Tuesday, 23 July 2019

Archive for: February 21st, 2018

Bupati Vonnie Panambunan Tanam Bibit Pohon bersama Kadis Lingkungan Hidup

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan menanam bibit pohon nantu bersama dengan Kepala Dinas Lingkungan Tieneke Rarung secara simbolis di halaman kantor Pemkab Minut dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional dengan Tema Sayangi Bumi Bersihkan Dari Sampah. Kamis 21 Februari 2018. Kegiatan ini dipelopori oleh Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama dengan FKPPI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tieneke Rarung kepada.sejumlah wartawan mengatakan kegiatan menanam pohon ini dalam rangka hari peduli sampah nasional, presiden Jokowi memerintahkan kepada Menteri Lingkungan Hidup untuk menyampaikan kepada bupati seluruh Indonesia melaksanakan hari peduli sampah nasional atau kampanye peduli, sadar sampah.

“Kegiatan di Minahasa Utara, 3 kecamatan sudah dipusatkan di Desa Laikit, bupati melantik, mengukuhkan bank-bank sampah, tugas dari bank-bank sampah yakni memilahkan sampah, sampah plastik, organik dan non organik. Ada juga kegiatan peduli dengan sampah yang di ada Desa Minaesa, Kecamatan Wori, dengan masyarakat setempat dengan melibatkan FKPPI,” kata Rarung yang juga ketua FKPPI Minut.

Lanjutnya mereka juga melaksanakan bersih-bersih sampah di kompleks Airmadidi Atas di gereja Tamporok. Kemudian di Desa Matungkas seluruh BKSAUA melaksanakan bersih-bersih kampung yang sudah dilaksanakan Sabtu lalu dan ini terakhir di Desa Kaima penanam bibit seribu pohon kemudian di Desa Kauditan 2.

“Dengan adanya penanaman pohon berarti menyerap air, kemudian sampah-sampah itu dari Lingkungan Hidup ada pengawas sampah, dengan kampanye tentang adanya bank sampah maka akan ada nilai plus di Minut khususnya warga Minut,” urai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minut.(sem)

Share

Bupati Vonnie Panambunan Ikuti Rakor dan Supervisi Program Pemberantasan Korupsi dengan KPK

Airmadidi,KLABATNEWSOK.com-Bupati Kabupaten Minahasa Utara Vonnie A. Panambunan mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan supervisi program pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Gubernur, bupati dan wali kota se-Sulut, Rabu 21 Februari 2018 siang di ruang CJ Rantung kantor Gubernur Sulut.

Acara tersebut dihadiri Ketua KPK, para wakil ketua KPk, Gubernur dan Walikota bupati se-Sulut, ketua DPRD Sulut dan para ketua DPRD KAB/KOTA se-Sulut, Kajati Sulut, Kajari se-Sulut, Kapolda, Kapolres se-Sulut, Ketua Pengadlan Tinggi Sulut dan Kepala PN Kab/Kota Se Sulut serta para Sekretaris Daerah se- Sulut serta inspektur se-Sulut.

Selain pemaparan dari KPK soal kerja sama supervisi pengelolaan keuangan, dilakukan juga penandatanganan  komitmen pemberantasan korupsi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minut Yansen Tulung, SSTP mengatakan, bupati bersama gubernur dan Wali Kota dan Ketua DPRD melakukan pertemuan dengan KPK untuk sama-sama sepakat memberantas korupsi di daerah masing-masing.

Pada Sore hari dilanjutkan dengan sosialisasi gerakan saya perempuan anti korupsi. Acara tersebut dihadiri kepala daerah perempuan dan istri pejabat, istri-istri kepala daerah dan wakil kepala daerah se-Sulut.(*)

Share

Minahasa Diminta Patenkan Produk Unggulan

Tondano, Klabatnewsok.com -Pemerintah Kabupaten Minahasa bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Utara menggelar Sosialisasi Kekayaan Intelektual pada rabu 21/2/18, bertempat ruang sidang kantor Bupati Minahasa.

Kegiatan inipun dibuka oleh mewakili Bupati Minahasa, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr S. Wilford Siagian MM, yang menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini.

Lewat Sosialisasi Kekayaan intelektual ini, diambil kesimpulan bahwa apapun produk yang ada di Minahasa atau produk yang menjadi unggulan tidak boleh dijiplak oleh daerah lain.

Dan apabila kalau dijiplak, bisa dituntut secara hukum, seperti contoh produk cengkih, ikan nike, payangka, dan potensi lainnya, untuk itu lewat sosialisasi ini dimintakan untuk pertahanakan potensi dan hak paten daerah.

Menjadi Narasumber kegiatan ini Purwanto SH MH selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Aswan Idrak SH MH kepala bidang pelayan Hukum KanWil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, dan selaku peserta instansi terkait di kabupaten Minahasa dan LSM.

Share

dr Jane Symons: Pemkab Minut Gelar Sosialisasi Meningkatkan Peran Generasi Muda Terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Airmadidi,KLABATNEWSOK.comAsisten III dr Jane Symons mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan membuka Sosialisasi Meningkatan Peran Generasi Muda Terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, yang dilaksanakan di Pendopo Pemkab Minut, Rabu 21 Februari 2018.

