Thursday, 19 September 2019

Archive for: April 23rd, 2018

Pemkab Minut Gelar Lomba Paduan Suara dalam Rangka Perayaan Paskah

Airmadidi,KLABATNEWOK.com-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar lomba Paduan Suara antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dalam rangka perayaan Paskah dibuka oleh bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan yang digelar di pendopo Pemkab Minut, Senin 23 April 2018.

Bupati Minut pada kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar meskipun cuaca tidak mendukung karena diguyur hujan deras. “Saya yakin kegiatan ini tidak akan terganggu dengan kondisi cuaca hujan. Saya pun yakin jika semua peserta bisa membawakan lagu rohani dengan bagus karena lidah diciptakan untuk memuji nama Tuhan,” jelas Bupati.

Sebanyak 53 peserta paduan suara yang dibagi masing-masing untuk hari pertama ada 25 peserta dan untuk hari kedua, Selasa 24 April 2018, sebanyak 28 peserta. Juri dalam kegiatan lomba paduan suara itu yakni Ir Wangke Karundeng, James B Dalige dan Drs Joppi Sajow.(*)

Share

Polres Minut Gelar Sertijab

Kapolres Minut saat menanggalkan dan menyematkan tanda jabatan bagi pejabat yang baru.

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Polres Minahasa Utara (Minut) menggelar upacara penyerahan jabatan Wakapolres dan serah terima jabatan Kabag Ops dan Kasat Narkoba.

Jabatan Wakapolres Minut dari Kompol Dewa Made Palguna SIK MH diserahkan kepada Kompol Moh. S Manoarfa S.Sos, selanjutnya Palguna ditugaskan belajar pada Diksespim Polri. Sementara jabatan Kabag Ops diserahterimakan dari Kompol Farly Astevanus Rewur SH MM kepada Kompol Aidit Djafar SH MH, Rewur ditugaskan dalam jabatan yang sama di Polresta Manado. Sedangkan jabatan Kasat Narkoba dari AKP Noldi Harimu S.Pd kepada AKP Eddy Saputra. Upacara ini dilaksanakan menyusul Surat Keputusan(skep)Kapolda Sulut Irjenpol Drs Bambang Waskito nomor 77/IV/2018 tanggal 14 April 2018 tanggal tentang pemberhentian dan pengangkatan perwira Polri dilingkungan Polda Sulawesi Utara.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael SIK MH di lapangan Sanika Satyawada Senin (23/4). Dalam amanatnya Kapolres Minut mengatakan, pergantian pejabat adalah hal yang biasa, bahwa rotasi dilingkungan Polri harus tetap dilaksanakan, ini menunjukan dinamika organisasi dan sekaligus merupakan bentuk reward dan punishmen pimpinan Polri kepada pejabat yang berprestasi. Ini juga adalah bagian dari tour of duty bagi personil Polri.

“Saya atas nama pimpinan Polres Minut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pejabat lama atas segala sumbangsih, dedikasi dan, loyalitas dan pengabdian yang sudah ditunjukan. Apa yang telaj saudara lakukan dapat dilaksanakan dengan baik dan itu berkontribusi terhadap situasi Kamtibmas yang aman kondusif. Disampaikan juga terima kasih kepada ibu-ibu bayangkhari yang sudah ikut membntu suami selama ini,” ujar Kapolres.
Kapolrespun memberikan gambaran kondisi Minut yang strategis karena diapit dua kota besar Manado dan Bitung kepada tiga pejabat yang baru.

“Tentunya dalam kajian keamanan, gangguan kamtibmas sangat kompleks, sehingga perlu mendapat perhatian serius untuk mempelajari karakteristik wilayah sehingga kita dapat menentukan pola-pola dan strategi untuk kita berupaya membantu pimpinan dalam mewujudkan wilayah yang aman, tertib, terkendali dan kondusif,”
Para pejabat baru ini didampingi oleh Rohaniwan mengucapkan sumpah dan janji jabatan, sedangkan Kapolres AKBP Alfaris Patiwael SIK MH menanggalkan dan menyematkan tanda jabatan kepada pejabat yang baru. Upacara penyerahan jabatan dan sertijab ini diikuti oleh seluruh satuan yang ada di Polres, yakni Reskrim, Intelkam, Lantas dan Shabara serta seluruh jajaran pejabat utama serta para Kapolsek. (*)

Share

Bupati Minut Membuka UNBK di SMPN I Airmadidi

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) didampingi Kapolres AKBP Alfris Patiwael SIK MH dan Sekdakab Ir Jemmy H Kuhu secara resmi membuka pelaksanaan UNBK di Kabupaten Minahasa Utara.

