Tuesday, 23 July 2019

Archive for: February 24th, 2018

KPU Minahasa Berikan Pemahaman Tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu

Manado, Klabatnewsok.com – Dalam rangkaian Bimbingan Teknis Pelatihan Agen Sosialisasi, Pilkada Minahasa 2018, Ketua Divisi Hukum KPU Minahasa, Dicky Paseki SH MH, memberikan materi terkait kode Etik Penyelengara Pemilu, pada sabtu 24/2/18 bertempat Lion Hotel dan Plaza manado.

Menurut paseki kode etik penyelenggara pemilu telah diatur lewat Undang undang no 2 tahun 2017, dimana telah diatur tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan selaku penyelenggara.

Selaku penyelenggara harus mandiri dalam melaksanakan tugas, ada hal yang belum jelas harus di koordinasikan ke tingkat yang lebih atas, atau tidak boleh ke pihak lain, contohnya kepada Pemerintah dan lain sebagainya.

Sebagai Penyelenggara Pemilu segala yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai hasilnya, jangan sampai di rekayasa atau tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Kerjalah sesuai dengan regulasi yang ada, jika diikuti regulasinya pasti akan aman dan tentram, jangan sampai dikeluarkan karna tidak jujur dan tidak profesional dalam menjalankan kinerja,” jelasnya.

Tambahnya, jangan sampai ada gelombang dalam pelaksanaan, penyelenggara harus netral dan tidak boleh ada keberpihakan kepada siapapun,

” Resiko menjadi penyelenggara dibentengi regulasi dan kode etik, tidak boleh bergaul dengan Calon, Tim Kampanye, dan lebih berhati-hati dalam mengambil tindakan yang berkaitan dalam Pemilihan,” jelasnya.

Dalam hal ini, Paseki meminta jika ada yang dilihat mulai tidak sesuai yang dilakukan penyelenggara, untuk dapat diberi masukkan maupun teguran agar tidak salah, dengan harapan para penyelenggara dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

Yovi

Share

KPU Minahasa Gelar Bimtek Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

Manado, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Agen Sosialisasi Pilkada Minahasa 2018, pada sabtu 24/2/18 bertempat di Lion Hotel dan Plaza Manado.

Selaku narasumber kegiatan ini Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi yang mengambil tema Kebijakan KPU dalam Sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka Peningkatan partisipasi masyarakat, dan selaku moderator Dr Stella Sompe SH MAP.

Dalam materinya, Tinangon mengatakan, bahwa telah diatur lewat PKPU no 8 tahun 2017, tentang sosialisasi dan partisipasi masyarakat, yang salah satu tujuannya untuk menyebarkan informasi, jadwal, dan program pemilihan.

” jadi tugas dari agen informasi adalah meningkatkan pengetahuan pemahaman dan kesadaran masyarakat, tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya.

Tambahnya, Tugas Agen sosialisasi bukan saja meningkatkan Partisipasi namun harus berkualitas, datang di TPS tapi suaranya jadi rusak, atau dipengaruhi oleh pihak lain, karna dalam hal ini masyarakat masih terkesan cuek dan tidak perduli jika ada hal yang mungkin merugikan seperti kecurangan dan lainnya.

” Sasaran sosialisasi pemilihan adalah
Keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, dan kaum marjinal, seperti Komunitas, keagamaan, relawan demokrasi, warga internet netizen, Masyarakat umum, media massa dan lainnya,” jelasnya.

” kami sebagai Komisioner Berharap agen sosialisasi dapat meneruskan informasi sampai kepada masyarakat, dan Sosialisasi kiranya bisa optimal dan dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab terkait sosialisasi, hadir pada kesempatan ini Komisioner Dra Wiesje Wilar MSi (selaku narasumber), Dicky Paseki SH MH, Kristoforus Ngantung Sfils, dengan peserta perwakilan perempuan, Pemilih Pemula, dan Media Center KPU Minahasa.

Yovi

Share

Pemprov Sulut Dukung Rakernas AMAN V di Minahasa

Manado, Klabatnewsok.com- Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) matangkan rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V. Jumat (23/2), tim AMAN yang dipimpin Ketua Dewan AMAN Nasional (DAMANNAS) Hein Namotemo yang juga Ketua Steering Committee dan Wakil Ketua II DAMANAS sekaligus sebagai Ketua Organizing Commite, Nedine Helena Sulu melakukan audiensi bersama Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Daerah, Ferry Sangian.

Dalam pertemuan yang digelar pada Kantor Dinas Kebudayaan Daerah di Kota Manado ini, tim AMAN memaparkan rencana kegiatan yang akan digelar di Wanua Koha Kecamatan Mandolang dan Kota Tondano Kabupaten Minahasa.

“Niat audiensi sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu. Kita berkeinginan untuk bisa berkomunikasi dengan Pemprov Sulut. Kita datang terkait kegiatan Rakernas ke V AMAN yang rencananya akan dilaksanakan di Desa Koha Kecamatan Mandolang dan Kota Tondano,” ungkap Hein Namotemo.

Sementara, Ketua Panitia Nedine Helena Sulu menjelaskan tentang berbagai hal teknis terkait kegiatan.

“Kegiatan ini rencananya akan dihadiri sekira 500 pimpinan dan tetua adat dari seluruh wilayah Nusantara,” ujarnya.

Berbagai hal terkait agenda tersebut diungkapkan tim AMAN yang hadir, sembari berharap bisa berkomunikasi dengan baik bersama pemerintah daerah, khususnya Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Pihak Pemprov Sulut sendiri mengaku sangat merespon positif kehadiran tim AMAN dan siap menunjang sepenuhnya kegiatan tersebut.

“Pemprov Sulut apresiasi karena ada organisasi yang peduli dengan masyarakat adat, budaya nusantara.
Kita bisa membantu dan berharap bisa bersinergi,” tandas Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Ferry Sangian.

Ia juga menegaskan, akan secepatnya melanjutkan informasi tersebut kepada Gubernur Olly Dondokambey yang saat itu sedang dalam agenda khusus di luar daerah.

“Kita akan secepatnya menyampaikan informasi ini ke Pak Gubernur. Intinya, Pemprov Sulut siap membantu demi menyukseskan kegiatan penting ini,” kata Sangian.

Turut hadir bersama dalam audiensi ini, Komisi Kebijakan DAMANAS Dyah Ayu, Deputi I Sekjen Pengurus Besar (PB) AMAN Eustubio Renggi, Manajer Operasional PB AMAN Rainy Situmorang, Sekretaris PB AMAN Dea Nova Larasati, Kepala Divisi Pendidikan PB AMAN Annas Radin Syarif, Ketua BPH AMAN Sulut Lefrando Gosal, Ketua BPAN Sulut Allan Sumeleh, Tim Hukum dan Humas Rakernas V AMAN Matulandi Supit, Staff PB AMAN Silvy Motto dan Antok Rombak serta sejumlah anggota panitia lainnya.

Share