Thursday, 26 April 2018

Archive for: April 5th, 2018

Kapolres Minahasa Minta Masyarakat Jangan Mudah Percaya Berita (Hoax)

Tondano, Klabatnewsok.com – Jadi Pemateri Sosialisasi Kehumasan Kabupaten Minahasa, Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung SIK tegaskan untuk tangkal hoax, pada kamis 5 april 2018 bertempat diruang sidang kantor Bupati.

Menurut Pusung, Hoax sudah sangat luar biasa, karna teknologi dan modernisasi dan banyak negara runtuh karna adanya berita hoax, dan bahkan di seluruh dunia ada berita hoax.

” jangan jadi orang yang gampang disulut, kita harus menangkal dan anti hoax, dengan adanya berita yang tidak benar, mari kita arif dan bijaksana dalam menilai, apalagi dari sumber yang tidak jelas,” katanya.

” Kalau tidak arif dan tidak bijak, maka akan mudah terpengaruh, apalagi kita berkonflik dengan orang yang memang tidak kita kenal hanya karna berita hoax, untuk itu jangan sembarangan share dalam media sosial, jangan karna emosi sesaat sehingga menimbulkan hal yang tidak baik,” tegasnya.

Ditegaskannya pula bahwa jangan sampai upload sesuatu yang menyinggung seseorang sehingga bermuara pada pelanggaran hukum, dimana saat ini telah ada undang undang yang mengatur tentang ITE dan bisa dipidana kurungan.

” Berhati-hatilah mengunakan medsos dan jangan sampai terjerat hukum ITE, jangan sembarangan bermain facebook dan medsos lainnya, karna kalau sudah upload sudah tidak bisa ditarik dan dapat dilaporkan jika sudah menyinggung orang lain,” ujarnya.

Dijelaskannya pula bahwa lewat Undang-Undang no 11 tahun 2008, maka pelanggarnya bisa diancam dengan hukuman 6 tahun dan denda 1 milyar rupiah.

Y

Share Button

Gelar Sosialisasi Pemerintah Minahasa Tangkal Berita Hoax

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Bagian Humas dan Protokol, menggelar sosialisasi kehumasan “Jurnalistik Hebat Tangkal Hoax” pada kamis 5 april 2018 bertempat diruang sidang kantor Bupati.

Kegiatan diawali dengan laporan Kasubag Humas Daine Lantang SE, mengatakan, bahwa kegiatan ini erat hubungannya dengan tugas baik oleh pers dan aparatur sipil negara.

” Lewat kegiatan ini kiranya karya jurnalistik menjadi Hebat dan bertanggung jawab, kiranya juga dapat meningkatkan dan memberikan pemahaman bahwa berita harus dapat dipertanggungjawabkan dengan benar,” katanya.

Diapun berharap kegiatan ini dapat menjalin kemitraan bersama awak media, Memberikan pemahaman tentang pemberitaan yang baik dan benar, memberikan pengetahuan kepada ASN dan Pers tentang jurnalistik yang baik,” katanya lagi

Kegiatan inipun dibuka oleh mewakili Bupati Minahasa, Asisten III Setdakab Minahasa Hetty Rumagit SH, yang mengatakan, bahwa kegiatan Sosialisasi Jurnalistik Hebat Tangkal Hoax adalah kegiatan yang harus diapresiasi.

” Dengan adanya pemberitaan jaman now, banyaknya informasi yang tidak benar atau hoax, jadi setiap individu harus mampu memberikan informasi yang benar dan akurat, Sehingga informasi dapat tersebar kepada publik sesuai dengan kebenarannya,” katanya.

Menurutnya informasi saat ini mudah diperoleh, baik dari Facebook What app, Line, dan berbagai medsos lainnya,” Jika kita menerima berita, harus dilihat apakah itu informasi yang benar atau tidak. Jangan langsung diterima mentah mentah, tapi harus dikaji apakah benar atau tidak,” katanya sembari membuka kegiatan ini.

Kegiatan inipun selaku narasumber Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung SIK, dan diikuti oleh Jurnalis biro Minahasa, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan SKPD, Badan dan Bagian Setdakab Minahasa.

Y

Share Button