Sunday, 27 May 2018

Archive for: April 2018

KPU Minahasa Pastikan Stempel “Segel” Tiba Dengan Aman

Minahasa, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Bagian Divisi Hukum melakukan kunjungan kerja ke perusahaan percetakan pengadaan stempel “Segel” alat kelengkapan logistic pilkada kabupaten Minahasa pada Jumat 27-28/4/18 di Kudus Jawa Tengah.

Menurut Komisioner KPU Ketua Divisi Hukum Dicky Paseki SH MH, untuk logistic stempel “Segel” untuk digunakan pada pemilihan kepala daerah kabupaten minahasa, pihaknya sudah menyatakan semuanya aman.

Pernyataan ini dikatakan paseki setelah mengunjungi langsung perusahaan pembuat alat stempel “segel” yang ada di daerah kota Kudus semarang jawa tengah sebagai perusahaan  pemenang tender E Katalog.

“Perusahaan  penyedia “Segel” tersebut benar-benar perusahaan yang besar dan lengkap alat percetakannya , saya yakin stempel segel tersebut tiba di Minahasa tepat waktu hal ini dijamin langsung pihak perusahaan,” kata Paseki

Paseki sangat yakin karna perusahaan ini mencetak kertas suara dari 40 kabupaten kota di Indonesia yang melakukan Pilkada serentak

Kunjungan ini turut dihadiri Kasubag Hukum DR. Stela Sompe, staf Rouna Rompas, Deivy Porong serta Ketua Media Center KPU Minahasa Jeffry Uno.

Dalam kunjungan kerja KPU Minahasa Divisi Hukum tersebut juga di dampingi Komisioner KPU Propinsi Sulut Ibu Vivi George dan Komisioner Panwaslu Minahasa Erwin Sumampouw.

Dikatakan Vivi George, PT. Purba Barutama yang ada di Kota Kudus semarang, sebagai perusahaan pemenang tender “E  Katalog,” perusahaan tersebut benar-benar perusahan yang besar yang khusus menangani percetakan dokumen rahasia seperti hologram, ijasah Negara bahkan cetakan dokumen Negara seperti cetak kertas ujian para siswa SD, SMP, SMA /SMK bahkan BPKB kendaran bermotor .”ungkapnya.

Y

 

Share Button

Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA Laksanakan Kunjungan Kerja di Setiap Kecamatan

Minahasa, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) disetiap Kecamatan. Kunker ini dilaksanakan bertahap di jam dan hari berbeda yang telah dijadwalkan.

Dalam setiap kesempatan kunjungan di kecamatan kecamatan, Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh mengucap syukur kepada tuhan yang maha kuasa karna bisa berkumpul bersama dengan Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa,

” ini adalah kunjungan kerja pertama saya di Kecamatan Kecamatan, kiranya kunjungan ini dapat memaknai kebersamaan dalam rangka menyatukan persepsi kinerja bersama, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal,” ujarnya.

Bupati Mewoh pun menjelaskan bahwa Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka keinginannya bertatap muka dengan para Hukum Tua dan perangkat desa di setiap Kecamatan. dan dalam setiap kunjugan kerja, Bupati Mewoh memboyong para Kepala SKPD, Badan dan Bagian

” ini saya hadirkan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat melihat kebutuhan yang ada di desa dan kelurahan, sehingga para pimpinan Dinas dalam pengambilan keputusan mengetahui persis keputusan apa yang akan diambil,” ujarnya.

Bupati Drs Royke Mewoh pun berharap lewat Kehadirannya maka akan makin mensinergikan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Kelurahan dan Desa,” saya saat ini kiranya menjadi memontum komitmen dalam membangun bersama kabupaten Minahasa,” pintanya.

Diapun menyampaikan bagaimana pelaksanaan pemerintahan harus ada sinergitas antara pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten, sampai desa dan kelurahan,

“Presiden dengan program nawa cita, nawa cita membangun dari pinggiran atau dari desa, untuk itu Ujung tombak membangun ada di desa, ujung tombaknya adalah Hukum Tua dan Perangkat desa. Mari sukseskan program OD SK dan Minahasa hebat,” tegasnya.

Tambahnya bahwa ada perubahan yang tidak bisa dilaksanakan oleh pemerintah propinsi tapi bisa dilakukan oleh pemerintah pusat, demikian pula pembangunan yang tidak bisa dibuat boleh pemerintah Kabupaten bisa dilakukan oleh pemerintah propinsi

“Untuk itu jagalah sinergitas yang ada sehingga air yang mengalir tidak tersendat dan melainkan mengalir dengan baik, Hukum Tua adalah representasi dari masyarakat, hukum tua adalah milik masyarakat, bukan hanya yang memilih saat pencalonan, Sukseskan semua program Pemerintah yang ditetapkan, baik Kabupaten, Propinsi, dan Pusat,” katanya lagi.

