Sunday, 16 December 2018

Archive for: March 14th, 2018

Bupati JWS Undang Masyarakat Saat Kunker di Eris, Lembean Timur, dan Kombi

Minahasa, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) kembali melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Eris, Lembean Timur dan Kombi, pada rabu 14 Maret 2018, yang dipusatkan di Aula gereja Baithel Kecamatan Eris.

Kunjungan Bupati Minahasa Drs. Jantje W. Sajow, M.Si, turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi, Tripika Eris, Lembean Timur, Kombi serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, tokoh agama, kepala sekolah dan guru, Hukum Tua dan perangkat desa, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengajak semua yang hadir untuk bersyukur kepada Tuhan,” saya berterimakasih untuk kerja sama selama 5 tahun ini, sehingga pembangunan di tiga kecamatan ini berkembang sangat pesat walaupun belum 100 persen dan akan diselesaikan tahun ini,” ujarnya.

Diapun menambahkan jika mau memaksimalkan pembangunan di Minahasa harus ada komunikasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat, agar nantinya ada kerja sama baik untuk kelancaran pembangunan di Kabupaten Minahasa.

Bupati juga berterima kasih kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala sekolah dan guru guru, perangkat desa yang tidak henti-hentinya mendoakan tanah Minahasa,” saya meminta maaf jika selama 5 tahun ini, ada hal-hal dan tindakan yang kurang berkenan di hati,” katanya.

Di akhir sambutannya Bupati JWS mengundang semua untuk turut hadir dalam Ibadah akhir jabatan, dan peresmian proyek-proyek pada jumat 16 Maret 2018 yang akan dilaksanakan di Lapangan God Bless Minahasa, dan sabtu 17 maret di Wale Ne Tou Minahasa Tondano.

Share Button

Ratusan Tokoh Adat se-Nusantara Berkumpul di Kampung Koha

Koha, Klabatnewsok.com – Ratusan tokoh adat se-Indonesia tiba di Komunitas Adat Walak Tombariri, Desa Koha, Kabupaten Minahasa – Sulawesi Utara. Para tetua dan penggerak masyarakat adat ini siap menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN),14-17 Maret 2018.

“Para peserta sudah berdatangan sejak Minggu sampai Selasa subuh. Tapi masih ada yang akan dijemput di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Rabu 14 Maret pagi,” kata Ketua Organizing Commite Rakernas AMAN V, Nedine Helena Sulu, Rabu (14/3) subuh.

“Untuk pesertanya terdiri dari, Pengurus Besar (PB) AMAN, yaitu Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN bersama para stafnya dan Dewan AMAN Nasional, Selain itu, para Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah AMAN se-Indonesia juga akan hadir.

“Ada 21 Pengurus Wilayah, BPH dan Dewan AMAN Wilayah serta 116 Pengurus Daerah, BPH dan Dewan AMAN Daerah juga yang akan hadir. Selain itu ada Ketua Umum Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Ketua Umum Persekutuan Perempuan Adat AMAN, Ketua Umum Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN) dan pimpinan badan otonom AMAN,” katanya.

Personil Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (DAMANNAS) ini juga menjelaskan, Rakernas AMAN V akan turut dihadiri sejumlah tamu undangan.”Rencananya Rakernas ini akan dihadiri menteri, kedutaan – kedutaan, pemerintah daerah dan jaringan lembaga AMAN,” jelasnya.

Sesuai rencana, Rakernas AMAN V tersebut akan dilaksanakan di Desa Koha Kecamatan Mandolang. Sementara, pada tanggal 17 Maret, dalam rangkaian Rakernas ada perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun AMAN ke-19 yang rencananya akan digelar di Benteng Moraya Tondano Kabupaten Minahasa.

Diketahui, AMAN merupakan organisasi kemasyarakatan independen dengan visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua masyarakat adat di Indonesia. AMAN bekerja di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mewakili dan melakukan advokasi untuk isu-isu masyarakat adat. Organisasi masyarakat adat terbesar di dunia ini beranggotakan 2.332 komunitas adat di seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 17 juta anggota individu.

Share Button

Lakukan Kunjungan Kerja Se-Tondano Raya, Bupati JWS Curhat

Tondano, Klabatnewsok.com – Segera mengakhiri masa Jabatan, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) melaksanakan Kunjungan Kerja tahun 2018 di Kecamatan Tondano Raya, pada rabu 14 Maret bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano.

Kunjungan Bupati JWS inipun dilakukan disetiap wilayah Kecamatan se- Kabupaten Minahasa, dan untuk saat ini untuk Kecamatan Tondano Utara, Tondano Timur, Tondano Barat, dan Tondano Selatan.

Dalam sambutannya Bupati JWS, mengatakan bahwa saat ini adalah minggu terakhir dalam kepemimpinannya dan akan mengakhiri Jabatan pada 17 maret 2018 mendatang.

” Kita patutlah merasa bangga walaupun kita beda dan tidak sama, tapi kita hadir dalam kebersamaan, seperti kampung jawa tondano yang menjadi icon kebersamaan masyarakat Minahasa,” katanya.

Diapun mengatakan bahwa didalam kepemimpinannya telah menggelar kegiatan besar yang telah dilakukan, termasuk Natal Nasional, Pelantikan Uskup dan berbagai iven besar lainnya yang semuanya membuat Minahasa semakin dikenal.

” Apa yang saya lakukan belum selesai atau belum genap, lima (5) tahun jadi Bupati tidaklah cukup, untuk itu jangan sampai pembangunan tidak diteruskan oleh Bupati Minahasa nantinya.” Katanya.

” Saya merasa senang saat ini Taman God Bless Minahasa dengan hadirnya KFC semakin ramai, ini buktinya Minahasa sudah aman, karna hadirnya KFC bukti bahwa investor percaya dengan keamanan didaerah kita,” katanya lagi

” Saya berkeinginan melanjutkan Kepemimpinan, tapi ternyata Tuhan Berkehendak lain, saya sudah ada kesempatan, tapi kesempaatan kedua tidak dapat karna banyak faktor,” mudah-mudahan ada kesempatan ketiga,” ujarnya.

“Mari buka mata kita, Tondano hanya bisa berubah kalau ada sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Propinsi dan Pusat. Mari kita saling menghargai, pilihan boleh beda, tapi ingat! pilihan kita menentukan masa depan Minahasa,” tegasnya.

Hadir pada kesempatan ini, Asisten 1 Dr Denny Mangala, Kepala Badan/SKPD, Jajaran Pejabat Kabupaten Minahasa, Camat se Tondano Raya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Lurah dan Perangkat Kelurahan dan desa.

Yovi

Share Button