Tuesday, 25 September 2018

Archive for: March 12th, 2018

Tangkere Warning Jangan Main Main Dengan Dana BOS

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Pendidikan, mewarning Kepala Sekolah agar tidak memalsukan data hanya untuk meningkatkan masuknya Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dengan adanya isu tentang bertambahnya data siswa, hanya untuk meningkatkan besaran Dana Bos di sekolah sekolah, dibantah keras Kadis Pendidikan Kabupaten Minahasa, Dr Arody Tangkere saat dihubungi dikantornya pada senin 12 maret 2018.

Menurut Tangkere, bahwa Dana Bos sendiri untuk setiap Kabupaten/ Kota memang sudah ditangani langsung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” Provinsi yang transfer ke sekolah masing masing, itupun untuk data harus diisi lengkap, dalam artian masuk didalamnya adalah alamat yang jelas, nama orang tua dan data penting lainnya,” katanya.

Menurutnya sejauh ini tidak ditemukan, pemalsuan data disetiap sekolah yang ada, dan apabila ditemukan maka pelakunya bisa dipidana,” Jangan sekali- kali, atau coba- coba memasukkan data diluar yang sebenarnya, apalagi data fisik jumlah siswa, terlalu nekat jika ada yang berbuat demikian,” katanya sembari mengingatkan pasti akan ada sanksi berat.

” Sejauh ini yang terjadi malahan ada yang tidak terdata, maka tidak dihitung dalam pemberian dana BOS, dan ini adalah kesalahan sistem yang tidak bisa baca, sehingga jumlah berkurang, atau faktor keterlambatan atau mungkin juga karna human error,” jelasnya

Dijelaskannya pula bahwa penyaluran dana langsung oleh Manager Bos provinsi, yang mentransfer sesuai data, atau sesuai dengan data pokok pendidikan atau Dapodik.

Untuk Kabupaten Minahasa sendiri saat ini terdata sekolah penerima dana BOS yakni untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik Negeri Swasta dan MTS sebanyak 106 sekolah, dan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 352 sekolah.

Yovi

Share Button

Bupati Vonnie Panambunan Buka Rakor BKSAUA

Airmadidi,KLABATMEWSOK.com-Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Kerja sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) di Pendopo Kantor Bupati Minut, Senin 12 Maret 2018. Rapat tersebut membahas program kerja BKSAUA Minahasa Utara.

Pada kesempatan itu bupati mengatakan, dirinya berterima kasih atas langkah-langkah dari BKSAUA dalam menjaga kerukunan di Minahasa Utara.

Bupati juga berharap BKSAUA terus melakukan pembinaan terhadap jemaat dan umat, untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan di masyarakat.

“Walau ada perbedaan tapi kebersamaan tetap dijunjung tinggi. Dalam menciptakan keamanan, BKSAUA memiliki peran yang sangat penting sehingga perlu ada koordinasi dan kolaborasi sehingga tercipta kerukunan yang,” kata bupati.

Rapat dibuka bupati dan dihadiri Sekda Ir. Jimmy H. Kuhu, Asisten I, Kabag Kesra dan pengurus BKSAUA MINUT.(*)

Share Button

Jadi Irup Pada Upacara di Makodim 1302, JWS Akui ini Mungkin Yang Terakhir

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajouw M.Si bertindak sebagai Inspektur dalam upacara bendera, pada senin 12 maret 2018 pukul 07.30 wita, di halaman Upacara Makodim 1302 Minahasa.

Sementara itu, bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Rudy Makapedua, dan bertindak sebagai Perwira upacara adalah Kapten Inf Maxen Mentang, sedangkan pengucap Sapta Marga adalah Serda Sumindar, upacara inipun berlangsung dengan tertib dan khikmat.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi sengaja dihadirkan dalam bentuk sinergitas dan hubungan yang baik dengan Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh

Usai pelaksanaan Upacara Bendera, dilanjutkan dengan pengarahan oleh Bupati dan Dandim.”Pertama tama saya selaku Komandan Kodim 1302/min menyampaikan banyak terima kasih kepada Bupati yang telah memenuhi undangan kami untuk hadir di tempat kami ini,” katanya.

