Tuesday, 25 September 2018

Archive for: April 8th, 2018

Pelaksanaan Ibadah Paskah Pemuda Asia di Kabupaten Minahasa Berlangsung Meriah

Minahasa, Klabatnewsok.com – Pelaksanaan Paskah Pemuda Asean (Asian Ecumenical Youth Assembly) Asian Easter Celebration di Kabupaten Minahasa berlangsung meriah bertempat di Stadion Maesa Minahasa, pada minggu 8 april 2018.

Hadir dalam Paskah Pemuda Asia ini, Mewakili Presiden RI, Menteri Hukum dan Ham RI, Dr Yasona Laoly, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw SE, Duta besar Serbia dan Montenegro Herry Kandouw, ketua PGI Henriette H lebang, Ketua Sinode GMIM Pdt Dr Hein Arina, Forkopimda, Sekprov Edwin Silangen, Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Pejabat Sipil dan Polri, Pendeta dan Pimpinan Gereja, para Pemuda peserta baik Nasional maupun Internasional.

Kegiatan pun diawali dengan Ucapan Selamat datang oleh Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, yang mengatakan, Salam sejahtera dalam sukacita paskah, boleh hadir dalam rangka momen paskah,” selamat datang selamat bakudapa bagi kita semua, torang samua basudara, torang samua ciptaan Tuhan,” katanya.

Mewoh pun berharap lewat kegiatan ini, Pemerintah maupun Masyarakat Minahasa akan semakin termotivasi dan berbenah menjadi tuan rumah pada event yang akan datang,” kiranya Tuhan memberkati kegiatan ini dan memberkati kita semua,” tandasnya.

Dalam Laporan Ketua Panitia, Ir Rita Dondokambey Tamuntuan, mengatakan,haruslah bersyukur dalam suasana sukacita pada perayaan paskah asia 2018,” kegiatan ini awalnya saat pertemuan Gubernur dengan Sekjen CCA, Mathews George di Yangon Myanmar,” katanya.

” Lewat pertemuan ini maka Sulut ditetapkan sebagai Tuan rumah kegiatan lewat SK Gubernur, yang juga dalam rangka mempromosikan kehidupan budaya dan toleransi yang ada di Sulawesi Utara,” katanya

Lewat laporannya kegiatan inipun digelar sejak 6-13 april 2018, dengan berbagai kegiatan, termasuk ibadah Paskah dan parade kendaraan hias di Minahasa yang diikuti oleh 100 didenominasi Gereja dalam Negeri, maupun dari luar negeri dengan tema (Send Us Your Light and Truth to Lead Us).

“Dengan digelarnya kegiatan ini maka harapan kami selaku Panitia, kiranya dapat mendorong percepatan pembangunan dari berbagai sektor pembangunan di Sulawesi Utara,” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Ibadah Paskah yang dipimpin oleh Pdt Dr Henriette H Lebang dari PGI, dan Pdt Evert Tangel STh MPdk selaku Sekretaris Sinode GMIM selaku liturgos.

Dalam Khotbahnya Pdt Lebang, mengatakan, kebangkitan Kristus Mengalahkan Maut, melawan kesia-siaan dalam kehidupan,” apapun latar belakang sukunya, kita sama sama bersaudara, mari kita menanggalkan kehambaan pada dosa dan menjadi hamba kebenaran,” katanya.

“Telanjangilah kegelapan singkapkan kegelapan lewat kuasa kebangkitan Kristus, saling mengampuni dan hidup dalam damai sejahtera Allah, jadilah murid Yesus yang berintegritas jangan sampai terpecah belah, hati hati terhadap teknologi (Gadget), tebarlah kebenaran, jangan bawa kerusakan dengan menebar kebohongan,” ujarnya.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan Ham Dr Yasonna Laoly, mengatakan, Kelahiran dan kebangkitan Kristus adalah anugerah,” Tuhan telah mengirim anaknya yang Tunggal, seperti abraham telah diminta mengorbankan anaknya, namun Tuhan menggantikan anaknya yang Tunggal,” katanya.

Dikatakannya pula bahwa tahun lalu juga telah menghadiri ibadah Paskah Nasional di Minahasa, dan Suatu kehormatan dapat merayakan paskah ditempat ini lagi, kali ini dalam perayaan paskah pemuda tingkat asia, dan semuanya hanya karna kasih Kristus,” katanya.

Pada kesempatan ini juga, Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina, Ketua Komisi Pemuda GMIM juga dimandatkan memberikan sambutan yang dibawakan keduanya dalam bahasa inggris.

Pada kesempatan ini para pemuda gereja dan para undangan disuguhkan penampilan dari pemenang kompetisi tarik suara indonesian idol 2004 Joy Tobing, dan Pemenang Indonesiaan idol 2014 Regina disela-sela ibadah Paskah.

Usai pelaksanaan Ibadah Paskah Menteri Hukum dan Ham Dr Yasona Laoly bersama Gubernur Olly Dondokambey melepas pawai kendaraan bertemakan perayaan paskah dan pengorbanan Kristus di kayu salib dan iring-iringan peserta asian easter celebration.

Pada malam harinya Wakil Gubernur Sulut bersama para Pemuda dari berbagai Negara, melaksanakan makan malam bersama, dengan nuansa budaya makanan khas Minahasa, lauk pauk yang dimasak dalam bambu, atau biasa disebut Nasi Jahe, Pangi, Kotei dan lain sebagainya.(Advertorial)

Share Button