Tuesday, 23 July 2019

Archive for: February 27th, 2018

Tokoh Adat se-Nusantara Akan Bertemu di Minahasa

Ketua Panitia / Wakil Ketua Dewan AMAN Nasional : Nedine Helena Sulu

Minahasa, Klabatnewsok.com – Ratusan pimpinan dan tetua adat se-Indonesia akan duduk bersama di tanah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Mereka akan membahas berbagai persoalan masyarakat adat dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN),14-17 Maret 2018.

“Rencananya acara ini akan dihadiri oleh presiden Joko Widodo bersama para menteri, kedutaan – kedutaan, pemerintah daerah dan jaringan lembaga AMAN serta seluruh peserta Rakernas,” jelas Ketua Organizing Commite Rakernas AMAN V, Nedine Helena Sulu, Selasa (27/2).

“Untuk pesertanya terdiri dari, PB (Pengurus Besar) AMAN, yaitu Sekjen (Sekretaris Jenderal) AMAN bersama para stafnya dan Dewan AMAN Nasional,” sambungnya.

Selain itu, para Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah AMAN se-Indonesia juga akan hadir.

“Ada 21 Pengurus Wilayah, BPH dan Dewan AMAN Wilayah serta 116 Pengurus Daerah, BPH dan Dewan AMAN Daerah juga yang akan hadir. Selain itu ada Ketua Umum BPAN (Barisan Pemuda Adat Nusantara), Ketua Umum Persekutuan Perempuan Adat AMAN, Ketua Umum PPMAN (Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara) dan pimpinan badan otonom AMAN,” papar Sulu yang juga Wakil Ketua II Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (DAMANNAS).

Sesuai rencana, Rakernas AMAN V tersebut akan dilaksanakan di Desa Koha Kecamatan Mandolang. Sementara, pada tanggal 17 Maret, dalam rangkaian Rakernas ada perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun AMAN ke-19 yang rencananya akan digelar di Tondano Kabupaten Minahasa.

Diketahui, AMAN merupakan organisasi kemasyarakatan independen dengan visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua masyarakat adat di Indonesia. AMAN bekerja di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk mewakili dan melakukan advokasi untuk isu-isu masyarakat adat. Organisasi masyarakat adat terbesar di dunia ini beranggotakan 2.342 komunitas adat di seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 17 juta anggota individu.

Share

KPU Minahasa Bersama Tim Pemenangan Geser Pelaksanaan Debat, Dirangkaikan Penyerahan APK

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan Rapat Koordinasi serta penyerahan APK dan bahan Kampanye, kepada Tim Pemenangan pada selasa 27/2/18 bertempat ruang rapat KPU Minahasa.

Kegiatan yang diawali dengan doa oleh Komisioner Lord Ch A Malonda SPd, juga dihadiri Ketua KPU Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, Komisioner Dra Wiesje Wilar MSi, Kristoforus Ngantung SFils, dan Tim Pemenangan Calon no urut 1 (Ivansa-CNR) yang yang diwakili Erik Mingkid, Victor Rompas dan dari Pasangan Calon no urut 2 (RR-RD), diwakili Rommy Leke.

Dalam ucapan selamat datang dan prakatanya oleh Ketua Divisi SDM dan Permas Kristiforus Ngantung SFils, mengatakan, Haruslah bersyukur karna Tuhan, sehingga bisa berkumpul ditempat ini sesuai dengan undangan,” kami sengaja memanggil, karna merasa dan perlu untuk mengadakan evaluasi terhadap kampanye yang telah dilalui hampir sepekan ini,” katanya.

Dijelaskan Ngantung bahwa Pokok pembicaraan bersama adalah menyesuaikan komitmen bersama, berdasarkan, sekaligus merespon terhadap surat peninjauan kembali oleh pasangan Tim nomor urut 2, terkait peninjauan jadwal dan lokasi yang telah disepakati sebelumnya.

Lewat rapat ini juga, disepakati Pelaksanaan debat pertama yang awalnya debat pertama pada 3 maret 2018, ditunda dan bergeser, sehingga 3 kali debat yang direncanakan semuanya bergeser dan akan digelar pada Jumat 23 maret, jumat 27 april, dan 25 mei 2018, masing-masing pada pukul 14.00 wita, yang semuanya digelar di Hotel Mercure Tateli Beach Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa.

Pada akhir kegiatan diserahkan secara simbolis Alat Peraga Kampanye kepada Tim Kampanye Kedua Paslon dengan jumlah APK nya sama, yaitu Brosur sebanyak 2.735, Pamflet 13.500, Poster 1.307 lembar, Leaflet 2.765 lembar, dan spanduk 45 buah.

Yovi

Share

Segera Akhiri Masa Jabatan, JWS Akan Rolling Pejabat Eselon III dan IV

Tondano, Klabatnewsok.com – Menjelang Akhir Masa Jabatan Selaku Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), memastikan akan melaksanakan rolling untuk yang terakhir kalinya.

Hal ini disampaikan Bupati JWS saat membuka kegiatan pengendalian Menejemen Kebijakan Kepala Daerah pada selasa 27 februari 2018 bertempat di Lapangan Tenis Indoor Sasaran Tondano.

Menurutnya, hal ini adalah lumrah untuk melakukan penyegaran untuk jalannya birokrasi, atau akan menempatkan Pejabat yang dirasa mampu dan berkompeten dibidangnya sesuai penilaian dari Baperjakat.

” Menjelang akhir jabatan saya, akan ada pelantikan Eselon III, Eselon IV, serta pelantikan Staf Ahli,” katanya.