” Saya selaku Pribadi dan satuan tentunya tidak dapat membalas atas segala bantuan yang telah diberikan bapak Bupati kepada Kodim 1302/min, baik bantuan moril dan lain sebagainya, ”ujarnya.

Sementara itu, Bupati JWS juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim yang telah memberikan waktu kepadanya untuk menjadi Inspektur Upacara di Makodim 1302/min.

“Saya selaku Bupati minahasa merasa terharu karena mendapatkan Kehormatan menjadi Irup pada Upacara Bendera di Makodim ini, mungkin ini Upacara yang terakhir dalam mengakhiri masa jabatan saya sebagai Bupati,” katanya.

” Sebentar lagi saya akan mengakhiri masa jabatan sebagai Bupati minahasa, oleh karena itu, melalui kesempatan ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dandim dan seluruh Prajurit Kodim 1302/min yang telah banyak membantu tugas tugas pemerintah selama ini,” katanya lagi.

” Selama ini Tentara dalam hal ini Kodim 1302/min telah banyak berperan aktif dalam membantu menjaga stabilitas keamanan diwilayah ini bersama dengan aparat kepolisian, ini semua bila kita ukur dengan materi tentunya tidak sebanding dengan pengabdian bapak bapak sekalian,” pungkasnya.

Setelah selesai pengarahan, dilanjutkan dengan penyerahan Cendra Mata oleh Dandim Letkol Inf Juberth Nixon Purnama STh, kepada Bupati Drs, Jantje Wowiling Sajouw M.Si, dan dilanjutkan Foto bersama.

Turut hadir pada acara tersebut antara lain, Kepala Staf Kodim 1302/min Mayor Inf Maudin Purba S.Sos, Pabung Tomohon Kapten Inf Feky Welang, Pabung Mitra Mayor Cpl Frangky Kallo, Pabung Minsel Mayor Inf Jemmy Lotulung, Para Danramil dan Plh Danramil Jajaran Kodim 1302/min.

Share Button

Jajaran KPU Diminta Kompak dan Jaga Integritas

Surabaya, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018, yang digelar oleh KPU RI, 11 sampai 13 Maret 2018, bertempat di Hotel Shangrila Surabaya.

Bimtek gelombang ketiga ini resmi dibuka oleh Ketua KPU RI Arief Budiman. KPU Kabupaten Minahasa mengutus 3 orang peserta masing masing Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon, Kasubag Teknis Jerry Oroh, dan Operator Sistem Informasi Penghitungan Suara, Jemmy Umboh.

Ketua KPU RI dalam sambutannya menekankan bahwa KPU harus solid, sekalipun ada perbedaan latar belakang.” Komisioner dengan komisioner jangan ribut, komisioner dengan sekretariat jangan bertengkar, demikian juga antar staf sekretariat,” katanya.

Disisi lain Arief mengingatkan supaya jajaran KPU menjaga kepercayaan publik dan stakeholder. Apalagi dalam mengelolah tahapan pemungutan dan penghitungan suara.” menjaga kemurnian suara pemilih dari TPS sampai rekapitulasi di KPU adalah pertaruhan integritas penyelenggara,” tegasnya.

Arief mengingatkan supaya jajaran KPU menjaga integritas seluruh tahapan. Arief juga menyentil kasus Garut.” Peristiwa Garut betul-betul menampar muka penyelenggara Pemilu. Karenanya kita langsung mengambil langkah tegas dengan memberhentikan yang terlibat,” katanya lagi

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali dalam sambutannya menyatakan pihaknya masih menaruh kepercayaan tinggi terhadap KPU sekalipun ada masalah-masalah yang muncul.

Yovi

Share Button