Saturday, 24 August 2019

Archive for: May 2018

Dinas Kearsipan Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com- Dinas Kearsipan Minahasa Utara menggelar lomba bercerita siswa tingkat SD/MI MADRASAH Kabupaten Minahasa Utara, kantor Bappelitbang Rabu 30 Mei 2018.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh Dinas Kearsipan Minahasa Utara bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara ini bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca dan menggali minat baca terutama untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten lll kabupaten Minut dr Jane Simons dan di pandu oleh kepala dinas Kearsipan Minut Drs Sinpersli M Tapada MSc, beserta dewan juri yang berasal dari dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Kearsipan Minut.

Kepala Dinas Kearsipan Minut Drs Sinpersli M Tapada mengatakan Lomba ini bertujuan untuk membangkitkan minat baca para siswa serta untuk memperkenalkan cerita rakyat khususnya di Minahasa Utara. “Agar budaya dan cerita rakyat tetap dilestarikan disetiap generasi dan budaya membaca terus membudaya untuk kita dan untuk generasi berikutnya,” jelas Tapada.

Lomba di ikuti oleh 12 peserta yaitu dari SD Inpres Sawangan, SD Gmim 51 Paniki Atas, SD MIS Kalawat, SDN Airmadidi, SDN Tatelu, SDN Matungkas, SDN Kaasar, SD Tatelu Rondor, SD Inpres Sawangan, SD Inpres Matungkas dan SDN Kolongan.

Persyaratan lomba ini adalah siswa kelas 3-5 yang berasal dari sekolah yang punya perpustakaan yang dikelola dengan baik dan siswa mampu menceritakan cerita rakyat Minahasa Utara dengan baik, lancar, jelas dan menarik.
Pemenang lomba akan diberikan hadiah :
1.Juara 1 Tropi dan uang tunai 1 juta rupiah.
2.Juara ll Tropi dan uang tunai 750 ribu rupiah.
3.Juara lll Tropi dan uang tunai 500 ribu rupiah.

Dan siswa yang berhasil menang lomba adalah:
Juara 1 SDN Kaasar oleh Jimmi Sangian.
Juara ll SD Inpres Karegesan oleh Mentari Manorek.
Juara lll SD Inpres karegesan oleh Monalisa Umboh.(sem)

Share

Mewoh Pimpin Rapat Sambut Hari Lahir Pancasila dan Launching Buku OD

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Rapat Pemantapan Hari Lahir Pancasila, serta Festival Pagelaran Seni dan Budaya Minahasa serta Launching Buku Gubernur Sulawesi Utara, pada Rabu, 30 Mei 2018
Di Ruang Matana Tasik Ria Resort.

Dihadiri Pj. Bupati Minahasa Drs. Royke H. Mewoh, DEA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr. Denny Mangala MSi, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Minahasa ini membahas tentang Pemantapan Kegiatan yang akan digelar pada tanggal 1 Juni 2018 mendatang.

Bupati menyampaikan untuk mempersiapkan kegiatan ini dengan baik berkaitan dengan tupoksi masing-masing agar persiapan benar-benar matang.

Melihat mulai dari segi teknis, mengingat karena ini merupakan bulan puasa dan akan hadir banyak pejabat dan tamu yang beragama muslim maka akan disediakan konsumsi untuk berbuka puasa serta tempat untuk sholat.

Y

Share

Debat Publik Pilkada Minahasa Tahap Dua Berlangsung Sukses

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pelaksanaan Debat Publik Pasangan Calon dan Wakil Bupati Minahasa Periode 2018-2023 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa berlangsung meriah bertempat di Hotel Mercure Tateli Kecamatan Mandolang Minahasa.

Si Payangka Yang Kredibel dan Aman, Pilkada Minahasa 2018 kembali melaksanakan tahapan Pilkada, yakni Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018-2023 yang kedua.