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan didampingi Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael dan Sekdakab Minut Ir Jemmy H Kuhu resmi membuka pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri I Airmadidi, Senin 23 April 2018.

Bupati Minut bersama Kapolres dan pejabat eselon II lainnya langsung menuju ke ruangan tempat pelaksanaan UNBK yang dibagi 3 ruangan. Namun sayangnya saat hendak melakukan input token agar tersambung dengan server pusat layanan UNBK, terjadi kendala jaringan yang tidak bisa terbuka. Meski demikian Bupati Vonnie Panambunan tetap memberi support dan semangat kepada peserta yang telah siap di depan komputer dan laptop-nya.

“Anak-anak sudah berdoa kan? Saya percaya anak-anak sudah siap, karena anak-anak di Minut hebat-hebat,” kata Bupati Panambunan kepada siswa-siswa peserta ujian, yang mengaku untuk mengikuti UNBK ini mereka telah tiga kali mengikuti simulasi.

Usai memberikan semangat pada anak-anak peserta UNBK Bupati VAP dan rombongan yang terdiri dari Asisten II Drs Alan Mingkid, Kaban Bapelitbang Arnolus Wolajan SSTP, Kadis Capilduk Susana Katuuk, Sekretaris Diknas Olfy Kalengkongan S.Pd MMPd meninjau dua ruangan lainnya yang digunakan peserta.
Server layanan UNBK kemudian baru bisa terbuka pada pukul 10.00 Wita setelah Bupati dan rombongan meninggalkan lokasi ujian.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sofitje Wolajan SE MM mengatakan untuk Minut sebanyak 11 SMP/MTS melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta 822 siswa. Kemudiaan yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) ada 62 SMP/MTS dngan peserta 2558 siswa siswi.

“Untuk UNBK dimulai pada pukul 07.30 wita, sementara untuk UNKP pada pukul 11.00 Wita. Memang ada sedikit kendala terkait jaringan unuk koneksitas ke pusat layanan, namun hal itu dapat diatasi kemudian. Hal inipun dibenarkan oleh petugas yang ada,” jelas Wolajan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMPN I Airmadidi Frederika Tasiam S.Pd STh di mana semua perangkat jaringan serta komputer yang telah disiapkan tidak bermasalah.

“Sebelumnya server UNBK pusat yang tidak bisa diakses, dan hal ini bukan hanya terjadi di sini, tetapi juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Tapi pada pukul 10.00 akhirnya bisa berjalan lancar. UNBK ini dibagi dalam 3 sesion yang dilaksanakan sampai dengan pukul 16.00, mudah-mudahan besok dan seterusnya kami bisa memulai tepat waktu, yaitu pukul 7.30,” jelas Tasiam.

Sementara itu terpisah pada pukul 11.00 wita, Bupati VAP yang diwakili oleh Staf Ahli Berty Ngangi yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sofitje Wolajan dan Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Olfi Kalengkongan S.Pd MMPd secara simbolis juga resmi membuka UNKP Minut di SMPN I Kolongan Kalawat.

“Saya harapkan anak-anak peserta UNKP ini tidak grogi dalam mengisi soal, kerjakan yang mudah dulu dan sebelumnya berdoa dulu,” pesan Ngangi yang didampingi Kadis serta Kepsek SMPN I Kolongan Kalawat Sherly Dayoh M.Pd.
Baik UNBK dan UNKP yang dilaksanakan serentak yang akan berlangsung sampai Kamis dengan jadwal.(*)

Share

Bupati Mewoh Hadiri Pembukaan Dikmata TNI AD

Tondano, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA menghadiri Upacara Pembukaan Dikmata TNI AD Gelombang 1 Tahun Anggaran 2018, pada senin 23 april bertempat di Makorindam XIII Merdeka Tomohon.

bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pangdam XIII/merdeka Mayjen TNI Madsuni, sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Dan Secata Letkol Inf Dicky Rony Wenas, sementara itu yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Mayor Inf Wilmar Saragih.