Asisten III dr Jane Symons kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan kegiatan ini menurut bupati sangat positif searah dengan peningkatan partisipasi masyarakat untuk turut serta menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Bupati juga berharap para pemuda yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami dan menyadari peran aktif pemuda dalam partisipasi membangun ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Tanpa keterlibatan semua pihak teristimewa pada kesempatan ini seluruh pemuda, maka niscaya, keterlibatan dan keamanan masyarakat tidak akan terwujud. Bangsa ini memerlukan tampilnya para pemuda yang mempunyai karakter tangguh. Oleh karena itu lewat kegiatan ini saya berpesan bagi seluruh pemuda dan pemudi, khususnya yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, untuk bisa berpartisipasi membangun ketertiban dan keamanan masyarakat, yang dimulai dari lingkungannya masing-masing, lewat perilaku dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945,” kata Asisten III saat membacakan sambutan tertulis Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Lanjutnya dengan semangat itu, bupati yakin bahwa kelak dari antara para pemuda, pasti muncul pemimpin-pemimpin bangsa yang memiliki kesadaran yang tinggi sekaligus memahami karakteristik bangsa Indonesia yang majemuk.

“Saya mengajak segenap komponen pemuda agar lebih memperkuat solidaritas sosial dalam kehidupan berbangsa. Dengan jiwa kepeloporan, daya intelektualitas, dan potensi profesionalitas yang ada dalam diri pemuda, maka para pemuda akan mampu menempuh langka kreatif untuk membangun bangsa yang maju sehingga akan terbangun iklim kondusif sebagai modal utama dalam menghidupkan sendi-sendi perekonomian di daerah kita dalam rangka mewujudkan visi Minahasa Utara menjadi Kabupaten Agribisnis, Industri dan Pariwisata secara terpadu serta berkelanjutan di tahun 2021,” urai Asisten III.

Bupati juga berharap kiranya pemuda Kabupaten Minahasa Utara bisa membangun komunikasi yang harmonis dengan Pemkab Minut. “Mendapatkan masukan-masukan dari pemuda Minut untuk pembenahan program-program pemuda selanjutnya. Menyerap dan mensinergikan program yang ada agar kepemudaan ke depan dapat berjalan sesuai ketentuan,” jelas Asisten III dr Jane Symons.

Pembawa materi Pendeta Ibu Tumilaar dan Pendeta Kalesaran dan kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P3 A) Minut Yufita Supit, Kepala Dinas Tenaga Kerja

Tampak hadir para staf ahli, kepala dinas pemuda dan olahraga, kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kepala badan perpustakaan dan arsip Drs Maximelian Tapada, Kepala Dinas Tenaga Kerja.(sem)

Share

KPU Minahasa Serahkan APK, Tim Pemenangan Diharapkan Patuhi Aturan

Tondano, Klabatnewsok.com- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Minahasa menyerahkan Alat Peraga Kampanye ( APK) Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, pada selasa 20/2 bertempat kantor KPU Sasaran Tondano.

Penyerahan APK oleh KPU Minahasa ini diserahkan langsung Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi beserta Komisioner Lord Arthur Malonda SPd, Dicky Paseki SHMH, Kristiforus Ngantung SFils, serta disaksikan Panwaslu Kabupaten Rendy Umboh

Dalam penyerahan APK ini Tinangon meminta agar para Paslon dapat berkoordinasi dengan pelaksana tingkat Kecamatan dan Desa yakni Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) dan Panitia Pemungutan Suara ( PPS).

” Disaat Pemasangan APK nanti, kami harap para Tim Pemenang Pasangan Calon dapat berkoordinasi dengan PPK maupun PPS yang ada dikarenakan mereka yang lebih mengetahui akan lokasi pemasangan APK ini, ” Kata Tinangon.

Sementara itu, Panwas Kabupaten Meminta agar APK yang dipasang nantinya hanya APK yang diedarkan oleh KPU Minahasa sesuai kesepakatan bersama.

” Kami Harap dalam pemasangan APK ini sesuai dengan apa yang disepakati bersama, tidak ada APK yang dipasang diluar Zona yang ditetapkan KPU, kalau ada pasti legal,” Terang Umbo.

Lebih lanjut dikatakannya, pihak Panwas tidak segan menindak jika nanti didapati ada paslon yang tidak taat aturan.

” Sesuai dengan kesepakatan tidak ada posko di tiap desa dan kecamatan dan itu menjadi kesepakatan bersama, intinya gabungan parpol ikut sesuai yang disepakati bersama. Dan setiap pelanggaran pasti akan ditindak sesuai dengan peraturan, dan Kami sudah memberikan peringatan tertulis kepada kedua paslon

Sementara kedua Tim pemenang paslon pastikan Seluruh APK yang legal dipastikan akan diturunkan 1X 24 jam pasca penerimaan surat dari KPU.

” KPU sudah memberikan himbauan kepada kami, dan kami pastikan 1X 24 jam ini semua APK yang dipasang sudah diturunkan, jika masih ada, kami siap untuk diberi sangsi,” ujar James Lewu tim Pemenang Paslon no urut satu.

“Pada intinya kami dari Paslon nomor urut satu Ivansa-CNR sangat menghargai aturan KPU dan Panwaslu,” katanya lagi

Adapun APK yang disalurkan KPU sebanyak 5 Pasang Baliho ukuran 2X3 dan 10 pasang Spanduk dengan logo KPU Minahasa

 

Share