Kegiatan pun diawali dengan ucapan selamat datang oleh Komisioner KPU Dicky Paseki SH MH,” selamat datang harapan kami, semua yang hadir dapat mengikuti pelaksanaan sehingga semuanya dapat terlaksana dengan baik,” selamat mengikuti,” katanya.

Diapun mengatakan bahwa saat ini Komisioner KPU Minahasa tinggal empat (4) orang, karna Ketua KPU Minahasa Meidy Y Tinangon sudah naik kelas, atau sudah menjadi Komisioner KPU Provinsi Sulut, dan saat ini juga berhalangan hadir Komisioner KPU Minahasa Kristofirus Ngantung karna ada kedukaan sepeninggal Ayahanda.

Dalam sambutannya Ketua KPU Minahasa Dra Wiesje Wilar MSi, mengatakan, patutlah mengucap syukur sehingga bisa menggelar kegiatan ini,” marilah segenap masyarakat Minahasa menyukseskan Pilkada Minahasa yang kredibel dan aman, dan jangan lupa datang di TPS pada 27 juni nanti.” Katanya.

Wiesje Wilar juga mengatakan bahwa Tema Sebat saat ini adalah, ” Sinergitas Perencanaan Pembangunan Minahasa Dalam Perspektif Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Dan Upaya Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia Konsepsi Sinergi Pembangunan Kemajemukan Budaya Dan Hubungan Antar Umat Beragama”.

Kegiatan inipun dipandu oleh Moderator Diane M A Kuntag Presenter Kompas TV Manado, dan selaku Panelis mantan Ketua KPU Sulawesi Utara Livie Allow SSos MSi, yang juga Konsultan Komunikasi Politik Independen, Rektor Universitas Katolik De L Salle Manado juga Guru Besar Filsafat STF Seminari Pineleng Prof Dr Johanis Ohoitimur dan Dosen Institute Agama Islam Negeri Manado Dr Delmus Puneri Salim PhD.

Pada kesempatan ini Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa nomor urut 1, Ivan S J Sarundajang dan Careig Naichel Runtu, serta Nomor Urut 2, Royke Roring dan Robby Dondokambey diberikan pertanyaan tentang tema terkait dipaparkan sesuai dengan Visi dan Misi masing masing Calon.

Selain itu, pada debat publik ini para Calon diberikan kesempatan Pemaparan Visi dan Misi, kepada kedua pasangan Calon, diantaranya tentang kebijakan searah Pemerintah pusat dan daerah yang lebih spesifik.

Yang lebih menarik para Calon diberikan pertanyaan tentang Sinergitas pembangunan dalam memperkokoh NKRI, Budaya dan Program terkait dengan menangkal radikalisme, agar tidak terjadi terorisme, karna di Minahasa terkenal dengan toleransi antar umat beragama.

Dimana pertanyaan ini, dijawab hampir serupa bahwa akan dilakukan pendekatan kepada Tokoh-Tokoh Agama, agar tidak terjadi gesekan ataupun terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Usai pelaksanaan Debat, Komisioner KPU Lord Arthur Malonda, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, sehingga diapun berharap pada pelaksanaan Debat Publik yang ketiga kalinya akan berlangsung semakin baik untuk suksenya Pilkada Minahasa.

Hadir dalam Debat Publik Kandidat ini, Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, Forkopimda, Panwas Minahasa, Jajaran Pejabat Minahasa, Sekretaris KPU Dr Meidy Malonda, para Tim Pemenangan kedua Pasangan Calon, dan Pihak TNI/Polri yang ikut mengamankan kegiatan ini, serta disiarkan langsung oleh TVRI dan RRI Sulut.

Advertorial

Share

Safari Ramadhan, Bupati Mewoh Ingatkan Untuk Waspada Bahaya Yang Mengancam Kebersamaan

Pineleng, Klabatnewsok.com – Pemerintah kabupaten Minahasa melaksanakan Safari Ramadhan di Desa Sea kecamatan Pineleng pada
Senin, 28 Mei 2018 Di Masjid Nurut Taqwa desa Sea

Hadir dalam Safari Ramadhan ini Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh, DEA, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng SH MSi, Camat Pineleng Drs Jonly Wua MM, Jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa, Forkopimka pineleng, tokoh agama, tokoh masyarakat serta umat muslim yang ada di kecamatan pineleng.

