Tuesday, 25 September 2018

Archive for: April 2nd, 2018

Serahkan LKPD Tahun 2017, Bupati Royke Mewoh Minta Bimbingan BPK RI Perwakilan Sulut

Minahasa, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa, Drs Royke Mewoh, DEA didampingi  Sekda Minahasa, Jeffry Korengkeng, SH, M.Si , Senin (02/04) kemarin serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017 kepada badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,  Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Berdasarkan data dan informasi, penyerahan LKPD seluruh Kepala daerah di Kabupaten /Kota dilakukan bersama  Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE. Dalam kesempatan itu dilakukan juga penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan buku LKPD kepada Kepala BPK RI perwakilan Sulawesi Utara,  Tangga Muliaman Purba.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Tangga Muliaman Purba menyampaikan, bahwa penyerahan LKPD tepat waktu, tentunya sesuai ketentuan Pasal 56 ayat 3 UU nomor 1 tahun 2004. ” Perbendaharaan Negara yang menyebutkan Laporan keuangan disampaikan Gubernur/Bupati/Walikota kepada BPK paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. ” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut,  Olly Dondokambey berharap, lewat penyerahan LKPD ini, seluruh Kepala Daerah yang wilayahnya belum memperoleh penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bisa segera maraihnya.” Seluruh Kabupaten/kota dapat menjalankan tugas dengan baik. Dan Kepala BPK RI agar dapat menegur jika ada yang salah. Hal ini agar dapat diperbaiki segala kekurangan- kekurangan yang ada,” ungkap Gubernur.

Penjabat Bupati Minahasa, Drs Royke Mewoh, DEA, mengatakan, apa yang dilakukan sesuai yang diamanatkan Undang-undang tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. “LKPD yang dimasukan tentunya setelah direview Inspektorat, karena amanat peraturan perundang-undangan memang demikian,” ungkap Mewoh.  Secara rinci, Bupati mengatakan, LKPD yang disampaikan itu diantaranya terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL), Laporan Operasional (LO), Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Laporan Arus Kas (LAK) dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). ” Ada beberapa item yang kami laporkan dalam LKPD itu. Tentunya juga disertai hasil review Inspektorat, surat pernyataan Kepala Daerah dan juga lampiran LKPD tersebut,” tutur Bupati.

Terakhir, Bupati mengatakan, Pemkab Minahasa tentunya akan terus berkomitmen dan berupaya memperbaiki jika ada kekurangan. Hal ini dimaksudkan agar dapat menghasilkan LKPD lebih baik.” Harapan kami BPK RI Perwakilan Sulut dapat memberikan bimbingan, arahan serta masukan terhadap seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah, baik sumber daya manusianya, sistem laporannya maupun pengelolaan keuangan, sehingga ke depan semakin baik lagi,” kuncinya.

Turut hadir, Assisten 1 Pemkab Minahasa, Drs Denny Mangala, Kadis Keuangan, Dra Ria Suwarno, Kepala Ispektorat Minahasa, Frits Muntu, Kabag Humas Pemkab Minahasa, Moudy Pangerapan dan staf.

Y

Share Button

PJ Bupati Minahasa Drs. Royke H. Mewoh, DEA Meninjau Ujian Nasional Berbasis Komputer

Tondano, Klabatnewsok.com – Pj Bupati Minahasa Drs. Royke Mewoh DEA melakukan peninjauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin 2 April 2018 di SMKN 1 Tondano kecamatan Tondano Utara

Penjabat Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Arody Tangkere MAP, Kepala UPT SMA/SMK Minahasa Linda Mamesah S.Pd, Kasat Pol PP Meidy Rengkuan, MAP, Kabag Humas dan Protokol Drs. Moudy Pangerapan MAP, Camat Tondano Utara Jhony Tendean, hukum Tua Kembuan Olke Wantalagi, kepala sekolah SMK 1 Tondano Vecky Pangkerego M.Pd .

Diketahui UNBK atau CBT ini dilakukan dengan penggunaan sistem semi-online. Yakni soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah). Kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline dan hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online.

Kunjungan ini diawali dengan peninjauan ke ruangan ujian di SMK 1 Tondano, mengecek kesiapan Ruangan , peralatan untuk digunakan para siswa dan siswi .

