-Talawaan
1. Herman Sompie.
2. Rosita Manua.
3. Yosephin Panambunan.
4. Susan Katuuk.

Dapil 3 Likupang Barat-Likupang Timur-Wori
1. Decky Kandale.
2. Greisye Antonie.
3. Daniel M Rumumpe
4. Fecky W
5. Roring Kamuh.
6. Wismanto Marasi.
7. Wolter Bawekes.
8. Herman Papia.
9. Cheni S
10. Meita Lantang.

Dapil 4 Kauditan-Kema.
1. Nicolas Pusung.
2. Fransiscus Rorah.
3. Deisy Maniku.
4. Royke Dirk.
5. Meidy Kumaseh.
6. Marthen Taroreh
7. Lukman Alweni.
Sumber : Sekretariat DPD Partai Nasdem Minut.

Share Button

KPU Sasar Pemilih Perempuan, Tinangon: Perempuan Minahasa punya peran sentral dalam Politik

Minahasa, Klabatnewsok.com – Geliat KPU Minahasa dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terus bergulir. Strategi segmentasi target group dalam sosialisasi Pilkada menjadi rujukan. Setelah sebelumnya fokus pada ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemilih pemula, kali ini segmen penting yang disasar KPU minahasa adalah Pemilih Perempuan.

Terupdate, sosialisasi Pemilih perempuan digelar di Kecamatan Remboken, Senin (7/5).Ketua KPU minahasa, Meidy Tinangon sekaligus Korwil II, menjelaskan bahwa sosialisasi untuk pemilih perempuan di wilayah II telah digelar sebelumnya di kecamatan Tondano Selatan, Tondano Utara dan Tondano Barat.

Di Remboken, Tinangon dalam penyampaian materi menyinggung peran vital perempuan Minahasa dalam dunia politik.

“Laki-laki dan perempuan sama kedudukan serta hak dan kewajiban dalam politik termasuk dalam hajatan Pilkada, ” ungkap Tinangon.

“Sejak dulu perempuan Minahasa telah menunjukan peran yang besar dalam memimpin atau menentukan pemimpin, ” ungkap Tinangon sambil mencontohkan tokoh Maria Walanda Maramis pejuang keterwakilan perempuan di lembaga legislatif, Minahasa Raad atau Dewan Minahasa di era kolonial.

“Kita berharap peran perempuan dalam Pilkada 2018 juga akan makin signifikan. Sekalipun tak ada perempuan sebagai calon tetapi pemilih perempuan harus tampil sebagai motor dalam mewujudkan pilkada yang kredibel dan aman.

“Selain menggunakan hal pilih, pilihan peran lainnya bagi perempuan adalah dengan menjadi penyelenggara Pemilu, menjadi pengawas atau pemantau ataupun juga turut memainkan peran sebagai insan peneduh dan pembawa suasana damai di masa Pilkada yg dimulai dari relasi dan komunikasi ibu dengan suami dan anak-anak, ” ungkap Tinangon.

Y

Share Button

Hadiri Hut Ke 161 Desa Makalisung, Mewoh Ingatkan Hal Penting ini

Minahasa, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA menghadiri ibadah Syukur Hari Ulang Tahun ke 161 Desa Makalisung Kecamatan Kombi, pada Selasa 08 Mei 2018 di pantai Ratu Makalisung.

Hadir mendampingi Pj Bupati Minahasa Drs.Royke H Mewoh DEA, Camat Kombi Dra.Meita Aguw, Kepala Bagian Humas dan Protokol Drs.Moudy Pangerapan MAP, danramil kombi, serta masyarakat desa makalisung.

Acara ini dibuka dengan penyampaian sejarah desa makalisung oleh hukum tua desa makalisung Piet Senduk S.Pak. ibadah dipimpin oleh Pdt.Petrus Santi selaku Ketua BPMJ GMIM Pniel Makalisung, dengan pembacaan Alkitab Nehemia 2:1-10.

Sambutan Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, menyampaikan ucapan selamat kepada segenap masyarakat desa makalisung kecamatan kombi atas peringatan hari ulang tahun desa ke 161.

“semoga momentum peringatan ulang tahun desa tahun ini akan semakin memantapkan semangat dan tekad segenap komponen masyarakat desa makalisung untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan desa, termasuk membina kebersamaan dan sinergitas yang positif antara pemerintah dan masyarakat bagi kemajuan dan kesejahteraan desa yang pada gilirannya akan menjadi kontribusi positif dan bermakna bagi pembangunan di minahasa tercinta.

Mewoh juga menyampaikan bahwa di tengah-tengah suasana syukur peringatan hut ke 161 desa makalisung saat ini, maka sejalan dengan seruan gerakan nasional kerja nyata yang ditindaklanjuti oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara melalui gerakan ODSK maka beliau mengajak kepada seluruh pemerintah desa dan masyarakat yang ada untuk meningkatkan semangat dan etos kerja dalam rangka perbaikan ekonomi keluarga. Serta dalam pembangunan infrastruktur di desa libatkan masyarakat desa setempat untuk meningkatkan SDM.

Share Button

DPRD Minut Gelar Paripurna Istimewa LKPJ Bupati tahun 2017

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-DPRD Kabupaten Minahasa Utara menggelar paripurna istimewa rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2017. Senin 7 Mei 2018, dipimpin Ketua DPRD Berty Kapojos SSos.

Saat membacakan rekomendasi panja, Ketua Panja LPJ Denny Sompie SE mengatakan setelah melewati pembahasan oleh anggota panja, pihak memberikan beberapa catatan terhadap LKPJ Bupati tahun 2017. Panja menilai beberapa sektor tak berjalan efektif pada tahun tersebut. Di satu sisi banyak pula sejumlah capaian yang telah berhasil ditorehkan bupati.

“Ada beberapa SKPD tak berhasil menerima dana alokasi khusus (DAK) lantaran laporannya tidak dibuat dan waktu yang telah ditentukan telah melewati batas. Seperti di Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Pemukiman. Di sisi lain juga penyerapan pajak yang belum maksimal pada tahun itu. Sehingga itu DPRD mendorong agar lebih ditekankan pada sektor pajak,” kata Sompie.(*)

Share Button