” Atas nama pemerintah dan masyarakat minahasa serta atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa 1439H tahun 2018 kepada Umat muslim di kecamatan pineleng.” Katanya.

Ramadhan membuka ruang yang sangat luas pada setiap individu untuk meningkatkan kualitas ibadahnya. “Jagalah kerukunan yang sudah kita bina selama ini sambil tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan kita,” ujarnya.

Melalui kesempatan ini Bupati Mewoh memberikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan buka puasa bersama ini.” Bagi saya merupakan bagian dari kebersamaan dan solidaritas kita sebagai bagian dari masyarakat minahasa untuk saling menopang, saling mendukung, serta saling memotivasi dalam melaksanakan ritual-ritual keagamaan yang menjadi kewajiban dari setiap umat beragama.” Katanya lagi.

Pada kegiatan ini pemerintah kabupaten Minahasa menyerahkan bantuan kepada jemaah yang ada di masjid nurut taqwa sea, masjid alrasyd sea 1, dan masjid asyabirin sea Tumpengan.

Y

Share

Bupati Mewoh Serahkan SK Guru Honorer Kecamatan Tombulu, Pineleng dan Mandolang

Minahasa, Klabatnewsok.com – Kunjungan Kerja Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke H. Mewoh DEA di Kecamatan Tombulu, dirangkaikan dengan penyerahan SK Guru Tidak Tetap/Honorer di kecamatan Tombulu, Pineleng dan Mandolang pada
Senin, 28 Mei 2018 di Gedung serba guna desa Rumengkor

Mendampingi Penjabat Bupati Minahasa Drs. Royke H Mewoh DEA, Kepala Dinas Pendidikan Dr Arody Tangkere MAP, Camat Tombulu Soni Saina SH, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, Hukum tua se Kec. Tombulu, perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Guru- Guru.

Sambutan Penjabat Bupati mengucapkan banyak selamat dan selamat bekerja kepada guru-guru honorer, Dia mengharapkan kiranya guru-guru honorer dapat meningkatkan lagi kinerjanya.

kunjungan kerja ini merupakan kunjungan pertama penjabat bupati di kecamatan Tombulu.” Merupakan suatu kewajiban seorang pemimpin untuk mengadakan kunjungan kerja dilapangan. Maksud dan tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk melihat perkembangan yang terjadi di kecamatan Tombulu,” kata Mewoh.

Menurutnya Pemerintah desa merupakan pemerintah yang paling dibawah tetapi paling terdepan karena berhadapan langsung dengan masyarakat. Diapun berharap pemerintah desa dapat memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat serta kiranya program-program pembangunan desa harus melibatkan masyarakat setempat.

“Dalam waktu dekat akan dibuat Pasar Desa. Untuk itu
Harus ada sinergritas antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten agar pembangunan dapat dijalankan dengan baik.” Ujarnya.

Dalam akhir sambutannya Bupati Mewoh mengajak semua bekerja bersama untuk memajukan program-program pemerintah kabupaten Minahasa terlebih khusus pembangunan di kecamatan Tombulu.

Dalam kegiatan ini Bupati menyerahkan SK guru tidak tetap/honorer sebanyak 265 orang.

Y

Share

Dibuka Gubernur OD, HAPSA dan POR P/KB Sinode GMIM Bergulir

Minahasa, Klabatnewsok.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE Membuka Pelaksanan HAPSA dan POR P/KB Sinode GMIM pada jumat 25 Mei bertempat di Ex Pacuan Kuda Tountimomor Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa.