Pj Bupati Minahasa Drs. Royke H Mewoh, DEA mengatakan bahwa pihak pemerintah harus bekerja sama dengan BUMN seperti dari Pihak Telkom dan Telkomsel agar signalnya bisa lebih baik. karena saat ini masih banyak kendala dalam pelaksanaan UNBK saat ini terkait dengan jaringan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Video Conference dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan PJ Bupati Minahasa Drs.Royke H Mewoh DEA untuk mengecek kesiapan pelaksanaan ujian sekaligus membuka secara resmi Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) di kab / Kota se Sulut.

Share Button

Hadiri Perayaah Paskah di Desa Tulap, Mewoh Ingatkan Untuk Tidak Salah Pilih

Minahasa, Klabatnewsok.com – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA menghadiri perayaan Paskah Bertempat di Lapangan Maesa Desa Tulap kecamatan Kombi pada 1 april 2018.

Perayaan Paskah ini turut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa, Helly G. Mewoh Pongoh, SE , Sekretaris Daerah Minahasa J. R. Korengkeng, SH, MSi, Ketua Dharma Wanita Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, Wakil Ketua DPRD Sulut Marthen Manoppo, Anggota DPRD Sulut Billy Lombok, Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy Pangerapan, MAP, Kapolsek Kombi  AKP.  Ferdi Pelengkahu, Dandramil Kombi Kapten.J  Siahaan  Camat Kombi. Meita  Aguw  beserta Masyarakat Desa Tulap

Dalam Ibadah yang dipimpin oleh Ketua PKB sinode GMIM Pnt Dr G.S Vicky Lumentut DEA mengambil pembacaan Alkitab dalam kitab Markus 16 : 1 – 8 dalam renungan di harapkan agar  kematian yesus di kayu salib dan  kebangkitan Yesus di Taman Arimatea menjadi perhatian.

” Kematian Yesus Kristus yang menjadi pusat  perhatian bagi  umat manusia, dan sebagai umat kristen jika  kalau cuma percaya tidak menyakininya, dan tidak ada dampak  yang dilakukan tidak ada gunanya,” katanya.

Menurutnya renungan ini mengajak kepada masyarakat  agar kedepan dapat memulai kehidupan yang baru,” janganlah  kita serahkan tubuh kita yang dipakai sebagai senjata kelaliman, akan tetapi sebalik marilah kita gunakan tubuh kita gunakan kebaikan, tampil baru  dan kita kalahkan kejahatan,” katanya.

Dalam sambutan Selaku Warga Tulap J. R. Korengkeng SH MSi, mengajak Jemaat untuk menerima Kristus,” mari kita melakukan yang Yesus kristus suka, kalau tidak maka kita akan menerima konsekuensinya, dan kita sepatutnya bersyukur dapat merayakan ibadah paskah,” katanya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Minahasa Drs Royke H. Mewoh DEA berharap kepada yang hadir untuk mengambil hikmah dalam rangka penebusan dosa dosa oleh Kristus.

” Pada saat ini kita berkumpul dan mengimplementasikan penebusan ini, marilah torang baku baku bae tolong menolong, marilah kita selalu dan membangun sinergitas antara pemerintah pusat sampai ke desa desa,” katanya lagi.

Mewoh pun berharap Dalam Pesta demokrasi pada bulan juni nanti di harapkan agar masyarakat memilih pemimpin yang benar benar ingin membangun minahasa sehingga minahasa bisa lebih sejahtera lagi.

Y

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Tumpangi Mobil Avansa saat Tinjau UNBK di SMKN1 Airmadidi

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-
Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan
tampil sederhana dan low profile, saat menjalankan tugas pelayanan publik, orang nomor satu di Bumi Klabat ini pun tak segan-segan menggunakan kendaraan yang jauh dari kemewahan dan standar untuk kepala daerah.

Dalam tugas kepemerintahan, Senin 1 April 2018 lalu, Vonnie sapaan akrab menggunakan kendaraan jenis Avansa Toyota ketika usai membuka kegiatan Ujian Nasional Berbasis komputer tingkat SMK di SMKN 1 Airmadidi bersama Gubernur Olly Dondokambey SE.

Hal ini pun melahirkan detak kagum dari warga bahkan pejabat Pemprov Sulut yang melihat sang bupati menumpangi kendaraan dinas DB 60 F yang biasa dipakai Kabag Humas dan Protokol Yansen R. Tulung, SSTP. “Merakyat memang, Ibu bupati saja hanya naik Avansa,” kata sejumlah warga.

Kabag Humas dan Protokol yang menjadi driver tetap tenang dan konsentrasi menjadi juru mudi bupati yang dikawal mobil PATWAL. "Saya pakai mobil Humas saja," ujar bupati santai dan tetap dikawal Ajudan Pribadi Komandan Yeni.(*)

Share Button