Saturday, 23 June 2018

Archive for: March 8th, 2018

STAND MINAHASA MEMUKAU DI BATAM IVEC EXPO

Batam, KLABATNEWSOK.COM – Pameran skala nasional “Batam IVEC Expo 2018” yang digelar dengan dukungan Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian dan Kementerian BUMN serta Pemerintah Provinsi Kepri, resmi dibuka pelaksanaannya oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Efri Riauto SE pada Kamis 8 Maret 2018 bertempat di Atrium Mega Mall Batam Centre.

Kegiatan yang diawali dengan laporan Direktur PT Cipta Media Promosindo selaku Ketua Panita Andis AR SE, akan berlangsung selama empat hari ini, dan diikuti oleh puluhan stand utusan instansi pemerintah dari Provinsi, Kabupaten, Kota dan pihak swasta se-Indonesia, dengan menampilkan berbagai keunggulan di bidang investasi, pariwisata dan perdagangan.

Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata turut mengambil bagian dalam pameran yang bertema “Melalui Batam IVEC Expo 2018 Kita Apresiasikan Investasi, Pariwisata dan Perdagangan, Menuju Indonesia Lebih Maju dan Sejahtera” ini.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi yang diwakili oleh Asisten II Sekdakab Minahasa Dr Wilford Siagian MA, dan didampingi oleh Asisten III Dra Hetty Rumagit SH, Kadis Penanaman Modal dan Perijinan Satu Pintu Elvis Mingkid SH, Kadis Pangan Ir Wenny Talumewo dan sejumlah pejabat Pemkab Turut hadir dalam Pembukaan Pameran tersebut.

Asisten Wilford Siagian tampak bersyukur atas penampilan Stand Pameran Pemkab Minahasa yang tampil memukau dalam expo ini.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo mengatakan bahwa produk-produk yang dipromosikan dalam pameran ini berupa hasil-hasil kerajinan tangan meliputi pakaian Adat Minahasa, kain Batik Tou Minahasa, cinderamata khas Minahasa, sejumlah produk makanan ringan dan berbagai brosur potensi pariwisata di Kabupaten Minahasa.

“Puji Tuhan, ada banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri mendatangi Stand Pemkab Minahasa dalam Batam IVEC Expo 2018 ini” kata Tumundo.

Diharapkan mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini kiranya tujuan pihaknya mengikuti expo ini akan memberi andil dalam peningkatan jumlah wisatawan datang di Minahasa.

“Semoga hingga Penutupan Batam IVEC Expo pada hari Minggu nanti, akan lebih banyak para pengunjung mendatangi Stand Pemkab Minahasa ini” tutup Tumundo yang didampingi oleh Kabid Pemasaran Wisata Jimi Pinangkaan SE MSi, Kabid Pariwisata Ir Diane Najoan, Kabid Kebudayaan Melisa Rondonuwu SP, Kabid Kesenian Dra Letty Purukan dan sejumlah ASN Disbudpar yang menjaga Stand Pemkab Minahasa.

Share Button

Menjelang Pilkada Minahasa, 7 Persen Wajib KTP Belum Melakukan Perekaman

Pelayanan di Disdukcapil

Minahasa, Klabatnewsok.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa, menghimbau agar masyarakat pro aktif dalam kepengurusan dokumen penting sebelum benar benar diperlukan, seperti Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP).

Kepala Dinas Dukcapil Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, kamis 8/3/18. meminta hal tersebut untuk dapat diindahkan berhubung Pemerintah telah memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat, tinggal mau atau tidak maunya masyarakat dalam membuat dokumen tersebut.

Dokumen yang dimaksud Maringka termasuk kepengurusan E KTP, Kartu Keluarga maupun surat lainnya seperti Akta Nikah, Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

Memasuki tahun Politik 2018, sesuai ketentuan setiap masyarakat yang punya hak memilih, harus memiliki E KTP atau minimal surat keterangan (Suket), hal inipun direspon baik oleh Disdukcapil Minahasa dengan memberikan pelayanan mobil keliling yang sudah berkunjung hingga kepelosok Kabupaten Minahasa secara berkesinambungan.

” Setiap hari mobil kami berkeliling untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, enam (6) petugas kami sengaja turun untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, maka untuk itu saya himbau masyarakat dapat mersepon dengan pro aktif mendatangi petugas kami,” ujarnya.

Diapun menjelaskan bahwa dengan adanya kepengurusan administrasi, dalam hal ini misalnya E KTP, maka akan banyak manfaat yang bisa didapat oleh masyarakat atau ada output yang baik saat ini dan kemudian hari.

” Misalnya masyarakat akan mengurus BPJS, Visa, Bantuan Pendidikan maupun Bantuan Sosial dan sebagainya, maka sangat akan memerlukan data yang benar, salah satunya adalah E KTP, untuk itu datanglah mengurus dokumen, apapun itu, sebelum benar benar nanti sudah diperlukan,” pintanya.

Diakui Maringka bahwa saat ini wajib KTP di Kabupaten Minahasa kurang lebih 260 ribu orang, dan terdapat kurang lebih 7 persen belum melakukan perekaman E KTP.

“Kami juga lewat Kantor Disdukcapil memberikan pelayanan semaksimal mungkin, bahkan hari senin biasanya sampai pukul 05:30 wita, dan hari lainnya terkadang sampai pukul 05:00 wita, untuk itu kami berharap hal ini tinggal kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen yang nantinya untuk kebaikan mereka,” pungkasnya.

Yovi

Share Button