Monday, 17 December 2018

Archive for: February 12th, 2018

Para Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Diminta Mengundurkan Diri

Tondano, Klabatnewsok.com – Setelah rapat pleno terbuka pengumuman hasil penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018, pada senin 12/2/18 bertempat ruang rapat Kantor KPU Minahasa, Ketua Panwas Donny Rumagit meminta Paslon untuk segera Mengundurkan diri dan mengurus cuti.

Menurut Rumagit Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah penetapan calon, yakni,” khusus kepada Wakil Bupati Ivan Sarundajang untuk segera memasukan Surat Cuti paling lambat 15 Februari 2018,” ujarnya.

Sementara Kepada Calon Wakil Bupati Careigh Naichel Runtu diharuskan Mengundurkan diri secara resmi dari Anggota Dewan Minahasa. Kemudian Untuk Calon Bupati Royke Roring Harus Segera Mengundurkan Diri dari ASN, dan Kepada Robby Dondokambey harus Mengundurkan diri dari Pimpinan BUMD,” ungkap Rumagit

Untuk suksesnya Pilkada Minahasa, Panwas Minahasa mengundang para Paslon untuk dapat hadir bersama pada tanggal 14 Februari untuk menggelar aksi Tolak Politik uang dan anti Hoax.” Kami mengundang Kepada Paslon Bupati dan Wakil Bupati bersama Tim pemenangan agar dapat mengikuti kegiatan aksi Tolak Money Politic (Politik Uang) dan anti Berita Bohong (Hoax),” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Mewakili Bupati Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala, Ketua KPU Meidy Y Tinangon, SSi MSi, Komisioner Dicky Paseki SH MH, Dra Wisje Willar MSi, Kristoforus Ngantung SFils, Lord A Ch Malonda. SPd, Anggota Panwaslu Rendy Umboh, Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung, Dandim 1302 Letkol Inf. Joubert Nixen Purnama STh, Kasie Intel Kajari Minahasa Ryan Untu, Paslon Royke Octavian Roring (ROR), Robby Dondokambey (RD), dan Paslon Ivan S.J Sarundajang, (IVANSA), Careigh Naichel Runtu (CNR), serta Tim Pemenangan.

Share Button

RR-RD dan Ivansa- CNR Ditetapkan Sebagai Pasangan Calon Pilkada Minahasa Lewat Rapat Pleno Terbuka

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menggelar rapat pleno terbuka pengumuman hasil penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018, pada senin 12/2/18 bertempat ruang rapat Kantor KPU Minahasa.

Kegiatan pun diawali dengan ucapan selamat datang oleh Komisioner Kristoforus Ngantung SFils, dan doa yang dibawakan oleh Komisioner Lord Ch Malonda SPd, dilanjutkan dengan Rapat Pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi. yang juga dihadiri Komisioner Dicky Paseki SH MH dan Dra Wiesje Wilar MSi.

Rapat Pleno Terbuka ini juga dihadiri oleh Bupati Minahasa yang diwakili oleh Asisten 1 Dr Denny Mangala, Forkopimda, Pimpinan Partai Pengusung, LO pengusung pasangan Calon, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, dalam rapat pleno terbuka ini, Menetapkan hasil serta menuangkan hasil Verifikasi, kemudian mengumumkan sesuai tahapan, khusus untuk pengumuman hasil penetapan calon, lewat rapat pleno internal KPU Minahasa,

” Rapat hari ini, adalah pleno, dalam rangka pengumuman, serta hasil penetapan yang saya nyatakan terbuka untuk umum, dan setelah lewat penelitian dan perbaikan, dan kami telah memastikan prosedur, secara faktual keabsahan dokumen yang dimasukkan para Calon, dan telah ditandatangani surat keputusan KPU Minahasa, bahwa pasangan Calon dinyatakan sah, dan memenuhi syarat,” katanya.

Setelah menetapkan Pasangan Calon (Paslon), Tinangon menghimbau agar Paslon dapat menahan diri sampai masa kampanye pada 15 februari 2018 mendatang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Share Button

KPU Minahasa Serahkan Hasil Penelitian Dokumen Perbaikan Syarat Calon Bupati Dan Wakil Bupati 2018-2023

Tondano, Klabatnewsok.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa, menyerahkan berita acara hasil penelitian dokumen perbaikan syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018 pada senin 12/2 bertempat diruang rapat kantor KPU Minahasa.

Dalam penyerahan hasil penelitian dokumen ini, dibacakan langsung oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi, didampingi Komisioner, Dicky Paseki SH MH, Kristoforus Ngantung SFils, Dra Wieje Wilar MSi, Lord A Ch Malonda SPd.

Menurut Tinangon, Hasil Verifikasi yang lalu tidak ada dokumen yang diterima diluar jadwal yang di tentukan.” Kita telah melakukan baik secara Administratif maupun instansi terkait yang telah mengeluarkan berkas yakni Sekolah dan Perguruan Tinggi, baik yang ada didalam maupun Luar Daerah,” katanya.

Tinangon pun berterima kasih kepada Panwaslu Minahasa karena telah bersinergi mengawal akan proses tahapan ini.” Kita bersama Panwas sudah mengecek Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) beberapa waktu lalu, juga mengecek administrasi lannya,” ujarnya.

” Dokumen Bakal Pasangan Calon (Balon) Royke Octavian Roring (ROR) dan Robby Dondokambey bersama Ivan Sarundajang (IVANSA) serta Careigh Naichel Runtu (CNR) sesuai data base, telah memenuhi syarat,” jelasnya.

“Penyerahan hasil dokumen perbaikan ini diserahkan sebelum penetapan Pleno Hasil Calon, dan kita berharap semua berjalan lancar,” katanya lagi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara Hasil Penelitian Dokumen Perbaikan Syarat Calon Bupati Dan Wakil Bupati Minahasa Tahun 2018 oleh KPU Minahasa, disaksikan langsung oleh Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit bersama Anggota Rendy Umboh.

Yovi

Share Button

Mempermudah Laporan Keuangan Desa, Pemerintah Minahasa Gelar Bimtek Aplikasi Pengeloah Keuangan

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menggelar Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) pada senin 12/2/18 bertempat di Aula Wulan SMKN 1 Tondano.

Kegiatan inipun dibuka oleh mewakili Bupati Minahasa Asisten 1 Dr Denny Mangala, yang mengatakan usai membuka kegiatan ini, bahwa, Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa ini di khususkan bagi pengelola dana desa.

“Kalau Bimtek ini berjalan dengan baik, maka, akan sangat membantu bagi pengelola keuangan didesa, dimana aplikasi ini jika dimanfaatkan dengan baik maka akan mempermudah pengolahan keuangan termasuk laporan keuangan desa,” ujarnya.

Dijelaskannya pula bahwa pengelolah keuangan desa kesulitan dalam pencairan dana desa dari pemerintah pusat, namun, dengan adanya aplikasi ini maka akan mempermudah pencairan lewat laporan pertanggungjawaban.

“Kita ketahui bersama, bahwa lancarnya pencairan dana desa, ditentukan oleh laporan keuangan didesa, jadi, dengan adanya sistem ini maka mempermudah pelaporan penggunaan dana desa, sehingga tidak ada lagi kendala pelaporan, sehingga dana akan cepat ditransfer oleh Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Kegiatan inipun akan digelar selama empat hari 12-15/18, Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Dra Ria Suwarno, Sekdis Katrine Mait Hukum Tua, Sekdes, dan Pengelolah Keuangan Desa se- Kabupaten Minahasa.

Yovi

Share Button