” Kita harus loyal, konsisten dan berkomitmen, karena jabatan akan kita dapatkan jika kita berusaha dan bekerja dengan baik,” katanya lagi

” Namun jangan kita mencari jabatan dengan cara yang tidak baik, terlebih menjatuhkan orang lain,” Pungkasnya

Yovi

Share

JWS Ingatkan Teliti Administrasi Dalam Kegiatan Pengendalian Manajemen

Tondano, Klabatnewsok.com – Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) ingatkan untuk bekerja dengan teliti administrasi saat Pemerintah Minahasa menggelar kegiatan pengendalian Manajemen Kebijakan Kepala Daerah, pada selasa 27 Februari 2018. Bertempat lapangan Tenis Indoor sasaran Tondano.

Dalam sambutannya JWS mengajak semua untuk bersyukur kepada Tuhan karena dapat berkumpul dan berterima kasih kepada Bagian TUP yang menjadi penggagas acara ini.

” Di Minahasa peran TUP sudah sangat baik, yang menjadi hambatan terkadang adalah penyaluran undangan ke desa-desa,” katanya.

” Saya minta mari kita bekerja dengan baik, telitilah dalam administrasi, jangan sampai karena tidak teliti dapat menjadi temuan dari BPK,” jelasnya.

JWS juga mewarning bagi ASN untuk taat aturan dalam ketentuan yang berlaku, terutama pada saat ini memasuki Pilkada yang rentan terhadap pelanggaran.

Di akhir sambutannya JWS berterima kasih kepada semua Jajaran Pejabat dan ASN karena sudah bekerjasama dengan baik selama 5 tahun ini, dan berterima kasih pula karena sudah di berikan kesempatan untuk membangun minahasa yang akan dikahiri dengam ibadah syukur akhir masa Jabatan pada 16 Maret 2018 mendatang.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian materi dari para Asisten Setdakab Minahasa.

Pemateri pada kegiatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr S W Siagian MA, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. Denny Mangala, M.Si, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, juga hadir Kepala Bagian TUP dan Keuangan Setda Drs. Dolfie Kuron, MBA, Kepala Dinas dan Perwakilan dari SKPD, Camat se Kabupaten Minahasa, serta seluruh peserta kegiatan lainnya.

Share

THL Kabupaten Minahasa Diminta Netral, Profesional dan Jaga Etika

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Pertemuan dengan Tenaga Harian Lepas (THL) di Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa, pada selasa 27 Februari 2018, bertempat ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Pertemuan ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr Denny Mangala MSi, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, Staf Ahli Ir Teddy Kamagi, Kepala Sub. Kepegawaian Meiny Wangke, SE, dan seluruh THL di lingkup sekretariat daerah Kabupaten Minahasa.

Dalam arahan Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi, mengajak semua untuk bersyukur karena atas Berkat Tuhan semua dapat terkumpul di tempat ini.

“Sebentar lagi akan ada pengangkatan Pegawai dengan Perjanjian Kerja, namun ada mekanisme dan aturan yang berlaku. Saya ingatkan semua harus ada kontribusi yang baik bagi organisasi, termasuk dalam aturan kedisiplinan yang sementara disiapkan,” ujarnya.

Menurut Mangala aturan ini berlaku untuk semua, dan tidak ada pengecualian. Diapun mengingatkan para THL mengenai kesopanan, terutama pada cara berpakaian, dan tidak boleh mewarnai rambut.

” Kita harus menjaga sikap, dan penampilan serta tutur kata, karena kita harus menjadi contoh dan teladan di tengah-tengah masyarakat, harus beretika, dan harus saling menghargai satu dengan yang lain,” Pintanya.

Mangala meminta juga kepada THL untuk menggunakan media sosial dengan baik dan benar, dengan tidak membuat status di media sosial mengenai hal-hal, atau persoalan yang terjadi di tempat kerja, dan jika ada persoalan bisa dibicarakan dengan cara yang baik.

” Sebagai THL yang dibiayai oleh negara, jangan sampai terlibat dalam pilkada, kita harus menunjukan sikap netral. Kita harus membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan pimpinan,” jelasnya

Share

Pengelola Dana Bos Diajarkan Susun Laporan Keuangan Lewat Bimtek

Minahasa, Klabatnewsok.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan keuangan sekolah, pada 26 februari 2018 bertempat Gedung Wale Ne Tou Sasaran Tondano.

Kegiatan bimtek ini diikuti 450 peserta yang terdiri dari kepala sekolah SD, kepala sekolah SMP, UPT Dinas dan operator se-Minahasa, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemkab Minahasa

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa DR Arody Tangkere, MAP mengatakan bimtek Pengelolaan keuangan merupakan aspek penting untuk membangun tata kelola sekolah yang sehat dan kredibel.

“Untuk itu kami menyelenggarakan bimtek yang bertujuan agar Sekolah mampu menyusun laporan keuangan dan mampu meningkatkan pengendalian internal sekolah, “ungkapnya

Tangkere menambahkan, bahwa Kegiatan bimtek selama tiga hari ini untuk memberikan penguatan bagi Kepala sekolah, bendahara atau operator sekolah dan UPT Dinas Pendidikan sehubungan dengan pengelolaan keuangan sekolah seperti penggunaan dana BOS.

“Memang dibutuhkan adanya bimtek dan pelatihan untuk memberi pemahaman dan pengetahuan yang cukup kepada para Kepsek dan operator sekolah terkait pelaporan dana BOS di masing-masing sekolah, “jelas Tangkere.

Share