Diapun meminta untuk Kegiatan fisik di Desa agar dapat melibatkan pihak masyarakat, jangan pihak yang lainnya, supaya masyarakat dapat merasakan langsung, baik program fisik maupun non fisik, yang digunakan lewat dana desa.

“BUMDes kiranya dapat membuka lapangan kerja, kelola sesuai dengan kebutuhan dan jadikan Peraturan Desa, agar supaya semuanya tertib administrasi dan pembangunan dapat terukur dan terarah,” pungkasnya.(Advertorial)

Share Button

Mewoh Dampingi Gubernur Dondokambey Hadiri Peletakan Batu Pertama Menara Gmim Efrata Gmim Kanonang

Minahasa, Klabatnewsok.com – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA Dampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD), menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Menara Tower Gedung Gereja Gmim Efrata Kanonang ,Minggu (29/4/2018).

Hadir juga dalam acara ini Sekretaris Daerah Jefry Korengkeng, Anggota DPRD Sulut Ibu Jeany J Mumek, Asisten I Dr Denny Mangala Msi, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa,Para undangan serta jemaat GMIM Efrata Kanonang.

Dalam Ibadah yang di pimpin Pdt James Bond Wagey Sth dengan Mengambil Nats Alkitab I Raja raja 12 :18~24 Mengajak Jemaat Untuk Saling mengasihi “Kasihilah Sesamamu Manusia Seperti dirimu sendiri.

Sementara dalam sambutan Gubernur Sulawesi Utara Oly Dondokambey berterima kasih Kepada Masyarakat Lebih khusus Jemaat telah mengundang untuk menghadiri sekaligus meletakan batu pertama di Gereja ini.

Gubernur pun berharap pembangunan Menara dapat digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan, dan dapat memberikan suatu pelayanan kepada Jemaat, diapun berharap yang terlibat dalam pembangunan gedung agar bekerjasama dengan sukarela dan sukacita.

“Kita membangun dengan kekuatan jemaat, keyakinan dan niat yang tulus,” katanya

Tambahnya bahwa Pemerintah Sulawesi Utara telah mendapatkan berbagai Penghargaan di pusat, diantaranya dalam menanggulangi Kemiskinan, itu terbukti dengan menurunnya angka kemiskinan di Daerah Sulawesi Utara, selain itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan.

“Sulut bertumbuh terus dan maju serta kedepan bisa lebih hebat, dan itu saya yakini adalah berkat dari pada Tuhan,” Ujar Gubernur.

Kepada seluruh komponen Gereja Masehi Injili Minahasa lebih khusus Kanonang untuk senantiasa terus mendoakan dan memberikan kontribusi aktif, khususnya dalam mensukseskan Pelaksanaan Pilkada di Minahasa agar berlangsung aman dan damai.

usai melakukan peletekan batu pertama di Gmim efrata Kananong ,Bupati Juga Mendampingi Gubernur menghadiri Pentabisan Pastori GSJA Parakletos Kanonang Kawangkoan Barat Sekaligus dan Peletakan Batu pertama di Pastori Sion Kanonang ,dan Peletakan Batu pertama di pastori dan hari jadi ke 84 KGPM kanonang

Y

Share Button

Hasil Pilkada Minahasa bisa langsung di Scan -Upload

Banten, Klabatnewsok.com – Aplikasi Sistem Perhitungan Suara (Situng) yang berbasis teknologi informasi kembali lagi akan digunakan pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Untuk mematangkan pemanfaatan aplikasi tersebut, KPU Minahasa mengikuti Bimtek Aplikasi Situng yang dilaksanakan di Hotel Horison Grand Serpong Tangerang – Banten, Sabtu-Minggu, 28-29 April 2018.

Wahyu Setiawan Plt Ketua KPU RI dalam sambutan pemukaan mengatakan bahwa Bimtek Situng merupakan upaya pelayanan kepada stakeholder berupa pelayanan informasi hasil Pilkada dengan cepat dan akurat.

“Semakin lama informasi hasil sampai ke publik, akan menimbulkan spekulasi dari berbagai kepentingan,” ungkap Wahyu.

“Konflik pilkada juga dapat diminimalisir, jika informasi hasil pilkada cepat disampaikan,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa salah satu ukuran profesionalitas adalah sejauh mana KPU mampu menyampaikan informasi secara cepat dan akurat.