Dalam kesempatan kali ini Pangdam XIII/merdeka Mayjen TNI Madsuni selaku Panglima Kodam menyampaikan selamat kepada 183 Prajurit Siswa yang telah dinyatakan lulus mengikuti seleksi Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental Idiologi dan Fisikologi.

” Disini kalian akan didik untuk mengubah cara pikir, bersikap dan bertingkah laku yang semula rakyat sipil menjadi seorang Prajurit TNI-AD yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik prima,” ungkap Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, para prajurit diminta Laksanakan perintah dan Instruksi para pelatih dengan sebaik baiknya, dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab sebagai seorang Prajurit Siswa TNI-AD

“Saya berharap kalian semua dapat mengikuti seluruh tahapan materi pendidikan dengan disiplin yang tinggi, yang senantiasa konsisten mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI, sebagai landasan pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” tegasnya.

Di akhir sambutannya Pangdam menyampaikan pesan kepada Danrindam XIII/Merdeka Kolenel Inf Aminton Manurung, “Kepada Danrindam, saya percayakan Prajurit Siswa Dikmata TNI-AD Gel-l tahun 2018 ini, untuk dididik, dilatih dan dibentuk menjadi Prajurit AD yang bermoral handal dan berkualitas yang mampu menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” tutupnya.

Turut hadir dalam Upacara kali ini antara lain, Danrem 131/stg Brigjen TNI Josebh Robert Giri, para Staf ahli , para Asisten, para Kabalag Kodam XIII/merdeka, Plt Bupati Minahasa Royke Mewoh, Wakil Walikota Tomohon Adelin Sompotan, Kajari Tomohon Edy Winarko SH, MH, Danrindam XIII/merdeka Kolonel Inf Aminton Manurung, Dandim 1302/min Letkol Inf Juberth Nixon Purnama S.Th, Dandim 1309/manado Letkol Inf Ari Haryanto, Pabung Tomohon Mayor Inf Feky

Y

Share

Bupati Mewoh Pantau UNBK, Jaringan Internet Jadi Kendala

Tondano, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, Memantau Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tondano pada senin 23 april 2018.

Saat melakukan pemantauan Bupati Mewoh melihat ada kendala dalam pelaksanaan Ujian ini, yaitu, jaringan yang digunakan lambat atau lalod, sehingga pengerjaan ujian sedikit terganggu.

” Kami sangat berharap Peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini telkomsel ataupun pihak swasta lainnya yang bergerak dalam jaringan online, agar dapat memperhatikan ketersediaan jaringan internet, agar pelaksanaan UNBK dapat berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Diapun mengatakan banyak faktor yang mungkin menjadi penyebab, seperti faktor tower, sehingga signal menjadi lambat atau lama loading (lalod).

” Kami disini Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, tapi kalau jaringan lambat pasti akan ada kendala khususnya yang berbasis IT, saya rasa SDM tidak bermasalah tapi perangkat penunjang yang perlu ada perhatian,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, melakukan pemantauan pelaksanaan UNKP di SMPN 1 Tondano, yang diterima langsung oleh Kepsek SMPN 1, Meily Paoki SPd MAP.

Sebanyak 4922 Siswa Siswi mengikuti Ujian Nasional dari 106 SMP di Minahasa, yang ikut UNKB sebanyak 12 sekolah penyelenggara dan 79 Sekolah Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan 16 sekolah gabungan.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Arody Tangkere MAP, Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy Pangerapan MAP, Sekdis Pendidikan Dra Janny Kaunang, Camat Tondano Barat Maya Kainde, Kepala UPT Tondano Barat Dra Meity Pontoh, Kepsek SMP 2 Charlota Ngangi, M.Pd,

Y

Share