Hadir mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Pnt. Drs. Steven Kandouw yang juga selaku Ketua Umum Panitia, Penjabat Bupati minahasa Drs. Royke H Mewoh DEA, juga selaku Ketua Harian Panitia, Walikota Manado Pnt. Dr. Ir. Vicky Lumentut SH MSi DEA yang juga Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM, Ketua Sinode GMIM Pdt. Dr. Hein Arina, mantan Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Stevanus Liow, Mantan Ketua P/KB Ir Royke Roring serta para Komisi P/KB Sinode GMIM, diantaranya Mantan Sekretaris Pnt Herwin Malonda (Ketua BAWASLU SULUT), Pnt Frangky Wongkar, wakil bupati minahasa utara Pnt.Yoppy Lengkong, beberapa anggota komisi, tamu undangan lainnya serta seluruh Pria Kaum Bapa Se-Sinode GMIM.

Diawali dengan Ibadah yang dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina Dalam Khotbahnya mengajak warga P/KB GMIM untuk tetap bersemangat, terus berjuang dan berusaha demi kelangsungan hidup keluarga, maupun aktivitasnya dalam pelayanan berjemaat dan bermasyarakat.

Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Pnt Vicky Lumentut dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada usaha panitia yang selama ini telah mempersiapkan segala sesuatu untuk lancarnya sejumlah kegiatan lomba.

“Kiranya kedepan, dengan sinergitas bersama pihak pemerintah, kegiatan ini makin digemari, sebagaimana tujuan dari kegiatan ini yakni guna menciptakan warga gereja yang sehat dan menjunjung tinggi nilai sportifitas, dan rasa kebersamaan dalam pelayanan,” katanya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada P/KB GMIM dalam pelaksanaan kegiatan olahraga ini.

“Diketahui sejauh ini P/KB GMIM memiliki atlit yang berprestasi, yang bisa mengharumkan nama Provinsi Sulut di tingkat Nasional. Melalui kegiatan olahraga seperti ini, kiranya makin memupuk persatuan ditengah warga P/KB GMIM,” katanya Sembari mengharapkan dukungan maupun kontribusi warga P/KB dalam pelaksanaan program pemerintah provinsi sulawesi Utara.

Ketua Panitia HAPSA dan POR P/KB Sinode GMIM Tahun 2018, Pnt Steven Kandouw menyatakan syukur dan kebanggaannya atas antusias jemaat yang ikut mengambil bagian dalam keikutsertaan di setiap lomba.

Melalui laporan panitia, Pnt Steven Kandouw menyampaikan bahwa sejumlah kegiatan lomba, lokasi pelaksanaannya terbagi di beberapa jemaat yang ada di wilayah Kakas Raya sebagai tuan rumah.

Usai ibadah pembukaan, langsung dilaksanakan kegiatan lomba Jalan Cepat, yang di lepas oleh Wakil Gubernur Sulut Steteven Kandouw dan di lanjutkan dengan Beberapa lomba lain dan tempat pelaksanaan,yang berbeda di wilayah kakas Raya.

Y

Share

Helly : Sekolah Adalah Pendamping, Pengawasan di Keluarga

Minahasa, Klabatnewsok.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Helly Grace Pongoh SE membuka Gebyar anak usia dini dalam rangka HUT Sekolah Upus Ni Mama pada
Jumat 25 Mei 2018 Bertempat di BPU Tondano.

Dalam sambutannya Helly Grace Pongoh SE mengharapkan agar kegiatan ini dapat memperat kedekatan antara anak dan orang tua, terutama dalam masa pertumbuhan di usia emas anak anak yang masih banyak membutuhkan perhatian dan kasih sayang orang tua.

Sekolah hanya sebagai pendamping tetapi pengawasan yang sebenarnya dimulai dari keluarga. Dalam kegiatan ini dibuat lomba-lomba seperti lomba mewarnai, lomba lari balok, lomba mengisi paku dalam botol, lomba bintang vokalia, lomba fashion show untuk anak anak paud.

Dihadiri oleh seluruh paud se-Kabupaten minahasa.

Y

Share