Pada bagian akhir sambutannya Wahyu mengingatkan soal integritas.
“Pemilu serentak 2018 adalah pertaruhan integritas. Mencari orang berintegritas tak semudah mencari orang pintar. Integrias harga mati,” ungkap Wahyu.

KPU minahasa mengikutsertakan dua orang dalam Bimtek ini, yaitu Ketua KPU minahasa yang juga Ketua Divisi Teknis, Meidy Tinangon serta Operator Situng, Jemmy Umboh.

Y

Share Button

KPU Minahasa Pastikan Surat Suara Selesai dan Diterima Tepat Waktu

Minahasa, Klabatnewsok.com- Setelah melakukan kunjungan visitasi ke perusahaan pemenang lelang Electronic-cataloque (E-Katalog) tinta sidik jari yaitu CV. Tridaya Pratama Kuningan Jawa Barat. Kini
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Jumat (27/4) kemarin, kembali melakukan kunjungan visitasi logistik surat suara ke PT. Temprina Media Grafika di Surabaya-Jawa Timur. Perusahan ini merupakan pemenang lelang E-Katalog.

Menurut Komisioner KPU Minahasa yang juga ketua divisi Program dan data Lord Malonda mengatakan, maksud dan tujuan melakukan visitasi tersebut, untuk memastikan
bahwa perusahaan tersebut benar-benar ada dan layak untuk mencetak surat suara sesuai dengan kompetensi dalam bidang pekerjaan.

“Dari hasil visitasi, perusahaan tersebut siap akan mencetak surat suara untuk Pilkada Minahasa selesai dan diterima tepat waktu. Mereka juga (percetakan,red) menjamin mulai dari percetakan, packing hingga proses pengiriman surat suara sampai di tempat sesuai dengan jangka waktu yang diberikan oleh KPU Minahasa,” jelas Malonda usai kunjungan visitasi di perusahan percetakan tersebut.

Sementara Komisioner KPU Minahasa Kristoforus Ngantung yang juga tim dari visitasi ini, menjelaskan inti dari kunjungan tersebut untuk memastikan perusahaan tersebut benar-benar mempunyai pengalaman di bidang percetakan, khususnya surat suara untuk Pemilu dan Pilkada.

“Intinya kita hanya memastikan perusahan ini alamatnya jelas dan memastikan kualitas surat suara sesuai standar, kemudian mesin yang digunakan serta proses percetakan itu bisa digunakan pada saat mencetak surat suara untuk Pilkada Minahasa,” ungkap Ngantung.

Beliau juga mengatakan, ingin memastikan bahwa perusahan tersebut bertanggungjawab mulai dari proses percetakan hingga pengiriman logistik benar-benar terjamin hingga sampai di tujuan.

“Semuanya kita harus pastikan agar nantinya tidak ada kendala sebelum Pilkada nanti,” pungkasnya.

Tim visitasi ini dipimpin Komisioner KPU Minahasa Lord Malonda, Komisioner Kristoforus Ngantung bersama staf dan Media Center KPU Minahasa serta disaksikan Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit bersama staf.

Share Button

Bupati Mewoh Dampingi Gubernur Dondokambey Hadiri Ibadah Syukur GMAHK Daerah Konfrens Minahasa

Minahasa, Klabatnewsok.com – Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampinggi Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA , Mengikuti pertemuan ibadah syukur bersama Jemaat GMAHK Daerah Konfrens Minahasa Bertempat Di SLA Advent Tompaso, Sabtu 28 April 2018.

Kegiatan ini turut pula dihadiri mantan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Jajaran Pemprov Sulut, , Camat Tompaso, Ketua GMAHK DKM Pdt Novry Kaumpungan M.Min dan seluruh jemaat GMAHK Daerah Konfrens Minahasa, Anggota DPRD Prov Sulut Fanny Lego.

Dalam ibadah yang dipimpin Pdt Samuel Y Bindosano MA, mengambil Bacaan Alkitab Nehemia 2:4, dengan Tema Berkarya bagi Tuhan berguna bagi bangsa, Dalam khotbahnya diterangkan tentang seorang yang memiliki tujuan, dan ayat ini berbicara tentang Nehemia. Nehemia bisa mendapatkan jabatan yang terhormat dalam istana, Karena kualitas, dan loyalitasnya dia bisa melayani negara dimana dia ditawan. Begitupula dia peduli terhadap bangsanya, karena pelayanan Nehemia adalah pelayanan kasih.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya Gubernur Sulut Dondokambey menyampaikan puji syukur bisa beribadah bersama dengan jemaat GMAHK.
“Ibadah ini begitu jelas sesuai dengan pembacaan Alkitab yang telah kita ikuti, dimana gereja dan pemerintah itu tidak bisa dipisahkan, pembangunan spritual dan infrasruktur harus sejalan dalam kehidupan kita, “Ujar Gubernur.

