Friday, 17 August 2018

Archive for: February 10th, 2018

Buka Pentas Seni dan Budaya serta Karnaval Bendi Hias, Bupati JWS Keliling Kota Tondano

Tondano, Klabatnewsok.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festifal Benteng Moraya, Pentas Seni dan Budaya Minahasa serta Karnaval Bendi Hias, pada jumat 9 februari 2018.

Kegiatan inipun diawali dengan doa oleh Wakil Ketua Badan Pekerja Sinode GMIM Pdt Hein Arina, dilanjutkan dengan Laporan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi, yang mengucap syukur atas tuntunan tuhan sehingga dipertemukan dilokasi Benteng Moraya Tondano untuk menggelar kegiatan ini.

Menurutnya Festival Benteng Moraya adalah bagian dari kegiatan pesona Minahasa 2018, dimana saat ini juga akan digelar pentas seni kebudayaan Minahasa, dilanjutkan dengan karnaval bendi hias.

Kegiatan Karnaval Bendi hias inipun akan dinilai untuk memperebutkan trophy Bupati Minahasa dan uang tunai 5 juta rupiah untuk juara 1, Trophy Wakil Bupati dan uang 3 juta rupiah untuk juara 2 dan trophy Sekda Minahasa serta uang 2 juta rupiah untuk juara 3.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), mengajak kepada yang hadir untuk bersyukur, karna saat ini diberikan cuaca yang baik, yang artinya Tuhan berada di tengah – tengah kita untuk suksesnya kegiatan ini.

“Festival seperti ini akan kita galakkan setiap tahun, pentas budaya maengket dan sebagainya, ada tarian cakalele dan berbagai tarian budaya ditempat ini, Jangan lupakan tempat ini, lestarikan tempat ini, termasuk nama marga yang tercantum ditempat ini,” katanya sembari berpesan kepada siapapun yang akan memimpin Minahasa kedepan.

Diapun berharap, Kedepan suasana ini akan ditingkatkan, tondano harus hidup menampilkan kebudayaan seperti ini. Bupati juga mengatakan bahwa pada 16 maret 2018 sebelum mengakhiri kepemimpinanya, maka akan diresmikan Benteng Moraya, lapangan God Bless Minahasa, dan jembatan God Bless.

Kegiatan dilanjutkan dengan Karnaval Bendi Hias, yang diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, SKPD, Kecamatan, serta instansi lainnya, mengelilingi Kota Tondano.

Turut hadir Ketua TP PKK Dr Olga Sajow Singkoh MHum, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Wakil Ketua TP PKK Jashinta Sarudajang Paat, Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Ketua Dharma Wanita Ny Sevee Korengkeng Warouw, Forkopimda, instansi vertikal, perbankan, organisasi masyarakat, adat, serta pemasaran pariwisata.

Yovi

Share Button

Gunakan Sistem Terbuka, Relawan Paslon Harus Daftarkan Diri

Minahasa, Klabatnewsok.com – Gelar rapat koordinasi bersama Parpol Pengusung Pilkada Minahasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mewajibkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa mendaftarkan relawan.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafet Tinangon SSi MSi, didampingi Komisioner KPU, Lord A Malonda, SPd dan Kristoforus Ngantung, S.Fils menyampaikan hal tersebut didepan, LO, Kepolisian, Insan Pers dan utusan PPK, pada Jumat 09/02 di Hotel Mercure Tateli Beach Manado.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, mengatakan bahwa pendaftaran dilakukan satu hari setelah penetapan pasangan Calon yang memenuhi persyaratan, sampai dengan satu hari sebelum masa kampanye.

“Untuk relawan atau pihak lain, orang per orang atau kelompok, harus mendaftarkan diri kepada kami, apakah lewat tim kampanye, atau datang sendiri,” jelasnya.

Lanjutnya, apabila relawan datang sendiri untuk mendaftarkan diri di KPU, harus menyerahkan surat pernyataan dari Paslon yang menyatakan, bahwa mereka adalah pendukung dan akan membantu selama masa kampanye.” Jadi, dalam sistem administrasi kepemiluan, terkait dengan kampanye semuanya harus terdaftar,” ungkapnya.

Menurutnya, pendaftaran relawan dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban selama masa kampanye.” Bahwa kampanye dengan tiga prinsip, dialogis, terbuka, dan bertanggung jawab. Ada kata-kata bertanggung jawab itu artinya pasangan calon harus tahu siapa yang mendukung, termasuk petugas kampanye,” jelasnya.

“Jadi Petugas Kampanye termasuk relawan merupakan orang yang menyelenggarakan kegiatan kampanye, menyampaikan pemberitahuan tertulis ke kepolisian tentang penyelenggaraan kampanye, menyebarkan bahan kampanye, dan bertanggung jawab terhadap kelancaran, keamanan, dan ketertiban kampanye,” pungkasnya.

 

 

Share Button