“Saat ini juga dari sisi kemiskinan di Sulawesi Utara telah turun, dan masuknya para wisatawan di Sulut disektor pariwisata telah terbukanya lapangan kerja, ini merupakan berkat Tuhan bagi kita masyarakat Sulut, “Ungkap Dondokambey.

Lebih lanjut dikatakannya, percaya ini akan berjalan terus karena kerja sama gereja dan pemerintah berjalan bersama, dan sudah tugas pemerintah untuk menyediakan sarana peribadatan yang layak bagi kita semua. Gubernur juga akan membantu pembangunan Gedung Pertemuan Advent (GPA) SLA, Tompaso, paling lambat dibulan agustus hingga september.

Y

Share Button

Minahasa Dapat Bantuan Pertanian Dari Pemerintah Provinsi

Minahasa, Klabatnewsok.com – Sebagai salah satu daerah sentra pertanian, Kabupaten Minahasa terus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam menopang percepatan di sektor pertanian. Hal itu terbukti dengan masuknya bantuan pertanian dengan jumlah yang cukup besar untuk masyarakat petani.

Salah satunya bantuan sarana produksi Pajale (padi, jagung dan kedele) yang disalurkan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulut lewat Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa dengan total besaran bantuan mencapai 76.000 hektar, yaitu padi ladang 20.000 hektar, padi sawah 1.000 hektar, jagung 45.000 hektar dan kedele 10.000 hektar.

Khusus di Kecamatan Tombariri Timur, bantuan diserahkan secara simbolis di sela acara Temu Teknis Gerakan Tanam-Panen/Brigade Alsintan Distanak Sulut dan Dinas Pertanian bersama petani dan penyuluh Kabupaten Minahasa di Lolah, Jumat (27/4).

“Pada prinsipnya Pemprov dan Pemkab Minahasa akan bersinergi dalam mendorong percepatan sektor pertanian di daerah ini. Kita akan turun ke desa-desa untuk memberikan bantuan bagi petani baik lahan maupun alat, sehingga percepatan pergerakan pertanian akan terwujud,” papar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, Ir Novly Wowiling M.Si di sela acara.

Bahkan untuk memudahkan peningkatan produksi pertanian bagi petani di kecamatan tersebut, pemerintah juga meminjamkanalat mesin pertanian lainnya yaitu Hand Traktor baik roda dua maupun roda empat serta Hand Sprayer untuk pengolahan pupuk. Adapun penyerahan bantuan ini disaksikan Camat Tombariri Timur Herlina Rori SE, Danramil Tombariri Kap Inf Jules Warouw, Kapolsek Tombariri Iptu Andri Untu serta Ketua BPMJ GMIM Imanuel Lolah Pdt Meynie Kolinug Adam M.Th.

“Untuk hand traktor akan digilir dari desa satu ke desa yang lain. Minimal dapat membantu petani dalam pengolahan tanah sampai siap tanam. Tidak ada biaya sewa, petani cukup menyediakan solar untuk bahan bakar operasional alat,” jelas Kepala Dinas Pertanian Minahasa Ir. Suhban Torar.

Sesuai data, jumlah petani di Tombariri Timur yang teralokasi ada sebanyak 75 kelompok dengan luas lahan tanam sebesar 2.080 hektar baik tumpang sari jagung dan padi ladang. Usai penyerahan bantuan, kegiatan berlanjut dengan pencanangan Gerakan Tanam dengan pengolahan Brigade Alsintan varietas Padi Gogo atau Padi Ladang.

Kegiatan yang sama dilanjutkan di Desa Pinaesaan Kecamatan Tompaso dimana bantuan sarana produksi Pajale disalurkan kepada petani yang saat itu didampingi Sekcam Tompaso, Stenly Umboh SSTP.

Sebanyak 15 kelompok tani menerima bantuan jagung, 5 kelompok tani menerima bibit nawang merah msg 1 hektar dan 1 kelompok tani menerima bibit bawang putih. Untuk alat mesin pertanian meliputi 4 unit hand traktor dipinjamkan secara bergilir kepada kelompok tani untuk membantu percepatan pertanian di kecamatan Tompaso.

Sementara untuk gerakan tanam di kecamatan tersebut dilakukan di lokasi kelompok tani Getsemani Tompaso berupa penanaman jagung di lahan seluas 1,5 hektar.

Share Button